Tak Cuma Buat Anak, Ini Deretan Manfaat Baby Oil untuk Kecantikan Kulit

baby oil untuk kecantikan kulit (2)

Kamu pasti udah enggak asing lagi dengan produk baby oil, bukan? Mengingat, produk satu ini terbilang sangat popular dan selalu digunakan dalam merawat kesehatan kulit buah hati.

Namun, tahukah kamu kalau manfaat baby oil untuk kecantikan kulit juga jika digunakan oleh orang dewasa?

Yap! Minyak yang dibuat dengan bahan dasar mineral sintetis, yakni berasal dari hasil penyulingan minyak dan digunakan untuk pembuatan produk pelembap atau skincare lainnya.

Nah, karena asalnya inilah, baby oil bisa digunakan untuk merawat kulit orang dewasa. Karakteristik mineral hampir serupa dengan minyak kelapa yang telah sering digunakan untuk melembapkan bagian tubuh yang kering.

Yang lebih menarik lagi, karena memang dibuat khusus untuk bayi, baby oil memiliki formula yang sangat ringan dan telah teruji bersifat hipoalergik.

Karenanya, bagi pemilik kulit yang sensitive sekalipun, produk ini terbilang cukup ramah dan tidak akan membuat kulit penggunanya mudah teritasi.

Nah, penasaran apa saja manfaat baby oil untuk kecantikan kulit dan rambut orang dewasa? Yuk, cek ulasan lengkapnya berikut ini, ya!

Manfaat Baby Oil untuk Kecantikan Kulit

manfaat baby oil untuk kecantikan kulit

Sebenarnya, perawatan kecantikan menggunakan minyak bukanlah hal baru lagi. Kini banyak ditemukan berbagai minyak olahan yang diambil dari ekstrak tanaman dan buah-buahan, yang dipakai dalam rangkaian perawatan kecantikan.

Namun, rupanya tak banyak orang yang tahu kalau baby oil pun bisa dimanfaatkan untuk menjaga kecantikan kulit orang dewasa, lho.

Nah, biar kamu enggak sama-sama ketinggalannya, berikut beberapa manfaat baby oil untuk kecantikan kulit yang perlu diketahui.

Membantu Membersihkan Make Up

cara membuat toner alami (1)

Manfaat baby oil untuk kecantikan yang pertama adalah mampu membantu membersihkan sisa make up, kotoran, dan minyak berlebih pada wajah.

Buat kamu yang sering menggunakan make up tiap hari, enggak ada salahnya untuk mencoba membersihkan wajah dengan minyak satu ini.

Sebab, formulasinya yang ringan dan sifatnya yang nonkomedogenik, bisa mengangkat kotoran di wajahmu tanpa menimbulkan reaksi iritasi.

Membantu Menyamarkan Kantong Mata

mata panda

Apakah kamu bermasalah dengan kantong mata yang membengkak dan tampak kehitaman? Jangan-jangan kamu sering bekerja hingga larut malam atau terlalu sering menatap layar computer.

Memang, kantong mata enggak akan memberikan rasa nyeri atau tidak nyaman lainnya. Meski begitu, hal ini pastilah memberi dampak yang sangat signifikan pada penampilanmu.

Misalnya, membuat wajah tampak lebih tua, terlihat lelah dan tidak bersemangat, dan masih banyak lainnya.

Kabar baiknya, baby oil merupakan emollient yang sangat baik dan mampu membantu mengurangi pembengkakan dan area hitam di bawah matamu.

Kandungan vitamin E yang ada dalam baby oil mampu mendorong sirkulasi darah di bawah kulit, pun membuat kulit jadi ternutrisi dan tampak cerah alami.

Menghidrasi Kulit

melembapkan kulit

Tahukah kamu, kalau kulit yang memiliki skin barrier kuat biasanya juga tampak glowing dan terhidrasi dengan baik?

Ya, ini dikarenakan lipid pelindung kulit sangat bergantung pada kelembapan alami yang ada di epidermis kulit. Kalau, kulit dalam keadaan terlalu kering, maka lipid tersebut akan semakin berkurang dan menjadikan wajah rentan teriritasi.

Manfaat baby oil untuk kecantikan selanjutnya adalah membantu memberikan kelembapan ekstra pada kulit. Bahkan, minyak bayi ini mampu merawat kulit yang kering ataupun dehidrasi, dengan mengembalikan kelembapan yang hilang pada pori-pori.

Mineral oil dan berbagai bahan dasar lainnya yang ada dalam baby oil, dapat membentuk lapisan minyak di epidermis dan memerangkap air yang ada pada jaringan kulit.

Karenanya, jika digunakan secara berkala, baby oil akan memberikan pengaruh besar pada tekstur kulit. Seperti membuatnya jadi lebih lembut dan halus daripada sebelumnya.

Membantu Meningkatkan Kecerahan Kulit

mencerahkan kulit

Kulit yang kusam dan tampak tidak bercahaya bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya karena kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk pada permukaan kulit.

Selain berpengaruh pada kecerahan kulit, penumpukan sel kulit mati ini pun disinyalir mampu menimbulkan berbagai masalah kecantikan lainnya.

Seperti munculnya komedo ataupun jerawat, penyumbatan pori-pori, hingga membuat fungsi skincare tidak optimal.

Eits, jangan gelisah dulu, ya! Sebab baby oil bisa membantumu dalam mengatasi masalah ini, Ladies.

Yap! Kemampuan minyak bayi dalam mengangkat kotoran dan sel kulit mati dari permukaan kulit sudah tidak perlu diragukan lagi hebatnya.

Kamu bisa menggunakan minyak ini sebagai pembersih make up, maupun campuran dari scrub wajah yang kamu gunakan biasanya.

Kandungan minyak alami dalam baby oil mampu membantu melunakkan sel-sel kulit mati, hingga membuatnya lebih mudah terangkat dan dibersihkan.

Hasilnya, wajah tak hanya akan jadi bersih, melainkan tampak cerah dan sehat terawat.

Membantu Mencegah Penuaan Dini

mencegah munculnya tanda-tanda penuaan

Apakah kamu menemukan kerutan dan garis halus di ujung mata dan di sudut bibirmu? Padahal kamu baru menginjak usia 20 tahunan?

Kondisi ini disebut dengan penuaan dini, yang bisa saja disebabkan karena kebiasaan hidup yang tidak sehat, serta berbagai tekanan dari stressor lingkungan.

Kabar baiknya, baby oil bisa membantu mencegah kemunculan tanda-tanda penuaan dini di kulit. Ini karena sifatnya yang melembapkan kulit dengan efektif, sehingga dapat mencegah kulit jadi kering dan keriput.

Manfaat Baby Oil untuk Kecantikan Rambut

urang aring untuk rambut (1)

Selain berguna untuk merawat kulit, manfaat baby oil untuk kecantikan rambut pun tak kalah banyaknya, lho.

Jenis minyak ini juga terbilang sangat ramah jika digunakan di kulit kepala, sebab tidak mengandung bahan yang terlalu kuat dan bersifat nonkomedogenik.

Jadi akan sangat minim menimbulkan reaksi alergi, serta tidak menggumpal dan membuat kulit kepala terlalu berminyak.

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa manfaat baby oil untuk kecantikan rambut berikut ini, ya!

Dapat Mengatasi Ketombe

Apakah kamu bermasalah dengan ketombe yang membandel dan sering menimbulkan rasa gatal teramat sangat? Mungkin, sudah waktunya kamu mencoba merawat kesehatan kulit kepala menggunakan baby oil.

Sebab, salah satu penyebab terjadinya ketombe adalah karena kondisi kulit kepala yang terlalu kering. Karenanya, baby oil dengan sifat emollient-nya mampu menjadi pelembap yang efektif untuk mengatasi penyebab ketombe yang kamu alami.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu mengoleskan secukupnya baby oil dan memijat kulit kepala dengan lembut. Dengan begitu, berbagai kotoran dan ketombe akan lebih mudah terangkat saat kamu keramas.

Menghilangkan Kutu Rambut

Selain ketombe, kutu adalah masalah yang tak kalah menggelisahkannya pada rambut dan kulit kepala. Atau malahan kutu rambutlah yang paling bikin bergidik ngeri?

Yang pasti, kamu dapat mengatasi kutu rambut ini dengan menggunakan baby oil, lho. Kandungan minyak alami dalam produk ini mampu membantu menghilangkan kutu dan telur kutu sekaligus.

Agar hasilnya efektif, kamu bisa mengkombinasikan baby oil dengan bahan kimia khusus kutu rambut, dan menggunakannya sebagai masker.

Memperkuat Akar dan Batang Rambut

Apakah rambutmu sering patah dan rontok dalam jumlah yang tidak sedikit? Sebaiknya kamu lebih aware, ya, karena hal ini bisa membuat rambutmu menipis dan mengalami kebotakan dini.

Untuk menghindarinya, kamu bisa menggunakan baby oil sebagai pre-treatment. Karena, produk stau ini akan menjaga kekuatan rambut dengan memberinya perlindungan ekstra pada akar hingga batang rambut.

Penggunaaan baby oil pun disinyalir ampuh melindungi rambut dari panasnya bahan kimia tertentu, seperti dalam pelurus maupun pewarna rambut.

Menghidrasi Rambut dengan Optimal

Sama halnya pada kulit tubuh dan wajah kamu, kelembapan memegang kunci kesehatan pada rambut juga. Sebab, rambut yang kering akan lebih mudah patah, kusut, bahkan bercabang.

Kandungan emollient yang ada dalam baby oil dapat memberikan penghalang tambahan, yang bisa mengunci kelembapan alami pada rambut agar tidak menghilang.

Tak hanya itu, baby oil pun bisa memberikan pelindungan pada rambutmu dari berbagai pengaruh buruk lingkungan, seperti asap kendaranaan maupun paparan sinar matahari berlebihan.

Juga dari alat-alat styling rambut, seperti hairdryer, catokan, pengeriting, dan lain sebagainya.

Penggunaan baby oil sesudah keramas pun bisa membantu rambut jadi tampak lebih halus, lembut, bervolume, dan memiliki kilau yang mengesankan.

Nah, itu adalah berbagai manfaat baby oil untuk kulit orang dewasa yang mungkin belum kamu ketahui. Enggak nyangka, kan, kalau rupanya produk perawatan bayi ini juga bisa digunakan untuk kulit kamu.

Lebih kerennya lagi, karena tidak mengandung bahan-bahan yang keras dan cenderung diformulasikan dengan kandungan alami, akhirnya produk ini sanga cocok untuk merawat kulit sensitif.

Enggak sabar pengen coba, kan? Jangan lupa share pengalamanmu mencoba produk baby oil ini di kolom komentar, ya!

Good luck and see you, Girls!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment