Mengejutkan! Ini Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan yang Perlu Kamu Tahu

manfaat buah naga untuk kecantikan (4)

Buah-buahan merupakan salah satu bahan alami yang kerap ditemukan dalam berbagai formula produk kecantikan. Ini dikarenakan buah memiliki berbagai jenis nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Salah satu buah yang juga sangat bermanfaat untuk kecantikan adalah buah naga. Ya, buah dengan warna merah segar dan mengandung banyak air ini pun kaya akan nutrisi yang baik untuk kulit.

Mulai dari mineral, vitamin, hingga senyawa antioksidan yang beragam dan dalam jumlah yang cukup tinggi.

Enggak heran, deh, kalau tahu buah satu ini kerap digunakan dalam ramuan masker wajah alami maupun formula skincare yang dijual di pasaran.

Nah, pengen tahu apa saja manfaat buah naga untuk kecantikan kulit dan nutrisi yang dikandungnya? Gampang! Ikuti ulasan berikut ini sampai habis, ya, Guys.

Kandungan dalam Buah Naga yang Baik untuk Kecantikan

manfaat buah naga untuk kecantikan (2)

Sebelum membicarakan manfaatnya untuk kecantikan, enggak lengkap rasanya kalau kamu belum tahu apa saja nutrisi yang ada dalam buah naga.

Sebab, berbagai manfaat yang akan kamu dapatkan nantinya, tentu enggak lepas dari berbagai kandungan atau nutrisi buah naga tersebut.

Tanpa lama menunggu lagi, simak berbagai kandungan dalam buah naga berikut ini!

Vitamin C

Selain kadar airnya yang tinggi, buah naga pun dikenal memiliki antioksidan yang sangat beragam. Termasuk diantaranya adalah vitamin C.

Ya, senyawa satu ini emang dikenal karena kemampuannya yang luar biasa dalam menjaga kesehatan kulit. Hingga tak jarang vitamin C digunakan sebagai bahan tunggal dan utama dalam sebuah produk kecantikan.

Senyawa yang ditemukan dalam buah naga ini diketahui mampu mencegah dan meminimalisir kerusakan kulit, yang diakibatkan oleh radikal bebas. Bahkan ia pun mampu mengembalikan vitalitas kulit dan menjadikannya kembali sehat.

Tak hanya itu, vitamin C juga dikenal sebagai agen pencerah wajah, dapat menghilangkan noda dan flek hitam, bekas jerawat, maupu  mengatasi kulit yang kusam.

Lebih hebatnya lagi, kandungan ini pun diketahui mampu merawat keremajaan kulit dan menurunkan risiko terjadinya kanker kulit, lho.

Vitamin B

Selain vitamin C, tahukah kamu kalau buah naga juga mengandung beberapa jenis vitamin B?

Ada dua jenis vitamin B yang ditemukan dalam jumlah yang lumayan besar dalam buah naga, yakni vitamin B2 dan B3. Yang keduanya memiliki berbagai manfaat menggonda untuk merawat kecantikan kulit wajah kamu.

Vitamin B2 atau yang juga dikenal dengan riboflavin, dikenal ampuh mendorong kesehatan kulit wajah kamu. Ya, vitamin ini akan membantu pembentukan kolagen  sehingga mampu melindungi struktur kulit, mengurangi gejala peradangan, hingga mempercepat proses penyembuhan luka kamu.

Tak cuma itu, mengonsumsi makanan mengandung ribovlavin dengan teratur pun mampu membantu sekresi lendir pada kulit, sehingga mencegah kulit mengalami dehidrasi, jerawat, dan masalah lainnya.

Sementara itu, vitamin B3 atau yang akrab dikenal dengan niacin, tak kalah hebatnya, dong!

Vitamin yang kerap ditemukan dalam berbagai skincare pencerah wajah ini mampu membantu melembapkan kulit, mengurangi peradangan, hingga mengembalikan kecerahan alami pada kulit.

Kalsium

Tak hanya kaya akan vitamin, kamu pun dapat menemukan kandungan mineral dalam buah naga, lho. Salah satunya adalah kalsium.

Banyak dari kita yang masih mengira bahwa kalsium tak ada hubungannya sama sekali dengan kecantikan. Padahal sebaliknya, mineral ini mampu menjaga kelembapan alami pada kulit dan memberikan hidrasi tambahan.

Karenanya, kalau tubuh kekurangan asupan kalsium, maka akan sangat berdampak pada tampilan kulit. Misalnya jadi kering, bersisik, hingga mudah teriritasi.

Antosianin

Selain vitamin C, ada lagi satu molekol antioksidan yang ditemukan dalam buah naga, yakni antosianin.

Senyawa antioksidan ini mampu melindungi kulit dari berbagai efek buruk yang disebabkan oleh stressor lingkungan. Bahkan, ia juga mampu mendorong produksi kolagen dan regenerasi sel kulit sehat.

Tak heran, dengan kandungan yang begitu banyak inilah, buah naga sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit.

Berbagai Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan Kulit

Sebelum tergoda untuk menggunakan buah naga sebagai perawatan kecantikan harian kamu, alangkah baiknya jika kamu mencari tahu berbagai manfaat buah naga untuk kecantikan kulit wajah berikut ini.

Jangan sampai terlewat, ya, Ladies!

Menghidrasi Kulit Wajah

Tahukah kamu, kalau kulit wajah yang tehidrasi dengan baik akan jauh lebih sehat daripada dalam keadaan kering bahkan dehidrasi?

Ya, ini dikarenakan, skin barrier kulit akan jauh lebih kuat saat kulit mendapatkan cukup hidrasi. Sehingga proses pelindungan kulit pun akan kian maksimal.

Tak hanya itu, kulit yang lembap pun memiliki daya serap yang lebih efektif. Sehingga kandungan dalam produk skincare apapun yang kamu lakukan akan bekerja lebih optimal.

Untungnya, buah naga memiliki manfaat untuk membantu memberikan hidrasi ekstra pada kulit wajah. Sehingga ampuh untuk mencegah kondisi kulit yang kering maupun dehidrasi.

Kemampuannya ini karena kandungan airnya yang tinggi, sehingga diyakini mampu memberikan kesegaran dan kelembapan tambahan pada kulit.

Selain itu, dua vitamin B yang ada dalam buah naga pun berperan penting dalam mengunci kelembapan alami pada wajah agar tidak mudah menghilang.

Dapat Mengobati Jerawat

Apakah kamu memiliki masalah dengan jerawat membandel yang sukar dihilangkan? Atau sudah sembuh, tapi bekasnya enggak mau pudar?

Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan buah naga, lho. Sebab, bahan alami ini mengandung senyawa antibakteri yang mampu mengobati dan meredakan jerawat.

Tak cuma itu, kandungan vitamin C-nya yang tinggi pun disinyalir ampuh mengendalikan produksi sebum di wajah. Sehingga dapat mencegah kemunculan jerawat kembali.

Sementara untuk menghilangkan bekasnya, perpaduan antara vitamin B dan C yang ada dalam buah naga mampu bersinergi untuk melawan berbagai bercak hitam di wajah.

Baik yang disebabkan oleh bekas jerawat, bekas luka, hingga bintik penuaan yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari berlebihan.

Meningkatkan Kecerahan Kulit secara Alami

Kulit yang kering dan kusam kadang bikin penampilan kurang oke. Lantas, bagi beberapa orang bahkan bisa menimbulkan rasa tidak percaya diri.

Nah, untungnya salah satu manfaat buah naga untuk kecantikan adalah membantu meningkatkan kecerahan kulit secara alami.

Kombinasi dari vitamin B3 (niacin) dan Vitamin C dalam buah naga, mampu mendorong peningkatan kecerahan kulit wajah secara optimal.

Keduanya pun diketahui sangat berperan dalam merangsang pembentukan kolagen, atau protein yang menjaga elastisitas dan keremajaan pada kulit.

Untuk mendapatkan manfaat buah naga ini, kamu bisa menggunakannya sebagai masker wajah alami di rumah atau menggunakan skincare dengan kandungan yang sama.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Sama halnya bagian lain dari tubuh, kulit pun dapat mengalami penurunan kesehatan. Penyebabnya juga beragam, mulai dari radikal bebas, paparan sinar matahari berlebihan, polusi, hingga kurangnya asupan nutrisi tertentu.

Buah naga yang memiliki berbagai kandungan baik untuk tubuh, tentunya dapat membantu menyuplai kebutuhan nutrisi harian kamu. Mulai dari mineral, vitamin, hingga molekul antioksidan tertentu.

Selain itu, jika digunakan untuk pemakaian topical, buah naga mampu mendorong fungsi kulit untuk bekerja normal. Baik dalam meningkatkan skin barrier, maupun merangsang proses regenerasi sel kulit yang sehat.

Memperlambat Penuaan Dini

Siapa yang tak kesal jika sering disalahpahami lebih tua dari pada usia yang sebenarnya? Tentu, banyak dari kita pasti tidak terima jika disebut “tampak lebih tua”.

Sayangnya, banyak sekali hal yang bisa membuat penampilan kita tampak tua. Baik karena kurangnya jam tidur, konsumsi makanan yang kurang sehat, paparan sinar matahari berlebihan, hingga stress oksidatif.

Kabar baiknya, buah naga diyakini mampu mengatasi masalah penuaan dini tersebut. Kandungan antioksidannya diketahui ampuh menghambat enzim yang merusak komponen penting pada kulit, seperti kolagen dan hyaluronic acid.

Tak hanya itu, kandungan dalam buah nag aini pun dikenal dapat menangkal paparan radikal bebas berlebihan dan meminimalisir berbagai dampak buruknya untuk kulit, termasuk penuaan dini.

Menenangkan Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Sudah bukan rahasia lagi, kalau sinar matahari menjadi penyebab utama dari berbagai masalah kulit yang umumnya terjadi. Misalnya kulit kusam dan kering, hiperpigmentasi, penuaan dini, hingga sun burning.

Sun burning merupakan suatu kondisi di mana kulit kamu melepuh atau teriritasi diakibatkan oleh panasnya sinar matahari.

Hal ini tentunya menimbulkan rasa sakit, tidak nyaman, dan perih. Untungnya, buah naga mampu membantumu menenangkan kulit  yang terbakar sinar matahari.

Kandungan air dan vitamin-nya yang tinggi diketahui dapat menenangkan, melembapkan, hingga mendinginkan kulit yang terbakar.

Sementara vitamin B yang ada di dalamnya mampu meredakan gejala peradangan, kemerahan, hingga rasa gatal yang bisa daja muncul ketika kamu berada di bawah paparan sinar matahari dalam waktu yang cukup lama.

Nah, itu adalah berbagai manfaat buah naga untuk kecantikan yang perlu kamu ketahui. Selain dengan menggunakan skincare berkandungan buah satu ini, kamu pun dapat membuat masker organic dari buah naga sendiri.

Manfaatnya pun akan sama optimalnya dalam menjaga dan melindungi wajahmu dari berbagai masalah kecantikan. Well, selamat mencoba!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment