Kaya Nutrisi, Ini 7 Manfaat Kale untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

manfaat kale untuk kecantikan (2)

Pernahkan kamu makan sayur kale? Bagi kalian yang vegetarian atau penggiat diet tentu tak asing lagi dengan sayur hijau yang satu ini. Pasalnya, kale memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kamu lo.

Tak disangka, dibalik rasanya yang pahit ternyata memiliki khasiat yang baik untuk kecantikan kulit kamu nih. Dengan kandungan nutrisi seperti vitamin, kalium dan kalsiumnya dapat menangani berbagai masalah kulit kamu. Seperti penuaan, jerawat yang meradang, menghilangkan bekas jerawat dan masih banyak lagi.

 Nah, untuk tahu selanjutnya tentang kandungan kale dan manfaat kale untuk kecantikan wajah kamu, simak penjelasannya dalam artikel di bawah ini.

Sekilas tentang Kale

Sebelum kita membahas manfaat kale untuk kecantikan kulit, alangkah baiknya kita mengetahui apa itu kale. Seperti pepatah, tak kenal maka tak sayang.

 #So, sama seperti kamu nih bila belum mengenal sayur yang satu ini tentunya akan bertanya-tanya apa sih sebenarnya kale itu.

Nah, kale adalah tumbuhan hijau yang termasuk dalam keluarga brokoli, sawi, selada dan kubis yang memiliki ujung daun keriting seperti selada yang berasal dari dataran Eropa. Kale atau sering disebut dengan kubis keriting ini memiliki nama latin yaitu Brassica oleracea L. var. acephala.

Kale saring disebut dengan “ratunya sayuran” karena memiliki nutrisi yang lebih banyak dari bayam yang kita tahu juga memiliki banyak nutrisi. Selain itu, kale memiliki kandungan kalsium dan protein yang tinggi dari bayam. Tak heran jika sayuran ini disebut superfood.

Kandungan dalam Kale yang Baik untuk Kulit

Sebagai ratunya sayuran, tentunya kandungan dalam kale tak diragukan lagi. Kandungan dalam kale sangat bagus bagi kecantikan kulit kamu lo.

Apa saja? Yuk simak informasinya di bawah ini.

Vitamin A
Tahukah kamu ? kalau vitamin A pada kale lebih banyak dibanding pada wortel. Tak hanya untuk mata, vitamin A juga bermanfaat bagi kulit kamu lo.

Kandungan vitamin A pada kale  ini berperan memberi antioksidan sehingga sel  kulit terlindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain itu, vitamin ini juga memperlambat penuaan sel dan menjaga kulit tampak lebih muda. Tak hanya itu, vitamin A ini juga dapat mengangkat sel kulit mati dengan begitu mengurangi penyumbatan pori-pori dan jerawat.

Vitamin K

Dibanding dengan susu, vitamin k pada kale lebih tinggi. Kale mengandung 150 mg vitamin k, sedangkan susu hanya125 mg.

Tak hanya berperan dalam mendukung pembekuan darah vitamin K juga untuk kecantikan kulit kita.  Vitamin ini mampu menyamarkan lingkar hitam pada bagian bawah mata yang sering mengganggu penampilan kamu.

Dengan mengkonsumsi kale dapat menjaga keelastisan kulit kamu lo makanya kulit terhindar dari keriput. Selain itu, vitamin K juga dapat menghilangkan noda bekas jerawat bahkan yang membandel. Tak hayal, vitamin K pada kale ini penting untuk kecantikan

Vitamin C

Siapa yang tidak mengenal vitamin C? Vitamin C bukan hanya untuk mencegah sariawan saja, namun juga sangat berguna bagi kecantikan kulit kamu. Vitamin C pada kecantikan memiliki fungsi yang sangat banyak.

Vitamin C berguna untuk meremajakan, mencerahkan kulit kusam serta membuat kulit kamu tampak lebih sehat.  Selain itu juga , vitamin C ini dapat memudarkan bintik-bintik hitam pada wajah serta mampu mencegah kerusakan pada kulit dan melindungi kulit dari bahaya paparan matahari.

Ternyata vitamin C pada kale lebih banyak daripada jeruk. Vitamin c pada kale memiliki efek antioksidan alami yang secara aktif memperbaiki kulit kamu dan membuatnya semakin sehat alami.

Tak cukup sampai disitu, vitamin C juga merangsang regenerasi kulit, mendukung pembentukan kolagen, dan melawan hiperpigmentasi pada kulit kamu.

Kalsium

Kalsium biasanya berhubungan dengan pembentukan tulang dan gigi. Namun, tidak pada kecantikan. Kalsium juga diperlukan bagi kecantikan kulit kita, lho.

kalsium berperan dalam regulasi produksi sebum sehingga kulit kamu terhidrasi. Dengan mengkonsumsi kale ini dapat mempercepat regenerasi kulit kamu.

Kale ini ternyata juga dapat mencegah kanker pada kulit. Hal ini dikarenakan kalsium memiliki kemampuan untuk menstimulasi pembentukan antioksidan dan mengatur pigmen kulit kamu agar dapat melindungi dari efek buruk sinar U.

Vitamin B6

Vitamin B6  atau pyridoxine pada kale berperan dalam membantu pembentukan asam amino yang sangat penting bagi kesehatan kulit. Vitamin ini juga dikenal sebagai vitamin pengelola stres lo. Selain itu, bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan kulit kamu secara tidak langsung.

Stres dan kurang tidur dapat meningkatkan ternyata berpengaruh pada peradangan tubuh, mengurangi regenerasi sel, dan menyebabkan kulit kering. Semuanya merupakan faktor penyebab munculnya penuaan dini.

Mengkonsumsi vitamin B6 yang cukup dapat menghasilkan melatonin, serotonin, dan norepinefrin. Dimana zat tersebut berperan penting untuk mengatur tidur hingga stres lo.

Namun, vitamin ini ternyata juga memiliki efek samping yaitu peradangan atau sensitif terhadap bahan yang mengandung iritan atau alergi. Jadi, kamu harus hati-hati dalam  mengkonsumsi kale ini.

Kalium

Kandungan kale selanjutnya yang harus kalian tahu yaitu kalium atau potassium. Kalium pada kale cukup tinggi dibanding kalsium.  Nah, kandungan ini biasanya sering dipakai untuk berbagai macam skincare.

Dalam kecantikan, kalium memiliki peranan penting yaitu menghidrasi kulit, mengunci kelembapan alami kulit, dan membantu menjaga keseimbangan pH kulit kamu. Dengan begitu, kulit wajah akan terhidrasi sehingga kulit kamu tidak mudah mengalami dehidrasi.

Selain itu , kale ini juga dapat menyembuhkan kulit kering lo. penyebab kulit kering biasanya karena kurangnya kalium dalam kulit. Maka dari itu, kale ini salah satu kacang yang dapat membantu melembabkan kulit secara internal.

Berbagai Manfaat Kale untuk Kecantikan Kulit

Setelah mengetahui kandungan kale, selanjutnya kita akan membahas tentang manfaat kale untuk kecantikan kulit. Nah, apa saja manfaat kale bagi kecantikan kulit? Berikut penjelasannya.

Melawan Penuaan Dini

Wajah kamu muncul tanda-tanda penuaan dini? Lawan dengan mengkonsumsi kale. Biasanya, masalah  ini disebabkan oleh stres oksidatif atau radikal bebas. Sehingga memicu tanda-tanda penuaan dini.

Namun, semua itu dapat teratasi. Berkat kandungan karotenoid pada kale yang tinggi mampu mencegah munculnya tanda penuaan dini.

Menguatkan Struktur Kulit

Tak hanya melawan penuaan dini, karotenoid dari kale dapat menguatkan struktur kulit kamu. Selain itu, kolagen dalam kale juga mampu membuat struktur kulit kamu menjadi lebih segar dan lebih sehat. Sehingga kulit kamu tidak pucat dan awet muda.

Meningkatkan Produksi Kolagen

Bagi kulit, kolagen berperan dalam menjaga keelastisan dan kekenyalan kulit kamu. Dengan mengkonsumsi kale dapat meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Pasalnya, kale mengandung lutein yang bertugas mempercepat produksi kolagen pada kulit.

Selain itu, kandungan kolagen pada kale juga sukup andil dalam mengencangkan kulit kamu lo. Sehingga, garis halus dan kerutan pada wajah kamu pun dapat berkurang dengan sendirinya.

Menghidrasi Kulit Wajah

Kale mengandung antioksidan yang dibutuhkan untuk kulit kamu. Kalium dan vitamin yang ada pada kale mampu menghidrasi kulit, mengunci kelembapan alami kulit, dan membantu menjaga keseimbangan pH kulit kamu. Dengan begitu masalah kulit kering dan kusam dapat teratasi.

Tak hanya itu saja,.  Lutein pada kale juga dapat menjaga kulit kamu tetap terhidrasi serta  dapat membersihkan pori-pori kulit kamu agar kulit bersih dan lebih sehat.

Menyehatkan Rambut dan Kulit Secara Keseluruhan

Selanjutnya, kandungan vitamin A dan beta-karoten pada kale tidak hanya dibutuhkan untuk kesehatan jaringan tubuh saja , tetapi juga pada rambut dan kulit kamu. Vitamin A pada kale  ini berperan memberi antioksidan sehingga sel  kulit terlindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.

Maka dari itu, jika ingin mendapatkan kulit dan rambut yang sehat maka kamu dapat mengkonsumsi kale. Sehingga, dengan mengkonsumsi kale secara rutin dapat mewujudkan rambut dan kulit yang sehat

Menghilangkan Mata Panda

Kurangnya tidur dan kekurangan vitamin k ternyata juga dapat menyebabkan tubuh jadi rentan mengalami masalah kulit, termasuk timbulnya lingkaran hitam di bawah mata.

Kale memiliki vitamin K yang penting untuk kesehatan kulit wajah kamu. Vitamin ini bermanfaat bagi kamu yang memiliki lingkaran hitam di bawah kelopak mata.  Pasalnya, berguna dalam mengurangi pigmen keunguan pada kulit kamu.

Maka dari itu, jika kamu rutin konsumsi jus kale, mata panda kamu secara perlahan akan menghilang.

Mempercepat Penyembuhan Masalah Kulit

Jerawat biasanya meninggalkan bekas atau noda yang sangat mengganggu penampilan kamu. Sehingga kamu butuh bahan untuk dapat menghilangkan bekas jerawat tersebut.

Kale mengandung zat besi yang berguna untuk mempercepat penyembuhan kulit akibat peradangan. Selain itu, kale juga mampu mengatasi masalah bekas jerawat tersebut dengan mengkonsumsi kale secara rutin.

Penjelasan di atas tentunya menambah pengetahuan kalian mengenai kale dan segudang manfaatnya bagi kecantikan kulit kamu.

So, mulai sekarang kalian dapat memanfaatkan kale sebagai salah satu sayur yang dapat menyehatkan kulit cantik kamu.

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Unik Banget! Manfaat Akar Yacon untuk Kecantikan dan Kesehatan Rambut

Melihat banyaknya produk perawatan kecantikan rambut yang belakangan ini menggunakan bahan-bahan organik, pernahkah kamu bertanya-tanya seberapa banyak bahan alami yang punya kemampuan ini? Well, sebenarnya alam bisa memberikan banyak bahan untuk membantu kebutuhan manusia. Termasuk untuk menjaga kesehatan dan...

Continue Reading

Ingin Punya Rambut Keriting yang Sehat dan Cantik? Hindari 7 Kandungan Ini Dulu!

Merawat rambut keriting sebenarnya cukup sulit, terlebih kalau kamu tidak tahu bagaimana perawatan yang tepat dan menemukan bahan yang benar-benar dibutuhkan rambutmu agar selalu sehat. Apalagi belakangan ini banyak produk-produk perawatan rambut baru yang dibuat dari brand baru juga....

Continue Reading

Leave a Comment