Manfaat Kacang Edamame untuk Kecantikan yang Perlu Kamu Tahu

Di Indonesia, kacang edamame dikenal dengan kacang kedelai jumbo karena ukurannya yang lebih besar dibanding kacang kedelai dan memiliki warna hijau yang khas. Kacang dari Negeri Tirai Bambu ini merupakan sumber protein bagi tubuh.

Tahukah kamu, kacang edamame merupakan satu-satunya di dinia yang memiliki 9 jenis asam amino esensial. Tak heran, masyarakat Jepang gemar mengonsumsi kacang edamame sebagai campuran wajib dalam berbagai olahan masakan mereka.

Meski sekilas hanya terlihat seperti kacang biasa dengan rasa yang lezat, rupanya kacang edamame menyimpan begitu banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Bahkan, bahan alami ini digadang-gadang bisa bekerja dengan sama baiknya untuk meningkatkan kecantikan kulit wajahmu, lho!

Enggak percaya? Langsung aja baca ulasan mengenai manfaat kacang edamame untuk kecantikan kulit berikut ini!

Kandungan Nutrisi dalam Kacang Edamame yang Baik Buat Kulit

Sebelum kita membahas tentang kandungan kacang edamame, alangkah baiknya kita mengenal dahulu kacang edamame.

Kacang edamame merupakan jenis kacang-kacangan yang dibudidayakan di Tiongkok. Kacang edamame memiliki bentuk sama seperti kacang kedelai, namun ukurannya lebih besar dan mudah dicerna tubuh.

Kacang edamame memiliki tekstur dan rasa yang berbeda dari kedelai. Tekstur kacang edamame lebih halus dan cenderung lebih manis dari kedelai. Kacang edamame ini biasanya dipanen ketika masih muda sehingga masih lunak dan hijau.

Berbicara mengenai kandungan kacang edamame. Selain mengandung protein nabati, kacang edamame juga kaya akan anti oksidan, serat dan vitamin, lemak, karbohidrat dan kandungan lainnya.

Lalu kandungan apa saja yang dibutuhkan untuk kulit? berikut kandungan kacang edamame yang baik untuk kecantikan.

Antioksidan

Kacang edamame kaya akan antioksidan yang dibutuhkan untuk kulit kamu. Nah, kandungan ini berfungsi untuk menangkal dampak buruk radikal bebas yang dapat membahayakan kulit kamu.

Selain itu, jika kulit kamu terpapar radikal bebas yang terlalu tinggi dapat memicu berbagai masalah kesehatan kulit yang tentunya juga berpengaruh pada kecantikan.

Biasanya kulit yang terkena paparan radikal bebas menjadi lebih kering, hiperpigmentasi, terbakar dengan timbulnya kemerah-merahan pada kulit, dan lebih parahnya lagi dapat menyebabkan kanker kulit.

So, kamu sekarang paham kan bagaimana pentingnya antioksidan bagi kulit cantik kita?

Dengan mengkonsumsi kacang edamame ini kamu dapat membantu kulit kamu mencegah berbagai dampak buruk radikal bebas di atas. Tak hanya itu, kulit kamu akan terevitalisasi agar sehat dan berfungsi normal seperti sedia kala.

Kalium

Kandungan kacang edamame selanjutnya yang harus kalian tahu yaitu kalium atau potassium. Kalium pada kacang edamame cukup tinggi dibanding kalsium.  Nah, kandungan ini biasanya sering dipakai untuk berbagai macam skincare.

Dalam kecantikan, kalium memiliki peranan penting yaitu menghidrasi kulit, mengunci kelembapan alami kulit, dan membantu menjaga keseimbangan pH kulit kamu. Dengan begitu, kulit wajah akan terhidrasi sehingga kulit kamu tidak mudah mengalami dehidrasi.

Selain itu, kacang edamame ini juga dapat menyembuhkan kulit kering lo. penyebab kulit kering biasanya karena kurangnya kalium dalam kulit. Maka dari itu, kacang edamame ini salah satu kacang yang dapat membantu melembabkan kulit secara internal

Vitamin C

Siapa yang tidak mengenal vitamin C? Vitamin C bukan hanya untuk mencegah sariawan saja, namun juga sangat berguna bagi kecantikan kulit kamu. Vitamin C pada kecantikan memiliki fungsi yang sangat banyak.

Vitamin C berguna untuk meremajakan, mencerahkan kulit kusam serta membuat kulit kamu tampak lebih sehat.

Selain itu juga, vitamin C ini dapat memudarkan bintik-bintik hitam pada wajah serta mampu mencegah kerusakan pada kulit dan melindungi kulit dari bahaya paparan matahari.

Ternyata vitamin C pada kacang edamame memiliki efek antioksidan alami yang secara aktif memperbaiki kulit kamu dan membuatnya semakin sehat alami.

Tak cukup sampai disitu, vitamin C juga merangsang regenerasi kulit, mendukung  pembentukan kolagen, dan melawan hiperpigmentasi pada kulit kamu.

Kalsium

Kalsium biasanya berhubungan dengan pembentukan tulang dan gigi. Namun, tidak pada kecantikan. Kalsium juga diperlukan bagi kecantikan kulit kita lho, Ladies.

Kalsium berperan dalam regulasi produksi sebum sehingga kulit kamu terhidrasi. Dengan mengkonsumsi kacang edamame ini dapat mempercepat regenerasi kulit kamu.

Kacang edamame ini ternyata juga dapat mencegah kanker pada kulit. Hal ini dikarenakan kalsium memiliki kemampuan untuk menstimulasi pembentukan antioksidan dan mengatur pigmen kulit kamu agar dapat melindungi dari efek buruk sinar matahari berlebihan.

Riboflavin (Vitamin B2)

Kandungan selanjutnya yaitu Riboflavin biasa disebut dengan vitamin B2. Tahukah ksmu riboflavin merupakan salah satu vitamin B kompleks yang berfungsi membantu pergantian sel dan melindungi kolagen pada kulit kamu.

Dengan riboflavin struktur kuli terlindungi membantu mengurangi peradangan kulit dan bahkan mempercepat penyembuhan luka.

Maka dari itu bagi kamu yang memiliki kulit sensitif, dapat mengonsumsi kacang edamame agar dapat meningkatkan kekebalan kulit dari alergen dan peradangan. Dan juga mampu membentuk sel darah merah yang ada di kulit.

Niacin (Vitamin B3)

Niacin atau biasa disebut dengan vitamin B3 yang tak asing lagi pada pengguna skin care. Sebagian skincare pemutih wajah memiliki kandungan niacin. Begitu pula niacin pada kacang edamame.

Kandungan niacin pada kacang edamame dapat mencegah kulit gelap sehingga warna kulit  menjadi cerah. Selain itu, niacin juga memiliki fungsi menjaga kelembapan kulit kamu. Sehingga tak perlu khawatir kulit menjadi kering dan kusam.

Vitamin K

Kandungan terakhir yanga ada pada kacang edamamae yaitu vitamin K.  Tak hanya berperan dalam mendukung pembekuan darah tetapi juga untuk kecantikan kulit kita.  Vitamin ini mampu menyamarkan lingkar hitam pada bagian bawah mata yang sering mengganggu penampilan kamu.

Dengan mengkonsumsi kacang edamame ini juga dapat menjaga keelastisan kulit kamu lo makanya kulit terhindar dari keriput. Selain itu, vitamin K juga dapat menghilangkan noda bekas jerawat bahkan yang membandel. Tak hayal, vitamin K pada kacang edamame ini penting untuk kecantikan.

Beragam Manfaat Kacang Edamame untuk Kecantikan Kulit Wajah

Nah, setelah mengetahui berabagai kandungan nutrisi yang ada dalam bahan alami ini, kamu pasti udah bisa menebak dong apa saja manfaat kacang edamame untuk kecantikan?

Well, biar kamu bisa tahu lebih jelas, berikut beragam manfaat kacang edamame untuk kecantikan kulit yang harus kamu tahu. Jangan sampai terlewat, ya!

Mencegah tanda-tanda penuaan dini

Manfaat kacang edamame untuk kecantikan kulit yang pertama yaitu mencegah penuaan dini dengan mengurangi berbagai tanda penuaan dini.

Seperti munculnya flek hitam, kerutan dan wajah kusam yang menjadikan wajah tampak tua. Dengan kandungan antioksidannya, tanda-tanda penuaan dini dapat teratasi.

Kandungan isoflavon pada kacang edamame juga mampu membantu mencegah kerusakan kolagen. Nah, dengan begitu kulit kita lebih sehat dan tampak lebih muda.

Mencerahkan kulit

Kulit cerah tentu dambaan semua wanita termasuk kamu. kulit cerah dapat diperoleh dari mengkonsumsi kacang edamame, lho. kok bisa? Sebab, kandungan vitamin C yang melimpah pada biji kacang edamame dapat menjadi sumber antioksidan untuk mencegah radikal bebas.

Vitamin C juga merangsang regenerasi kulit, mendukung  pembentukan kolagen, dan melawan hiperpigmentasi pada kulit kamu. Maka dari itu, kulit kita menjadi lebih cerah.

Mencegah dan Mengatasi Kulit Kering dan Kusam

Apakah kamu memiliki masalah dengan kulit yang kering dan kusam? Well, jangan khawatir, karena manfaat kacang edamame untuk kecantikan selanjutnya adlaah membantu mencegah kulit jadi kering dan kusam.

Kalium dan vitamin yang ada di kacang edamame mampu menghidrasi kulit, mengunci kelembapan alami kulit, dan membantu menjaga keseimbangan pH kulit kamu. Dengan begitu masalah kulit kering dan kusam dapat teratasi.

Tak hanya itu, kandungan antioksidan dalam kacang edamame pun bisa mendorong pembentukan kolagen. Sehingga mampu mengembalikan kelembapan kulit yang hilang dan membantu mencerahkan kulit wajah secara alami.

Membantu Mencegah Dampak Buruk Akibat Paparan Radikal Bebas

Telah dikatakan sebelumnya bahwa kacang edamame kaya akan antioksidan alami yang dapat mencegah efek negatif  radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh. Radikal bebas yang berlebihan ini nantinya dapat  merusak sel-sel dalam tubuh termasuk sel kulit.

Sehingga dengan rutin mengonsumsi kacang edamame, kulit kamu akan  lebih sehat dan dapat mencegah risiko pembentukan radikal bebas yang dapat membahayakan kulit kamu.

Setelah membaca uraian di atas, apakah kamu terkejut ketika mengetahui manfaat kacang edamame untuk kecantikan kulit ternyata cukup beragam?

Well, bahan alami ini pada dasarnya banyak digunakan dalam perawatan kecantikan kulit. Sebab, nutrisi yang ada dalam edamame akan membantu mengembalikan kesehatan dan kecantikan kulit wajah secara alami.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment