Mantap Banget! Cobain Rumus Kombinasi Kandungan Skincare Ini

kandungan skincarae

Kandungan menjadi bagian yang sangat penting dalam produk perawatan wajah, karena menjadi agen yang akan bekerja untuk merawat dan mengatasi berbagai masalah kecantikan yang dialami penggunanya.

Untuk itu, mempertimbangkan bahan-bahan yang terkandung dalam skincare menjadi hal yang wajib kamu lakukan. Sebab, bukannya tak mungkin bahwa dalam satu skincare itu ada beberapa bahan yang seharusnya tidak dikombinasikan secara bersamaan.

Tapi enggak sedikit juga kandungan-kandungan skincare tertentu yang akan digunakan bersamaan akan memberikan hasil luar biasa untuk kulit wajahmu.

Penasaran apa aja kombinasi kandungan skincare untuk kecantikan kulit yang baik dan aman untuk kamu coba? Cek berbagai daftarnya berikut ini, ya!

Hyaluronic Acid dan Vitamin C

Kombinasi kandungan skincare untuk kecantikan kulit pertama adalah hyaluronic acid dan vitamin C. Tahukah kamu kalau dua kandungan ini bisa saling mengimbangi dan membuat kondisi kulit tetap normal.

Vitamin C merupakan jenis antioksidan alami yang memiliki efek mencerahkan pada kulit, menghilangkan noda-noda hitam di wajah, dan melindunginya dari dampak buruk radiasi sinar matahari.

Sayangnya, sifat asam pada vitamin C kadang bisa membuat wajah jadi kering, mudah teriritasi, dan kering. Sehingga, dengan adanya hyaluronic acid, maka kulit dapat mendapatkan cukup hidrasi dan tidak akan mengalami dehidrasi.

Kombinasi epic dari kedua bahan ini akan bisa menangani masalah kulit kusam, menghilangkan noda hitam dan bekas jerawat, menenangkan kemerahan, hingga menyamarkan kerutan, tanpa menimbulkan risiko kulit kering maupun teriritasi.

Vitamin C dan SPF

Sinar matahari merupakan sumber utama dari berbagai masalah kecantikan yang umumnya terjadi pada kulit wajah, mulai dari munculnya kerutan, sunspot atau bintik hitam, tanda penuaan dini, hingga menyebabkan kulit kering dan teriritasi.

Untuk menangkal dampak buruk sinar matahari ini kamu bisa mengombinasikan vitamin C dan SPF, lho. Sifat antioksidan dalam vitamin C akan mendukung kerja SPF dalam melindungi kulit dari berbagai efek negative sinar UV.

Tak hanya itu, kombinasi keduanya pun mampu mencegah adanya hiperpigmentasi kulit, yang diakibatkan oleh kerusakan jaringan kulit karena sinar matahari berlebihan.

Vitamin E dan Vitamin C

Kombinasi kandungan skincare untuk kecantikan selanjutnya adalah vitamin E dan C, yang merupakan sama-sama antioksidan alami.

Kamu pasti tahu, bahwa radikal bebas bisa menimbulkan berbagai masalah pada kecantikan kulit wajah, termasuk menghambat produksi kolagen, memicu penuaan dini, bahkan pada kasus yang parah bisa menimbulkan kanker kulit.

Nah, untuk mencegahnya tentu kamu perlu menggunakan skincare dengan antioksidan yang kuat. Salah satunya dengan mengkombinasikan Vitamin E dan Vitamin C sebagai double antioxidant agent.

Vitamin E telah lama dikenal karena kemampuannya yang sangat baik untuk kulit, utamanya dalam menangkal berbagai dampak buruk yang diakibatkan stressor lingkungan.

Senyawa ini pun dapat membantu menenangkan dan menutrisi kulit, sehingga kesehatan wajah akan jauh lebih terjaga.

Saat kamu mengkombinasikan vitamin C dan E bersamaan, maka kamu bisa memiliki dua kali lipat amunisi sebagai antioksidan.

Vitamin C dengan Glycolic Acid

Selain dengan hyaluronic acid, kamu juga bisa menggabungkan perawatan vitamin C dengan glycolic acid. Terlebih kalau tujuan kamu adalah untuk mengangkat minyak berlebih dan ingin menambah kecerahan pada wajah.

Kedua bahan ini bisa dibilang adalah booster mencerahkan dan menyegarkan kulit. Penggunaannya sebagai perawatan wajah, akan membantu mengelupas sel kulit mati dari epidermis.

Sementara itu, vitamin C akan bekerja untuk mencerahkan kulit wajah dan merangsang regenerasi sel kulit. Sehingga wajah akan jadi lebih sehat, bersih, dan tampak cerah alami.

Untuk memaksimalkan dan mengimbangi kombinasi kandungan skincare untuk kecantikan ini, kamu bisa menggunakan moisturizer sebagai langkah akhir.

Karena pelembap akan membantu menenangkan kulit, baik dari sifat asam vitamin C maupun sifat eksfoliatif dari glycolic acid.

Namun untuk kamu yang memiliki kulit super sensitif, ada baiknya untuk tidak mencoba kandungan ini. Dan memakai produk dengan kandungan yang jauh lebih ramah untuk kulit, yakni yang tidak akan menimbulkan dehidrasi, maupun iritasi.

AHA dan BHA

Kamu pasti udah enggak asing lagi dengan dua kandungan ini, yang semakin popular berkat tren kecantikan ala Korea Selatan.

AHA dan BHA sangat sering digunakan dalam serum wajah atau produk skincare lain yang memberikan klaim mencerahkan serta meremajakan kulit.

Dua kandungan ini merupakan eksfoliator sel kulit mati yang sangat ampuh, sehingga dapat membuat permukaan kulit akan jauh lebih bersih.

Hal yang membuat keduanya kian pas dikombinasikan adalah sifatnya yang cukup berbeda, AHA bisa larut di air sementara BHA akan larut dalam minyak.

Keduanya bisa bekerja sama dalam memaksimalkan tampilan kamu, baik dari dalam hingga ke permukaan kulit. Karena BHA akan meresap ke dalam lapisan kulit terjauh, sedangkan AHA akan membantu mengelupas bagian luar yang bermasalah.

Sayangnya, dua kandungan ini enggak direkomendasikan digunaan bersamaan kalau kamu memiliki kulit kering dan hypersensitive. Sebab, keduanya berpotensi menimbulkan iritasi dan luka pada kulit wajah kamu.

Bahkan, bagi orang yang memiliki kulit normal hingga berminyak harus menggunakan moisturizer dengan kandungan hidrasi yang sangat baik, untuk menenangkan dan mengembalikan fungsi normal kulit.

Hyaluronic Acid dan AHA/BHA

Nah, buat kamu yang ingin mendapatkan kulit cerah dan merona dengan AHA/BHA tapi takut dengan sifatnya yang eksfoliatif, kamu bisa mengkombianasikan dua bahan itu dengan hyaluronic acid.

Ya, asam hialuronat ini dikenal ampuh membantu menghidrasi kulit dan mengunci kelembapan alaminya agar tidak mudah menghilang dari kulit.

Oleh karenanya, setelah menggunakan AHA/BHA untuk membersihkan sel kulit mati, kamu bisa menggunakan pelembap wajah dengan kandungan hyaluronic acid yang menenangkan dan melembapkan kulit secara optimal.

Alpha Arbutin dan Niacinamide

Kombinasi kandungan skincare untuk kecantikan kulit selanjutnya adalah antara alpha arbutin dan niacinamide. Kira-kira keduanya oke enggak, ya?

Sama halnya dengan vitamin C, Alpha Arbutin juga merupakan agen pencerah yang cukup popular di kalangan beauty enthusiast. Terlebih, kadungan ini memiliki sifat yang jauh lebih stabil pada kulit dan tidak sekeran vitamin C, karenanya bagi kulit sensitif alpha arbutin masih bisa digunakan.

Untuk mendukung kerja alpha arbutin, kamu bisa mengombinasikannya dengan kandungan niacinamide. Karena vitamin B3 ini bisa membantu melembapkan kulit dan mengontrol kadar minyak pada permukaan wajah.

Yang lebih menakjubkannya lagi, alpha arbutin akan bekerja menghambat produksi melanin atau senyawa pigmentasi pada kulit, sementara niacinamide akan mendorong produksi kolagen sehingga kulit baru yang lebih sehat dapat beregenerasi.

Luar biasa, bukan? Kombinasi kedua kandungan ini akan mmampu membuat kulit wajahmu jadi lebih, cerah, sehat, dan tampak memiliki kilau glowing yang menyegarkan.

Perlu diketaui bahwa ada kandungan-kandungan tertentu yang tidak boleh digunakan secara bersamaan. Sehingga akan sangat penting untukmu, memeriksa terlebh dahulu bahan-bahan yang terkandung di dalamnya agar kamu bisa memiliki kulit yang sehat.

Setelah mengetahui beberapa kombinasi skincare yang bisa kamu aplikasikan pada kulti wajahmu, apa masih mau asal-asalan dalam memakai skincare?

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment