Bikin Nggak Nyaman? Ini Cara Mengatasi Rambut Lepek dan Berminyak

rambut mengembang

Rambut yang sehat enggak hanya membuat penampilanmu jadi kian maksimal, melainkan memberi rasa nyaman ketika menjalani aktivitas harian yang begitu padat dan mungkin mengharuskanmu bertemu dengan banyak orang.

Sayangnya, kesehatan rambut juga bisa bermasalah, salah satunya ditandai dengan kondisi yang lepek dan terlalu berminyak.

Selain menganggu penampilan dengan memberi kesan kusam, rambut yang berminyak juga sering disertai rasa gatal, ketombe, hingga bau rambut yang tengik.

Untungnya, masalah rambut berminyak ini bisa diatasi dengan mudah dan enggak terlalu parah hingga mengharuskanmu pergi ke spesialis.

Nah, kira-kira apa saja hal yang perlu kamu lakukan untuk menanganinya? Yuk, cek berbagai penyebab serta cara mengatasi rambut lepek dan berminyak di ulasan berikut ini!

Berbagai Penyebab Rambut jadi Berminyak dan Lepek

rambut mengembang

Sebelum mengetahui berbagai cara mengatasi rambut lepek dan berminyak, kamu harus tahu dulu penyebab kemunculannya.

Hal ini sangat penting agar suatu saat kamu bisa mencegah kondisi ini terjadi kembali. Jadi perawatan yang kamu gunakan sekarang enggak akan sia-sia, sehingga kesehatan rambut pun akan tetap terjaga setiap saat.

Pada dasarnya, kondisi rambut ini disebabkan oleh produksi minyak berlebih pada kulit kepala kamu. Yang akhirnya memberikan kesan terlalu lembap, berkilau, hingga tampak lepek.

Nah, apa saja hal yang bisa menyebabkan produksi sebum kulit kepala ini meningkat drastic hingga menimbulkan lepek? Cek daftarnya di bawah ini ya, Girls!

Perubahan Hormon Tubuh

Hormon pada tubuh kita memegang peranan yang sangat besar pada kondisi penampilan, misalnya pada kulit maupun rambut.

Pada rambut, hormone dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut baru, bahkan menyebabkan masalah tertentu pada kulit kepala, hingga berperan penting dalam menjaga kesehatan folikel rambut kamu, termasuk membuat kulit kepala memproduksi lebih banyak sebum.

Oleh karenanya, perempuan dan anak remaja terbilang sangat rentan mengalami masalah rambut berminyak dan lepek tersebut.

Khususnya pada perempuan, peningkatatan kadar hormone estrogen dan progesterone dalam tubuh diketahui mempengaruhi produksi kadar minyak pada kulit, termasuk pada bagian kepala kita.

Terlalu Sering Keramas

Selama ini banyak dari kita yang mengira kalau dengan keramas setiap hari atau sesering mungkin bisa membuat kondisi rambut dan kulit kepala jadi sehat. Padahal enggak juga, lho, Ladies.

Kebiasaan terlalu sering keramas ini bisa membuat rambut kamu justru lebih berminyak dan jadi mudah lepek. Kok bisa, ya?

Sebab pada saat kamu mencuci rambut, bahan yang ada pada sampo yang kamu gunakan akan merangsang kulit kepala untuk mengeluarkan lebih banyak minyak alami.

Nah, bayangkan kalau kamu terlalu sering keramas, maka kondisi ini akan terus terjadi. Akhirnya, kulit kepala pun akan terus-terusan menghasilkan minyak hingga membuat rambut kamu jadi berminyak dan lepek.

Jadi lakukan secukupnya dan sesuaikan dengan kebutuhan rambutmu saja, ya, Ladies. Jangan karena mengandalkan “perasaan” kamu jadi asal melakukan perawatan pada rambutmu.

Pengaruh dari Produk Perawatan Rambut

Penyebab rambut jadi berminyak dan lepek lainnya adalah penggunaan sampo atau produk perawatan rambut lainnya yang kurang tepat.

Hal ini karena pada dasarnya kulit kepala kita memiliki sensitifitas yang berbeda-beda pula. Ada yang mungkin tidak cocok menggunakan bahan-bahan atau kandungan tertentu, yang akhirnya berpengaruh pada produksi sebum di kulit.

Sebaiknya, pilih dan gunakan produk perawatan rambut yang cocok dengan kulit kepalamu. Usahakan untuk tidak terlalu sering bergonta-ganti, sebab hal ini pun disinyalir bisa menyebabkan kerusakan lain pada rambutmu.

Mencuci Rambut Hanya dengan Air

Ladies, kamu pasti juga tahu kalau keramas pun ada aturan mainnya. Yap! Tapi pernahkah kamu khilaf dan hanya mencuci rambut dengan menggunakan air?

Well, hal ini bisa memicu kondisi lepek dan berminyak pada kulit kepala, lho. Kok bisa?

Ya, sebab minyak dan kotoran yang ada pada kulit kepala serta batang rambut enggak bisa dihilangkan dengan air saja.Kamu perlu menggunakan sampo untuk mengangkat semua kotoran itu di kulit kepalamu.

Jangan coba-coba hanya menggunakan kondisioner saja, ya! Sebab, keramas tanpa sampo dan hanya menggantinya dengan kondisione malah akan membuat minyak di kepala kian banyak, akibat residu produk menumpuk.

Cara Mengatasi Rambut Lepek dan Berminyak

dry shampoo

Setelah mengetahui apa saja penyebab kulit kepala berminyak dan membaut rambut lepek, tentu kamu ingin cepat-cepat menyelesaikan masalah ini, bukan?

Bila rambut berminyak dan lepek ini terus dibiarkan dan tidak segera diatasi akan menyebabkan berbagai masalah lain. Seperti muncul ketombe, aroma yang tidak sedap, dan masih banyak lainnya.

Lantas, apa saja yang diperlukan untuk mengatasi rambut lepek? Yuk, cek infonya berikut ini!

Pilih Sampo dan Keramas dengan Benar

Cara mengatasi rambut lepek dan berminyak adalah dengan memilih serta menggunakan sampo yang tepat, juga mengetahui cara keramas yang benar.

Kalau kamu memiliki masalah kulit yang berminyak, pilihlah sampo yang memiliki kadar minyak alami yang rendah dan bersifat nonkomedogenik.

Selain itu, kamu pun harus memperhatikan kondisioner yang kamu gunakan. Pilih yang tidak akan terlalu menambah kelembapan pada rambut dan yang bisa menyerap ke dalam kulit kepala dengan optimal.

Oh, iya. Beberapa jurnal kesehatan pun menyebutkan bahwa kebiasaan keramas yang kurang bersih bisa menyebabkan kulit berminyak.

Pasalnya, residu dari sampo, kondisioner, maupun masker yang kamu gunakan ini akan menumpuk dan bergabung dengan minyak rambut nantinya.

Jangan lupa untuk menggunakan air bersuhu normal ketika sedang keramas. Karena jika kamu keramas dengan air hangat, hal ini malah bisa memicu kelenjar keringat untuk memproduksi lebih banyak sebum yang akhirnya membuat rambut kian lepek nantinya.

Hindari Produk Berbahan Silikon

Kian hari kian banyak pula produk perawatan kecantikan rambut yang dijual di pasaran. Mulai dari sampo, kondisioner, masker, tonik, serum, hingga minyak rambut.

Nah, produk-produk ini pun memiliki formulasi yang juga tak kalah beragam. Ada yang dibuat dengan bahan alami murni, ataupun dicampur dengan bahan-bahan aktif lain.

Yang enggak semua bahan-bahan tersebut cocok dengan kulit kepalamu, dan bisa saja mempengaruhi kadar sebum yang ada pada kulit kepala.

Misalnya kandungan silicon haruslah kamu perhatikan dan waspadai betul. Bahan aktif ini memang membantu melembutkan dan menambah kilau alami pada rambut.

Akan tetapi, jika digunakan pada orang yang bermasalah dengan rambut yang terlalu berminyak dan lepek justru akan menyebabkan penumpukan minyak. Hingga membuat kondisi lepek pada rambut kian parah.

Pakai Masker Rambut dari Bahan Alami

Tak hanya menggunakan produk-produk yang telah disebutkan di atas, kamu pun dapat melakukan perawatan rambut lepek dan berminyak dengan bahan-bahan alami.

Kamu hanya perlu menggunakannya sebagai masker rambut alami. Yang cara-cara pembuatannya bisa kamu intip di ulasan berikut.

Lidah Buaya atau Aloe Vera

Lidah buaya sebenarnya telah lama digunakan sebagai perawatan rambut perempuan Indonesia secara tradisional.

Hal yang tidak mengherandkan, sebab bahan alami ini sangat kaya akan kandungan vitamin, mineral, hingga berbagai jenis enzim yang dibutuhkan oleh kulit kepala.

Selain dapat memberikan nutrisi yang baik, gel lidah buaya pun memiliki sifat yang menyegarkan dan menenangkan. Bahan alami ini juga dikenal dapat menghidrasi kulit tanpa membuatnya jadi berminyak ataupun tampak berkilau berlebihan.

Cara Pakai Masker Rambut Aloe Vera

Siapkan satu sendok teh gel lidah buaya dan satu sendok makan perasan lemon, campurkan keduanya hingga terbentuk masker rambut yang kamu inginkan.

Setelah itu, aplikasikan pada rambut yang telah dibasahi sebelumnya dan diamkan selama lebih dari lima menit. Kemudian bilas hingga bersih, gunakan air bersuhu normal saja, ya!

Teh Hijau

Bahan alami selanjutnya yang bisa kamu gunakan sebagai masker rambut alami adalah teh hijau atau green tea. Seperti yang sudah banyak diketahui, green tea memiliki beragam nutrisi yang sangat baik untuk kulit kepala.

Salah satunya kandungan epigallocatechin gallate atau dikenal juga dengan EGCG, yang diklaim mampu mencegah kerontokan dan penipisan rambut, yakni dengan menghalangi aktivitas hormone yang jadi faktor masalah tersebut.

Tak Cuma itu, EGCG pun bisa membantu merangsang pertumbuhan folikel rambut agar lebih cepat dan jauh lebih kuat.

Kandungan vitamin E dan antioksidan dalam teh hijau pun bisa membantu melawan berbagai dampak buruk sinar matahari serta radikal bebas.

Hal inilah yang akhirnya membuat fungsi kulit kepala dan rambut menjadi normal, sehingga kesehatan rambut pun jadi kian optimal.

Cuka Apel

Tak hanya memberikan banyak dukungan untuk vitalitas kulitmu, cuka apel rupanya memiliki manfaat yang sama banyaknya untuk kesehatan dan kecantikan rambutmu.

Ini dikarenakan kandungan asam asetatnya yang cukup tinggi, sehingga disinyalir mampu mengurangi produksi sebum berlebih dan merangsang proses regenerasi yang lebih sehat.

Nah, kamu bisa menggunakan cuka apel ini sebagai tonik rambut. Namun jangan asal pakai, ya, sebab cuka apel bersifat iritatif, sehingga ikuti aturan pakainya berikut ini.

Cara Menggunakan Cuka Apel Sebagai Tonik Rambut

Larutkan dua hingga tiga sendok cuka apel dengan secangkir air penuh. Sebelumnya, cuci rambut menggunakan sampo hingga bersih, kemudian gunakan campuran ini sebagai bilasan kedua.

Namun, jangan langsung dikeringkan, tunggu selama beberapa menit dan bilas kembali rambut kamu menggunakan air bersuhu normal.

Gunakan Dry Shampoo sebagai Selingan Keramas

Salah satu cara lain untuk mengatasi rambut lepek dan berminyak adalah dengan menyelingi penggunaan sampo biasa dengan dry shampoo.

Tidak hanya bisa digunakan dengan praktis untuk kamu yang memiliki aktifitas padat. Sampo ini disinyalir mampu membantu mengeringkan minyak berlebih dan membaut rambut tampak lebih bersih.

Kamu bisa menggunakannya sebagai selingan saja, karena shampoo ini sebenarnya tidak bisa membersihkan rambut seoptimal dengan keramas biasa.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment