Insight-Bisnis

Apa Itu Direct Marketing? Ini Definisi, Manfaat, & Jenisnya

apa itu direct marketing

Buat kamu yang sedang membangun brand kosmetik dari nol atau sedang cari cara meningkatkan penjualan secara efisien, direct marketing bisa jadi senjata ampuh yang belum kamu maksimalkan. Dibandingkan strategi pemasaran lain yang sifatnya lebih umum, direct marketing menawarkan pendekatan personal langsung ke calon pembeli tanpa banyak perantara dan budget iklan yang membengkak. 

Tapi, sebenarnya apa itu direct marketing? Kenapa strategi ini penting banget buat brand kosmetik yang ingin berkembang lebih cepat dan tepat sasaran? Pada intinya, strategi pemasaran ini memungkinkan kamu untuk menjalin hubungan dengan pelanggan potensial secara langsung melalui email, WhatsApp, maupun media sosial dengan pesan yang benar-benar relevan dan menggugah minat mereka.

Jadi, buat kamu yang ingin tahu lebih dalam tentang apa itu direct marketing beserta manfaat dan jenisnya, bisa simak artikel ini sampai selesai! 

Apa Itu Direct Marketing?

Sebenarnya, apa itu direct marketing? Direct marketing merupakan strategi atau teknik pemasaran yang dilakukan dengan cara berkomunikasi langsung dengan konsumen. Komunikasi ini bisa dengan pelanggan potensial, ataupun pelanggan baru, tanpa adanya perantara dari pihak ketiga seperti media atau iklan.

Komunikasi yang dilakukan dalam direct marketing adalah komunikasi secara langsung untuk memperkenalkan atau menjual produk maupun layanan yang kamu miliki.

Terlebih, saat ini banyak yang memanfaatkan iklan untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan. Namun, beberapa orang akan berpendapat bahwa strategi pemasaran yang dilakukan secara langsung pada konsumen dinilai lebih efektif dari pada iklan konvensional.

Pertanyaannya, apakah direct marketing memang seefektif itu? Tentu saja. Dengan melakukan strategi ini otomatis kamu dapat menyampaikan pesan yang terasa lebih personal pada konsumen.

Nah, bisa jadi teknik ini mampu membuat konsumen lebih menyukai produk atau jasa yang kamu tawarkan. Jika teknik satu ini dapat kamu terapkan dengan baik, maka bukan tidak mungkin jumlah penjualan produk bisa meningkat dengan drastis.

Agar lebih efektif, kamu bisa menggunakan teknik pemasaran ini untuk menargetkan orang-orang yang memiliki ketertarikan terhadap apa yang kamu tawarkan. Contohnya, jika kamu seorang brand owner dan menjual produk kosmetik, maka agar lebih efektif kamu bisa menargetkan kaum perempuan sebagai pelanggan potensial.



Manfaat Direct Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Setelah kamu mengetahui apa itu direct marketing, sekarang mari membahas mengenai manfaatnya. Kira-kira, apa saja manfaat dari teknik ini ya? Simak baik-baik penjelasan di bawah ini!

Dapat Menghemat Anggaran Pemasaran

Manfaat direct marketing untuk meningkatkan penjualan yang pertama adalah dapat menghemat anggaran untuk pemasaran. Karena kamu tidak akan bergantung pada iklan, entah itu iklan online atau offline.

Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus pada strategi pemasaran satu ini untuk mendapatkan segmentasi pasar yang tepat. Tujuan untuk menawarkan atau mengajak konsumen secara langsung, tanpa perantara dari pihak manapun.

Mampu Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan

Manfaat direct marketing untuk meningkatkan penjualan yang kedua adalah teknik ini mampu menjangkau lebih banyak pelanggan.

Kadang-kadang konsumen tidak akan menemukan produk atau layanan jasa yang mereka butuhkan secara online. Sehingga melalui direct marketing ini kamu mampu dan berkesempatan untuk bisa secara langsung menjelaskan produk atau layanan jasa kepada mereka.

Dengan menjangkau pelanggan secara langsung ini dan membuat mereka tertarik. Tidak menutup kemungkinan mereka juga akan memberi tahu produk atau pelayananmu pada orang lain. Sehingga secara otomatis kamu akan menciptakan customer advocacy dan membuat produkmu bisa lebih bekermbang dengan cepat.

Baca Juga: 6 Cara Menggunakan Strategi Upselling, Bantu Tingkatkan Penjualan

Bisa Menumbuhkan Loyalitas Konsumen

Manfaat direct marketing yang terakhir adalah bisa membantu menumbuhkan loyalitas dari konsumenmu.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, direct marketing ini merupakan teknik marketing yang dilakukan secara langsung dengan konsumen, tanpa perantara apapun. Sehingga, secara otomatis membuat hubungan kamu dengan pelanggan merasa sangat dihargai.

Nah, dengan adanya perasaan tersebut dan hubungan yang baik, maka bisa membantu meningkatkan loyalitas konsumen terhadap produk atau layanan yang kamu tawarkan. Kemungkinan mereka juga akan melakukan repeat order atau transaksi ulang setelah sebelumnya telah memakai produk atau layananmu.

Pengukuran Hasil yang Lebih Mudah

Direct marketing memungkinkan perusahaan untuk lebih mudah melacak dan menganalisis respons dari kampanye mereka, sehingga mereka dapat menilai efektivitas dan melakukan penyesuaian jika diperlukan.

Peningkatan Hubungan Pelanggan

Melalui direct marketing, perusahaan dapat berinteraksi secara langsung dengan pelanggan, memberikan pengalaman yang lebih personal dan membangun hubungan yang lebih kuat serta loyalitas pelanggan.



Jenis-Jenis Teknik Direct Marketing

Memahami apa itu direct marketing dan manfaatnya saja tidak cukup, kamu juga harus tahu tentang jenis-jenis penerapannya dalam bisnis. Tentunya saat kamu mengetahui jenis-jenis dari direct marketing, kamu bisa mampu menjalankan teknik ini dengan maksimal.

Kira-kira, apa aja sih jenis-jenis dari direct marketing? Coba simak penjelasan berikut ini ya!

Telemarketing

Jenis direct marketing yang pertama adalah telemarketing. Telemarketing merupakan salah satu direct marketing yang bisa memanfaatkan telepon untuk menghubungi pelanggan, baik pelanggan baru atau pelanggan potensial.

Telemarketing ini berpotensi untuk mendatangkan pelanggan baru dengan volume yang lebih besar. Karena kamu akan menindaklanjuti kampanye pemasaran secara langsung. Namun, perlu diingat bahwa kamu harus meneliti konsumen terlebih dahulu mengenai kecocokan mereka terhadap produk atau layananmu.

Dengan adanya riset pelanggan ini, kamu bisa membantumu untuk memaksimalkan jenis direct marketing yang satu ini.

Email Marketing

Apakah kamu pernah mendengar tentang email marketing ini? Jenis direct marketing ini bisa kamu gunakan untuk menjalin hubungan secara personal dengan konsumen.

Kamu bisa membuat newsletter yang berisi promosi dari produkmu, memberi tahu produk baru, ataupun memberikan informasi yang lain melalui email. Jika perlu, kamu bisa mengucapkan hari-hari spesial tertentu pada konsumen loyal agar mereka merasa dihargai.

Digital Marketing

Jenis direct marketing yang selanjutnya adalah digital marketing. Digital marketing adalah jenis direct marketing yang memanfaatkan web untuk meningkatkan penjualan. Teknik ini juga dikenal dengan istilah internet marketing.

Dalam internet marketing orang-orang biasanya mempromosikan produk atau layanan melalui internet dengan meraih traffic sebanyak-banyaknya. Salah satu praktik digital marketing yang paling populer adalah search engine optimization (SEO).

Melalui SEO, kamu bisa menjangkau organic traffic lewat Google, lalu para konsumen dapat mengetahui produk atau jasamu secara langsung.

Content Marketing

Jenis direct marketing yang selanjutnya adalah content marketing. Nah, strategi ini mampu menjadi tren di dunia pemasaran dalam satu dekade terakhir. Alasannya adalah kamu bisa memberikan nilai pada audiens melalui konten yang memotivasi, menghibur, mendidik, dan menginspirasi.

Selain itu, biaya yang dikeluarkan dari strategi ini juga tidak mahal, sehingga perusahaan kecilpun bisa menerapkannya. Strategi pemasaran konten ini dinilai juga sangat efektif guna meningkatkan engagement audiens untuk proyek potensial perusahaan.

Display Ads

Jenis display ads yaitu metode yang dapat menarik audiens dari wet, platform media sosial, atau media digital lainnya untuk segera mengambil tindakan. Display ads ini sering hadir dari bentuk iklan yang berisi teks, gambar, atau video yang mampu mendorong konsumen untuk meng-klik halaman tertentu.

Kampanye display ads sebagian besar dikenakan biaya cost per click (CPC). Artinya setiap audiens yang mengklik iklan, maka kamu harus membayar biaya berdasarkan semua strategi penawaran mereka.

Social Media Marketing

Salah satu cara cerdas untuk melakukan teknik direct marketing yaitu dengan memanfaatkan media sosial. Dengan memanfaatkan sosial media ini, kamu bisa menjalin hubungan yang lebih baik dengan pelangganmu.

Kamu bisa membagikan konten apapun melalui platform ini, kemudian konsumen bisa langsung membagikannya dengan mudah pada sosial media pribadi mereka. Selain itu, konsumen juga bisa memberikan komentar mengenai konten tersebut.

Misalnya, kamu punya bisnis kosmetik, maka bisa membuat konten tentang review produk-produk kosmetik. Melalui review ini, bisa bantu menjalin hubungan dengan konsumen karena targetnya sudah jelas dan mereka juga sedang membutuhkan informasi ini.

Baca Juga: 9 Etika dalam Sosial Media Marketing, Penting untuk Penjualan

Direct Selling

Direct selling merupakan jenis direct marketing yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang berbasis korporasi. Strategi ini melibatkan para representatif yang menjual layanan dan produk secara langsung kepada konsumen.

Pemasaran ini dilakukan langsung ini mampu membuat perusahaan untuk membangun hubungan baik dan personal dengan konsumen. Para konsumen ini mampu mempelajari preferensi pelanggan dengan lebih baik karena interaksi tatap muka yang sering terjadi.

Experiential Marketing

Experiential marketing merupakan strategi pemasaran yang menarik konsumen dengan cara membuat acara tertentu yang dapat memberikan pengalaman mendidik atau menghibur. Tujuannya untuk meningkatkan brand awareness serta memperdalam loyalitas dan kepercayaan para konsumen.

Dalam experiential marketing perusahaan perlu mengatur aktivitas yang sekiranya akan diikuti oleh prospek. Contoh umumnya adalah webinar, podcast, pameran dagang, seminar, dan konvensi.

Catalog Marketing

Jenis direct marketing yang selanjutnya adalah catalog marketing. Jenis ini melibatkan pengiriman booklet produk ke calon pelanggan biasa melalui email. Katalog dan booklet ini umumnya menampilkan produk serta layanan miliki organisasi yang berpotensi menghasilkan pendapatan.

Kiosk Marketing

Jenis pemasaran langsung yang lainnya adalah kiosk marketing. Strategi ini ternyata masih dianggap relevan dan efektif karena merupakan metode yang hemat biaya yang bisa menjangkau banyak konsumen pada tempat yang ramai. Seperti, mall, stadion, dan lainnya.

Kiosk marketing ini umumnya melibatkan penjualan produk atau penawaran layanan jasa melalui kios dan mesin.

SMS Blasting

Jenis direct marketing yang selanjutnya yaitu memanfaatkan SMS Blasting. SMS Blasting ini merupakan praktik mengirimkan satu pesan ke puluhan hingga ribuan konsumen secara bersamaan dengan satu klik saja.

Meskipun terkesan jadul dan kuno, strategi ini sejatinya masih cukup efektif hingga sekarang. SMS Blasting memiliki rate hingga 98%. Selain itu, 75% audiens menggunakan bahwa mereka senang menerima tawaran pemasaran melalui SMS.

Yuk, Wujudkan Miliki Brand Kosmetik Sendiri Bersama Mash Moshem Indonesia!

Memahami apa itu direct marketing saja tidak cukup buat kamu yang ingin mengembangkan bisnis kosmetik di tengah persaingan yang ketat ini. Pasalnya, menciptakan produk kosmetik berkualitas dengan formulasi yang aman juga menjadi langkah paling krusial sebelum mulai menerapkan direct marketing. Jadi, sebaiknya kamu bermitra dengan maklon kosmetik di Mash Moshem Indonesia.

Dengan pengalaman lebih dari satu dekade, Mash Moshem Indonesia sudah berhasil membantu 1.780+ brand dan menciptakan 6.460+ produk berstandar BPOM. Tak heran, karena kami sudah menggunakan fasilitas produksi berstandar CPKB Grade A, sehingga produk yang diciptakan sudah pasti berkualitas, bermutu, dan keamanan terjamin. 

Jadi, langsung saja hubungi kami untuk mulai konsultasi menentukan konsep, pemilihan formulasi kosmetik yang aman, hingga penyusunan strategi pemasaran yang tepat, tak terkecuali dengan direct marketing! Klik banner di bawah ini untuk memulai! 



author-avatar

About Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011