Ajaib Banget! Ini Dia 13 Manfaat Ekstrak Pohon Willow Hitam Untuk Kecantikan

manfaat ekstrak pohon willow hitam untuk kecantikan

Ajaib dan punya sesjuta khasiat. Mungkin itulah kalimat yang tepat untuk mendeskribsikan ekstrak pohon willow. Selain bagus untuk pengobatan berbagai macam penyakit, banyak juga manfaat ekstrak pohon willow hitam untuk kecantikan.

Nggak heran jika saat ini kamu sering melihat produk kecantikan yang menawarkan ekstrak pohon willow sebagai bahan utamanya.

Sebenarnya seperti apa sih pohon willow itu? Well, buat kamu penggemar serial Harry Potter pasti tidak asing dengan pohon raksaksa yang bisa bergerak. Pohon itu memiliki beribu cabang, rimbun dan membunyai batang yang cukup besar. Penduduk Hogwart menamainya dengan Whomping Willow.

Pohon ini juga disebut pohon ajaib. Ia menjadi penghubung jalan rahasia dari Hogwarts menuju Shrieking Shack di Hogsmeade. Ternyata tak hanya di film saja, pohon ini juga bisa ditemui di dunia nyata loh. Namanya pohon willow atau biasa juga disebut dengan pohon dedalu.

Sama halnya seperti di Hogwarts yang ajaib dan mempunyai banyak sekali manfaat, di dunia nyata pohon willow juga mempunyai beragam khasiat. Mulai dari kesehatan hingga kecantikan untuk tubuh. Bahkan pohon willow ini juga menjadi salah satu obat tradisional yang ampuh.

Pohon willow sendiri sudah ada sejak 5000 tahun yang lalu. Jenis tanaman ini banyak tumbuh di tanah Eropa dan Asia Tengah. Orang zaman dulu menggunakan pohon willow untuk dimakan ketika sedang sakit. Sebab khasiatnya memang sangat menggiurkan.

Pohon willow mempunyai beragam jenis. Seperti willow putih, willow hitam, crack willow, dan weeping willow. Namun kali ini kita akan membahas lebih spesifik tentang pohon willow hitam.

Pohon willow jenis ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berbagai macam pengobatan. Mulai dari radang kulit hingga mengobati demam.

Saking banyaknya khasiat yang dimiliki pohon yang satu ini, willow hitam sering dijuluki sebagai pohon ajaib. Hm, penasaran kandungan apa saja di dalam pohon willow hitam? Simak penjelasannya sebagai berikut.

Kandungan Pohon Willow Hitam yang Baik untuk Kecantikan

manfaat ekstrak pohon willow hitam untuk kecantikan

Sekitar tahun 400 sebelum masehi, manusia  memakan kulit pohon willow untuk dijadikan sebagai obat. Mulai dari meredakan demam hingga peradangan. Seiring dengan perkembangan zaman, pohon willow tidak hanya dimanfaatkan kulitnya saja untuk dimakan, namun dapat juga diambil ekstraknya.

Ektrak pohon willow hitam mengandung beragam zat yang mempunyai manfaat bagi kecantikan. Salah satunya adalah salicin. Salicin sendiri adalah suatu yang ketika dikonsumsi akan diproses menjadi salicid acid atau BHA oleh tubuh.

Kandungan ini bersifat anti-inflamasi sehingga sangat cocok untuk memperbaiki sekaligus mencegh permasalahan pada kulit.

Selain itu salicin juga berfungsi meningkatkan system kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan sendiri. Sehingga selain cocok untuk digunakan sebagai produk kecantikan, ekstrak pohon willow hitam juga berguna untuk mengobati penyakit.

Selain salicin, kandungan lain yang terdapat dalam ekstrak pohon willow hitam adalah flavanoids, polyphenols, dan tannins. Kandungan tersebut berfungsi untuk merawat dan melindungi kulit.

Menelisik beragai kandungan yang terdapat pada ekstrak pohon willow hitam, kandungan tersebut mempunyai beragam manfaat tersendiri. Apa saja manfaat ekatrak pohon dedalu hitam itu bagi kecantikan? Berikut daftarnya.

Manfaat Ekstrak Pohon Willow Hitam Untuk Kecantikan

Keberadaan ekstrak pohon willow sudah tidak diragukan lagi. Berbagai pemilik brand kecantikan memburu atau bahkan membudidayakan pohon yang satu ini untuk dijadikan sebagai bahan utama prouk kecantikan.

Memang seberapa besar sih manfaat ekstrak pohon willow hitam? Berikut daftar dan penjelasannya.

Mengatasi Jerawat

Sudah nggak jadi rahasia lagi kalau ekstrak pohon willow hitam bisa mengatasi permasalahan jerawat. Mulai dari jerawat di wajah, punggung hingga bagian tubuh yang lain. Sebab kandungan ekstrak pohon willow berfungsi sebagai anti-inflamasi dan anti bakteri yang cukup tinggi.

Bakkteri-bakteri tersebut dapat membunuh jerawat yang membandel. Bahkan tidak hanya satu jerawat saja yang bisa diatasi oleh ekstrak pohon willow hitam ini. Berbagai jenis lain pun juga bisa diatasi. Seperti jerawat pasir, jerawat batu hingga jerawat yang meradang.

Sifat antibakteri polifenol yang terdapat pada ekstrak pohon willow hitam bisa membantu mencegah timbulnya jerawat. Kandungan tersebut akan membantu mengurangi produksi minyak berlebih dalam kulit. Sehingga dapat meminimalisir resiko penyebab tumbuhnya jerawat.

Menghilangkan Bekas Jerawat

Tak hanya mengatasi jerawat. Ekstrak pohon willow hitam juga bisa membantumu untuk mengatasi bekas luka yang ditinggalkan oleh jerawat. Kandungan salicilyc acid yang tinggi pada tumbuhan ini mempunyai sifat anti-inflamasi yang tinggi. Hal ini juga berfungsi sebagai penghilang bekas jerawat.

Biasanya kamu bisa menggunakan produk ekstrak pohon willow yang berbentuk serum. Oleskan pada bagian yang berjerawat dan bekasnya. Gunakan setiap hari secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal.  

Melawan Iritasi

Sinar matahari yang belebihan akan membuat kulitmu kering dan mudah iritasi. Bahkan tidak hanya sinar matahari saja, penggunaan produk kosmetik lain yang tidak cocok dengan jenis kulitmu juga bisa menyebabkan iritasi.

Jika kondisi ini terjadi, kamu bisa menggunakan ekstrak pohon willow hitam untuk mengatasinya. Selain berfungsi sebagai anti-bakteri, kandungan dalam ekstrak tumbuhan yang satu ini juga berguna sebagai anti peradangan.

Bahkan jika kulitmu sedang dalam kondisi memerah dan ruam, ekstrak pohon willow hitam juga bisa membantumu untuk mengatasinya.

Mengecilkan Pori-pori

Manfaat ekstrak pohon willow yang selanjutnya adalah untuk mengecilkan pori-pori. Seperti yang telah disinggung sebelmnya, sifat a antibakteri polifenol yang terdapat pada ekstrak tumbuhan ini dapat mengontrol dan meminimalisir produksi minyak berlebih pada kulit.

Produksi minyak berlebih ini akan membuat pori-pori kulit lebih terbuka. Jika pori-pori membesar dan terbuka, bakteri akan mudah masuk dan bisa menyumbat. Jika pori-pori sudah tersumbat, bersiaplah karena pasukan jerawat sudah mengintaimu dimana-mana.

Nah, dengan menggunakan ekstrak pohon willow hitam ini secara rutin, pori-porimu bisa mengecil. Sebab selain mengandung antioksidan yang tinggi, ekstrak yang satu ini juga mengandung astringen alami.

Astringen sendiri merupakan zat yang dapat mengecilkan jaringan pada tubuh, termasuk pori-pori pada kulit. Sehingga jika pori-porimu mengecil, resiko untuk memiliki kulit berkomedo dan berjerawat juga sangat minim. Jadi kamu tidak perlu minder dan bisa lebih percaya diri.

Ketahui cara mengecilkan pori-pori wajah lainnya di sini.

Mencerahkan Kulit

Nggak berhenti di mengecilkan pori-pori saja, manfaat ekstrak pohon willow hitam yang selanjutnya adalah untuk mencerahkan kulit. Kandungan salicilyc acid yang terdapat pada ekstrak tumbuhan ini bisa mengangkat sel-sel kulit mati.

Sel-sel kulit mati yang menumpuk pada kulit itulah yang membuat kulit tampak semakin kusam dan membuat kulit terlihat tidak sehat. Jika sel-sel kulit mati tersebut terangkat, maka kulit juga tampak semakin cerah dan ternutrisi.

Mengekfoliasi Kulit dengan Lembut

Jangan salah, manfaat ekstrak pohon willow hitam untuk kecantikan ini juga digolongkan sebagai keratolyc medication. Yakni sebuah proses eksfoliasi kulit yang lembut. Kulit memang butuh dieksfoliasi dengan rutin. Fungsinya untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori.

Kandungan salicilyc acid inilah yang sangat berguna untuk menjalankan tugas tersebut. Kandungan tersebut mempunyai sifat eksfoliator alami untuk kulit. Sehingga tanpa menyakiti, sel kulit mati dapat terangkat dengan sendirinya.

Selain itu, sifatnya yang lembut juga sangat cocok untuk berbagai jenis kulit. Apalagi buat kamu yang punya kulit sensitive. Jadi nggak perlu takut kulitmu akan terluka jika menggunakan ekstrak pohon willow hitam sebagai eksfoliator.

Mencegah Penuaan Dini

Semakin bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh juga semakin berkurang. Sehingga hal tersebut dapat membuat kulit menjadi mudah kering dan memunculkan garis-garis keriput. Tentu hal ini menjadi permasalahan tersendiri.

Kehadiran ekstrak pohon willow hitam bisa menjadi solusi atas masalahmu yang satu ini. Kandungan antioksidannya yang tinggi dapat merangsang pertumbuhan kolagen. Jadi kulitmu bisa ternutrisi dengan baik. Dan penuaan dini pun bisa dicegah.

Menangkal Radikal Bebas

Manfaat ekstrak pohon willow hitam untuk kecantikan berikutnya adalah untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas ini menjadi salah satu pemicu kulit rusak. Kulit yang rusak ini biasanya ditandai dengan kondisi kering dan tidak lembab.

Kulit yang lembab menandakan jika kulitmu sehat dan ternutrisi. Selain itu kulit yang lembab juga meminimalisir terjadinya iritasi pada kulit. Sifat antiokasidan yang tinggi pada ekstrak pohon willow hitam mempunyai fungsi untuk menangkal radikal bebas.

Radikal bebas ini bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Seperti paparan sinar matahari, radiasi dari layar handphone ataupun computer hingga paparan polusi setiap hari. Radikal bebas ini juga menjadi sumber utama permasalahan kulit. Salah satunya adalah kulit kering.

Dengan menggunakan atau mengkonsumsi produk kecantikan yang mengandung ekstrak pohon willow hitam, radikal bebas yang akan datang padamu bisa ditangkal. Nutrisi dalam kulitmu akan terkunci dan kelembapannya pun akan terjaga.

Mengatasi Kulit Meradang

Jika kamu sedang berada pada kondisi kulit meradang, produk skincare yang mengandung ekstrak pohon willow hitam bisa menjadi solusi utama. Perlu diketahui, kondisi kulit meradang ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Mulai dari meradang akibat jerawat serta bekasnya, alergi hingga paparan sinar matahari. Kandungan polifenol yang terdapat pada tumbuhan yang satu ini mempunyai sifat yang menenangkan. Sehingga jika kulitmu meradang dan memerah, produk perawatan dengan kandungan yang satu ini bisa menjadi solusinya.

Selain meradang karena paparan sinar matahari, kandungan polifenol dalam ekstrak pohon willow hitam juga bisa untuk meredam radang dan kemerahan yang disebabkan oleh  eksim, psiroasis serta rosacea. Itu adalah kondisi kulit kering dan gatal yang menyebabkan kulit bisa meradang hingga kemerahan.

Sehingga kamu butuh produk kecantikan yang menenangkan seperti ekstrak pohon willow hitam untuk mengatasinya.

Deep Cleansing

Manfaat lain dari ekstrak pohon willow adalah untuk membersihkan kulit secara mendalam. Yes, ekstrak pohon ini mengandung salicilyc acid yang berguna sebagai penghancur desmosomes. Yaitu sejenis bagian yang melekat di antara jaringan sel di lapisan kulit terluar.

Hal ini akan mendorong eksfoliasi kulit dan juga membersihkan pori-pori yang tersumbat. Selain itu kandungan asam lipophilic hilic juga dapat melakukan penetrasi dalam kulit. Sehingga bisa membersihkan kulit hingga lapisan terdalam.

Meregenerasi Kulit

Well, nggak cumabisa mengekfoliasi kulit saja, ekstrak pohon willow hitam juga berfungsi untuk meregenerasi kulit. Ini karena ketika sel kulit mati terangkat, sel-sel baru yang lebih sehat dan bersih akan bergenerasi dengan alami.

Justru sebaliknya, proses eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati secara  rutin bisa menghilangkan kotoran. Jika kotoran dan sel-sel kulit mati terangkat, kulit pun dapat meregerasi atau berganti dengan sempurna.

Menghilangkan Bekas Luka

Manfaat ekstrak pohon willow hitam untuk kecantikan yang selanjutnya adalah untuk menghilangkan bekas luka. Bekas luka ini beragam, mulai dari goresan benda tajam, bekas luka akibat jerawat, eksim hingga psiorasis dan rosacea. Bekas luka tersebut sangat mengganggu penampilan dan membuatmu tidak percaya diri.

Kandungan salicilyc acid yang tinggi pada ekstrak pohon willow hitam dapat mengatasinya. Sifatnya antioksidannya yang tinggi dapat meregenerasi kulit. Sehingga sel kulit mati yang menumpuk pada bekas luka perlahan akan tersamarkan.

Sel kulit baru pun akan tumbuh dan bekas luka pun akan hilang. So, kamu nggak perlu ragu lagi untuk menggunakan produk kecantikan yang berbahan ekstrak pohon willow hitam ini pada kosmetikmu.

Menenangkan Kulit

 Selain bisa meredam radang dan mengatasi bekasnya, manfaat ekstrak pohon willow hitam untuk kecantikan juga berfungsi sebagai penenang kulit. Tentu ini sangat cocok untuk kamu yang sedang mengalami gatal dan masalah kulit lain. Seperti eksim hingga psiorasis.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kemunculan kondisi ini pada kulit. Seperti alergi terhadap makanan, produk kosmetik hingga radikal bebas. Jadi kamu butuh kandungan yang lembut untuk menenangkan kulitmu. Seperti salicilyc acid yang terdapat pada ekstrak pohon willow hitam.

Kamu bisa menggunakannya sebagai salep atau bahkan serum. Penggunaan secara rutin juga diklaim bisa dengan cepat menenangkan kondisi kulitmu.

Nah itu dia beragam manfaat ekstrak pohon willow hitam untuk kecantikan. Tak heran jika dari zaman kuno hingga modern seperti ini banyak yang tergila-gila pada pohon willow. Sebab kandungannya yang kaya akan khasiat ini bisa menjadi solusi berbagai masalah kesehatan dan kecantikan.

Hal tersebut juga menjadi dasar bagi para produsen kecantikan untuk mengincar ektrak pohon willow sebagai bahan alami untuk produk mereka. Lantas produk kecantikan apa saja sih yang terbuat dari ekstrak pohon willow hitam?

Apa Saja Produk Kecantikan Dari Ekstrak Pohon Willow Hitam?

Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa ekstrak pohon willow hitam mengandung salicilyc acid yang tinggi. Fungsi utama dari kandungan tersebut adalah untuk mengeksfoliasi. Jadi bahan yang satu ini akan sering kamu jumpai pada produk-produk eksfoliator. Berikut daftarnya:

Toner

Yes, produk eksfoliator yang pertama adalah toner. Ekstrak pohon willow hitam ini sering dijumpai pada toner. Sifatnya yang dapat membersihkan dan mengangkat sel-sel kulit mati sangat efektif untuk dijadikan sebagai base skin care sebelum menggunakan produk yang lainnya.

Kamu bisa menggunakan kapan untuk pengaplikasian toner. Namun perlu diingat, jangan menggosok kulit dengan kuat saat menggunakan toner. Olesakan dengan lembut dan tepuk-tepuk agar kandungannya dapat meresap.

Serum atau Masker

Tak hanya toner, ekstrak pohon willow hitam juga sering digunakan sebagai produk pelembab seperti serum dan masker. Penggunaan dua produk ini didasari untuk meregerasi sel kulit serta untuk mencegah bakteri penyebab jerawat itu muncul.

Penggunaan serum atau masker ini secara rutin juga bisa menghilangkan bekas jerawat. Bahkan kulit juga akan semakin ternutrisi dan cerah secara alami.

Tentu saja saat digunakan dalam produk ini ekstrak pohon willow akan dicampur dengan bahan lain yang mempunyai sifat melembabkan. Seperti gliserin, ceramide, atau aloe vera. Jadi fungsinya bisa dobel dan kulitmu bisa menerima banyak nutrisi.

Perhatikan Hal Ini Saat Menggunakan Ekstrak Pohon Willow Hitam

Itulah beragam manfaat dan informasi tentang ekstrak pohon willow hitam. So, ini bisa menjadi pertimbangan buat kamu untuk menggunakan produk dengan bahan dasar tumbuhan ini atau tidak.

Namun juga perlu kamu ketahui jika ekstrak pohon willow mengandung salicylic acid yang cukup tinggi. Penggunaan bahan ini dalam kosmetika atau suplemen makan kurang bagus untukmu yang sedang hamil. Sebab jika kamu menggunakannya, kandungan asam yang tinggi dapat beresiko pada janin.

Untuk pemilik kulit kering juga tidak disarankan untuk memakai produk ini tanpa tambahan pelembab yang kuat. Karena kandungan salicilyc acid ini bersifat mengontrol dan menekan minyak. Sehingga untuk pemilik kulit kering, hal ini akan semakin memperparah.

Oleh karena itu, jika ingin menggunakan produk yang satu ini, kamu juga harus mengimbanginya dengan memakai pelembab yang tinggi. Semoga bermanfaat!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment