Praktis Banget! Intip Fakta Seputar Dry Shampoo Berikut Ini

dry shampoo

Apakah kamu termasuk orang yang memiliki kesibukan harian padat, sehingga tidak memiliki cukup waktu untuk memberikan perawatan ekstra pada tubuh dan rambut kamu?

Well, kalau benar begitu, produk yang akan dibahas kali ini akan sangat cocok untuk menjawab kebutuhanmu satu itu.

Ya, bagi kamu yang cukup repot dan sibuk hingga tidak cukup waktu untuk mencuci rambut ataupun pergi ke salon kecantikan, dry shampoo bisa jadi solusi pas buatmu!

Sesuai dengan namnya, produk ini serupa dengan sampo yang membantu menyerap kotoran dan memberikan keharuman ekstra pada rambutmu. Bedanya, sampo satu ini tidak perlu dibilas, sehingga lebih menghemat waktumu dan bisa digunakan di mana saja.

Selain nilai praktisnya, produk ini pun memiliki beragam keunggulan dan kekurangannya sendiri. Nah, sebelum benar-benar mencobanya, yuk simak serba-serbi dry shampoo berikut ini!

Keunggulan Dry Shampoo Dibanding Sampo Biasa

toner daun sirih

Ketika akan memilih atau hendak mencoba produk perawatan kecantikan tertentu, kamu pasti memperhatikan keunggulan dari produk tersebut, bukan?

Langkah yang kamu lakukan ini sudah tepat, karena dengan mengetahui manfaat dan keunggulan suatu produk kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan kecantikanmu.

Begitu pula saat akan mencoba dry shampoo, ada beberapa hal yang membuat produk ini lebih unggul dibanding sampo pada umumnya. Apa saja kira-kira? Cek daftar kelebihan dry shampoo di bawah ini, ya!

Membantu Menyerap Minyak di Rambut

Sama halnya dengan jenis sampo pada umumnya, dry shampoo pun bisa membantu mengangkat minyak di rambut, bahkan tanpa perlu dibilas dengan air terlebih dahulu.

Produk ini biasanya dibuat dari berbagai kandungan yang kaya lemak, sehingga dapat membersihkan rambut dari kotoran dan minyak berlebih dengan menyerapnya.

Membuat Rambut jadi Terlihat Lebih Bervolume

Kalau beberapa shampoo bisa membuat rambutmu tampak lepek dan mengembang setelah keramas, dry shampoo justru memberikan efek sebaliknya.

Sebab, setelah kamu menggunakan produk ini, volume rambut akan tampak bertambah dan jadi lebih jatuh.

Tak perlu menunggu hingga beberapa kali pemakaian, efek ini akan muncul bahkan sesaat setelah kamu mengaplikasikan dry shampoo di rambutmu dengan merata.

Bersifat Praktis dan Memudahkan Penggunanya

Nah, keunggulan dry shampoo satu-satu inilah yang selalu digadang-gadang oleh berbagai merk yang memproduksi hair treatment produk tersebut.

Ya, karena tak perlu dibilas dan tak memakan waktu lama seperti halnya keramas, dry shampoo bersifat sangat praktis dengan memudahkan penggunanya.

Sifat praktisnya enggak Cuma berhenti pada cara pemakaian, sebab produk ini pun cenderung dikemas dalam kemasan yang cukup mudah untuk dibawa kemana-mana.

Karenanya kamu bisa menggunakan dry shampoo ini di mana saja dan kapan pun kamu membutuhkannya.

Menjaga Pewarna Rambut Tetap Stay On

Buat kamu yang suka dan sering mewarna rambut, produk satu ini bisa dibilang cocok banget untuk kamu gunakan. Sebab, penggunaan dry shampoo enggak akan membuat warna rambutmu luntur dan malah mendukungnya agar selalu stay on!

Hal ini karena ketika menggunakan dry shampoo kamu enggak perlu terlalu sering mencuci rambutmu dengan air. Akhirnya, warna rambut akan bertahan jauh lebih lama, ketimbang kamu keramas tiap hari.

Memberikan Aroma Wangi dan Menyegarkan Pada Rambut

Apakah kamu memiliki rambut yang berminyak, lepek, dan kadang menimbulkan aroma apak yang mengganggu? Wah, kayaknya kamu perlu coba dry shampoo, deh!

Sebab, selain menyerap minyak berlebih pada batang rambut, produk satu ini pun bisa memberikan aroma wangi, segar, dan bersih pada rambut kamu.

Kalau kamu memiliki aktivitas yang panjang di luar ruangan, menyebabkan rambut terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama, dan memicu munculnya minyak dan bau, maka produk ini sangat cocok kamu gunakan.

Kamu enggak perlu membilasnya, bisa segera diaplikasikan, memberikan penampilan rambut yang bervolume dan rapi, juga memberikan aroma wangi menyegarkan.

Tidak Akan Membuat Gaya Rambutmu Rusak!

Salah satu keunggulan lain dari dry shampoo adalah kemampuannya dalam mempertahankan gaya rambutmu agar selalu optimal.

Berbeda dengan ketika kamu menggunakan shampoo biasa, rambut akan jadi lebih licin dan susah untuk dibuat dengan gaya tertentu.

Nah, ketika menggunakan dry shampoo pada rambut sebelum proses penataan, akan menciptakan tekstur yang lebih kasar dan membuat styling jadi lebih mudah serta bervolume.

Kamu pun bisa menata rambutmu dalam berbagai gaya yang menarik, mulai dari kepang, sanggul, kriting, bergelombang, dan sebagainya.

Kekurangan Penggunaan Dry Shampoo

dry shampoo

Sama halnya dengan produk perawatan kecantikan lainnya, dry shampoo pun tentunya memiliki berbagai kekurangan juga.

Karenanya, kamu bisa mempertimbangkan penggunaan produk ini dengan lebih bijak. Misalnya dengan tidak terlalu sering mengaplikasikan dry shampoo dan sama sekali meninggalkan acara keramas.

Nah, kira-kira apa saja kekurangan dry shampoo yang perlu diketahui? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini, ya!

Dapat Meninggalkan Residu Pada Kulit Kepala dan Rambut

Sifatnya yang praktis dan tanpa bilas, menjadikan dry shampoo sangat digemari serta sering digunakan dalam keadaan yang mendesak.

Namun, tahukah kamu kalau mengaplikasikan dry shampoo terlalu sering juga akan dapat meninggalkan residu pada kulit kepala dan rambut kamu?

Ya, residu yang dimaksudkan adalah sisa dari dry shampoo yang tertinggal pada kulit kepala dan batang rambut. Hal ini pun bisa membuat rambutmu jadi terasa lebih kasar dan menyumbat pori-pori kulit kepala, hingga akhirnya menyebabkan peradangan atau jerawat.

Tak hanya itu, dengan menumpuknya residu ini pun kulit kepala akan rentan memproduksi ketombe. Dan bukannya rambutmu bakalan selalu sehat, malah akan semakin tampak kotor.

Berisiko Membuat Kotoran dan Bakteri Menumpuk di Kulit Kepala

Ada alasan mengapa dry shampoo tidak bisa digunakan setiap hari atau menggantikan posisi keramas dalam membersihkan rambut.

Well, tentu saja karena dry shampoo tidak bisa bekerja optimal dalam mengangkat minyak dan kotoran sebaik ketika kamu mencuci rambut dengan air serta sampo biasa.

Dry shampoo justru akan menumpuk kotoran dan minyak yang ada, jika digunakan terlalu sering dan tidak diimbangi dengan keramas yang benar.

Penggunaan yang salah inilah yang kemudian akan memicu munculnya ketombe, jamur, atau berbagai masalah lain pada kulit kepala.

Rambut Jadi Mudah Kering

Kekurangan lain dari dry shampoo yang perlu kamu perhatikan adalah sifatnya yang bisa membuat minyak alami pada kulit kepala dan rambut menghilang.

Pada orang dengan tipe rambut berminyak, hal ini pastinya cukup membantu. Namun, untuk kamu yang memiliki rambut cenderung kasar dan kering, tentunya akan membuat kondisi rambut jadi lebih buruk.

Sebab, penggunaan dry shampoo yang juga berlebihan dapat membuat rambut lebih kering. Karena produk ini dapat mencegah minyak alami menghidrasi batang ramubut, dan akhirnya membuatnya lebih kasar dan mudah rapuh.

Harga Cenderung Lebih Mahal

Bagi beberapa orang, harga produk perawatan kecantikan rambut pun bisa menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan baik. Apalagi, dengan menimbang atau menghubungkannya bersamaan keuntungan dan manfaat dari produk tersebut.

Nah, sayangnya dibandingkan dengan shampoo biasa, produk satu ini memiliki harga yang cenderung lebih mahal. Kamu bisa lihat berbagai merk dry shampoo yang dijual di pasaran, harganya terbilang jauh berbeda dengan sampo biasa, yakni lebih dari ratusan ribu rupiah.

Tips Penggunaan Dry Shampoo Sesuai Jenis Kulit Kepala dan Rambut

khasiat susu untuk kecantikan rambut dan kulit

Setelah mengetahui berbagai kekurangan dan kelebihannya, apakah kamu masih ingin menggunakan dry shampoo untuk merawat kecantikan rambutmu.

Nah, jika kamu berminat untuk menggunakannya, simak tips berikut penggunaan dry shampoo sesuai jenis kulit kepala dan rambut kamu.

Menggunakan Dry Shampoo untuk Rambut Berminyak

Telah dijelaskan sebelumnya, bahwa produk perawatan rambut ini terbilang sangat cocok digunakan untuk kamu yang memiliki rambut berminyak.

Sifatnya yang dapat menyerap dan menghalangi produksi minyak berlebih, bisa membuat rambutmu terbebas dari lepek namun tetap memberikan volume yang menggoda.

Penggunaan dry shampoo pada rambut berminyak juga sebenarnya cukup mudah dan sederhana, kamu perlu mengaplikasikan produk ini sebelum menata rambut serta ketika kamu merasa rambutmu cukup berminyak.

Gunakan saat diperlukan dan dalam keadaan mendesak saja, misalnya saat kamu berada di luar ruangan, di kantor, atau di acara-acara tertentu. Yang tidak memungkinkanmu untuk keramas atau mencuci rambut seperti biasanya.

Mengaplikasikan Dry Sampo pada Rambut Kering

Mengaplikasikan dry sampo pada rambut yang kering pastinya berbeda dengan orang yang memiliki tipe kulit kepala berminyak. Sebab, permasalahan yang dialami oleh kedua jenis rambut ini pun juga pastinya sangat berbeda jauh.

Rambut yang kering akan memiliki tekstur yang kasar, cenderung rapuh, dan bahkan tampak kusam. Artinya, kulit kepala dan rambut membutuhkan hidrasi ekstra dari dalam maupun luar tubuh.

Nah, seperti yang kamu tahu penggunaan dry shampoo justru bisa mengangkat minyak dari rambut. Untuk mencegah kondisi kering yang makin buruk, kamu bisa memilih produk yang khusus digunakan untuk rambut kering.

Pastikan gunakan dalam kadar yang tidak berlebihan dan jangan terlalu sering. Khawatirnya, kondisi rambutmu akan jadi lebih dehidrasi dan menimbulkan kerontokan.

Dry Sampo untuk Rambut Keriting

Punya rambut keriting dan bervolume memang sangat menyenangkan, namun di satu sisi terkadang merawatnya juga perlu perhatian ekstra.

Bagaimana tidak? Kalau kamu salah memilih atau menggunakan trik yang keliru, bukannya sehat dan bervolume, rambutmu bakalan awut-awutan dan terkesan tidak terawatt.

Untungnya, dry sampo juga bisa digunakan untuk merawat rambut keriting. Hanya saja proses pengaplikasiannya berbeda dengan rambut biasa.

Hal yang perlu kamu ingat adalah aplikasikan dry sampo setelah rambut disisir atau ditata. Dengan begitu, keriting alami pada rambutmu enggak akan hilang, dan malah membuat penampilannya jadi lebih segar dan menarik.

Nah, itu adalah berbagai serba-serbi mengenai dry sampo yang perlu kamu ketahui sebelum mencobanya sebagai perawatan rambutmu.

Sifatnya yang praktis dan unggul dalam beberapa hal mungkin sangat menarik perhatian kamu. Namun, penggunaan produk ini secara berlebihan pun enggak direkomendasikan, apalagi mengganti acara keramas dengan hanya memakai dry sampo.

Sebaiknya gunakan produk ini sebanyak 3 hari sekali saja, atau di sela-sela jadwal kamu keramas. Dengan demikian, kesehatan dan kecantikan rambut akan jauh lebih terawatt dan enggak mudah rusak begitu saja.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment