Punya Banyak Nutrisi, Berikut 9+ Manfaat Quinoa untuk Kecantikan Rambut

manfaat quinoa untuk rambut

Sebel nggak sih setiap bangun pagi suka lihat rambut rontok nempel di bantal. Atau rambut kering dan kusut akibat paparan sinar matahari. Untuk mengatasinya kamu perlu memberikan nutrisi bagi rambutmu dan kulit kepala. Misalnya dengan memberikan manfaat quinoa untuk rambut.

Akhir-akhir ini nama quinoa cukup populer di kalangan para pecinta hair care. Bahan yang satu ini seringkali digandrungi oleh para produsen untuk dijadikan rangkaian produk. Mulai dari shampoo, vitamin rambut  hingga suplemen.

Selain bermanfaat untuk rambut, quinoa juga diklaim mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh yang lain. Seperti mengurangi resiko sindrom metabolik, menurunkan berat badan, melindungi tubuh dari infeksi, mengontrol gula darah hingga mengurangi resiko penyakit kanker.

Banyaknya manfaat inilah yang membuat quinoa dikategorikan menjadi super food. Sebelum melangkah lebih jauh mengenai apa saja manfaat quinoa untuk rambut. Kamu harus tahu apa itu quinoa dan darimana asal usulnya. Berikut ulasannya.

Apa Itu Quinoa Dan Darimana Asalnya?

Keberadaan quinoa di Indonesia sendiri sudah banyak ditemui. Namun sebagian besar masyarakat Indonesia masih menganggap tumbuhan  ini adalah liar. Seringkali dijumpai di pinggir jalan dan menjadi tanaman hias di perkampungan.

Padahal di India, tumbuhan ini menjadi sumber pangan utama, Bijinya mengandung karbohidrat tinggi dan banyak yang lainnya. Quinoa dikategorikan sebagai tumbuhan jenis padi-padian. Bedanya dengan padi, tidak hanya bijinya saja yang dapat dimanfaatkan. Namun daunnya pun bisa dimakan.

Secara singkat quinoa ini adalah jenis tumbuh-tumbuhan yang berasal dari tanaman Chenopodium quinoa. Bahkan tanaman yang satu ini sudah ada sejak 5000 tahun yang lalu dan banyak di Andean Peru, Equador, Bolivia dan Kolombia.

Jenisnya pun beragam. Mulai dari yang warna terang hingga gelap, putih, ungu, merah hingga hitam. Di Indonesia banyak ditemui quinoa dengan warna terang saja. Seperti putih dan merah. Konon biji yang berwarna gelap memiliki rasa yang lebih kuat daripada yang terang.

Meskipun dikategorikan sebagai makanan pokok di India, ternyata keberadaan Quinoa lebih dari penyumbang karbohidrat. Tanaman yang satu ini kaya akan serat yang bagus untuk kesehatan. Saking beragamnya kandungan yang terdapat dalam Quinoa, tumbuhan ini dikategorikan menjadi superfood. Yaitu salah tumbuhan yang mempunyai beragam manfaat dan nutrisi tinggi untuk tubuh.

Apa Saja Kandungan Dari Quinoa?

Dikenal sebagai tumbuhan superfood, quinoa mempunyai kandungan nutrisi yang cukup tinggi. Quinoa diklaim mempunyai kandungan serat dan menyimpan banyak gizi untuk tubuh. Tak heran jika saat ini biji quinoa banyak dicari dipasaran. Lantas apa saja kandungan itu? Berikut daftarnya.

Antioksidan

Kandungan yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. Tubuh sangat memerlukan antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, antioksidan juga sangat baik untuk memperbaiki kerusakan pada tubuh. Seperti kerusakan kulit hingga rambut.

Oleh karena itu jika kamu memiliki permasalahan dengan rambut yang cukup rumit, mengkonsumsi makanan dengan antioksidan bisa menjadi solusinya.

Flavonoid

Seperti halnya dengan antioksidan, keberadaan flavonoid sangat diperlukan oleh tubuh. Senyawa ini berfungsi untuk memperbaiki kerusakan sel-sel yang rusak akibat radikal bebas. Selain memperbaiki, flavonoid juga dapat mencegah kerusakan.

Quercetin

Senyawa yang satu ini memang sering dijumpai pada berbagai jenis tanaman. Salah satunya adalah quinoa. Quercetin mempunyai beragam manfaat untuk tubuh. Hampir sama dengan flavonoid, quercetin dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan bagi tubuh.

Selain itu, kandungan yang satu ini juga dapat memperbaiki kerusakan. Apalagi kerusakan itu terjadi pada rambutmu. Pemilihan makanan atau produk dengan kandungan yang satu ini sangat bagus untuk mengembalikan keutuhan dari rambutmu yang rusak.

Kaempferol

Kandungan kaemprefol seringkali terdapat pada sayur-sayuran dan buah-buahan. Namun dalam biji quinoa juga ditemukan senyawa yang satu ini. Khasiatnya pun diklaim dapat mengobati beberapa penyakit dalam tubuh. Seperti kanker hingga memperbaiki sel-sel kulit dan rambut yang rusak akibat adanya radikal bebas.

Nah, itulah beberapa kandungan dari quinoa yang mempunyai beragam khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Selain itu ada juga kandungan yang lain dari quinoa yang dibutuhkan oleh tubuh untuk sehari-hari.  Yaitu energy, protein, lemak, karbohidrat, serat, thiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), Niasin (vitamin B3), besi, magnesium, fosfor dan zink.

Saking banyaknya kandungan dalam tumbuhan yang satu ini, tak heran jika quinoa dikaterogikan sebagai superfood. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, quinoa juga mempunyai beragam manfaat lain untuk rambut loh.

 Bahkan saat ini kamu pasti sudah tidak asing dan sering menemukan produk perawatan rambut yang menggunkan quinoa sebagai bahan utamanya. Lantas apa saja manfaat quinoa untuk rambut? Berikut adalah penjelasannya.

9+ Manfaat Quinoa Untuk Kecantikan Rambut

manfaat quinoa untuk rambut

Setelah mengetahui asal-usul dan kandungan apa saja yang terdapat dalam quinoa, kini saatnya kita masuk ke pembahasan utama. Yakni manfaat quinoa untuk rambut. Tumbuhan yang banyak tumbuh di daratan India ini mengandung protein yang tinggi dan sangat berguna untuk kesehatan rambut. Berikut daftar manfaatnya.

Mencegah Ketombe

Permasalahan yang satu ini pasti sering dirasakan oleh sebagian besar orang. Ketombe sering membuat kita tidak percaya diri ketika berada di tempat umum. Selain itu keberadaannya juga mengusik kenyamanan dan sering membuat gatal kulit kepala. Oleh karena itu kamu perlu mencegah kemunculan ketombe di kulit kepala.

Dengan mengkonsumsi quinoa setiap hari kamu bisa menjaga kesehatan kulit kepala dan terhindar dari ketombe. Kandungan kalsium, zat besi dan fosfor, dan semua mineral ini bekerja untuk menyeimbangankan kulit kepala hingga mencegah ketombe itu untuk datang.

Kandungan antioksidannya yang tinggi juga sangat efektif untuk menangkal radikal bebas penyebab ketombe. Sehingga kulit kepada bisa lebih sehat. Kuncinya adalah dengan rutin menggunakan produk dengan bahan quinoa.

Menghilangkan Ketombe

Selain mencegah, tumbuhan dengan bentuk biji-bijian ini juga dipercaya sangat ampuh untuk menghilangkan ketombe. Nah, untuk kamu yang sudah terlanjur dikerubungi banyak ketombe dan ingin menghilangkannya, quinoa bisa menjadi salah satu solusinya.

Kandungan kalsium, zat besi, fosfor dan mineral dalam quinoa bekerja untuk menghilangkan ketombe dan meminimalisir efek dari ketombe itu. Antiokasidannya yang tinggi juga membantu memulihkan sel-sel kulit rambut yang rusak akibat jajaran ketombe.

Kuncinya adalah mengkonsumsi quinoa dengan teratur dan rutin. Selain itu kamu juga bisa menggunakan biji-bijian yang satu ini untuk masker rambut. Gunakan sebelum keramas dengan cara haluskan terlebih dahulu biji-biji quinoa. Oleskan rata ke pangkal hingga ujung rambut.

Kemudian biarkan 15-20 menit ya, Beauty. Sembari menunggu, tentu kamu bisa melakukan aktifitas yang lain. Setelah itu barulah bilas dan cuci rambut dengan hangat. Protein tinggi yang terdapat dalam tumbuhan ini akan sangat bermanfaat untuk merawat kulit rambutmu.

Mempertahankan Warna Asli Rambut

Kamu yang suka mewarnai rambut pasti sudah tidak asing dengan efek samping yang satu ini. Yep, pigmentasi rambut akan sangat berkurang jika kamu sering mewarnainya. Apalagi kamu juga sering mencatok dan menstyking rambutmu dengan rutin. Pasti warna asli rambutmu perlahan akan memudar.

Namun tenang, lagi-lagi quinoa bisa mengatasinya. Kandungan tirosin dalam quinoa dapat mengembalikan pigmentasi pada rambutmu. Tentu ini sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut. Yakni rambut bisa terlihat lebih sehat dan berkilau.

Caranya pun cukup mudah. Apabila kamu tidak ingin menggunakan produk dengan bahan quinoa instan, kamu bisa juga menggunakan produk alami dengan quinoa. Seperti masker. Caranya pun cukup sederhana.

Cukup haluskan biji quinoa. Kemudian oleskan secara merata pada kulit kepala dan rambut. Pijat dengan lembut untuk merasakan efek dari relaksasi. Kemudian biarkan masker rambut dari quinoa ini selama 15 hingga 20 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Lakukan hal ini secara rutin. Setidaknya dua hari sekali agar hasilnya lebih maksimal.

Menghidrasi Kulit Kepala dan Rambut

Manfaat quinoauntuk rambut berikutnya adalah untuk menghidrasi kulit kepala dan rambut. Tentu ini sangat efektif untuk kamu yang mempunyai tipe kulit kepala yang kering. Sebab kulit kepala kering dapat menimbulkan beberapa masalah.

Seperti meningkatkan jamur penyebab ketombe. Oleh karena itu kulit kepala kering sangat rentan rerhadap ketombe. Tak hanya itu, kulit kepala yang kering juga rentan terhadap iritasi dan rambut rontok. Oleh karena itu sangat perlu buat kamu untuk menghidrasinya.

Kandungan flavonoid yang terdapat dalam quinoa sangat efektif untuk menghidrasi kulit. Senyawa itu dapat mengunci kelembapan dalam kulit. Sehingga kulit kepala lebih sehat dan kerusakan pun akan sangat minim.

Mengurangi Rambut Rontok

Penyebab utama rambut rusak dan rontok adalah radikal bebas. Radikal bebas ini datang dari berbagai faktor. Mulai dari paparan sinar mahari yang berlebih, polusi hingga bahan-bahan kimia yang telah kita pakai di rambut.

Kandungan flavonoid dan antioksidan yang tinggi dalam biji-bijian ini sangat efektif untuk menangkal radikal bebas. Sehingga dapat mengurangi kerontokan rambut. Selain itu, kandungan tersebut juga mampu memperbaiki sek;-sel rambut.

Jadi bisa memperbaiki rambut yang rusak dan meminimalisir kerontokannya. Bahkan selain untuk mengurangi, dua kandungan ini juga sangat efektif untuk mencegah rambut rontok.

So, buat kamu yang punya masalah rambut yang satu ini, mengkonsumsi quiona dan menggunakan berbagai produk perawatannya bisa menjadi solusi utama.

Baca Juga: Jangan Ketinggalan, Ketahui 5 Jenis Vitamin untuk Cegah Rambut Rontok Ini

Melancarkan Aliran Darah Ke Kulit Kepala

Mengkonsumsi quinoa setiap hari sangat membantu untuk memperlancar aliran darah ke kulit kepala. Jika aliran darah ke kepala lancar, ini juga akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan rambut. Aliran darah yang lancar juga dapat menyuburkan pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatanya,

Kandungan vitamin B3 atau niacin yang terdapat dalam quinoa sangat efektif untuk melancarkan darah di kulit kepala dan melebarkan pembuluh darah. Jika aliran daran pada kulit kepala lancar, oksigen pun dapat masuk untuk mendistribusikan  nutrisi ke sel-sel kulit rambut.

Mengurangi Jerawat di Kulit Kepala

Produksi sebum dan minyak berlebih dapat menimbulkan jerawat di kepala. Meski kehadiran ini tidak menganggu penampilan karena tertutupi oleh rambut, namun kehadiran jerawat yang satu ini cukup menganggu. Bahkan  juga bisa menimbulkan rasa sakit dan tidak nayaman.

Kandungan flavonoid yang kaya akan antioksidan ini dapat menyeimbangkan produksi minyak dalam kulit kepala. Kandungan ini juga bisa menyeimbangkan produksi sebum berlebih. Sehingga jerawat di kepala pun akan berkurang dan rambut pun bisa tumbuh dengan lebih sehat.

Meningkatkan Volume Rambut

Seringnya styling dan mewarnai rambut dapat membuatnya kehilangan nutrisi dan volumenya. Tak heran jika rambut akan terlihat lebih tipis, rusak dan rapuh. Untuk itu kamu perlu nutrisi lebih untuk mengembalikannya.

Kandungan antioksidan dalam quinoa diklaim dapat menyembuhkan berbagai permasalahan rambut. Antioksidan akan bekerja memperbaiki sel-sel yang rusak akibat bahan-bahan kimia itu. Bahkan kandungan yang satu ini juga bisa mengunci kelembapan yang dapat membuat rambut telihat lebih sehat.

Mengatasi Rambut Bercabang

Manfaat quinoa untuk rambut selanjutnya adalah untuk mengatasi rambut bercabang.sering mencatok dan atau mengeringkan rambut dengan hairdryer dapat meningkatkan resiko rambut kering. Apalagi jika kamu juga sering mewarnainya.

Bahan-bahan kimia itu akan semakin membuat rambutmu rusak. Salah satu tanda kerusakan pada rambut adalah bercabang. Kamu bisa mendeteksinya pada ujung rambut. Biasanya akan terbelah dan warna rambut akan berubah menjadi kemerahan.

Dengan biji quinoa ini kamu bisa mengatasi kerusakan rambut itu. Kandungan antioksidannya yang tinggi dapat membantu memperbaiki sel-sel kulit rambut yang rusak. Selain itu juga bisa mengunci kelembapan rambut.

Jadi kulit kepala dapat semakin lembab dan tidak kering. Sehingga rambut yang rapuh bisa kembali sehat. Dan rambut bercabang pun akan semakin berkurang.

Itulah beragam manfaat quinoa untuk rambut. Setelah mengetahui khasiat quinoa yang ternyata sangat beragam ini, sekarang kamu perlu tahu apa saja sih produk perawatan yang rambut yang umumnya menggunakan bahan dasar ini dalam formulanya.

Beragam Produk Perawatan Rambut Dari Quinoa

Selain bisa untuk dimakan dan dikonsumsi sebagai bahan makanan pokok, quinoa juga dapat diambil ekstraknya untuk dimanfaatkan menjadi berbagai macam produk rambut. Bahkan tak perlu repot-repot membeli, kamu bisa bikin sendiri produk dari quinoa di rumah. Berikut pejelasannya.

Shampoo

Kunci utama produk quinoa untuk kesehatan rambut adalah dengan menjadikannya sebagai shampoo. Beragam manfaa yang ditawarkan membuat berbagai produsen berebut quinoa untuk dijadikan sebagai bahan utama pembuatan hair care product.

Jika kamu tidak ingin beli, kamu juga bisa bikin sendiri shampoo quinoa di rumah loh. Pertama kamu siapkan biji qunoa dalam wadah. Tuang air secukupnya dan juga cuka apel. Fermentasi beberapa hari. Setelah itu gunakan air fermentasi quinoa untuk keramas. Dijamin rambutmu akan lembab dan lembut alami.

Conditioner

Perawatan rambut setelah keramas ini sangat wajib hukumnya dan tidak boleh kamu lewatkan untuk kamu yang mempunyai rambut rusak. Conditioner ini mempunyai fungsi untuk melembabkan. Dan biji quinoa sangat efektif untuk dijadikan produk yang satu ini. Karena sifatnya yang dapat melembabkan kulit itu.

Masker Rambut

Memakai masker untuk rambut sangat penting untuk kamu yang ingin memperbaiki kerusakan rambut. Quinoa sebagai masker rambut sangat efektif untuk memperbaiki dan meningkatkan sel-sel yang rusak. Sehingga rambutmu akan cepat sehat kembali.

Serum

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu manfaat dari quinoa adalah memperkuat rambut dan mengatasi kerontokan. Penggunaanya sebagai serum diklaim sangat berkhasiat untuk memperbaiki kerusakan rambut yang satu ini.

Bahkan dengan menggunakan serum quinoa secara rutin, rambutmu juga bisa sehat dan berkilau secara alami.

Nah, itulah beragam manfaat quinoa untuk rambut yang bisa kamu rasakan dengan menggunakan berbagai produk hair care olahannya. Jadi untuk kamu yang ingin mencoba perawatan rambut dengan bahan yang satu ini nggak usah khawatir lagi ya. Selamat mencoba!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment