Manfaat Hyaluronic Acid untuk Wajah dan Contoh Produknya yang Bisa Kamu Coba

manfaat hyaluronic acid untuk wajah

Pasti kamu enggak asing lagi dengan kandungan produk kosmetik yang satu ini, kan?

Tak cuma karena sering dibahas dalam artikel-artikel sebelumnya. Tapi juga karena penggunaan hyaluronic acid yang sangat umum pada sejumlah produk kecantikan.

Hyaluronic acid atau yang bisa kita sebut sebagai asam hyaluronat merupakan sebuah zat kental dan bening. Dan rupanya bisa diproduksi secara alami oleh kulit kita.

Seperti dilansir dari laman Alodokter, dikatakan bahwa hyaluronic acid ini umumnya ditemukan pada lapisan bening mata, jaringan ikat persendian, dan jaringan ikat kulit.

Lebih lanjut fungsi utama asam hyaluronat adalah menahan kandungan air dalam jaringan kulit dan memastikannya agar senantiasa terlumasi dengan baik. Sehingga kulit akan selalu terasa lembap dan kenyal.

Sayangnya, saat umur kita bertambah, produksi asam hialuronat ini juga akan semakin berkurang. Alhasil kulit tidak akan terhidrasi dengan baik seperti sebelumnya.

Kondisi ini pun dapat memicu munculnya tanda-tanda penuaan, termasuk adanya garis-garis halus, kerutan, kulit yang jadi kusam dan kering, serta masih banyak lainnya.

Namun kamu enggak perlu khawatir karena asam hialuronat telah dapat diproduksi secara sintetis. Yang seringnya digunakan dalam formulasi berbagai produk perawatan kulit wajah.

Mulai dari produk pelembap wajah, toner, essence, serum, hingga masker wajah. Yang fungsinya untuk menstabilkan kadar air dalam kulit dan menjaganya agar tidak mengalami dehidrasi.

Berbagai Manfaat Hyaluronic Acid untuk Wajah

manfaat skincare probiotik 1

Hyaluronic acid dapat dengan mudah kita temukan dalam berbagai produk perawatan kulit. Hal ini karena kandungan ini dapat memberikan manfaat yang sangat baik untuk menjaga wajah kita.

Namun apa kamu tahu manfaat-manfaat hyaluronic acid untuk wajah jika digunakan sebagai bahan dasar atau komposisi kosmetik?

Pasti kamu juga penasaran, kan? Yuk, sama-sama baca artikel ini sampai habis!

Melembapkan Kulit

manfaat skincare probiotik

Manfaat hyaluronic acid untuk wajah yang utama adalah menjaga dan mengembalikan kelembapan pada kulit kita. Penggunaan asam hyaluronat sebagai kandungan skincare akan membuat wajah tidak mudah kering dan kusam.

Dilansir dari Alodokter, dalam satu gram asam hyaluronat dapat menahan hingga enam liter air dalam jaringan kulit.

Bahkan bahan kimia sintetis satu ini dapat mengontrol kelembapan yang ada dalam sel-sel kulit, sesuai dengan  kadar yang dibutuhkan oleh tiap orang.

Bagi pemilik kulit kering dan sensitif, asam hyaluronat jadi salah satu bahan skincare yang sangat cocok dipertimbangkan untuk merawat kondisi kulit kamu.

Memperbaiki Kulit yang Terkena Dampak Buruk Paparan Sinar Matahari

paparan sinar matahari

Bagi kamu yang memiliki aktivitas di luar ruangan cukup tinggi. Paparan sinar matahari berlebihan bisa mengakibatkan berbagai masalah pada kulit, termasuk terjadinya sunburning.

Sinar matahari memang dapat berkhasiat untuk meningkatkan produksi vitamin D dalam tubuh kita. Namun, kalau terpapar dengan berlebihan malah dapat berakibat butuk pada kesehatan kulit kita.

Yakni dapat merusak jaringan kulit, mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan kulit, dan bahkan dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kanker.

Nah, kamu bisa mengatasi hal ini dengan menggunakan krim pelembap berkandungan hyaluronic acid. Karena kandungan ini dapat membantu memperbaiki kondisi kulit yang rusak akibat sunburning.

Karena saat tubuh mendeteksi kerusakan yang terjadi pada kulit, kandungan hyaluronic acid akan segera membantu memperbaikinya lewat mengendalikan reaksi peradangan.

Enggak hanya itu, senyawa ini pun mampu merangsang pembentukan pembuluh darah pada area kulit yang rusak. Sehingga proses penyembuhan akibat sunburning ini dapat pulih dengan cepat.

Membantu Memaksimalkan Proses Regenerasi Kulit

Manfaat Produk Perawatan

Seiring bertambahnya usia kita, proses regenerasi kulit juga akan lebih lambat. Hal ini jelas akan memicu berbagai permasalahan kulit lain, seperti adanya kerutan wajah, garis halus, hingga wajah yang jadi lebih kusam.

Namun kamu enggak perlu khawatir, karena hyaluronic acid bisa membantu mengatasi hal ini. Hyaluronic acid  mampu merangsang produksi kolagen di kulit jadi lebih banyak.

Alhasil proses regenerasi sel kulit baru akan jadi lebih maksimal. Kulit wajah pun akan senantiasa tampak sehat, segar, dan kencang alami.

Menjaga Elastisitas Kulit

Manfaat lainnya dari hyaluronic acid adalah kemampuannya yang dapat menjaga kesehatan dan kekenyalan kulit wajah.

Meski sebenarnya asam hyaluronat bisa diproduksi secara alami dalam tubuh, tanda-tanda penuaan serta paparan stressor lingkungan bisa mengurangi kadar kandungan ini pada kulit tubuh kita.

Hasilnya berbagai masalah kulit pun akan rentan muncul pada wajah kita. Karena ini, penggunaan hyaluronat dalam kosmetik atau skincare sangat penting untuk mencegah hal tersebut terjadi.

Enggak cuma itu, bila kulit kita terhidrasi dengan baik, maka kerutan yang bisa saja muncul bisa diminimalisir. Serta membuat kulit tampak lebih kencang, berisi dan tidak mudah keriput.

Membantu Melawan Radikal Bebas

Dari beberapa penelitian baru menyebutkan bahwa hyaluronic acid ternyata mengandung zat antioksidan. Yang mampu menjaga kulit kita dan melawan dampak buruk radikal bebas.

Radikal bebas merupakan salah satu penyebab munculnya berbagai masalah pada kulit dan kesehatan pada tubuh kita. Mulai dari munculnya masalah-masalah kulit ringan, hingga dapat memicu kanker.

Nah, penggunaan hyaluronic acid sebagai bahan kosmetik dan produk perawatan kulit lainnya ini pun akhirnya sangat direkomendasikan. Apalagi kalau kamu memiliki aktivitas harian yang sangat aktif.

Di mana mengharuskanmu untuk berada terlalu lama di bawah paparan sinar matahari, terkena polusi dan kotoran.

Menyamarkan Bekas Jerawat di Wajah

menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam

Bekas jerawat, meski enggak bikin sakit namun bagi sebagian orang dinilai cukup mengganggu penampilan mereka. Akhirnya banyak yang menggunakan riasan wajah untuk menutupi noda bekas jerawat tersebut.

Namun tindakan itu hanya akan memberikan efek sementara saja. Untuk hasil yang lebih permanen, kamu bisa menggunakan skincare dengan kandungan hyaluronic acid secara rutin.

Tentunya manfaat dan hasil yang kamu inginkan itu enggak bisa langsung kamu rasakan. Perlu beberapa waktu untuk hasilnya terlihat dengan maksimal.

Asam hialuronat mampu merangsang produksi kolagen dan membuat kulit kita tampak lebih cerah. Bekas jerawat, bintik dan flek hitam pun akan dapat memudar seiring dengan penggunaan skincare berkandungan senyawa sintetis ini.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat hyaluronic acid yang selanjutanya adalah dapat mempercepat penyembuhan luka pada kulit wajah kita.

Selain itu, senyawa ini juga bekerja dengan memberi sinyal untuk tubuh agar melancarkan aliran daran pada area yang terluka. Hal inilah yang membuat proses penyembuhan luka jadi lebih cepat.

Bahkan dengan mengoleskan produk perawatan kulit dengan kandungan hyaluronic acid pada area yang terluka, dapat mengurangi rasa nyeri yang mungkin saja muncul.

Produk Skincare dengan Kandungan Hyaluronic Acid

rangkaian skincare untuk kulit sensitif

Dengan berbagai manfaatnya itu, tidak mengherankan kita banyak menemukan hyaluronic acid dalam berbagai formula produk perawatan kecantikan.

Penggunaan hyaluronic acid ini pun dinilai ideal untuk mendukung berbagai produk kosmetik atau skincare. Terlebih untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit kita.

Oleh sebab itu, penting banget untuk kamu mencoba produk kecantikan dengan sintetik satu ini. Nah, sebagai gambaran, berikut beberapa rekomendasi skincare berkandungan hyaluronic acid.

Face Cleanser

face cleanser

Tahu enggak sih, kalau hyaluronic acid juga ditemukan dalam formula pembersih wajah atau face cleanser?

Menggunakan cleanser bertujuan untuk membersihkan wajah dari kotoran dan minyak. Hal ini terkadang juga membuat kulit wajah rentan jadi kering.

Untuk itu kini banyak ditemukan berbagai produk cleanser yang juga menggunakan hyaluronic acid. Sebab salah satu manfaat hyaluronic acid untuk wajah adalah menjadikannya lebih lembap.

Buat kamu yang memiliki kulit kering hingga sensitif, penggunaan face cleanser dengan hyaluron patut dicoba. Dengan demikian kemungkinan kondisi kulitmu berubah makin buruk bisa lebih diminimalisir.

Moisturizer atau Pelembab Wajah

pelembap wajah

Moisturizer bisa dibilang adalah skincare yang memiliki beragam fungsi. Dari waktu ke waktu, inovasi produk ini pun kian beragam dengan menambah berbagai khasiat dan mengkombinasikan bermacam-macam bahan baru.

Namun, fungsi utama moisturizer adalah untuk menjaga kelembapan pada kulit wajah. Oleh sebab itu dalam moiturizer selalu dapat ditemukan bahan-bahan humektan, termasuk hyaluronic acid.

Kemampuan hyaluronic acid yang dapat menjaga dan mengendalikan jumlah air dalam jaringan kulit ini jelas sangat mendukung fungsi moisturizer.

Jadi enggak heran ya, Guys, kalau sering banget kita menemukan hyaluronic acid dalam komposisi produk pelembab wajah.

Penggunaan pelembab wajah dengan manfaat hyaluronic acid bisa membuat wajahmu lebih terlihat sehat dan kencang. Untuk hasil yang maksimal kamu bisa menggunakan produk ini secara rutin tiap hari.

Toner

toner

Toner memiliki berbagai fungsi dan jenis, yang biasanya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan tipe kulit wajahmu.

Nah, hyaluronic acid umumnya dapat ditemukan dalam hydrating toner. Yang tujuannya untuk menghidrasi wajahmu dan menjaganya agar enggak gampang kering.

Penggunaan toner dengan kandungan hyaluronic acid sangat direkomendasikan buat kamu yang memiliki kulit kering dan sensitif. Sebab kandungan ini mampu memberikan kelembapan yang dibutuhkan oleh wajahmu.

Alhasil resiko keadaan kulit makin memburuk dan timbul iritasi juga akan semakin kecil.

Serum Wajah

serum malam

Serum wajah merupakan skincare berupa cairan yang pekat dan kaya akan kandungan bermanfaat untuk kulit.

Salah satu kandungan yang sering digunakan dalam serum wajah adalah hyaluronic acid. Hal ini dikarenakan salah satu manfaat hyaluronic acid untuk wajah adalah dengan menjaganya tetap sehat.

Yang pada dasarnya menjadi fungsi utama penggunaan serum wajah. Hyaluronic acid mengandung berbagai mineral dan vitamin yang mampu menjaga elastisitas kulit serta membuatnya lebih sehat.

Essence

essence

Bagi yang sering mengikuti tren K-Beauty pasti tahu betul produk satu ini. Essence adalah skincare berupa cairan, tidak lebih pekat dari serum namun nutrisinya enggak kalah banyak.

Essence biasanya digunakan setelah memakai toner, atau sebelum penggunaan serum wajah. Skincare ini mampu membuat kulit wajah lebih mudah menyerap kandungan dari rangkaian produk perawatan wajah lainnya.

Nah, rupanya hyaluronic acid juga bisa ditemukan dalam formula essence, lho. Dengan menggunakan essence dengan kandungan ini wajah jadi lebih lembap dan mudah menyerap manfaat dari skincare lainnya.

Yup, setelah membaca ulasan di atas, kamu jadi tahu mengapa hyaluronic acid sangat marak digunakan dalam formula produk skincare. Tentunya manfaat hyaluronic acid untuk wajah sangatlah beragam.

Dan bisa dibilang, sampai kini pun hyaluronic acid masih terus jadi salah satu zat pelembap yang populer digunakan.

Hal ini dapat diketahui dari banyaknya merk-merk kosmetik ternama, hingga yang masih baru pun menggunakan zat tersebut dalam formulasi skincare mereka.

Sesudah tahu manfaat hyaluronic acid untuk kesehatan dan kecantikan kulit, apa kamu tertarik dan makin betah pakai produk kecantikan dengan kandungan ini?

Atau bisa jadi kamu justru pingin banget, nih, bikin skincare berkandungan hyaluronic acid dengan brand sendiri? Kasih tahu kami di kolom komentar, ya!

Apakah Hyaluronic Acid Boleh Dicampur dengan AHA dan BHA?

Kamu enggak perlu khawatir, sebab hyaluronic acid akan tetap aman digunakan walau dicampur dengan AHA dan BHA.
Justru dengan adanya asam hialuronat, skincare akan lebih aman digunakan. Karena asam hialuronat mampu mengatasi dan mengurangi resiko iritasi yang mungkin disebabkan oleh AHA / BHA.

Apakah Skincare dengan Hyaluronic Acid Boleh Digunakan Oleh Ibu Hamil dan Menyusui?

Yap, kandungan skincare satu ini dinilai cukup aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui. Sebab asam hialuronat tidak akan mempengaruhi kesehatan ibu dan bayinya.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment