Apa Itu Direct Marketing? Ini Penjelasan, Manfaat, dan Jenis-Jenisnya!

Kalau dipikir-pikir, jenis strategi marketing itu ada banyak, ya. Salah satunya direct marketing, apakah kamu sudah tahu soal strategi pemasaran satu ini?

Penggunaan strategi direct marketing ini sebenarnya bukan hal baru lagi. Ada banyak pebisnis, dari skala kecil, menengah, hingga besar menggunakan strategi ini untuk menggaet pembeli mereka.

Ini karena, jenis pemasaran tersebut sangat egektif sebagai strategi marketing, sebab strategi ini mengarah langsung pada konsumen tanpa adanya perantara lain.

Dengan pemasaran yang dilakukan secara langsung, kemungkinan kamu sebagai produsen bisa menjangkau target pemasaran yang lebih spesifik.

Nah, untuk menjelaskan lebih jauh tentang strategi direct marketing ini, kamu harus lebih mengenal definisinya. Langsung kita bahas di artikel ini ya, check it out!  

Apa Definisi dari Direct Marketing?

Direct marketing merupakan strategi atau teknik pemasaran yang dilakukan dengan cara berkomunikasi langsung dengan konsumen. Komunikasi ini bisa dengan pelanggan potensial, ataupun pelanggan baru, tanpa adanya perantara dari pihak ketiga seperti media atau iklan.

Komunikasi yang dikalakukan dalam direct marketing adalah komunikasi secara langsung untuk memperkenalkan atau menjual produk ataupun layanan yang kamu miliki.

Terlebih, saat ini banyak yang memanfaatkan iklan untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan. Namun beberapa orang akan berpendapat bahwa stratefi pemasaran yang dilakukan secara langsung pada konsumen dinilai lebih efektif dari pada iklan konvensional.

Pertanyaannya, apakah direct marketing memang seefektif itu? Tentu saja. Dengan melakukan strategi ini otomatis kamu dapat menyampaikan pesan yang terasa lebih personal pada konsumen.

Nah, bisa jadi teknik ini mampu membuat konsumen lebih menyukai produk atau jasa yang kamu tawarkan. Jika teknik satu ini dapat kamu terapkan dengan baik, maka bukan tidak mungkin jumlah penjualanmu bisa meningkat dengan drastis.

Agar lebih efektif, kamu bisa menggunakan teknik pemasaran ini untuk menargetkan orang-orang yang memiliki ketertarikan terhadap apa yang kamu tawarkan. Contohnya, jika kamu seorang brand owner dan menjual produk kosmetik. Maka agar lebih efektif kamu bisa menargetkan kaum perempuan sebagai pelanggan potensial

Manfaat Direct Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Setelah kamu mengetahui definisi dan penjelasan singkat dari direct marketing, sekarang mari membahas mengenai manfaat dari direct marketing ini. Kira-kira, apa saja manfaat dari teknik ini ya? Simak baik-baik penjelasan di bawah ini!

Dapat Menghemat Anggaran Pemasaran

Manfaat direct marketing untuk meningkatkan penjualan yang pertama adalah dapat menghemat anggaran untuk pemasaran. Karena kamu tidak akan bergantung pada iklan, entah itu iklan online atau offline.

Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus pada strategi pemasaran satu ini untuk mendapatkan segmentasi pasar yang tepat. Yaitu dengan tujuan menawarkan atau menganjang konsumen secara langsung, tanpa peratara dari pihak manapun.

Mampu Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan

Manfaat direct marketing untuk meningkatkan penjualan yang kedua adalah teknik ini mampu menjangkau lebih banyak pelanggan.

Kadang-kadanng konsumen tidak akan menemukan produk atau layanan jasa yang mereka butuhkan secara online. Sehingga melalui direct marketing ini kamu mampu dan berkesempatan untuk bisa secara langsung menjelaskan produk atau layanan jasa kepada mereka.

Dengan menjangkau pelanggan secara langsung ini dan memuat mereka tertarik. Tidak menutup kemungkinan mereka juga akan memberi tahu produk atau pelayananmu pada orang lain. 

Sehingga secara otomatos kamu akan menciptakan customer advocacy dan membuat produkmu bisa lebih bekermbang dengan cepat.

Bisa Menumbuhkan Loyalitas Konsumen

Manfaat direct marketing untuk meningkatkan penjualan yang terakhir adalah bisa membantu menumbuhkan loyalitas dari konsumenmu.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, direct marketing ini merupakan teknik marketing yang dilakukan secara langsung dengan konsumen, tanpa perantara apapun. Sehingga, secara otomatis membuat hubungan kamu dengan pelanggan merasa sangat dihargai.

Nah, sengan adanya perasaan tersebut dan hubungan yang baik, maka hal  ini bisa membantu meningkatkan loyalitas konsumen terhadap produk atau layanan yang kamu tawarkan. Kemungkinan mereka juga akan melakukan repeat order atau transaksi ulang setelah sebelumnya telah memakai produk atau layananmu.

Jenis-Jenis Teknik Direct Marketing

Setelah mengetahui beberapa manfaat dari direct marketing ini, kamu juga harus mengerti jenis-jenis dari teknik yang satu ini. Tentunya saat kamu mengetahui jenis-jenis dari direct marketing, kamu bisa mampu menjalankan teknik ini dengan maksimal.

Kira-kira, apa aja sih jenis-jenis dari direct marketing? Coba simak penjelasan berikut ini ya!

Telemarketing

Jenis direct marketing yang pertama adalah telemarketing. Terlemarketing sendiri merupakan salah satu direct marketing yang bisa menanfaatkan telepon untuk menghubuni pelanggan. Baik yang kamu hubungi pelanggan baru atau pelanggan potensial.

Telemarketing ini berpotensi untuk mendatangkan pelanggan baru dengan volume yang lebih besar. Karena kamu akan menindaklanjuti kampanye pemasaran secara langsung. Namun perlu kamu ingat bahwa kamu harus meneliti konsumen terlebih dahulu mengenai kecocokan mereka terhadap produk atau layananmu.

Dengan adanya riset pelanggan ini, kamu bisa membantumu untuk memaksimalkan jenis direct marketing yang satu ini.

Email Marketing

Apakah kamu pernah tentang email marketing ini? Jenis direct marketing ini sangat bisa kamu gunakan untuk menjalin hubungan secara personal dengan konsumen.

Kamu bisa membuat newsletter yang berisi promosi dari produkmu, memberi tahu produk baru, ataupun memberikan informasi yang lain melalui email. Jika perlu, kamu bisa mengucapkan hari-hari special tertentu pada konsumen loyal agar mereka merasa dihargai.

Social Media Marketing

Salah satu cara cerdas untuk melakukan teknik direct marketing yaitu dengan memanfaatkan media sosial. Dengan memanfaatkan sosial media ini, kamu bisa memjalin hubungan yang lebih baik dengan pelangganmu.

Kamu bisa membagikan konten apapun melalui platform ini, kemudian konsumen bisa langsung membagikannya dengan mudah pada sosial media pribadi mereka. Selain itu, konsumen juga bisa memberikan komentar mengenai konten tersebut.

Digital Marketing

Jenis direct marketing yang selanjutnya adalah digital marketing, yaitu direct marketing yang memanfaatkan web untuk meningkatkan penjualan. Teknis ini juga dikenal dengan istilah internet marketing.

Dalam internet marketing orang-orang biasanya mempromosukan produk atau layanan melalui internet dengan meraih traffic sebanyak-banyaknya. Salah satu praktik digital marketing yang paling populer adalah search engine optimization (SEO).

Melalui SEO, kamu bisa menjangkau organic traffic lewat Google, lalu para konsumen dapat mengetahui produk atau jasamu secara langsung.

Content Marketing

Jenis direct marketing yang selanjutnya adalah content marketing. Nah, strategi ini mampu menjadi tren di sunia pemasaran dalam dekade terakhir. Alasannya kamu bisa memberikan nilai pada audiens melalui konten yang memotivasi, menghibur, mendidik, dan menginspirasi.

Selain itu, biaya yang dikeluarkan dari strategi ini juga tidak mahal, sehingga perusahaan kecilpun bisa menerapkannya. Strategi pemasasan konten ini dinilai juga sangat efektif guna meningjatkan engagement audiens untuk prostek potensial perusahaan.

Display Ads

Jenis display ads yaitu metode yang dapat menarik audiens dari wet, platform media sosial, atau media digital lainnya untuk segera mengambil tindakan. Display ads ini sering hadir dari bentuk iklan yang berisi teks, gambar, atau video yang mampu mendorong konsumen untuk meng-klik halaman tertentu.

Kampanye display ads sebagian besar dikenakan biaya cost per click (CPC). Artinya setiap audiens yang mengklik iklan, maka kamu harus membayar biaya berdasarkan semua strategi penawaran mereka.

Direct Selling

Direct selling merupakan jenis direct marketing yang digunakab oleh perusahaan-perusahaan yang berbasis korporasi. Strategi ini melibatkan para representatif yang menjual layanan dan produk secara langsung kepala konsumen.

Pemasaran ini dilakukan langsung ini mampu membuat perusahaan untuk membangun hubungan baik dan personal dengan konsumen. Para konsumen ini mampu mempelajari prefensi pelanggan dengan lebih baik karena interaksi tatap muka yang sering terjadi.

Experiental Marketing

Experiental marketing merupakan strategi pemasaran yang menarik konsumen dengan cara membuat acara tertentu yang dapat memberikan pengalaman mendiriik atau menghibur. Tujuannya untuk meningkatkan brand awareness serta memperdalam loyalitas dan kepercataan para konsumen.

Dalam experimental marketing perusahaan perlu mengatur aktivitas yang sekiranya akan diikuti oleh prospek. Contoh umumnya adlaha webinar, podcast, pameran dagang, seminar, dan konvensi.

Catalog Marketing

Jenis direct marketing yang selanjutnya adalah catalog marketing. Jenis ini melibatkan pengiriman booklet produk ke calon pelanggan biasa melalui email. Katalog dan booklet ini umumnya menampilkan produk serta layanan miliki organisasi yang berpotensi menghasilkan pendapatan.

Kiosk Marketing

Jenis pemasaran langsung yang lainnya adalah kiosk marketing. Stategi ini ternyata masih dianggap relevan dan efektif karena merupakan metode yang hemat biaya yang bisa menjangkau banyak konsumen pada tempat yang ramai. Seperti, mall, stadion, dan lainnya.

Kiosk marketing ini umumnya melibatkan penjualan produk atau penawaran layanan jasa melalui kios dan mesin.

SMS Blasting

Jenis direct marketing yang selanjutnya yaitu memanfaatkan SMS Blasting. SMS Blasting ini merupakan praktik mengirimkan satu pesan ke puluhan hingga ribuan konsumen secara bersamaan dengan satu klik saja.

Meskipun terkesan jadul dan kuno, strategi ini sejatinya masih cukup efektif hingga sekarang. SMS Blasting memiliki rate hingga 98%. Selain itu, 75% audiens menggunakan bahwa mereka senang menerima tawaran pemasaran melalui SMS.

Nah, jadi inilah penjelasan sekilas mengenai direct marketing. Apakah kamu berminat atau bahkan sudah menerapkan salah satu dari teknik pemasaran ini untuk bisnis kosmetik yang tengah kamu jalankan?

Well, Beautypreneurs, membuat bisnis kosmetikmu berjalan lancar adalah sebuah hal yang sangat penting. Mengingat pasar kosmetik di Tanah Air sangatlah kompetitif.

Selain menerapkan strategi yang tepat dan efektif, kamu juga bisa meningkatkan mutu dan kualitas produk kosmetik dari brand-mu. Dengan jasa maklon kosmetik Mash Moshem Indonesia misalnya, kamu bisa menciptakan dan mengembangkan berbagai produk dari brand kosmetikmu.

Entah dari bahan-bahan, formulasi produk, tekstur, hingga memunculkan manfaat baru pada produk tersebut. Apapun jenis dan spesifikasinya, kamu bisa mendiskusikannya langsung bersama tim kami. Bagaimana, kamu tertarik?

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment