Tinggi Antioksidan, Ini Dia Deretan Manfaat Lemon untuk Kecantikan

manfaat lemon untuk kecantikan (1)

Aromanya yang segar dan vitamin C-nya yang tinggi, menjadikan buah lemon sebagai primadona dalam berbagai produk perawatan kecantikan kulit.

Pada dasarnya, lemon memang telah lama dikenal sebagai buah yang memiliki banyak khasiat. Sebab, enggak cuma menyegarkan jika dikonsumsi, lemon pun bisa diaplikasikan untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit.

Kandungan dalam Lemon yang Baik untuk Kulit

Sebelum terlalu jauh membahas manfaat lemon untuk kecantikan kulit wajah dan tubuh, apa kamu sudah tahu kandungan atau nutrisi yang ada dalam buah satu ini?

Kalau belum, cek ulasan lengkapnya berikut ini, ya, Guys!

Vitamin C

Jika ditilik dari rasanya yang asam, kamu pasti tahu kandungan apa yang sangat tinggi dalam buah lemon. Yap, vitamin C!

Selain bagus untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap prima, vitamin C pun berperan sebagai antioksidan alami dan membantu menetralisir radikal bebas dalam tubuh kamu.

Vitamin C pun dikenal mampu mencerahkan kulit, yakni dengan merangsang pembentukan kolagen dan memudarkan warna kusam pada wajah.

Selain itu, kandungan satu ini pun dapat memperlambat proses penuaan dan melindungi kulit dari berbagai dampak buruk yang diakibatkan stressor lingkungan.

Asam Sitrat

Selain vitamin C, dalam buah lemon pun terdapat kandungan asam esensial yang juga dikenal dengan asam sitrat.

Jenis asam ini merupakan turunan dari Alpha hydroxy acid (AHA), yakni senyawa yang memiliki beragam manfaat penting untuk merawat kecantikan kulit wajah kamu.

Umumnya, asam sitrat dapat bekerja sebagai astringent alami dan dapat membantu memperkecil pori-pori kulit, sehingga produksi sebum pun dapat lebih terkontrol.

Enggak cuma itu, kandungan ini pun bisa mengatasi hiperpigmentasi dan mencegah diskolorasi kulit. Yakni melalui merangsang proses pergantian sel kulit mati dan melakukan eksfoliasi.

Tak hanya itu, kandungan lemon satu ini juga dapat mengatasi pigmentasi dan diskolorasi kulit serta membantu proses pergantian sel kulit mati melalui proses eksfoliasi.

Magnesium

Berbagai manfaat lemon untuk kulit pun didukung dengan kandungan magnesium yang ada di dalamnya.

Magnesium merupakan salah satu jenis mineral yang memiliki peranan penting untuk merawat kecantikan kulit, khususnya untuk menjaga elastisitas kulit dan membuatnya tampak selalu muda.

Selain itu, magnesium pun dapat melindungi sel kulit dari stress oksidatif, atau kondisi saat jumlah radikal bebas dalam tubuh melebihi kadar yang dapat dinetralkan oleh sistem tubuh secara alami.

Kalsium

Selain magnesium, buah lemon mengandung jenis mineral lainnya yakni kalsium. Jenis kalsium satu ini sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Oleh sebab itu, ketika tubuh kekurangan asupan mineral ini, kulit wajah pun akan sering terasa kering dan bahkan gatal-gatal.

Nah, lemon bisa menyuplai kebutuhan kalsium pada kulit karena kandungannya yang cukup tinggi. Penggunaan secara topical bisa membantu kulit tetap sehat dan kencang.

Kalium

Dalam lemon terdapat kandungan kalium yang tak kalah tinggi, zat ini mampu membantu merangsang fungsi system saraf, menangkal radikal bebas, pun meningaktkan pembentukan sel darah.

Enggak hanya itu, kalium pun dapat mengurangi berbagai masalah yang muncul di kulit. Sehingga penampilanmu akan selalu tampak sehat dan terawat.

Berbagai Manfaat Lemon untuk Kulit Tubuh dan Wajah

manfaat lemon untuk kecantikan (3)

Dengan kandungan buah lemon yang sangat beragam, enggak heran mengapa bahan satu ini bisa memberikan banyak manfaat untuk kulit tubuh dan wajah kamu.

Penasaran apa aja manfaat lemon untuk kulit tubuh dan wajah? Yuk, cek fakta-faktanya berikut ini, Guys!

Mencerahkan Kulit

manfaat rumput laut untuk kecantikan

Salah satu bahan alami yang terbukti ampuh melawan hiperpigmentasi dan mencerahkan kulit adalah lemon.

Bukti sederhananya, kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai jenis produk pemutih wajah dengan menggunakan ekstrak lemon untuk mencerahkan atau memutihkan wajah.

Ini dikarenakan ekstrak lemon memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat mendorong produksi kolagen dan mencerahkan kulit tubuh maupun wajah secara alami.

Karena sifatnya yang alami, jeruk lemon pun diyakini cukup aman digunakan dibanding bahan-bahan kimia yang terlalu keras bagi kulit.

Tak hanya itu, lemon pun kaya akan asam sitrat yang juga bisa berfungsi untuk melawan hiperpigmentasi dan meratakan warna kulit.

Menghilangkan Jerawat dan Mengatasi Komedo

skincare untuk kulit berjerawat

Kamu sering jerawatan atau punya banyak komedo di area T-zone? Well, jangan risau! Sebab buah lemon bisa kamu gunakan sebagai alternatif untuk mengatasi masalah satu ini

Ini dikarenakan dalam buah lemon memiliki sifat antibakteri yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, kandungan AHA dalam lemon pun bisa membuat kotoran dan minyak terangkat dari wajah. Sehingga pori-pori wajah pun jadi jauh lebih bersih dan tidak mudah tersumbat.

Memudarkan Bintik Hitam dan Bekas Luka

Selain mengatasi jerawat dan komedo, rupanya lemon juga bisa membantu menyamarkan bekasnya dari kulit wajahmu.

Lagi-lagi manfaat lemon ini dipengaruhi oleh kandungan asam sitrat yang tinggi, sehingga membantu proses eksfoliasi sel kulit mati dan memperlancar pertumbuhan sel kulit baru yang lebih sehat.

Dengan begitu berbagai kotoran dan sel kulit mati yang ada di atas kulit pun dapat dibersihkan. Sehingga kulit wajah dan tubuhmu bakalan terlihat lebih cerah dan sehat.

Mengontrol Produksi Sebum

Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, lemon adalah bahan alami yang sangat cocok untuk kamu gunakan merawat kecantikan kulit wajah dan tubuhmu.

Ekstrak lemon dapat membantu mengontrol produksi sebum secara berlebih, baik mengangkat minyak dari epidermis, pun dengan mengecilkan pori-pori kulit.

Menyembuhkan Gatal pada Kulit

Rasa gatal di kulit bisa disebabkan oleh beberapa masalah, baik karena kondisi kulit yang kering, jerawat, maupun infeksi bakteri tertentu.

Nah, salah satu manfaat lemon untuk kulit adalah mampu meredakan rasa gatal tersebut. Ini karena kandungan kalisium dalam lemon yang mampu menenangkan dan menjaga kelembapan alami pada kulit.

Mengurangi Bau Badan

penyebab ketiak hitam

Apakah kamu bermasalah dengan bau badan yang mengganggu dan bikin enggak pede? Jangan khawatir, sebab vitamin C dan antioksidan dalam buah lemon mampu mengatasi masalah satu ini.

Tak hanya itu, dengan menggunakan body wash dengan ekstrak lemon, wangi segar buah ini bisa menempel pada tubuhmu seharian dan membuat wangi badanmu jadi enak.

Menjaga Keseimbangan pH kulit

Walaupun termasuk ke dalam buah yang memiliki tingkat keasaman tinggi, lemon ternyata dapat membantu menjaga keseimbangan pH dalam tubuh.

Hanya dengan menggunakan atau mengonsumsi air perasan lemon secara rutin, keseimbangan pH dalam tubuh dan kulit akan jadi lebih terjaga.

Mengangkat Sel-sel Kulit Mati

Menumpuknya sel kulit mati di permukaan kulit dapat memicu munculnya berbagai masalah kecantikan, termasuk penyumbatan pori-pori kulit.. Dalam jangka panjang, hal ini pun bisa menyebabkan berbagai masalah kulit seperti jerawat, komedo, dsb.

Agar hal itu tak terjadi, sel kulit mati tersebut pun harus dihilangkan atau diangkat melalui proses eksfoliasi. Nah, lemon bisa membantumu melakukannya, lho.

Sebab, kandungan asam sitrat dalam jeruk lemon dapat bermanfaat sebagai media eksfolaisi alami yang ampuh mengangkat sel kulit mati.

Mengatasi Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi pada kulit bisa terjadi karena factor eksternal dan karena usia yang kian tinggi. Kondisi ini dapat berupa munculnya bintik-bintik hitam di wajah, kulit jadi kusam, dan warnanya enggak merata.

Hiperpigmentasi ini dapat disamarkan dan diatasi dengan memanfaatkan buah lemon. Sebab, kandungan antioksidannya yang tinggi dapat melawan kerusakan pada sel kulit dan memulihkannya.

Enggak hanya itu, vitamin C yang tinggi pun bisa membantu merangsang proses produksi kolagen dan sel-sel kulit yang baru. Nah, hal inilah yang membuat wajah kamu akan kembali cerah dan tampak berseri.

Sebagai Antibakteri

Hal yang menjadikan buah lemon sangat umum digunakan dalam formula produk perawatan kulit adalah sifatnya sebagai antibakteri.

Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh kita, sehingga sangat rentan terpapar berbagai jenis kotoran, polusi, dan stressor lingkungan lainnya.

Inilah yang kemudian menyebabkan kuman dan bakteri bisa menempel pada kulit tubuh dan wajah. Akhirnya, berbagai masalah kulit seperti gatal, iritasi, dan jerawat pun bisa muncul.

Lemon mengandung senyawa polifenol yang dapat bekerja sebagai antioksidan dan antibakteri alami. Sehingga kulit kamu dapat terlindungi dari berbagai jenis bakteri jahat yang bisa menimbulkan berbagai masalah pada kulit.

Setelah mengetahui manfaat lemon di atas, apakah kamu hendak menjadikan bahan alami ini sebagai perawatan kecantikan rutin? Kasih tahu pendapat kamu tentang manfaat lemon ini di kolom komentar, ya!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment