Kenali Penyebab dan Cara Mengurangi Kerutan di Bibir Ini, Yuk!

cara menghilangkan kerutan di bibir (1)

Hai Girls! Nggak hanya kulit wajah saja yang rentan akan penuaan. Ternyata bibir juga menjadi salah satu bagian tubuh yang sangat rentan menua. Biasanya ditandai dengan keadaan kering dan berkerut. Lantas bagaimana cara mengurangi kerutan di bibir ini?

Tanda-tanda lain yang harus kamu sadari ketika bibir mengalami penuaan adalah munculnya garis pada permukaan dan sekitar bibir. Selain itu volume bibir akan semakin berkurang, sehingga bentuk bibirmu akan terlihat lebih tipis dan kendur dari biasanya.

Oleh karena itu kamu perlu beberapa cara untuk mengurangi kerutan di bibir. Namun sebelum masuk dalam fase tersebut, ada berbagai pernyebab atau faktor yang mempengaruhi bibir berkerut yang wajib kamu ketahui.

Apa saja itu? Berikut adalah penjelasan detail mengenai penyebab munculnya kerutan pada bibir. Selamat membaca!

Penyebab Munculnya Kerutan di Bibir

Masalah yang satu ini memang cukup mengganggu. Apalagi untuk kamu yang sering tampil di depan kamera dan suka memakai make up. Bentuk bibir berkerut akan membuatmu tampak lebih tua. Bahkan juga terlihat tidak sehat. Sebenarnya apa sih penyebab bibir berkerut?

Dehidrasi

 Penyebab utama munculnya kerutan pada bibir adalah dehidrasi. Dehidrasi ini adalah suatu kondisi dimana cairan yang masuk ke dalam tubuh lebih sedikit dibanding yang keluar. Sehingga hal ini dapat membuat tubuh tidak bisa berkerja dengan normal.

Apalagi sebagian besar tubuh menusia mengandung air. Air inilah yang berfungsi sebagai sumber utama tubuh untuk bekerja. Mulai dari mencerna makanan, mengeluarkan racun hingga mengatur suhu tubuh. Jika air tidak bisa terpenuhi dengan baik. Maka peranan tersebut juga tidak bisa difungsikan secara maksimal.

Sehingga tubuh pun akan mengalami beberapa gangguan. Salah satu dampak dari dehidrasi ini adalah bibir kering. Bibir yang kering ini akan berperngaruh pada valume bibir hingga akhirnya meninggalkan efek kerutan.

Pengaruh Cuaca

Jangan salah, ternyata cuaca juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab kulit bibir kering. Semakin kering udara, semakin berpengaruh juga terhadap kelembapan. Suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin bisa membuat kulit kehilangan kelembapannya.

Oleh karena itu kamu membutuhkan pelembab yang ekstra ketika sedang berada pada suhu tersebut. Tak hanya pelembab untuk kulit saja, namun pelembab untuk bibir juga wajib hukumnya.

Kurang Gizi

Selain dehidrasi dan pengaruh cuaca, faktor penyebab bibir berkerut lainnya adalah kurang gizi. Well, memang makanan bisa menentukan segalanya. Kurangnya konsumsi makanan yang mengandung antioksidan menjadi penyebab utamanya.

Antioksidan ini bisa didapat dari beberapa makanan seperti buah dan sayur. Untuk kamu yang jarang makan buah dan sayur, maka bersiaplah karena kulit dan bibirmu bisa kehilangan kelembapan dan elastisitanya. Sehingga akan mudah berkerut dan mengalami penuaan dini.

Faktor Usia

Nggak bisa dipungkiri jika usia juga menjadi salah satu penyebab bibir berkerut  dan jadi tak indah. Semakin bertambahnya usia, produksi kolagen dalam kulit pun juga akan ikut semakin berkurang. Padahal kolagen inilah salah satu kunci utama sebagai pelembab kulit.

Untuk meningkatkan kolagen dalam tubuh, kamu perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan ini akan membantu tubuhmu untuk memproduksi kolagen. Sehingga kelembapan akan terjaga.

Selain faktor usia, produksi kolagen dalam tubuh juga dipengaruhi oleh radikal bebas. Semakin sering kamu terpapar polusi, semakin rentan pula produksi kolagen dalam tubuhmu berkurang. Jika kolagen dalam tubuh berkurang, ini akan beresiko membuat bibirmu menjadi berkerut.

Tidak Cocok dengan Lips Produk

Penggunaan produk pada bibir yang berlebihan juga rentan membuat bibir mengalami beberapa masalah , seperti timbulnya kerutan. Apalagi jika kamu menggunakan produk dengan kandungan yang tidak cocok dengan kulit.

Oleh karena itu kamu perlu memperhatikan kandungan apa saja yang terdapat dalam lips care. Sebab hal tersebut akan sangat berpengaruh. Untuk mengetes kecocokan itu, kamu bisa menggunakan produk selama beberapa hari. Jika dirasa ada efek samping yang ditinggalkan, itu tandanya produk tersebut tidak cocok dengan bibirmu. Jangan dilanjutkan.

Lantas apa yang harus dilakukan ketika mengalami kerutan di bibir? Tidak perlu khawatir, karena kami akan memberikanmu tips atau cara mengurangi kerutan pada bibir untuk kamu. Berikut daftarnya. Enjoy reading!

Cara Mengurangi Kerutan di Bibir

cara menghilangkan kerutan di bibir (1)

Munculnya garis-garis halus atau kerutan pada bibir dapat diatasi oleh beberapa cara. Mulai dari cara yang alami hingga melakukan perawatan khusus di dokter. Untuk hasil yang maksimal, kamu harus baca uraian di bawah sampai selesai.

Stop Penggunaan Produk Bibir

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu penyebab timbulnya kerutan pada bibir adalah ketidakcocokan penggunaan produk perawatan pada bibir. Salah satu efek ketidakcocokan ini adalah bibir kering dan berkerut.

Oleh karena itu, untuk menghindarinya kamu perlu menghentikan penggunaan beberapa produk tersebut untuk sementara waktu. Namun juga jangan salah, meskipun kamu sedang melakukan puasa produk bibir, harus juga diimbangi dengan minum dan makan makanan bergizi.

Setidaknya kamu harus minum air putih sebanyak 2 liter per hari. Karena saat melakukan puasa produk dari luar, bibir tidak mendapatkan nutrisi. Sehingga sangat penting bagi kamu untuk memberinya nutrisi dari dalam.

Gunakan Pelembab

Penyebab munculnya kerutan di bibir adalah bibir yang kering. Maka dari itu kamu perlu memberinya kelembapan setiap saat. Yaitu dengan cara menggunakan lip balm atau pelembab khusus untuk bibir lainnya.

Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakan lip balm dengan kandungan SPF 15. Jadi ketika kamu berada di cuaca panas dan berada di bawah terik sinar matahari, bibirmu bisa terlindungi dan tetap lembab.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan lip balm dengan kandungan petroleum atau beewax. Kandungan ini mempunyai kelembapan yang tinggi. Sehingga akan sangat efektif untuk menghidrasi kulit bibirmu yang kering.

Banyak Minum Air Putih

Bibir kering merupakan salah satu tanda jika tubuh sedang dehidrasi atau kekurangan cairan. Dengan mengkonsumsi air putih yang banyak, atau setidaknya 2 liter sehari, itu dapat membantu tubuhmu untuk tetap terus terhidrasi.

Tubuh yang terhidrasi juga akan meninggalkan efek yang bagus untuk kulit. Yaitu lembab dan ternutrisi. Hal ini juga berlaku untuk bibir. Mengkonsumsi air putih bisa membantu mengurangi kerutan di bibir dan meningkatkan volumenya.

Jangan Menjilat Bibir

Jika kamu berpikir menjilat bibir dapat membuatnya tetap lembab dan ternutrisi, itu adalah satu kesalahan yang besar. Justru sebaliknya. Sering menjilat bibir bisa membuat bibir menjadi semakin kering dan pecah-pecah sehingga rentan untuk berkerut.

Kok bisa? Dengan sering menjilat bibir, kamu juga menghilangkan kelembapan alami. Sebab sebenarnya bibir punya minyak alami yang diproduksi untuk melembabkan. Namun ketika kamu sering menjilatnya, itu berarti kamu membersihkan minyak alami yang ada pada bibir.

Dampaknya pun bisa membuat bibirmu menjadi semakin kering dan bau. Air liur yang menempel juga bisa membuat warna bibirmu menjadi semakin gelap. Sebab bakteri yang ditinggalkan akan menumpuk dan dapat membuat warna bibir yang lebih gelap.

Selain itu,dengan menjilat bibir terlalu sering juga bisa membuat aliran darahmu tidak lancar. Sehingga dapat membuat bibirmu tampak lebih pucat dan rentan untuk berkerut. So girls, jangan lakukan hal yang satu ini.

Jangan Mengelupas Bibir

Cara mengurangi kerutan di bibir selanjutnya adalah jangan pernah mengelupas bibir yang sedang pecah. Karena selain berbahaya, mengelupas bibir juga bisa menyebabkan iritas. Hal ini juga bisa memperburuk kondisi bibirmu dan bisa memperparah kerutan.

Lapisan kulit pada bibir yang dipaksa untuk dihilangkan juga bisa memicu terjadinya pendarahan dan ruam. Oleh karena itu wajib hukumnya untuk kamu menghindari kegiatan yang satu ini jika tidak ingin bibirmu rusak dan semakin berkerut.

Cara Mengurangi Kerutan di Bibir dengan Bahan Alami

Selain menghindari kebiasaan buruk di atas, kamu juga bisa mengembalikan senyum indahmu lewat cara mengurangi kerutan di bibir dengan bahan alami berikut ini.

Konsumsi Buah dan Sayur

Seperti yang diketahui jika buah dan sayur mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan ini sangat berguna untuk  meningkatkan kolagen dan melembabkan kulit. Sehingga kulit tidak mudah kering dan rentan terhadap kerutan.

Antiokasidan ini juga berfungsi untuk mengunci kandungan air dalam kulit. Jadi bibirmu bisa kenyal bervolume dan halus. Jadi untuk kamu yang ingin menghilangkan kerutan, jangan pernah skip metode yang satu ini. Sebab selain harus ternutrisi dari luar, bibir juga membutuhkan nutrisi dari dalam.

Gunakan Lidah Buaya

Lidah buaya atau biasa disebut dengan aloe vera ini cukup hits di kalangan pecinta skin care. Sebab kandungan anti-inflamasi di dalamnya sangat efektif untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Bahkan juga bibir.

Aloe vera ini juga mempunyai antioksidan tinggi yang beguna untuk melembabkan. Sifat melembabkan ini bisa membuat bibirmu menjadi lebih kenyal dan ternutrisi. Tak hanya itu, bibirmu yang mulai berkerut juga dapat diatasi dengan kandungan ini.

Sifat anti-inflamasinya bisa memudarkan kerutan. Selain itu, anti-inflamasi ini juga bisa mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir. Sehingga akan membuat warna bibirmu menjadi lebih cerah ternutrisi.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga dinilai cukup efektif sebagai cara mengurangi kerutan pada bibir. Lagi dan lagi, kandungan antioksidan yang tinggi pada minyak kelapa dinilai dapat mengatasi kerutan dan luka. Bahkan sifat anti-inflamasinya juga bisa menutup luka pada bibir yang disebabkan oleh beberapa hal.

Seperti pecah-pecah akibat bibir yang kering ataupun iritasi. Selain itu, minyak kelapa ini juga mengandung SPF yang berguna untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Sehingga bibirmu akan tidak mudah gelap ketika menggunakan minyak yang satu ini.

Cukup oleskan sehari tiga kali. Yakni pagi, siang dan malam. Dengan penggunaan secara rutin ini kamu bisa merasakan dampaknya sekitar satu minggu kemudian. Bibir akan tampak semakin halus dan kerutan pun akan berkurang.

Kelopak Mawar

Cara untuk mengurangi kerutan berikutnya adalah dengan menggunakan kelopak mawar. Kamu bisa menggunakan bunga yang satu ini sebagai masker. Caranya pun cukup sederhana dan bisa kamu praktikan di rumah.

Cukup haluskann 6-8 kelopak mawar dan haluskan. Campur dengan susu dan rendam selama 3 jam. Setelah itu oleskan pada bibir dan tunggu selama 20 hingga 30 menit. Agar hasil maksimal, kamu bisa menggunakan cara menghilangkan kerutan di bibir ini secara rutin.

Kelopak mawar ini mempunyai berbagai kandungan yang bagus untuk bibir. Seperti vitamik E, lemak hingga mineral. Kandungan vitamin E yang terkandung dalam kelopak mawar dapat membuat warna bibir lebih merona.

Sedangkan lemak dan mineral bisa mengurangi kerutan pada bibir. Tak hanya demikian, kandungan tersebut juga dapat memperhalus dan mengenyalkan bibirmu. Sehingga akan telihat semakin sehat serta ternutrisi.

Pepaya dan Madu

Selain harganya yang murah, pepaya juga merupakan salah satu buah yang mudah di dapat di Indonesia. Kandungannya yang tinggi akan enzim dan zat  papain. Kandungan tersebut bisa mengangkat sel-sel kulit mati pada bibir dan melancarkan peredaran darah.

Selain bisa untuk dimakan, kamu juga bisa menggunakan pepaya untuk masker. Caranya cukup mudah. Yaitu campur dengan madu. Perpaduan dua bahan ini sebagai masker bibir dinilai cukup efektif. Sebab madu sendiri mengandung vitamin C yang berfungsi untuk mengurangi garis-garis halus dan meningkatkan volume pada bibir.

Caranya cukup mudah. Campurkan dua sendok teh pepaya bubuk dan campurkan dengan dua sendok the madu. Jika kamu tidak mempunyai pepaya bubuk, pepaya biasa pun juga bisa. Potong secukupnya dan campur dengan madu. Oleskan pada bibir dan diamkan selama 20 menit.

Lakukan metode tersebut secara rutin. Niscaya kerutan di bibirmu akan berkurang dan kamu akan terhindar dari masalah penuaan.

Teh Hijau

Cara untuk mengurangi kerutan yang selanjutnya adalah dengan the hijau. Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh hijau dapat menutrisi kulit dan menjaga kelembapannya. Sehingga bibir yang berkerut akan berkurang.

Kamu bisa mengkonsumsi atau menggunakan teh hijau ini sebagai masker. Cukup campurkan dengan air atau madu hingga membentuk pasta. Setelah itu oleskan pada bibir. Tunggu selama 20 hingga 30 menit hingga meresap. Kemudian bilas area tersebut hingga bersih.  

Baca Juga: Mudah dan Sederhana, Cobain Berbagai Resep Masker Alami dari Teh Hijau Ini

Minyak Zaitun

Selain minyak kelapa, minyak zaitun juga bisa menjadi salah satu cara mengurangi kerutan pada bibir. Minyak yang satu ini memang terkenal dengan fungsinya yang melembabkan. Dengan menggunakan minyak ini sebagai masker rutin, bibirmu akan lebih kenyal dan ternutrisi. Kerutan juga akan berkurang.

Caranya cukup mudah. Cukup oleskan minyak zaitun pada bibir setiap malam menjelang tidur. Pagi hari ketika bangun, bibirmu akan lebih kenyal dari biasanya. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakannya secara rutin.

Selain melembutkan bibir, ada banyak manfaat lainnya dari minyak zaitun. Apa saja? Cek di sini!

Itulah beberapa cara untuk mengurangi kerutan di bibir. Namun sebelum kerutan di bibir itu muncul, kamu bisa mencegahnya dengan melakukan perawatan yang rutin untuk bibir. Seperti apa cara perawatan itu? Berikut penjelasannya.

Cara Mencegah Kemunculan Kerutan di Bibir

Kerutan menjadi salah satu masalah di bibir yang sering membuat kita kurang percaya diri. Adanya kerutan menandakan bibir tidak sehat. Nah, untuk mencegah kerutan itu muncul, perlu dilakukan beberapa cara.

Eksfoliasi Bibir

Mengeksfoliasi bibir sangat dibutuhkan. Dengan mengeksfoliasi, sel-sel kulit mati di bibir akan terangkat dan bakteri yang menumpuk pun akan menghilang. Pengekfoliasian bibir juga dapat membuat warna bibir semakin merah merona secara alami.

Namun perlu diingat, pengekfoliasian ini tidak boleh dilakukan setiap hari. Karena dapat membuat bibir lebih tips dan rentan iritasi. Lakukan eksfoliasi cukup satu atau dua kali seminggu.

Caranya pun cukup mudah. Ambil scrub bibir seujung jari lalu gosokan lembut dan perlahan selama 30 detik. Setelah dirasa cukup, diamkan selama 10 menit. Kemudian bilas dan keringkan bibir dengan tisu ataupun handuk.

Jangan lupa untuk tetap menggunakan lip balm setelah mengekfoliasi bibir. Ini berguna untuk mengunci kelembapannya. Selamat mencoba.

Menjaga Kelembapan

Kunci utama dari bibir yang sehat adalah kelembapan. Semakin lembab bibir, semakin rentan pula terhindar dari masalah keriput dan yang lain. Untuk menjaga kelembapan bibir ini, kamu bisa menggunakan lip balm, lip serum, dan lip mask.

Tidak peduli seberapa sering kamu menggunakan lipsticks, kamu harus tetap menggunakan lipbalm. Sebab produk yang satu ini sangat berguna untuk menjaga kelembapan. Gunakan lipbalm tiga atau lima kali sehari. Boleh juga lebih jika kondisi bibirmu sangat kering.

Karena perlu diingat, kunci dari bibir yang sehat adalah lembab. So, don’t skip the lip balm! Perlu diketahui juga jika ada beberapa cara untuk memilih lipbalm. Salah satunya adalah pilih lip balm yang memiliki tingkat SPF yang tinggi.

SPF ini akan melindungi bibirmu dari paparan sinar matahari. Selain itu pilihlan lipbalm dengan kandungan yang cocok dengan bibirmu.

Sekarang kamu sudah tahu apa saja penyebab kerutan di bibir. Untuk menghindari hal tersebut kamu bisa antisipasi dengan melakukan perawatan bibir seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Namun, jika bibirmu sudah mengalami beberapa masalah tersebut, juga tidak ada salahnya untuk mengatasi dengan cara yang telah disebutkan.  

About Author

Related posts

Leave a Comment