Sering Dipakai dalam Kosmetik, Ini Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan Wajah

air mawar

Kamu mungkin tidak asing lagi degan manfaat air mawar untuk wajah, apalagi kalau bahan alami ini sering kali digunakan dalam berbagai produk perawatan kecantikan.

Air mawar merupakan air yang dihasilkan dari proses penyulingan atau ekstraksi dari kelopak bunga mawar itu sendiri. Faktanya, air mawar telah sejak lama digunakan untuk wewangian, juga merawat kesehatan dan kecantikan kulit secara alami.

Berdasarkan beberapa hasil riset kesehatan, air mawar terbukti mengandung senyawa phenolic yang bersifat dan bekerja sebagai anti oksidan. Air mawar pun disinyalir memiliki kemampuan anti bakteri, anti septik, dan anti virus.

Hal inilah yang akhirnya membuat air mawar mampu mengurangi gejala peradangan, meredakan nyeri, dan bisa menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh kita.

Selain fungsi kesehatan tersebut, ketahui berbagai manfaat air mawar untuk wajah berikut ini.

Melembapkan Kulit Wajah

melembutkan kulit

Manfaat air mawar untuk wajah yang pertama adalah melembapkan kulit wajah. Ini disebabkan air mawar mengandung pelembap alami serta senyawa anti oksidan yang bisa mencegah kulit wajah kamu jadi kering.

Dengan wajah yang lebih lembap, kamu bisa mendapatkan wajah yang lebih sehat dan segar. Kondisi ini juga sangat memungkinkan kandungan dalam produk skincare yang kamu gunakan akan terserap dengan lebih optimal.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa menggunakan air mawar sebagai toner atau pembersih wajah alami. Gunakan secara rutin agar manfaatnya bisa segera kamu rasakan.

Menghambat Munculnya Tanda Penuaan Dini

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa air mawar dapat menghambat munculnya tanda penuaan dini pada wajah. Seperti munculnya garis-garis halus, kerutan, hingga keriput di kulit wajah.

Manfaat ini berkat kandungan zat anti oksidan dan pelembap alami pada air mawar yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kerusakan pada karingan kulit.

Meredakan Peradangan Kulit

iritasi kulit

Dalam air mawar terkandaung senyawa polifenol dan flavonoid yang merupakan bentuk anti oksidan dan anti radang alami.

Kandungan inilah yang kemudian diketahui dapat meredakan peradangan pada kulit, bahkan bisa mengatasi gejala ringan dari masalah eksim maupun rosacea.

Mengurangi Jerawat di Wajah

wajah berjerawat

Apakah kamu memiliki masalah dengan jerawat di wajah, yang barangkali meradang dan susah hilang?

Nah, kamu bisa mengatasi masalah jerawat ini dengan menggunakan air mawar, lho. Sebab air mawar memiliki pH yang sedikit asam, sehingga mampu membuat jerawat yang ada di wajahmu jadi lebih mudah kering.

Tak hanya itu, pH air mawar pun bisa membantu menyeimbangkan pH alami pada wajahmu. Yang bisa terganggu karena penggunaan produk perawatan kecantikan tertentu.

Air mawar pun dikatakan mengandung anti septik dan anti bakteri yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Cara mengatasi jerawat dengan air mawar juga sangat mudah, lho, Ladies. Cukup pakai air mawar sebagai toner alami dan aplikasikan pada pagi dan malam hari, terlebih ketika wajahmu telah selesai dibersihkan.

Mengatasi Tampilan Mata Panda

Selain untuk kulit wajah, air mawar juga sangat membantu untuk mengatasi penampilan mata panda. Ini dikarenakan kemampuan air mawar yang menenangkan dan menyegarkan sehingga bisa menyusutkan pembuluh darah di area kulit mata.

Hal itulah yang kemudian membuat tampilan mata panda akhirnya berkurang dan dapat hilang sedikit demi sedikit.

Cara menggunakan air mawar untuk mengatasi mata panda ini cukup mudah, kok, Ladies. Kamu hanya perlu mengompres mata dengan air mawar selama sekitar 20 menit.

Agar hasilnya maksimal dan bisa segera kamu rasakan, gunakan perawatan dengan air maawar itu secara rutin.

Bisa Jadi Make Up Removal Alami

Penggunaan riasan wajah pasti sudah sangat umum dan cukup rutin dilakukan oleh para pecinta kosmetik, khususnya kaum perempuan.

Karena inilah, akhirnya make up removal jadi produk yang wajib dimiliki. Pasalnya, residu dari riasan wajah yang tidak dibersihkan secara menyeluruh akan dapat mengganggu kesehatan kulit dan menimbulkan berbagai masalah kecantikan.

Sayangnya, bagi pemilik kulit yang kering dan sensitif, make up removal dengan kandungan tertentu bisa menimbulkan iritasi pada kulit mereka.

Tapi tenang, Ladies! Karena minyak mawar bisa menjadi jawaban akan kegalauanmu satu ini. Sebab, air mawar pun disinyalir mampu membersihkan make up sama efektifnya dengan produk hasil brand-brand kosmetik di pasaran.

Tak hanya itu, menggunakan air mawar ini juga terbilang ramah untuk pemilik kulit sensitif dan kering. Sebab, bahan alami ini enggak akan membuat kulit wajah teriritasi, malah bikin lebih lembap dan segar.

Mengunci Tampilan Make Up

Sering kesal karena make up yang kamu pakai enggak bisa bertahan lama? Jangan-jangan kamu lupa untuk mengaplikasikan setting spray setelah menggunakan riasan wajah.

Kegunaan setting spray ini bisa mengunci make up yang kamu pakai, hasilnya riasan wajahmu bakal terlihat lebih maksimal dan enggak mudah luntur.

Nah, kamu bisa menggunakan air mawar sebagai setting spray alami. Ini dikarenakan zat pelembap alami pada air mawar yang mampu memuat wajah jadi lebih glowing, segar, dan mengunci riasan yang kamu pakai.

Cara Membuat Toner Air Mawar Sendiri

manfaat air mawar untuk wajah (1)

Selain membeli air mawar di toko-toko kosmetik dari brand-brand kecantikan ternama, kamu pun sebenarnya bisa membuat toner air mawar sendiri, lho.

Penasaran gimana aja langkahnya? Dilansir dari Beautynesia, berikut beberapa langkah membuat toner air mawar sendiri di rumah. Yuk, simak dan coba sendiri di rumah!

  1. Siapkan beberapa mawar sesuai kebutuhan, kemudian cuci sampai bersih di bawah air mengalir. Kemudian uraikan kelopak mawar tersebut satu per satu.
  2. Siapkan panci yang dalam ukuran sedang dan dua buah mangkuk tahan panas. Lalu, letakkan mangkuk tahan panas pertama ke dalam panci namun posisinya dibalik. Kemudian masukkan kelopak mawar tadi di panci, seperti ilustrasi di bawah ini.
  3. Setelah itu, tambahkan air bersih ke dalam panci secukupnya saja. Kemudian letakkan mangkuk kedua tepat di atas mangkuk pertama. Oh ya, kali ini enggak perlu dibalik mangkuknya!
  4. Sebelumnya, siapkan es batu untuk memperkuat ekstrak air mawar.
  5. Setelah itu, tutuplah panci namun dengan penutupnya dalam keadaan terbali. Kemudian panaskan dengan suhu sedang pada kompor.
  6. Saat kondensasi mulai terjadi, taruh es batu yang telah disiapkan tadi ke atas penutup panci.
  7. Rebuslah kelopak mawa tersebut selama 30-45 menit, setelah itu matikan kompor dan biarkan suhu air mawar turun dengan sendirinya dalam panci.
  8. Kalau sudah, gunakan saringan untuk memisahkan air mawar dari sisa kelopaknya. Kemudian simpan di wadah kaca dengan penutup yang rapat.
  9. Agar bisa bertahan lebih lama, simpan air mawar dalam kulkas, ya.
  10. Setelah air mawar telah terbentuk, kamu bisa menggunakannya sebagai toner. Baik dalam bentuk spray maupun dalam bentuk konvensional.

Itu adalah berbagai cara untuk membuat air mawar sendiri di rumah. Prosesnya bisa dibilang enggak mudah dan butuh banyak waktu.

Tapi masih bisalah kalau kamu mau coba sendiri di rumah, hitung-hitung kamu bisa memenuhi kebutuhanmu sendiri selama beberapa waktu.

Namun, mengingat banyaknya peminat akan air mawar bisa jadi peluang bisnis tersendiri. Kalau kamu bisa memproduksi massal air mawar sendiri, kamu bisa menjualnya di pasaran.

Tapi kalau bikin yang sedikit saja kita perlu tahapan yang begitu rumit, apa kabar kalau mau bikin banyak?

Tenang, Ladies! Kamu enggak perlu galau, karena PT Mash Moshem Indonesia bisa membantumu memproduksi air mawar dengan massal. Malah, kami juga bisa menginovasikan ekstrak mawar dalam berbagai jenis produk kecantikan lainnya.

Jangankan toner, kamu juga bisa bikin pelembap wajah, serum, essence, masker, dan berbagai perawatan lainnya sesuai keinginan dan kebutuhan bisnismu.

Kamu juga bisa baca tentang Pabrik Kosmetik dengan Layanan After Sales Terbaik.

Untuk mengetahui berbagai fasilitas dan tim ahli PT Mash Moshem Indonesia. Siapa tahu, kalau kamu udah kenal dan mengerti cara kerja kami, kamu jadi tertarik dan mau bikin skincare ekstrak air mawarmu dengan brandmu sendiri bersama kami.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment