Bantu Cegah Jerawat, Intip Manfaat Teh Peppermint untuk Kecantikan Ini

jenis teh untuk kecantikan (4)

Meski dalam industry kosmetik tidak sepopuler teh hijau ataupun teh chamomile, manfaat teh peppermint untuk kecantikan pun sebenarnya tak kalah banyak.

Teh dengan cita rasa menyegarkan ini, telah lama dikenal akan keamampuannya di bidang kesehatan. Peppermint mampu meredakan peradangan dan gejala penyakit tertentu, seperti diare, sakit kepala, dan berbagai penyakit pencernaan lainnya.

Namun, tak sampai di sana, rupanya teh peppermint pun menyimpan banyak rahasia kecantikan untuk kulit wajah dan rambutmu.

Kandungan nutrisinya yang tinggi dan kaya, menjadi faktor bahan alami ini cocok digunakan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Nah, apakah kamu sudah tahu apa saja manfaat teh peppermint untuk kecantikan rambut dan kulit? Kalau belum, simak ulasan lengkapnya berikut ini, Ladies!

Kandungan dalam Teh Peppermint yang Baik untuk Kecantikan

Sebelum terlalu jauh membahas manfaat teh peppermint untuk kecantikan kulit dan rambut, enggak ada salahnya buatmu untuk mengetahui apa saja kandungan yang ada dalam jenis teh satu ini.

Sebab, kandungan-kandungan inilah yang kemudian akan bekerja untuk membantu mendukung dan menjaga vitalitas kulit wajahmu.

Menthol

Pada daun peppermint, menthol jadi kandungan yang paling banyak ditemukan. Senyawa satu ini bersifat antiseptik dan juga antiradang.

Keduanya, mampu membantu mengakat sisa kotoran, minyak berlebih, dan bahkan bakteri yang menempel pada epidermis.

Tak hanya itu, menthol pun diketahui mampu memberikan efek menyegarkan pada wajah, sehingga sangat cocok digunakan untuk merelaksasi kulit.

Vitamin A

Kandungan pertama yang ditemukan dalam teh peppermint adalah vitamin A. Seperti yang kamu tahu, vitamin A juga sangat populer digunakan sebagai bahan produk perawatan kecantikan.

Kandungan yang juga dikenal dengan nama retinoid ini mampu membantu melawan berbagai tanda penuaan pada kulit, seperti kerutan, garis halus, hingga bintik-bintik hitam di wajah.

Tak cuma itu, Vitamin A pun terbilang memiliki sifat antioksidan yang tinggi, sehingga mampu melindungi kulit dari radikal bebas, serta mencegah kerusakan pada sel kulit yang bisa saja menimbulkan berbagai masalah kecantikan lainnya.

Vitamin B

Kandungan lain yang ada dalam teh peppermint adalah vitamin B. Senyawa satu ini pun enggak kalah bermanfaatnya untuk kulit, jika dibandingkan dengan vitamin A.

Vitamin B sendiri memiliki banyak jenis, yang masing-masing memegang peranan yang sangat beragam untuk merawat kecantikan kulit.

Namun secara umum, vitamin B mampu memberikan perlindungan ekstra pada kulit dengan memperkuat skin barrier. Dengan demikian, berbagai dampak buruk dari sinar UV maupun radikal bebas lain, bisa dicegah dengan efektif.

Sementara itu, beberapa jenis vitamin B pun diketahui mampu menghidrasi kulit, memperbaiki jaringan yang bermasalah, bahkan mengobati masalah kulit tertentu.

Vitamin C

Selain kedua vitamin yang telah disebutkan sebelumnya, dalam peppermint pun diketahui terdapat kandungan vitamin C yang cukup tinggi.

Vitamin C, seperti yang telah umum diketahui, merupakan jenis antiokisdan alami yang cukup kuat untuk melawan radikal bebas dari tubuh. Bahkan, senyawa ini mampu mengembalikan vitalitas jaringan yang terdampak dan merangsang proses perbaikannya secara alami.

Dalam industri kecantikan, vitamin C dikenal sebagai agen anti penuaan, agen pencerah, dan antioksidan yang baik untuk kulit.

Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya produk skincare yang menggunakan vitamin C sebagai bahan dasar, maupun campuran dalam formulanya.

Kalsium

Banyak yang menyangka bahwa kalsium hanya diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Padahal, jenis mineral satu ini pun memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut.

Pada rambut, kalsium sangat berpengaruh pada kekuatannya. Sehingga dengan tercukupnya kebutuhan tubuh akan kalsium akan membantu mempertebal rambut dan mencegahnya agar tidak mudah rontok.

Sementara itu, kalsium juga sangat berguna utnuk merawat kecantikan kulit. Sebab, kandungan ini juga secara alami berada pada epidermis kulit.

Kalsium sangat berpengaruh dalam menjaga kelembapan alami kulit, mendorong proses regenerasi sel kulit baru, dan mencegah adanya dehidrasi.

Karenanya, kekurangan asupan mineral satu ini disinyalir mampu menyebabkan kulit jadi keirng, rapuh, bahkan tampak tipis.

Kalium

Selain kalsium, jenis mineral lain yang bisa kamu temukan dalam teh peppermint adalah kalium.

Jenis mineral satu ini sebenarnya telah umum dipakai dalam komposisi produk perawatan kulit wajah. Karena, kalium memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan alami pada kulit, membuatnya lebih lembut, dan bahkan menyeimbangkan pH dalam tubuh.

Selain kandungan yang telah disebutkan di atas, teh peppermint pun mengandung senyawa lain yang tak kalah baiknya untuk kulit. Misalnya, seng, zat beri, polifenol, dan masih banyak lainnya.

Berbagai Manfaat Teh Peppermint untuk Kecantikan

manfaat teh peppermint untk kecantikan

Setelah mengetahui berbagai kandungan yang ada, kamu pasti tidak sabar untuk menggunakan teh peppermint untuk merawat kecantikan kulit wajah dan rambutmu.

Namun, jangan buru-buru terlebih dahulu. Sebelum mencoba, sebaiknya kamu ketahui berbagai manfaat the peppermint untuk kecantikan berikut ini.

Cocok untuk Merawat Kulit Berminyak

mengembalikan kelembapan kulit

Menjaga kelembapan alami pada wajah memang sangtalah perlu, namun jika kulit terlalu penuh dengan minyak pun bisa menimbulkan masalah lain pada kulit.

Sebab, kulit yang terlalu banyak berminyak akan semakin mudah memerangkap kotoran dan debu pada pori kulit. Hal ini akhirnya akan menimbulkan berbagai masalah pada kesehatan kulit wajah, seperti memicu munculnya komedo maupun jerawat.

Untungnya, teh peppermint bisa membantumu merawat minyak berlebih pada kulit. Kandungan menthol yang ada daun peppermint dapat menurunkan kadar sekresi minyak yang diproduksi oleh kulit.

Tak hanya itu, pada pemakaian topical, bahan alami ini pun disinyalir mampu mengangkat minyak berlebih dari lapisan epidermis.

Mengobati Iritasi Kulit

Apakah kamu memiliki kulit yang sensitif sehingga cenderung mudah teriritasi? Kalau iya, mungkin sudah saatnya kamu mempertimbangkan untuk mengonsumsi segelas teh peppermint hangat untuk mengaatsinya.

Sebab, kandungan antiinflamasi yang ada dalam daun peppermint, diduga mampu menetralisir reaksi kulit sehingga meredakan iritasi yang kamu alami.

Tak hanya itu, sensasi dingin yang ada dalam bahan ini pun dikatan mampu mengurangi pembengkakan yang ada pada kulit.

Meski begitu, akan ada baiknya kamu memperhatikan dulu jika ingin merawat kulit sensitif atau luka iritasi yang terbuka dengan mengoleskan peppermint secara langsung.

Karena dengan cara pemakaian yang salah, bisa saja timbul masalah lain pada kulitmu.

Menyembuhkan Jerawat

wajah berjerawat

Jerawat yang membandel dan tumbuh banyak di wajah emang bikin kesal. Apalagi, dalam keadaan tertentu, terkadang jerawat juga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman seperti gatal maupun perih.

Untungnya, manfaat teh peppermint untuk kecantikan selanjutnya adalah merangsang proses penyembuhan jerawat.

Ini karena kandungan menthol dalam daun peppermint mampu mengurangi pembengkakan pada kulit, mencegah produksi sebum berlebihan, dan juga mengandung antioksidan yang tinggi.

Sehingga, selain membuatnya lekas sembuh, kemunculan jerawat kembali pun dapat dicegah dengan efektif.

Merangsang Pertumbuhan Rambut

urang aring untuk rambut (2)

Selain untuk kulit wajah, manfaat teh peppermint untuk kecantikan rambut juga ada, lho. Salah satunya untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Kerontokan rambut adalah masalah yang sangat umum terjadi. Enggak hanya pada orang tua, masalah ini bisa dialami oleh orang yang lebih muda, bahkan remaja.

Rontoknya rambut ini bisa juga disebabkan oleh berbagai hal, termasuk terlalu sering meggunakan alat styling rambut yang panas, menggunakan pewarna kimia, hingga kesalahan memakai sampo tertentu.

Nah, untuk membuat rambut kembali lebat dan mencegah kerontokan jadi lebih parah, kamu bisa menggunakan peppermint sebagai bahan hair care.

Sebab, berbagai senyawa dalam peppermint diketahui mampu melancarkan peredaran darah pada kulit kepala. Sehingga, akan mendorong atau menstimulus proses pertumbuhan rambut dengan lebih efektif.

Mencerahkan Kulit

mencerahkan kulit

Manfaat teh peppermint untuk kecantikan selanjutnya adalah mampu membantu mencerahkan kulit wajahmu. Bahkan, minuman ini pun dikatakan ampuh untuk menyamarkah bintik atau flek hitam tanda penuaan.

Khasiatnya ini tidak terlepas dari kandungan antioksidan peppermint yang sangat tinggi, sehingga mempu mendorong produksi kolagen dan membuat regenerasi sel kulit jadi kian efektif.

Tak hanya itu, daun peppermint pun dapat bekerja sebagai eksfoliator alami yang mampu mengangkat sel kulit mati pada lapisan epidermis.

Kedua kemampuan ini, akhirnya akan membuat wajahmu tampak lebih bersih, sehat, dan bercahaya.

Itu adalah berbagai manfaat peppermint untuk kecantikan kulit yang perlu kamu ketahui. Kandungan nutrisinya yang baik pun membuat bahan alami ini cocok digunakan sebagai masker wajah organic, lho.

Apakah kamu tertarik menggunakan teh peppermint sebagai bagian dari perawatan wajah harianmu? Bagikan pendapatmu di kolom komentar, ya, Guys!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment