Tak Cuma Menyegarkan, Ini Deretan Manfaat Semangka untuk Kecantikan

manfaat semangka untuk kecantikan (4)

Sering dijadikan sebagai minuman yang menyegarkan, siapa sangka kalau buah semangka memiliki banyak nutrisi untuk merawat kecantikan kulit dan rambut kamu?

Buah yang memiliki kandungan air melimpah ini sebenarnya cukup sering digunakan dalam formula produk-produk perawatan kecantikan.

Sebab, buah ini dapat menutrisi dan memberikan sensasi menyegarkan pada kulit wajah maupun kepala setelah seharian terpapar polusi lingkungan serta sinar matahari berlebihan.

Namun, selain untuk menyegarkan dan menenangkan, apakah kamu tahu apa saja manfaat semangka untuk kecantikan?

Well, supaya kamu tahu mengenai manfaat semangka untuk kecantikan dengan lengkap dan jelas, simak ulasan ini sampai habis, Ladies.

Nutrisi Semangka yang Baik untuk Kecantikan Rambut dan Kulit

manfaat semangka untuk kecantikan (3)

Selai memiliki kandungan air yang sangat tinggi, buah semangka juga kaya akan nutrisi yang baik untuk merawat kesehatan tubuh kamu secara umum, maupun untuk menjaga kecantikan kulit dan rambut.

Berikut beberapa kandungan buah semangka yang baik untuk kecantikan kulit dan rambut.

Vitamin A

Buah semangka mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Senyawa ini mampu membantu menormalkan dan mendukung fungsi kulit kamu.

Tak hanya itu, vitamin A pun dapat bekerja sebagai agen antiaging, dan membuat kulit jadi lebih cerah dan bersih.

Vitamin C

Sumber antioksidan alami dalam buah semangka terletak pada kandungan vitamin C yang dimilikinya. Zat ini dapat membantu melawan dan melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh paparan radikal bebas dan sinar ultraviolet (UV).

Keduanya pun bida memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Yakni dengan bertindak untuk menstimulus pembentukan kolagen dan sel kulit baru yang lebih sehat.

Vitamin B6

Buah semangka pun mengandung vitamin B6, yang dapat membantu pembentukan asam amino yang sangat penting utnuk merawat kekuatan skin barrier.

Skin barrier merupakan lapisan pelindung kulit, yang bertindak untuk melawan dan menangkal dampak buruk radikal bebas maupun stressor lingkungan lain pada epidermis.

Likopen

Bagi kamu yang memiliki banyak aktivitas di luar ruangan dan tepapar sinar matahari secara terus menerus, likopen dapat menjadi penyelamat untuk kulitmu.

Sebab, kandungan dalam buah semangka satu ini membantu mengurangi gejala peradangan yang diakibatkan oleh sunburning, serta membantu memulihkannya dengan lebih cepat.

Asam Amino

Asam amino merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk menyusun protein, termasuk dalam membentuk dan merangsang proses pertumbuhan jaringan kulit.

Manfaat Semangka untuk Kecantikan Kulit

Berbagai nutrisi dalam buah semangka mampu memberikan manfaat yang sangat beragam untuk kesehatan kulit wajah kamu.

Untuk lebih jelasnya, simak berbagai manfaat semangka untuk kecantikan kulit berikut ini.

Menyegarkan dan Menenangkan Kulit

menenangkan kulit

Buah semangka dikenal dengan kandungan airnya yang sangat tinggi, sehingga sangat cocok digunakan untuk mengatasi dahaga dan dikonsumsi.

Namun, sensasi menyegarkan buha semangka ini pun bisa kamu manfaatkan untuk menenangkan kulit wajah, lho.

Apalagi, setelah seharian kamu berada di bawah teriknya sinar matahari yang membuat kulitmu jadi terasa perih dan berminyak. Dengan menggunakan buah semangka, kamu dapat membuat kulitmu jadi lebih relax dan segar.

Untuk mendapatkan manfaat buah semangka untuk kecantikan ini, kamu bisa menghaluskan buah semangkan dengan blender dan mengaplikasikannya secara langsung pada kulit.

Mencegah Munculnya Tanda Penuaan Dini

faktor usia

Selain baik untuk merelaksasi kulit, rupanya buah semangka juga bisa membantu melawan munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit secara premature.

Manfaat buah semangka untuk kecantikan ini didukung oleh kandungan likopen, vitamin C dan A yang ada. Nutrisi-nutrisi ini dapat meminimalisir dampak buruk radikal bebas dan mengembalikan kesehatan kulit wajahmu.

Tak hanya itu, baik vitamin A maupun C, sama-sama dapat mendukung pembentukan kolagen sehingga elastisitas kulit dapat terjaga. Garis halus dan kerutan di wajah pun enggak akan berani muncul di wajah.

Kandungan antioksidan yang ada dalam buah semangka pun diketahui dapat membantu mencerahkan kulit secara alami, sehingga wajahmu akan tampak awet muda selalu.

Untuk mendapatkan manfaat antiaging dari buah semangka ini, kamu bisa menjadikannya sebagai masker alami atau mengonsumsinya secara langsung.

Membantu Menghidrasi Kulit

menutrisi kulit

Sejalan dengan fungsinya untuk melawan tanda penuaan dini, buah semangka juga sangat baik dalam menghidrasi kulit wajah.

Manfaat satu ini tentu sangat cocok bagi kamu yang memiliki kulit yang kering dan membutuhkan kelembapan ekstra.

Kandungan air dalam semangka yang tinggi mampu membuat tubuh dan kulit kamu terhidrasi dengan baik.

Untuk merawat kulit kering ini, kamu dapat mencampurkan buah semangka dan madu untuk melembapkan kulit secara alami.

Mengontrol Produksi Minyak di Wajah

Meski bisa membantu menghidrasi kulit, buah semangka enggak akan bikin wajahmu jadi tambah berminyak. Justru sebalinya, semangka dapat membantu mengontrol produksi sebum berlebih dan mengangkatnya dari permukaan kulit.

Selain itu, kandungan vitamin A-nya yang tinggi menjadikan buah semangka dapat mengurangi ukuran pori-pori kulit wajah. Hal ini dapat membuat sekresi minyak berlebih dari kelenjar sebaceous dapat diminimalisir.

Meremajakan Kulit

manfaat tomat untuk wajah (2)

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah semangka dapat membantu meremajakan kulit wajah kamu.

Sebab, senyawa ini bisa mememlihara elastisitas kulit, membuatnya tampak lebih cerah, hingga menyehatkan jaringan dan sel kulit yang bermasalah akibat paparan radikal bebas.

Demi mendapatkan manfaat buah semangka untuk kecantikan ini kamu bisa menjadikannya sebagai masker wajah alami, dan gunakan secara rutin tiap minggu.

Membantu Mengatasi Jerawat

skincare kulit berjerawat

Tak cuma membantu mencerhkan wajah, buah semangka pun sangat baik untuk merawat dan mengatasi kulit berjerawat.

Untuk merawat kulit berjerawat dengan buah semangka, kamu hanya perlu menggunakan bahan alami ini sebagai masker wajah alami secara rutin.

Kandungan vitamin C-nya yang tinggi dapat membantu memperbaiki vitalitas kulit dan menjadikan jerawat cepat mengering. Selain itu, bekas jerawat pun akan dapat disamarkan dan bahkan dihilangkan dari kulit wajahmu.

Manfaat Buah Semangka untuk Kecantikan Rambut

hair tonic

Enggak cuma membuat kulit wajah tetap sehat dan terawat, buah semangka juga sangat baik untuk rambut kamu, lho.

Baru tahu, kan? Yuk, cek fakta lengkap soal buah semangkan untuk kecantikan rambut berikut ini!

Mencegah Kerontokan Rambut

manfaat serum rambut untuk atasi rontok

Apakah kamu merasa rambutmu banyak yang rontok atau bahkan sampai mengalami penipisan? Kalau begitu, kamu bisa mencoba menanganinya dengan buah semangka, lho.

Kandungan dalam buah semangka dapat membuat rambut kian kuat dan mencegah terjadinya kerontokan.

Hal ini karena kandungan vitamin C dalam buah semangka dapat membantu memperlancar saluran oksigen ke folikel rambut, sehingga kesehatan rambut dan kulit kepala pun jauh lebih terjaga.

Tak hanya itu, semangka pun dapat meningkatkan kesehatan rambut dengan membantu pembentukan kolagen dalam tubuh.

Membantu Menghidrasi Kulit Kepala

Kulit kepala yang terlalu kering juga bisa menimbulkan berbagai masalah pada kulit kepala dan kesehatan rambut kamu.

Salah satunya dengan munculnya banyak ketombe dan membuat rambut jadi kering serta kusam.

Dengan menggunakan produk perawatan rambut dari buah semangka, kamu bisa mengembalikan kelembapan alami pada kulit kepala dan membuat rambut lebih sehat alami.

About Author

Related posts

Leave a Comment