Bunga Teratai, Tak Hanya Indah Tapi Juga Kaya Manfaat Untuk Kecantikan

manfaat teratai untuk kecantikan (1)

Penggunaan ekstrak bunga-bungaan sebagai bahan baku maupun campuran kosmetik bukanlah hal yang baru lagi. Bahkan, kini hampir semua produk kecantikan menggunakan ekstrak bunga dalam formula mereka.

Sayangnya, ekstrak bunga yang digunakan jarang yang menggunakan jenis tanaman lokal. Padahal di tanah Nusantara sendiri, enggak sedikit lho berbagai jenis bunga yang kaya akan nutrisi dan dapat merawat keseatan kulit.

Salah satu bunga khas Indonesia yang enggak kalah bermanfaatnya dengan bahan-bahan yang diimpor dari luar negeri adalah bunga Teratai.

Bunga yang juga dikenal sebagai lambang religious budaya Asia ini, ternyata memiliki banyak manfaat luar biasa untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit wajah kamu, lho.

Penasaran apa saja manfaat bunga Teratai untuk kecantikan kulit? Yuk, cek informasi lengkapnya berikut ini!

Menangkal dan Menetralisir Radikal Bebas

polusi

Radikal bebas merupakan salah satu faktor terbesar yang menyebabkan munculnya berbagai masalah pada kulit wajah kamu.

Bunga Teratai diketahui mengandung senyawa antioksidan yang sangat tinggi, sehingga dapat membantu menetralisir kadar partikel radikal bebas dari tubuh kamu.

Kandungan flavonoid dan poliskarida yang ada dalam lotus membantu mengembalikan kondisi sel kulit yang bemasalah, menjadikannya lebih sehat dan tampak segar alami.

Mengembalikan Kelembapan Alami pada Kulit

menutrisi kulit

Banyak orang yang salah mengartikan bahwa memiliki kulit yang bebas dari kilap merupakan kondisi yang sehat dan baik. Padahal enggak juga, lho!

Sebab, kulit yang terlalu lama dalam keadaan kering dan tidak mendapat cukup kelembapan pun memiliki resiko yang sama besarnya untuk terkena berbagai masalah kecantikan.

Khususnya, yang berkaitan dengan munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Seperti kulit wajah yang tampak lebih kusam, tekstur yang kasar dan munculnya kerutan, serta garis halus di area ekspresi.

Tak hanya itu, kulit kering pun sangat rentan terkena dampak buruk sinar matahari. Karena skin barrier yang ada tidak sekuat ketika kulit terhidrasi dengan baik.

Hal ini akan membuat kulit jadi sensitive, mudah mengelupas, bahkan bisa terkena iritasi hingga terbakar sinar ultraviolet.

Nah, kalau kamu memiliki masalah dengan kulit kering dan berbagai efek yang telah disebutkan di atas, bunga Teratai bisa membantumu mengatasinya.

Sebab, bahan alami satu ini dapat bekerja mengembalikan dan mempertahankan kelembapan alami pada kulit. Dengan begitu, wajahmu akan tetap terhidrasi dengan baik dan selalu prima sepanjang hari.

Dapat Mencegah Kemunculan Jerawat

muncul jerawat dan beruntusan

Jerawat merupakan salah satu masalah yang paling sering muncul di wajah, baik yang memiliki kulit berminyak, normal, kombinasi, hingga yang kering sekaligus.

Nah, katanya, Teratai mengandung senyawa yang dapat mengatasi serta mencegah kemunculan jerawat kembali.

Kandungan dalam Teratai dapat bekerja untuk mengurangi produksi minyak berlebih tanpa membuat wajah terlalu kering. Hal inilah yang dapat meminimalisir kemunculan jerawat pada wajah.

Selain itu, sifat antibakteri dan antijamur memungkinkan bunga Teratai melawan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Cocok untuk Merawat Kulit Sensitif

Memiliki kulit wajah yang sensitive membuat kamu harus hati-hati dalam memilih produk perawatan wajah, sebab bisa jadi kandungan dalam formulanya tidak cocok dan dapat menimbulkan reaksi negative pada kulit.

Untuk itu, enggak ada salahnya bagimu untuk mempertimbangkan penggunaan kosmetik atau skincare yang dibuat dari ekstark bunga Teratai.

Sebab, selain memiliki aroma yang menenangkan, bunga ini pun mengadung sifat anti peradangan sehingga dapat meminimalisir iritasi dan kemerahan pada kulit.

Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya pun terkenal efektif dalam merawat kulit sensitive, sebab dapat menyerap ke lapisan terdalam kulit dan merangsang sirkulasi darah.

Hasilnya, kulit wajahmu pun akan jadi lebih sehat dan tampak lebih segar.

Menjaga Keremajaan Kulit Wajah

keremajaan kulit

Memiliki wajah yang selalu tampak cerah dan awet muda adalah dambaan hati semua orang. Hal ini pulalah yang akhirnya membuat krim antiaging menjadi begitu popular dan diburu oleh khalayak ramai.

Namun, tahukah kamu kalau ternyata salah satu manfaat bunga Teratai untuk kecantikan kulit wajah adalah dapat menjaga keremajaannya?

Ini dikarenakan dalam ekstrak bunga Teratai terdapat kandungan antioksidan yang tinggi. Enggak heran deh, kalau produk perawatan kulit yang dilengkapi bahan satu ini dapat digunakan untuk menjaga kulit tetap awet muda.

Antioksidan terbukti secara medis dapat melawan radikal bebas dan melawaan proses penuaan sel-sel kulit.

Tak hanya iut, bahkan kandungan dalam bunga Teratai ini pun disinyalir dapat melindungi kulit dari berbagai dampak buruk paparan sinar matahari berlebihan, lho.

Membantu Meredakan Gejala Peradangan

Tak hanya antioksidan, dalam bunga lotus atau Teratai pun terkandung vitamin A. Senyawa satu ini diketahui mampu meredakan gejala peradangan yang terjadi pada kulit wajahmu, baik yang diakibatkan oleh sunburning maupun jerawat.

Selain itu, jika digunakan secara rutin sebagai krim topical, bunga Teratai pun bisa membantu merangsang proses penyembuhan luka serta menenangkan rasa tidak nyaman yang bisa saja muncul.

Menghaluskan dan Mencerahkan Kulit Wajah

mencerahkan kulit

Memiliki sifat astringent alami, membuat bunga Teratai bermanfaat dalam melawan hiperpigmentasi pada kulit dan memperbaiki teksturnya yang kasar.

Sebab, kandungan astringet ini dapat bekerja memperkecil pori-pori pada kulit, sehingga produksi sebum lebih terkontrol dan tekstur kulit jadi tampak lebih lembut.

Bukan hanya itu, kandungan vitamin A, B, dan C di dalam bunga eksotis ini juga dapat menyamarkan perubahan warna kulit dan memerangi hiperpigmentasi.

Baik yang dipicu bekas jerawat, maupun yang diakibatkan oleh paparan sinar ultraviolet. Gunakan produk berbahan lotus untuk mendapatkan kulit yang cerah dan glowing alami.

Menjaga Elastisitas Kulit

Selain membuat wajahmu cerah alami, manfaat bunga Teratai untuk kecantikan lainnya adalah untuk menjaga elastisitas kulit.

Khasiat yang dimiliki bunga Teratai ini bisa kamu dapatkan dengan membuatnya sebagai masker alami, atau dengan mencampurkannya dalam lotion yang kamu pakai.

Nah, itu adalah beberapa manfaat bunga Teratai untuk kecantikan yang mungkin saja belum kamu tahu. Berbagai manfaat dari bunga Teratai ini didapatkan dari kandungan nutrisinya yang tinggi, misalnya vitamin, mineral, hingga antioksidan alami lainnya.

Apakah kamu tertarik untuk mencoba bunga Teratai sebagai perawatan wajah harianmu? Atau barangkali kamu ingin membuat produk kosmetik dengan bahan alami satu ini?

Well, caranya gampang banget, lho. Kamu hanya perlu mewujudkan keinginanmu itu melalui maklon skincare Mash Moshem Indonesia.

Sebab, enggak hanya mampu membuatkan satu jenis produk saja, kami bisa membantumu menciptakan berbagai jenis produk perawatan kecantikan kulit.

Mulai dari ujung kepala hingga ujung rambut, hingga ke ujung kaki. Mau pakai berbagai jenis bahan-bahan alami lainnya juga.

Pokoknya, kami bisa membantu mewujudkan semua keinginan kamu untuk membuat produk kosmetik yang berkualitas dan memiliki daya jual tinggi.

Gimana, apakah kamu tertarik dan berminat untuk maklon kosmetik bersama Mash Moshem Indonesia? Segera hubungi tim marketing kami!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment