Mengenal Beta-Glucan dan Manfaatnya untuk Kecantikan Kulit

beta-glucan untuk kecantikan kulit dalam skincare

Halo beautypreneurs! Pernahkah kamu mendengar tentang Beta-Glucan dan manfaat bahan ini untuk kecantikan kulit? Apakah masih asing terdengar? Rasa-rasanya bahan Beta-Glucan ini masih belum banyak kita jumpai dalam komposisi produk perawatan kulit, ya?

Padahal Beta-Glucan ini memiliki khasiat yang baik untuk perawatan kecantikan kulit, lho. Bahan yang sebenarnya potensial namun masih sedikit diketahui. Sungguh menarik untuk dibahas lebih banyak, ya.

Beragam manfaat bisa kamu dapatkan jika menggunakan bahan Beta-Glucan ini untuk produk skincare lho, diantaranya untuk menghidrasi kulit, menenangkan kulit, memperbaiki kondisi kulit, dan banyak manfaat yang lainnya yang akan kita bahas lebih lanjut.

Jadi, apa sih sebenarnya Beta-Glucan itu? Apa benar memiliki banyak manfaat untuk kulit?  Bagaimana cara menggunakan Beta-Glucan untuk kulit? Dapatkah membuat Beta-Glucan sebagai formula produk perawatan kulit? Untuk informasi lengkapnya, kita simak penjelasan di bawah ini, yuk!

Apa itu Beta-Glucan?

Beta-Glucan termasuk golongan polisakarida yang merupakan senyawa gula kompleks. Bahan ini dapat ditemukan pada dinding sel beberapa tumbuhan dan tidak bisa diproduksi oleh tubuh manusia. Beta-Glucan dapat berasal dari berbagai jenis sumber seperti rumput laut, gandum, jamur, bahkan ragi. 

Beta-Glucan memiliki manfaat yang baik untuk tubuh seperti meningkatkan sistem imunitas dan mencegah virus, bakteri, parasit, dan jamur yang menyerang tubuh. 

Untuk kulit, Beta-Glucan yang memiliki sifat antioksidan ini dapat membantu meredakan tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus. Sungguh besar manfaatnya, bukan?

Beta-Glucan dapat ditemukan pada skincare anti-aging karena sifatnya yang dapat menghidrasi, soothing, firming, dan memberikan efek plumping pada kulit. 

Namun, seperti halnya formula yang lainnya, Beta-Glucan juga memiliki batas aman. Dosis maksimal Beta-Glucan untuk skincare hanya dapat digunakan sebesar 1% saja. 

Jangan melebihi presisi yang sudah ditentukan, ya. Karena akan berdampak tidak baik untuk kulit. Segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak akan baik, bukan?

Manfaat Beta-Glucan untuk Perawatan Kulit

manfaat beta-glucan

Lebih lengkapnya, adapun manfaat Beta-Glucan untuk perawatan kecantikan kulit adalah sebagai berikut.

Mencegah Kerusakan Kulit

Paparan sinar matahari yang berlebih dapat membuat kulitmu mengalami photoaging dan kerusakan pada kulit. Beta-Glucan dapat membantu kulit untuk mencegah itu semua. Sehingga kulit senantiasa sehat terawat.

Membantu Memperbaiki Kondisi Kulit

Beta-Glucan dapat bekerja untuk mempercepat proses pemulihan luka pada kulit. Molekul dalam Beta-Glucan dapat menembus lapisan epidermis dan dermis pada kulit, sehingga mampu memperbaiki kondisi kulit menjadi lebih baik. 

Booster untuk Skin Barrier 

Bahan aktif yang terkandung dalam Beta-Glucan dapat membantu menyembuhkan dan memperbaiki skin barrier. Skin barrier adalah kulit yang terluar dan berfungsi sebagai pelindung kulit. Jadi skin barrier harus senantiasa terawat agar kulit senantiasa sehat dan terbebas dari masalah.

Membantu Menghidrasi Kulit

Tahukah kamu bahwa Beta-Glucan lebih kuat dalam menghidrasi kulit daripada hyaluronic acid? Beta-Glucan bahkan memiliki kekuatan 20% lebih besar. Satu hal lagi, Beta-Glucan ternyata dapat menahan air hingga 1000 kali lebih dalam, sehingga dapat menjaga kulit tetap terhidrasi dan senantiasa lembab. Luar biasa, bukan?

Memiliki Efek Anti-Aging

Paparan sinar matahari atau sinar UV dan polusi dapat membuat kulit menjadi rusak, hiperpigmentasi, dan mengalami penuaan dini. Beta-Glucan memiliki sifat antioksidan yang memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas, sehingga kulit memiliki pertahanan ekstra. 

Membantu Mengencangkan Kulit

Kandungan dalam Beta-Glucan mampu menstimulasi pertumbuhan kolagen, sehingga dapat membantu kulit menjadi lebih kencang 

Menenangkan Kulit

Beta-Glucan mempunyai kemampuan untuk meningkatkan imunitas dan dapat memberi sensasi menenangkan pada kulit, sehingga bahan ini cocok untuk merawat kulit sensitif. Kandungan Beta-Gluca juga memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu dalam proses penyembuhan jerawat.

Cara Menggunakan Beta-Glucan untuk Kulit

Beta-Glucan merupakan bahan pelembab yang baik untuk kulit. Menambahkan minyak jeruk dan minyak biji anggur dapat membuat efek atau manfaat hidrasinya menjadi tahan lebih lama. Beta-Glucan dapat bekerja dengan baik jika digunakan bersama bahan yang menghidrasi.

Jika kulit kamu sedang bermasalah, kamu dapat menggunakan produk dengan bahan Beta-Glucan secara rutin agar mendapatkan manfaatnya dengan maksimal. Biasanya bahan ini dapat ditemukan dalam produk pelembab dan serum.

Gunakan produk dengan bahan Beta-Glucan ini sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tertera dalam kemasan produk. Bahan ini minim efek samping, jadi kamu dapat menggunakannya secara rajin. 

Namun, untuk berjaga-jaga dan lebih amannya, lakukan patch test terlebih dahulu untuk mengetahui risiko kandungan Beta-Glucan ini pada kulitmu. Jika terdapat iritasi, segera cuci kulitmu dengan bersih dan hentikan penggunaan.

Membuat Beta-Glucan sebagai Formula Produk Perawat Kulit, Bagaimana Caranya?

cara membuat parfum

Nah, Beautypreneurs, kamu telah mengetahui informasi dan beragam manfaat Beta-Glucan pada penjelasan diatas. Tak bisa dipungkiri bahwa Beta-Glucan merupakan bahan yang sangat potensial jika digunakan untuk produk perawatan kulit sebagai bahan yang menghidrasi kulit.

Kamu yang notabene-nya memiliki ketertarikan dengan dunia perawatan kecantikan, tentu akan bisa mempertimbangkan bahan yang sangat bermanfaat ini sebagai bahan produk kecantikan yang akan kamu hadirkan.

Bersama jasa maklon Mash Moshem Indonesia, kamu bisa menciptakan dan mengembangkan produk dengan kandungan Beta-Glucan ini sebagai bahan skincare yang menghidrasi kulit. Tentu dengan dosis dan formula yang sudah ditentukan.

Kamu bisa banget lho berdiskusi dengan formulator kami, untuk dapat merencanakan dan menyusun konsep produk perawatan kecantikan dengan bahan Beta-Glucan. Kamu juga bisa  mengkombinasikan dengan bahan dan formula terbaik lainnya agar produkmu makin sempurna.

Hal lain yang menguntungkan dan bisa kamu dapatkan jika menggunakan jasa maklon di Mash Moshem Indonesia adalah bebas proses pengurusan surat legalitas. Hal ini tentu akan sangat membantu kelancaran pemasaran produkmu nantinya.

Kami dengan sepenuh hati akan mengurus legalitas BPOM untukmu, sehingga produkmu dapat dengan aman diperjualbelikan di pasaran. Kemudian, kami juga akan mengurus sertifikasi tambahan lain, seperti HAKI, Halal, klaim produk Vegan, hingga HSA. 

Itu dia, beautypreneurs, cara jasa maklon di Mash Moshem Indonesia. Kamu tertarik dan berminat? Yuk, segera diskusikan produk perawatan kecantikan yang ingin kamu ciptakan bersama tim kami. 

Kamu bisa menekan tombol WhatsApp di bawah. Kamu juga bisa menghubungi tim pemasaran kami melalui nomor yang tertera di Contact Us.

Ingin Punya Kosmetik Dengan Brand Sendiri?

Segera hubungi Mash Moshem Indonesia untuk membuat sampel kosmetik sesuai keinginanmu secara gratis.

    About Author

    Mash Moshem Indonesia

    PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

    Related posts

    manfaat kandungan adaptogen dalam skincare

    Manfaat Kandungan Adaptogen dalam Skincare, Apa Saja?

    Tahukah kamu, manfaat kandungan adaptogen dalam skincare ada banyak macamnya. Kandungan ini nggak cuma bermanfaat untuk mempercantik kulit wajah, tetapi juga bisa membantu menyehatkan kulit kamu. Nggak seperti kandungan bahan aktif lainnya, kandungan adaptogen masih jarang dipakai sebagai komposisi...

    Continue Reading