Bikin Tak Percaya Diri, Begini Cara Mengatasi Mata Kaki Hitam dengan Mudah

foot care product (2)

Selain kulit yang pecah-pecah dan menebal, mata kaki hitam pun jadi masalah kecantikan kaki yang kerap dialami oleh banyak orang.

Pada dasarnya, kaki menjadi bagian tubuh yang paling sering diabaikan dan tidak terlalu mendapatkan perawatan khusus. Berbeda dengan kulit wajah dan bagian tubuh yang lain.

Sebab, jika ada masalah di area kaki, maka orang biasanya hanya akan menggunakan kaos kaki, sepatu, ataupun stocking untuk menyembunyikannya.

Meski sekilas tak tampak, bukan berarti masalah hilang, bukan? Justru dengan hanya menutupinya dan tak segera diatasi, akan membuat penampilan mata kaki menghitam ini bertambah buruk dan lebih susah dihilangkan.

Lalu bagaimana cara mengatasi mata kaki hitam yang benar dan efektif?

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan, dari perawatan pribadi hingga mengunjungi dokter spesialis kulit kepercayaan kamu.

Untuk menjawab pertanyaanmu itu, simak ulasan mengenai berbagai cara mengatasi mata kaki hitam berikut ini.

Berbagai Penyebab Mata Kaki Menghitam

cara mengatasi mata kaki hitam

Penyebab mata kaki menghitam sangatlah beragam, mulai dari kebiasaan yang buruk hingga pengaruh kondisi lingkungan tertentu.

Nah, kamu pun perlu mengetahui berbagai penyebab mata kaki menghitam ini. Sebab, percuma saja kalau kamu berusaha keras mencerahkan mata kaki, tapi tetap kembali hitam karena tidak menghindari penyebabnya.

Penumpukan Sel Kulit Mati

Pada dasarnya, perubahan warna kulit yang menggelap atau tampak kusam umumnya disebabkan oleh penumpukan sel kulit matipada lapisan epidermis. Entah, pada kulit tubuh yang lain, siku, hingga bagian tekukan lainnya.

Menumpuknya sel kulit mati ini pun menghambat proses regenerasi sel kulit baru. Sehingga, membuat kulit yang mati dan kusam mendominasi area epidermis.

Tekanan

Penyebab mata kaki menghitam lainnya adalah adanya tekanan pada mata kaki. Sebagai contoh, ketika kamu duduk bersila, maka mata kaki akan tertekan kearah lantai dan terjadi gesekkan.

Gesekan ini akhirnya menimbulkan luka atau iritasi yang bisa memicu produksi melanin pada mata kaki. Akhirnya, kulit jadi menebal dan lebih gelap bahkan menghitam dari sebelumnya.

Gesekan

Telah disinggung sebelumnya, bahwa gesekan bisa menimbulkan mata kaki menjadi hitam. Ya, selain karena tekanan saat bersila, gesekan ini bisa terjadi karena sepatu atau alas kaki yang kamu gunakan terlalu sempit.

Akhirnya akan mengiritasi mata kaki, memicu luka, dan meninggalkan bekas yang menghitam. Tak hanya itu, karena sering bergesekan maka secara alami tubuh akan mendorong produksi jaringan tambahan pada kulit untuk membuatnya lebih kuat.

Sayangnya, hal ini akan membuat warna mata kaki menghitam, terasa kasar, bahkan teksturnya menebal seperti kapalan.

Paparan Sinar Matahari

Sama halnya dengan bagian kulit pada bagian tubuh yang lain, mata kaki pun bisa terkena dampak buruk dari paparan sinar matahari berlebihan. Termasuk membuatnya tampak kusam dan lebih gelap dari sebelumnya.

Sebab ketika sinar matahari mengenai kulit, tubuh bereaksi menghasilkan hormon untuk memproduksi sel melanin agar dapat memberikan perlindungan ekstra pada kulit.

Nah, karena melanin inilah yang kemudian membuat kulit akan tampak kusam dan jadi menghitam.

Peradangan atau Terjadinya Luka

Hal lainnya yang bisa menyebabkan mata kaki mengitam adalah adanya peradangan atau luka pada kulit di area tersebut.

Sama halnya dengan yang terjadi saat kulit terpapar sinar UV, saat terluka tubuh pun akan mendorong produksi melanin untuk membentuk proteksi tambahan pada kulit.

Tingginya produksi melanin inilah yang kemudian memberikan pigmentasi pada kulit, menjadikannya tampak lebih kusam dan terlihat menggelap.

Berbagai Cara Mengatasi Mata Kaki Hitam

Setelah mengetahui berbagai penyebabnya dan menghindarinya, kamu bisa membantu menyamarkan dan mengatasi mata kaki yang menghitam.

Biar enggak kelamaan, berikut beberapa cara mengatasi mata kaki hitam yang bisa kamu lakukan di rumah secara rutin.

Merendam Kaki dengan Air dan Garam Epsom

Cara mengatasi mata kaki hitam yang pertama adalah merendam kaki dengan air garam Epsom. Beda dengan garam dapur, Epsom tidak digunakan untuk memasak dan dapat membantu merawat kecantikan kulit.

Garam Epsom didapatkan dari daerah Epsom, Surrey, Inggris. Jenis aram ini sangat popular dicampurkan dalam air untuk berendam, karena memiliki sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh dan dapat merawat kecantikan kulit.

Menggunakan Foot Scrub secara Rutin

Kalau kamu sulit mengdapatkan garam Epsom, kamu bisa menggunakan foot scrub untuk mengeksfoliasi area mata kaki yang tampak kusam.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa sama halnya dengan bagian tubuh yang lain, mata kaki yang hitam pun dapat disebabkan karena penumpukan sel kulit mati pada permukaan terluar kulit.

Karenanya, akan sangat membantu jika kamu rajin melakukan eksfoliasi. Untuk hasil yang kian optimal kamu bisa gunakan produk foot scrub yang menggunakan asam glikolat, asam laktat, ataupun asam alfa hidroksi.

Sebaliknya, hindari scrub yang mengandung alcohol dan bahan-bahan lain yang berpotensi mengiritasi kulit. Bahkan, beberapa bahan tertentu bisa membuat tekstur kulit jadi kian kering dan kusam.

Perhatikan juga cara menggunakan scrub yang benar, yakni lakukan dengan gerakan memutar dan selingi bersama pijatan lembut.

Kemudian jangan langsung dibilas, melainkan diamkan dalam beberapa menit terlebih dahulu. Ini agar sel kulit mati dan kotoran yang ada jadi lebih mudah luruh, serta dapat terangkat ketika dibilas.

Kamu pun bisa menggunakan rangkaian resep scrub alami yang ada di sini.

Oh, ya. Sebaiknya jangan lakukan eksfoliasi setiap hari, cukup lakukan dalam seminggu sekali hingga dua kali saja. Melakukannya terlalu sering hanya akan membuat kulit rentan teriritasi dan malah memperburuk keadaan kulit.

Menggunakan Krim Pencerah Kaki

Setelah menggunakan foot scrub untuk mengangkat sel kulit mati, kamu perlu melengkapi rangkaian perawatan mata kaki dengan menggunakan whitening food cream.

Produk ini khusus dibuat untuk membantu permasalahan kesehatan dan kecantikan pada area kaki. Formulanya pun biasanya disesuaikan dengan kubutuhan para konsumen dan keluhan yang umum dialami.

Kamu bisa memilih produk krim pencerah kaki di toko-toko skincare dan body care langgananmu. Karena produk ini telah lama dan banyak diproduksi, dari berbagai jenis dan inovasi masing-masing.

Aplikasikan Masker Alami

Gunakan masker alami untuk melengkapi rangkaian cara mengatasi mata kaki hitam dan membuat kulit jadi lebih cepat kembali ke warna alaminya.

Kamu bisa mendapatkan berbagai jenis foot mask dijual dipasaran, dan bebas memilih berbagai kandungan yang cocok dengan kondisi dan jenis kulit mata kakimu.

Namun, kalau kamu merasa kesulitan menemukan yang cocok, bisa juga membuat masker kaki sendiri dengan bahan-bahan alami.

Misalnya, kamu bisa memadukan madu, susu, dan oatmeal ke dalam racikan masker organic buatanmu. Kombinasi ketiga bahan ini akan membantu memaksimalkan fungsi kulit, melembapkannya, memberikan perlindungan ekstra, hingga membuatnya lebih cerah alami.

Hindari Aktivitas yang Berpotensi Membuat Mata Kaki Terluka

Cara mengatasi mata kaki hitam yang telah disebutkan di atas tentunya enggak akan maksimal kalau kamu tidak mengindari penyebab kemunculannya. Ya, salah satunya adalah aktivitas yang berpotensi membuat mata kaki terluka.

Aktivitas yang dimaksudkan adalah duduk bersila, menggunakan sepatu yang terlalu ketat sehingga menimbulkan gesekan pada mata kaki, juga  sering memakai kaos kaki yang pendek dan membiarkan mata kaki terpapar sinar matahari secara berlebihan.

Kalau ada beberapa kegiatan yang mengharuskanmu melakukan salah satunya, maka ada baiknya mengoleskan lotion atau pelembap pada mata kaki. Ini agar mencegah dan meminimalisir gesekan yang mungkin saja terjadi.

Nah itu adalah berbagai cara mengatasi mata kaki hitam yang bisa kamu praktekkan di rumah. Gunakan rekomendasi perawatan yang telah disebutkan di atas dengan rutin dan teratur agar hasil yang kamu inginkan dapat maksimal.

Namun, bila ada keluhan dan ternyata tak kunjung memberikan efek dalam waktu yang lama. Kamu bisa mendiskusikan cara yang lebih efektif dengan dokter spesialis kulit.

Well, sampai sini dulu beauty tips dan hack kali ini. Semoga artikel ini dapat membantumu dan memberikan jawaban tentang cara mengatasi mata kaki hitam yang tepat buatmu!

Selamat mencoba dan semoga berhasil, Ladies!

About Author

Related posts

Leave a Comment