Jangan Disepelekan! Simak Cara Menyusun Skala Prioritas Bisnis Berikut Ini

cara menyusun skala prioritas bisnis

Memutuskan mana yang penting dan mana yang mendesak dalam urusan bisnis memang bukan perkara mudah. Ini karena, setiap keputusan dapat memengaruhi pengelolaan bisnis secara keseluruhan. Nah, sebab itu penting untukmu memahami cara menyusun skala prioritas bisnis.

Skala prioritas bisnis sendiri adalah susunan atau skema kebutuhan berbisnis yang diurutkan berdasarkan tingkat kepentingannya. Kebutuhan yang diurutkan mulai dari yang paling mendesak untuk segera dipenuhi hingga kebutuhan yang bisa ditunda pengadaannya.

Adanya skala prioritas bisnis akan memberimu kemudahan dalam mengelola bisnis agar lebih efektif. Kamu akan jadi lebih mudah dalam menentukan setiap kebutuhan perusahaan yang harus segera dipenuhi tanpa melupakan tanggung jawab lainnya.

Sebelum kamu belajar lebih jauh mengenai cara menyusun skala prioritas bisnis, ada baiknya jika kamu lebih dulu memahami apa saja manfaat penerapannya dan risiko apabila kamu mengabaikan skala prioritas dalam pengelolaan bisnismu.

Manfaat Menyusun Skala Prioritas Bisnis untuk Perusahaan

Banyak orang meremehkan cara menyusun skala prioritas bisnis ketika menjalankan usaha mereka. Padahal, dengan langkah ini sistem dan managerial perusahaan bisa berjalan lebih lancar serta efisien.

Selain itu, ada banyak manfaat menyusun skalan prioritas untuk perusahaanmu lho, Beautypreneurs. Apa saja manfaat yang tersebut? Simak ulasannya di bawah ini!

Sebagai Dasar Arah Laju Bisnis

Skala prioritas yang kamu susun memiliki pengaruh besar pada laju bisnismu. Mulai dari bagaimana kamu hendak menjalankan bisnismu, metode yang akan kamu terapkan hingga menentukan target bisnis. Dengan menyusun skala prioritas untuk bisnismu, kamu akan lebih mudah dalam menentukan langkah dan batasan.

Pada tahap awal membangun bisnis kamu pasti sudah memiliki tujuan besar untuk perusahaan. Tentunya kamu menyadari bahwa untuk dapat mewujudkan tujuan tersebut, kamu harus mencapai berbagai target awal terlebih dahulu.

Adanya susunan skala prioritas bisnis akan mempermudah perusahaan dalam mencapai target awal tersebut.

Lebih Mudah Menentukan Fokus aam Bisnis

Susunan skala prioritas yang jelas dan rinci akan semakin baik dalam pengelolaan perusahaan. Kamu bisa lebih mudah menentukan kapan harus memaksimalkan usaha dan tenaga serta kapan harus berhenti agar tidak mengeluarkan modal berlebihan.

Jika sebelumnya kamu sudah membuat daftar target awal untuk dicapai, kamu juga bisa menentukan target manakah yang harus kamu capai lebih dulu agar mempermudah laju usaha untuk mencapai target berikutnya.

Sebagai Evaluasi Bisnis

Operasional bisnis dilakukan secara terus-menerus dan seakan tidak memiliki ujung. Dalam menilai laju perusahaan kamu bisa memanfaatkan skala prioritas untuk melakukan evaluasi.

Hasil evaluasi tersebut adalah bahan baru untuk menentukan strategi dalam mencapai target dan tujuan perusahaan. Akan lebih mudah mengukur waktu, usaha dan modal yang kamu butuhkan untuk dapat mencapai target tersebut.

Hasil evaluasi tersebut bisa kamu jadikan bahan untuk mengatur ulang susunan skala prioritas perusahaan. Agar bisa lebih cepat berkembang, tentunya kamu juga harus dinamis. Pertimbangkan situasi dan kondisi dalam menentukan prioritas perusahaan yang bisa terus berubah.

Berpeluang Meraih Kesempatan

Perusahaan yang dinamis memiliki peluang lebih besar untuk berkembang lebih cepat. Hal ini dikarenakan perusahaan tersebut tidak terperangkap pada fokus yang salah.

Perusahaan yang tahu kapan harus maju dan kapan harus berhenti memiliki kemampuan lebih baik dalam menilai kesempatan yang datang pada mereka. Mereka memiliki pengelolaan yang baik dan selalu siap pada setiap kemungkinan.

Dokumentasi Perusahaan yang Terstruktur

Penyusunan skala prioritas yang baik, rutin melakukan evaluasi dan tidak ragu untuk terus mengolah strategi akan memberi banyak kemudahan bagi masa depan perusahaan. Dokumentasi tersebut bisa menjadi tolok ukur dalam usaha pengembangan perusahaan di kemudian hari.

Pada skenario terburuk sebuah perusahaan yaitu kerugian hingga kebangkrutan tidak akan membuatmu cepat menyerah. Kamu sudah pernah berusaha hingga berhasil, kegagalan tidak akan membuatmu putus asa karena kamu paham langkah untuk mengatasinya melalui dokumentasi yang kamu miliki.

Risiko Menjalankan Bisnis Tanpa Menyusun Skala Prioritas Bisnis

Kerap dianggap remeh, rupanya ada banyak risiko yang bisa kamu alami bila menyepelekan penyusunan skala prioritas bisnis ini. Seperti yang dirangkum dalam ulasan berikut.

Membuat Perusahaan Sulit Berkembang

Perusahaan tanpa skala prioritas bisnis menjadi sulit berkembang karena mereka kehilangan arah. Perusahaan kehilangan tujuan dan menemui kesulitan dalam menentukan mana yang harus didahulukan dan mana yang bisa ditunda.

Tidak Terpenuhinya Kebutuhan yang Mendesak

Tidak adanya fokus atau target spesifik dalam bisnis membuat perusahaan kesulitan menentukan kebutuhan mana yang harus segera dipenuhi. Karena terdistraksi pada salah satu target saja, akhirnya kebutuhan perusahaan yang mendesak tidak terpenuhi.

Tidak terpenuhinya kebutuhan perusahaan terutama kebutuhan yang mendesak dan penting memiliki dampak besar pada bisnis. Besar kemungkinan perusahaan menjadi lebih sulit untuk diatur dan fokus perusahaan semakin tidak menentu.

Menjalankan Perusahaan Tanpa Tujuan yang Jelas

Tujuan besar tanpa perencanaan yang matang akan membuat bisnismu kehilangan jati diri. Kamu tidak lagi tahu apa tujuan perusahaanmu karena terlalu fokus pada masalah yang terus datang tanpa bisa menemukan solusi.

Kehilangan Kesempatan untuk Berkembang

Kekacauan akibat masalah yang dihadapi perusahaanmu membuatmu kehilangan berbagai kesempatan untuk berkembang.

Pengambilan keputusan tanpa perencanaan membuatmu kehilangan banyak modal. Hingga pada saat kesempatan datang, kamu tidak memiliki kemampuan untuk mengambil kesempatan tersebut.

Kerugian yang Tidak Bisa Ditanggulangi

Dengan penanganan yang tidak terstruktur dan pengeluaran yang tidak terukur hal terburuk yang mungkin dialami oleh perusahaan adalah kerugian. Bagian terburuknya adalah kerugian yang tidak bisa ditanggulangi karena pengeluaran berlebihan untuk kebutuhan yang sebenarnya bisa ditunda.

Pertimbangan dalam Menyusun Skala Prioritas Bisnis

Sebelum membahas cara menyusun skala prioritas bisnis, kamu harus memperhatikan beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan dalam proses pembuatannya berikut ini.

Tingkat Urgensi

Susunlah skala prioritas bisnismu berdasarkan tingkat urgensinya. Seberapa genting dan pentingnya kebutuhan tersebut untuk segera dipenuhi. Tingkatkan mulai dari yang paling penting hingga yang paling bisa ditunda pemenuhannya.

Pilihlah kegiatan yang paling mendesak untuk diselesaikan. Ketika kamu sudah bisa menguasainya, beralihlah pada kegiatan lain sesuai susunan yang telah kamu buat.

Caramu menyusun kebutuhan ini memiliki pengaruh besar pada proses pengelolaan perusahaan secara keseluruhan. Oleh karena itu, susunlah dengan teliti, hati-hati dan penuh pertimbangan. Selain itu, jangan melupakan tujuan bisnismu selama menyusun kebutuhan perusahaan.

Menilai Jumlah Produk

Ingatlah untuk tidak melakukan sesuatu secara berlebihan. Meski kebutuhan tersebut sangat penting dan mendesak untuk kamu penuhi, bukan berarti kamu harus melakukannya melebihi yang seharusnya.

Penyediaan kebutuhan yang berlebihan justru merugikan. Kamu bisa mengalihkan dana untuk kebutuhan lain yang tidak kalah penting sehingga setiap kebutuhan bisa dipenuhi secukupnya untuk mendukung operasional perusahaan agar berjalan dengan semestinya.

Pertimbangan Jangka Panjang

Kebutuhan yang hari ini tidak mendesak bisa berubah menjadi kebutuhan mendesak di saat yang tidak terduga. Oleh karena itu, ambillah keputusan setelah mempertimbangkan efek jangka panjangnya.

Hindari pengeluaran berlebihan, jangan mendahulukan yang belum benar-benar kamu perlukan dan jangan melupakan tujuan awal bisnis yang tengah kamu jalankan.

Perhatikan hasil dari setiap keputusan yang kamu buat, baik efek kecil maupun yang besar. Ke depannya, hasil dari setiap keputusan tersebut bisa menjadi pertimbangan yang akurat dalam menentukan strategi perusahaan.

Menilai Kesempatan yang Ada

Jangan melewatkan kesempatan yang datang padamu. Berhasil ataupun tidak, kesempatan yang datang padamu adalah ladang pembelajaran.

Keberhasilan saat ini bisa menjadi modalmu untuk melangkah maju. Namun jika kamu mengalami kegagalan, kamu memiliki ilmu dan pelajaran baru tidak dimiliki orang lain. Pelajari dan gali alasan kegagalanmu pada kesempatan tersebut agar kelak bisa kamu hindari.

Mengukur Kemampuan yang Dimiliki

Sangat penting bagimu untuk tahu kemampuan yang dimiliki oleh perusahaanmu. Terus berusaha memang baik, namun tahu kapan untuk berhenti tidak kalah penting.

Berhenti di salah satu jalan bukan berarti tidak akan melangkah lagi. Kamu bisa memutuskan untuk mencari celah lain yang lebih tepat untuk diambil demi masa depan perusahaan. Tidak perlu mengusahakan yang tidak perlu.

Bagaimana cara mengukur kemampuan usahamu? Simak langkah analisis SWOT di sini!

Waktu atau Dateline

Kebutuhan bisnis yang kemu kesampingkan bisa jadi berubah menjadi kebutuhan penting yang harus segera terpenuhi. Kebutuhan yang saat ini kamu tunda belum tentu kebutuhan yang bisa terus kamu tunda.

Jadikan kemungkinan tersebut sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan tingkat kepentingan dalam bisnis.

Cara Menyusun Skala Prioritas Bisnis yang Efisien

Setelah mengetahui apa saja yang perlu kamu pertimbangkan, langsung simak cara menyusun skala prioritas bisnis yang efisien berikut ini.

Catat Seluruh Kegiatan dan Kebutuhan Perusahaan

Catat dengan teliti dan hati-hati jangan sampai ada yang terlewat. Ajaklah kolegamu berdiskusi untuk mencaritahu kebutuhan sesuai bidang yang menjadi tanggungjawab mereka dalam perusahaan.

Susun Kegiatan dan Kebutuhan Berdasarkan Tingkat Kepentingannya

Ukur bersama untuk menentukan kebutuhan atau kegiatan mana yang harus segera kamu lakukan dan selesaikan. Pastikan setiap pihak memahami tingkat urgensi tersebut agar tidak ada ketimpangan dalam keputusan dan tidak ada kesalahpahaman dalam pelaksanaannya.

Tambah Detail Info Penting Pada Kegiatan dan Kebutuhan Perusahaan

Tambahkan catatan seperti jumlah produk yang kamu perlukan, besaran modal perusahaan, tenggat waktu hingga target harus terpenuh, siapa saja yang boleh terlibat, hingga lokasi bisnis yang strategis dan bermanfaat untuk usahamu. Detail info ini sangat membantu dalam proses pencapaian target.

Semakin cepat target terpenuhi, maka akan semakin pesat perkembangan perusahaan di kemudian hari. Di waktu selanjutnya, detail info ini juga akan membantu perusahaan pada kegiatan selanjutnya.

Tetap Fokus dan Jalankan Sesuai Rencana

Jangan mengubah fokosmu sebelum kamu melihat akhir dari apa yang sedang kamu kerjakan. Sekali kamu kehilangan fokus, pada tahap selanjutnya kamu akan mengalami kesulitan. Pada akhirnya, kamu akan terus menumpuk masalah tanpa mendapat solusi.

Dari berbagai penjelasan di atas sekarang kamu lebih memahami betapa pentingnya membuat susunan skala prioritas bisnis. Perhatikan setiap aspek penting yang harus kamu pertimbangkan dalam menyusun skala prioritas bisnis agar tidak mendapat kerugian jangka panjang.

Well, Beuatypreneurs, menyadari bahwa strategi bisnis dalam sektor apapun penting untuk brand kosmetikmu. Mash Moshem Indonesia hadir dengan aftersales service berupa Webinar bisnis yang membantu memberikan tips dan pengetahuan lebih soal mengembangkan industri kosmetikmu.

Melalui Webinar ini, kami akan membagikan informasi seputar tren, kiat sukses memasarkan brand ataupun produk kosmetikmu, hingga membagikan strategi bisnis yang efektif dan efisien untuk usahamu.

Nah, di mana lagi sih kamu bisa menemukan perusahaan maklon kosmetik dengan pelayanan konsumen selengkap ini selain di Mash Moshem Indoensia?

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment