Strategi Tagline dalam Promosi, Manfaat dan Tips Membuatnya!

strategi tagline

Menggunakan strategi tagline untuk mempromosikan produk hingga kini masih banyak diterapkan. Bahkan masih begitu efektif sehingga dapat membantu meningkatkan brand awareness bisnismu.

Tagline pada dasarnya merupakan kalimat yang mengandung kata-kata ringan namun bermakna dalam, sehingga memudahkan audience untuk mengingatnya. Umumnya, strategi tagline ini juga digunakan untuk mempromosikan dan meningkatkan popularitas suatu brand/produk.

Strategi ini juga dapat dideskripsikan sebagai slogan untuk menggambarkan profil dari brand maupun produk bisnis yang akan dijual.

Sayangnya pengusaha baru banyak yang belum menganggap bahwa pembentukan tagline ini penting. Padahal, meski hanya terdiri dari kalimat ringan, tagline bisa sangat efektif untuk meningkatkan popularitas dari brand.

Apalagi kalau tagline ini dibuat dengan eyechatching, yang juga dilengkapi dengan media promosi yang tak kalah menarik. Tentu, brand/bisnismu pun akan semakin mudah diingat oleh masyarakat, sehingga popularitasnya pun kian meningkat.

Lantas seperti apa konsep dari strategi tagline? Juga apa manfaatnya dan bagaimana cara penerapannya pada brand kosmetik?

Langsung simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Apa itu Tagline?

Sebelum mencari tahu bagaimana cara menerapkannya pada brand kosmetik, kamu perlu memahami bagaimana konsep tagline sendiri.

Tagline adalah kalimat atau klausa singkat yang mudah diingat dengan tujuan untuk meningkatkan popularitas brand. Karenanya, sebuah tagline yang baik pun harus bisa mendiskripsikan brand yang kamu miliki dengan cepat.

Dalam penerapannya, tagline ini sering muncul berdampingan dengan logo brand kosmetikmu. Sehingga bisa menjadi pembeda antara brand yang kamu miliki dengan kompetitor.

Meski begitu, banyak orang yang kerap salah mengartikan bahwa tagline ini sama dengan sloga. Padahal keduanya juga berbeda.

Tagline khusus dibentuk untuk menggambarkan atau merepresentasikan brand secara keseluruha. Sementara sloga merupakan kalimat singkat yang digunakan untuk campaign/pemasaran produk.

Manfaat Menggunakan Strategi Tagline untuk Brand Kosmetik

Setelah mengetahui pengertian tagline dan tujuan penggunaannya. Kamu juga harus memahami apa saja manfaat menggunakan strategi tagline.

Karena setidaknya ada tiga manfaat mengapa brand kosmetikmu perlu menggunakan strategi tagline. Penasaran? Langsung cek penjelasannya di bawah ini!

Representasi Visi dan Misi Bisnis

Manfaat menggunakan tagline yang pertama adalah sebagai representasi visi dan misi brand kosmetik. Penggunaan strategi bisa membantumu mengomunikasikan dengan baik bagaimana dan seperti apa brand kosmetikmu pada masyarakat.

Sebagai contoh, kamu bisa menyimak tagline dari Make Over, “Beauty Beyond Rules”. Dari tagline ini Make Over mengajak perempuan Indonesia untuk lebih berani dalam mengekspresikan dan mengeksplorasi pridabi mereka.

Khususnya dalam penampilan, tanpa adanya standar kecantikan maupun batasan-batasan tertentu. Tagline ini dengan kata lain mencoba menunjukkan bahwa Make Over merangkul semua perempuan dan mendukung keberagaman.

Memperkuat Identitas Bisnis

Tak hanya bisa membantu menyampaikan visi dan misi brand, penggunaan strategi tagline pun dapat memperkuat identitas bisnis.

Ini karena tagline pada dasarnya berupa kata atau klausa yang menarik dan mudah teringat oleh masyarakat. Sehingga akan membantu brand mudah dikenali oleh konsumennnya.

Sebagai Pembeda dengan Kompetitor

Karena mudah melekat dalam ingatan konsumen, mereka pun juga akan semakin mudah mengenali dan membedakan brand kosmetikmu dari kompetitor.

Mengingat banyaknya dan tingginya kompetisi di pasar kosmetik Indonesia, kamu tentu perlu membuat brand kosmetikmu menonjol. Dan strategi tagline bisa menjadi salah satu cara ideal dan efisien untuk memberikan nilai lebih pada produk kosmetikmu.

Jenis-jenis Tagline yang Harus Kamu Tahu

Sebelum mengetahui cara meyusun strategi tagline untuk brand kosmetikmu, kamu juga harus mengetahui ragam tagline yang ada.

Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan dan menyusun tagline sesuai dengan kebutuhan kamu. Nah, berikut ini beberapa jenis tagline yang harus kamu tahu!

Tagline Spesifik

Jenis tagline yang pertama merupakan tagline spesifik yang dibuat untuk tujuan iklan. Umumnya, tagline ini berisi kata-kata yang mengusung keunggulan atau karakterisitik khusus oleh brand tersebut.

Sehingga nantinya dapat menciptakan kesan bahwa brand tersebut dapat memiliki ilia unggul dibanding kompetitornya.

Jika diterapkan pada brand kosmetik, maka kamu bisa menggunakan karakteristik dan keunggulan utama dari produkmu untuk dijadikan tagline.

Misal, kalau kamu memiliki produk-produk untuk mengatasi dan menunda penuaan dini. Maka, kamu bisa menggunakannya sebagai tagline seperti  “Make Your Beauty Timeless”.

Dengan begitu, kamu bisa menunjukkan bahwa produkmu bisa membantu konsumen merawat keremajaan wajah mereka.

Tagline Deskriptif

Jenis yang kedua ada tagline deskriptif yang memuat deskripsi mengenai karakter maupun kelebihan sebuah brand. Tujuannya untuk mendongkrak kepercayaan masyarakat dengan keunggulan dari brand tersebut.

Misalnya, jika diterapkan dalam brand kosmetik. Kamu membuat brand kosmetik yang menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan dan vegan. Nah, keduanya bisa menjadi karakter dan keunggulan dari brand kosmetikmu.

Untuk mengolahnya, kamu bisa menggabungkan kedua karakter tersebut ke dalam satu tagline yang unik. Seperti, “Beauty is Healthy” dan banyak lainnya.

Tagline Provokatif

Jenis selanjutnya adalah tagline provokatif, yang umumnya menggunakan kata-kata ajakan atau menarik perhatian konsumen untuk melakukan tindakan yang kamu inginkan.

Singkatnya, tagline ini bisa mempengaruhi sisi psikologis audience sehingga bisa melakukan ajakan yang disertakan.

Sebagai contoh, kalau kamu memiliki brand kosmetik yang ramah lingkungan dan mengampanyekan penggunaan bahan-bahan organic. Maka, kamu bisa membuat tagline untuk mengajak pembaca untuk membeli produkmu yang ramah lingkungan.

Tagline Imperative

Jenis tagline selanjutnya adalah tagline imperative, yang digunakan untuk mengajak orang untk melakukan tindakan sesuai dengan produk yang ditawarkan.

Bila kamu memiliki brand kosmetik, kamu bisa menggunakan tagline yang sesuai dengan karakter dan bagaiamana visi dan misimu.

Strategi Membuat Tagline yang Menarik dan Menjual

Karena memiliki dampak besar untuk bisnismu, tagline tidak bisa dijual sembarangan. Kamu harus bisa membuat tagline yang menarik dan menjual. Seperti apa strategi membuat tagline untuk brand kosmetik yang menarik?

Simak langkahnya di bawah ini!

Lakukan Riset Target dan Segmentasi Pasar

Sama halnya dengan strategi lain, ketika akan membuat tagline kamu perlu melakukan riset target dan segmentasi pasar. Langkah ini penting untuk mengetahui bagaimana karakter target audiencemu, sehingga tagline yang dibuat pun akan efisien.

Penasaran bagaimana cara riset target dan segmentasi pasar? Baca di sini!

Bentuk Tim dan Lakukan Brain Storming

Kalau kamu merasa kesulitan untuk membentuk tagline sendiri, maka ada baiknya untuk membentuk tim khusus dan melakukan brain storming bersama. Bagaimanapun, berdiskusi dan bertukar pikiran bisa jadi cara yang efektif untuk menemukan suatu ide.

Dalam proses diskusi bersama ini, kamu bisa membuat daftar ide tagline dari tiap anggota tim. Baik yang dibuat berdasarkan kelebihan produk, apa saja manfaatnya, dan harga jualnya yang murah.

Nantinya, kamu bisa merumuskan tagline untuk brand kosmetikmu yang tepat dan paling menarik dari ide-ide tersebut.

Ketahui Juga: Bingung Bikin Konsep Produk Kosmetik Menarik? Coba Tips Brainstorming Ini!

Sesuaikan Tagline dengan Produk/Brand Kosmetikmu

Selanjutnya, sesuaikan tagline dengan produk atau brand kosmetik yang kamu miliki. Jangan remehkan poin ini hanya karena bentuk tagline yang singkat.

Justru, ketika menciptakan tagline kamu harus bisa membuat audience mudah mengenali dan memahami karakter dari brand kosmetikmu.

Sebagai contoh, sebuah produk dengan tagline “Melembapkan Sepanjang Hari”. Tagline ini menggambarkan bahwa product tersebut membantu menjaga kesehatan kulit dengan melembapkannya sepanjang hari.

Tonjolkan Keunggulan dan Tujuan Brand

Strategi tagline selanjutnya adalah dengan menonjolkan keunggulan dan tujuan dari brand kosmetikmu. Langkah ini untuk membuat audience memahami bahwa produkmu jadi leih unggul dan berbeda dari kompetitor.

Misalnya, kamu membuat produk kosmetik yang vegan dan ramah lingkungan. Kedua hal ini bisa menjadi senjata ampuh dalam strategi tagline brand kosmetikmu.

Kamu bsia membuat tagline yang sesuai, seperti “Love Your Planet Like Your Beauty Secret”. Lewat tagline ini, kamu secara tak langsung telah mengomunikasikan bahwa produkmu tak hanya bisa memenuhi kebutuhan konsumen akan kosmetik, tapi bisa memberikan dampak baik pada lingkungan.

Pakai Kalimat yang Ringan dan Sederhana

Ketika membuat tagline untuk brand kosmetik, kamu perlu menyisipkan kalimat yang singkat dan sederhana. Namun, pastikan profil atau karakter brand masih ada dalam kalimat tersebut.

Menggunakan rangkaian kalimat yang ringan dan sederhana akan memudahkan konsumen untuk memahami karakter dari brand kosmetikmu.

Memiliki Sifat Sugestif dan Persuasif

Strategi tagline untuk brand kosmetik selanjutnya haruslnya memiliki sifat sugestif dan persuasive. Sehingga bisa mendorong atau mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli produk kosmetik yang kamu jual.

Misalnya, kamu menjual parfum khusus remaja dengan berbagai aroma menyegarkan dan penuh semangat muda. Kamu bisa menciptakan tagline khusus untuk membuat mereka menganggap produkmu adalah tren yang harus mereka miliki segera.

Hindari Meniru Tagline

Langkah selanjutnya dalam strategi tagline untuk brand kosmetik adalah menghindari meniru/memodifikasi dari brand lain. Karena tagline merupakan bagian dari identitas brand.

Jika kamu meniru tagline brand lain yang jauh lebih terkenal, berharap orang-orang akan salah memahami. Justru, hal ini akan membawa dampak buruk untuk brand kosmetikmu.

Selain membuat kredibilitas brand menurun, juga mempengaruhi kepercayaan dan kesan konsumen terhadap produkmu.

Kondisi ini akan tambah buruk, kalau ternyata tagline yang kamu tiru sudah didaftarkan sebagai hak paten. Maka, brand kosmetikmu bisa terkena sanksi dan justru memperburuk citra di mata pelanggan.

Dapat Membangun Perasaan Tertentu

Tagline brand yang baik adalah yang bisa memberikan kesan dan membangun perasaan tertentu pada pembacanya. Sehingga, audience akan mengasosiasikan kesan atau perasaan mereka dengan brand kosmetik milikmu.

Buat Logo Brand Kosmetik

Langkah selanjutnya dalam strategi headline yang menarik adalah dengan membuat logo brand kosmetik. Logo bisa menjadi salah satu tanda pengenal/identitas dari bisnis yang kamu jalankan. Sehingga konsumen akan lebih mudah mengenali dan membedakan produkmu.

Karenanya, sangat penting untuk membuat logo brand yang memiliki makna filosofis, unik, dan bernilai. Ketiga hal ini akan memperkuat strategi pemasaran yang kamu bangun, sehingga tujuan promosi pun akan tercapai.

Nah, Beautypreneurs, itu adalah hal-hal mengenai strategi tagline yang harus kamu ketahui. Tak hanya mempermanis brand kosmetikmu, tagline yang dibuat dengan menarik bisa memberikan daya tarik dan menjadi pengingat sendiri pada benak konsumen.

Kamu bisa menemukan banyak brand kosmetik besar menggunakan strategi tagline yang sama untuk membuat konsumen mudah mengingat brand serta produk mereka. Well, sayang banget kalau sampai kamu tidak memiliki strategi tersebut, bukan?

Tapi, membuat tagline yang menarik kan enggak mudah?

Well, jangan merasa ragu dan khawatir! Karena kalau maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia, kamu enggak hanya bisa buat produk kosmetik unggulan, lho! Melainkan bisa berkonsultasi langsung dengan tim pemasaran kami, mengenai tren, logo, bahkan kamu juga bisa minta pendapat mereka soal tagline.

Pokoknya, kami berusaha banget buat kamu nyaman dan mendapatkan apa yang kamu perlukan untuk brand kosmetikmu. Gimana, udah siap bikin produk di Mash Moshem Indonesia?

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment