Face Oil – Skincare dari Ekstrak Bunga yang Wajib Kamu Coba

face oil

Kini sangat marak produk perawatan wajah yang diambil dari kestrak bunga, daun, dan akar dari berbagai tumbuh-tumbuhan, salah satunya adalah face oil.

Produk perawatan wajah satu ini terbilang cukup populer dan tengah digemari oleh pecinta kosmetik. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya pengguna make up yang melengkapi rutinitas perawatan wajah mereka dengan menggunakan face oil.

Face oil biasanya mengandung  senyawa anti radang, anti oksidan, hingga asam lemak esensial yang sangat baik untuk merawat kesehatan kulit wajah kamu.

Meski begitu, sebenarnya kulit kita secara alami telah memproduksi minyak dan lipid sendiri. Yang digunakan untuk mempertahankan kadar air dalam jaringan kulit dan menjaganya agar tetap terhidrasi dengan baik.

Nah, fungsi utama face oil untuk wajah adalah dengan memaksimalkan kerja minyak alami tersebut. Selain itu, manfaat face oil sendiri cukuplah beragam dan tidak cuma membantu melembapkan kulit wajah.

Sebelum benar-benar mencoba menggunakan face oil untuk perawatan wajah harianmu, kenali dulu serba-serbi lengkap produk kosmetik satu ini di ulasan berikut!

Baca sampai habis dan jangan terlewat, ya, Ladies!

Manfaat Face Oil untuk Kecantikan Kulit Wajah

Salah satu aspek yang kerap jadi pertimbangan seseorang dalam memilih atau mencoba produk perawatan wajah baru adalah manfaat atau khasiat yang dikandunganya.

Begitu pula saat kamu hendak menggunakan face oil. Produk perawatan wajah satu ini memiliki fungsi yang beragam, termasuk dipengaruhi bahan dasar tanaman yang digunakan.

Kamu bisa menyesuaikan produk face oil dengan memperhitungkan antara khasiat dan kebutuhan kulit wajahmu.

Nah, penasaran apa saja manfaat oil untuk kecantikan kulit wajah? Yuk, cek ulasan lengkapnya di bawah ini!

Membantu Melembapkan Kulit

mencerahkan wajah

Telah disinggung sebelumnya, bahwa manfaat utama face oil adalah untuk menjaga dan mengembalikan kelembapan alami pada kulit.

Untuk itulah, penggunaan face oil sangat direkomendasikan bagi kamu yang memiliki tipe kulit kering hingga mengelupas .

Kadar minyak alami yang tinggi dalaam face oil mampu memberikan kelembapan pada kulit wajah yang kering, bersisik, kasar, hingga yang mengalami iritasi atau peradangan.

Ini dikarenakan kandungan emolien oklusif yang mampu meresap ke dalam kulit dan mengurangi penguapan cairan dari lapisan terluar kulit kamu.

Hal inilah yang akhirnya membuat kelembapan alami yang ada pada kulitmu terjaga dan tidak mudah hilang.

Yang lebih hebatnya lagi, face oil diklaim dapat menghidrasi kulit jauh lebih efektif dibandingkan penggunaan krim atau losion.

Face Oil Sebagai Anti Aging

mencegah munculnya tanda penuaan

Tahukah kamu, kalau tanda-tanda penuaan di wajah bisa muncul lebih cepat? Yap, kondisi ini lebih umum dikenal dengan istilah penuaan dini.

Penyebab penuaan dini pada wajah pun sangatlah beragam, mulai dari kebiasaan hidup yang buruk, nutrisi dalam makanan yang tidak seimbang, hingga paparan radikal bebas dan sinar matahari berlebihan.

Salah satu tanda penuaan dini di kulit adalah munculnya kerutan dan garis-garis halus pada area ekspresi. Hal ini, tentunya akan berpengaruh pada penampilanmu juga, kan?

Tak perlu khawatir! Kabar gembiranya, face oil bisa bekerja sebagai agen anti aging dengan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini tersebut.

Bahkan beberapa produk face oil pun diformulasikan dengan bahan-bahan tertentu yang mengandung anti oksidan, sehingga mampu mengatasi tanda-tanda penuaan yang muncul dan menjaga keremajaan kulit wajahmu.

Memperkuat Skin Barrier

manfaat skincare probiotik

Lapisan pelindung pada kulit kita memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit. Untuk itu, sangat penting bagi kamu menggunakan produk perawatan wajah yang enggak hanya mampu menutrisi, namun juga bisa memperkuat skin barrier.

Nah, face oil yang bersifat lipofilik bisa menjadi solusi untuk kebutuhanmu ini. Sebab, produk tersebut dapat menembus lapisan kulit hingga ke bagian terdalam dan mengunci air serta kelembapan alami dalam kulit.

Selain itu, face oil sebenarnya juga secara alami bermanfaat untuk mengoptimalkan kerja minyak alami pada kulit dengan memperkuat skin barrier.

Ini adalah hal yang sangat penting untukmu, apalagi kalau kamu sering beraktivitas di luar ruangan. Sehingga kulit wajahmu akan rentan terpapar sinar matahari berlebihan dan radikal bebas yang menjadi sumber utama dari berbagai masalah kecantikan.

Membantu Mengecilkan Pori-pori

Barangkali kamu mengira bahwa menggunakan face oil bisa memperparah kondisi kulit wajah yang berminyak dan rentan berjerawat. Nah, sayangnya prakiraan ini salah banget, lho, Ladies!

Sebab, tak hanya cocok digunakan untuk semua jenis kulit, manfaat face oil untuk kecantikan lainnya adalah dengan mengecilkan pori-pori kulit.

Yap, hal ini kemudian akan membuat produksi sebum jauh lebih terkontrol. Tak hanya itu, kemunculan komedo dan jerawat pun dapat dihindari karena kemungkinan sel kulit mati terperangkap dalam lubang pori pun semakin kecil.

Meredakan Gejala Peradangan

Salah satu manfaat face oil untuk kulit yang patut kamu perhitungkan adalah kemampuannya yang dapat meredakan dan menenangkan kulit meradang.

Peradangan pada kulit wajah bisa disebabkan oleh beberapa hal, misal karena jerawat, ketidakcocokan dengan kandugan kosmetik tertentu, hingga karena terbakar sinar matahari.

Dengan menggunakan face oil kamu bisa membuat gejala peradangan yang ada jauh lebih ringan. Yakni dapat mengurangi rasa tidak nyaman, sakit, perih, hingga mengatasi bengkak ringan yang terjadi.

Ini karena dalam sebagian besar produk face oil terdapat senyawa anti inflamasi atau anti radang, yang mampu bekerja untuk menenangkan kulit kemerahan dan iritasi.

Mampu Merawat dan Mengatasi Jerawat

cara mengatasi komedo (1)

Jerawat merupakan salah satu masalah kecantikan yang sangat umum dan sering dialami oleh banyak orang. Tak hanya disebabkan oleh genetik, munculnya jerawat bisa dikarenakan adanya infeksi bakteri, paparan radikal bebas, hingga reaksi alergi kosmetik.

Penanganan jerawat ini pun tidaklah boleh sembarangan. Sebab, bukannya wajah akan jadi kembali mulus, yang ada risiko terjadi breakout pun tak kalah besarnya.

Salah satu cara yang bisa kamu coba untuk merawat dan memulihkan kulit berjerawat adalah dengan menggunakan face oil.

Kamu bisa memilih face oil dengan kandungan yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajahmu ini. Sebab, selain mencegah jerawat muncul, produk ini pun bisa meredakan peradangan yang diakibatkan oleh jerawat dan membantu kulit jadi lebih cepat pulih.

Sebagai Primer Wajah

Selain merawat kecantikan kulit kamu dari dalam, face oil juga bisa membantu membuat penampilanmu jadi kian maksimal dengan membantu menjaga riasan wajah lebih awet dan terlihat makin mulus.

Ini dikarenakan face oil rupanya juga bisa dipakai sebagai primer wajah sebelum kamu menggunakan make up.

Dengan penggunaan face oil ini, riasan akan tampak lebih halus dan flawless. Tak hanya itu, bahkan make up enggak akan mudah luntur alias selalu awet seharian.

Sebagai Make Up Remover

fungsi toner

Tak hanya mempertahankan riasan wajah biar awet, face oil juga dapat kamu gunakan sebagai pembersih make up yang ampuh, lho.

Bahkan produk satu ini bisa sama efektifnya dengan cleansing oil dalam menangkat sisa make up sekaligus kotoran serta debu yang menempel di wajahmu.

Cara Memakai Face Oil yang Aman dan Tepat

Setelah mengetahui berbagai manfaat face oil untuk kecantikan di atas, kamu pasti jadi tergoda dan tidak sabar ingin mencoba produk ini sebagai rangakaian skincare harianmu.

Well, enggak ada salahnya untuk mencoba produk perawatan wajah baru, namun yang harus diperhatikan adalah cara penggunaannya yang sesuai aturan dan benar.

Karena selain bikin efeknya makin maksimal, dengan cara penggunaan yang tepat, wajahmu pun akan jadi lebih aman dan enggak gampang iritasi.

Pengen tahu bagaimana cara memakai face oil yang aman dan tepat? Langsung simak langkah-langkahnya di bawah ini, ya, Ladies!

Pilih Face Oil Sesuai Kebutuhan dan Jenis Kulit Wajah

Telah disinggung sebelumnya bahwa jenis dan bahan face oil sangatlah beragam. Sebab, produk ini secara khusus dibuat untuk menangani masalah tertentu di wajah penggunanya.

Untuk itu, sangat penting bagimu memilih face oil yang diambil dengan bahan dasar dan khasiat yang cocok dengan kebutuhan kulitmu saat ini.

Tak perlu takut menggunakan face oil, meski memiliki tekstur yang cukup berminyak, kental, dan tampak berat, sebenarnya face terbilang sangat ramah untuk semua jenis kulit.

Face Oil untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Kamu pasti juga sudah mengetahui bahwa face oil bisa membantu mengatasi masalah kulit berminyak dan merawat kulit yang berjerawat.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa memilih face oil yang dibuat dari ekstrak kacang macadamia, jojoba, dan chamellia, yang dikenal efektif untuk mengangkat kotoran penyebab pori-pori tersumbat.

Tak hanya itu, ketiga minyak alami itu pun bisa membantu mengecilkan pori-pori dan mampu mengontrol produksi sebum yang berlebihan.

Karena sifatnya yang mudah menyerap, face oil dengan ketiga kandungan tersebut juga bersifat noncomedogenic, jadi sangat aman untuk kulit yang berminyak dan mudah berjerawat.

Face Oil untuk Kulit Kering

Kulit yang kering juga sebenarnya sama berisikonya dengan kulit berminyak. Keduanya menunjukkan bahwa kesehatan kulitmu sedang dalam kondisi tidak optimal.

Untuk melembapkan kulit dengan face oil, pilihlah produk yang dibuat dari minyak zaitun, roship oil, hingga cactus oil.

Bahan-bahan alami ini bisa membantu mempertahankan kadar air dalam jaringan kulit, juga merangsang produksi kolagen yang mengikat kelembapan alami kulit agar tidak cepat hilang.

Face Oil untuk Kulit Sensitif atau Mudah Iritasi

Memilih produk skincare untuk kulit sensitif terbilang cukup tricky, ya. Sebab, salah sedikit saja bisa menyebabkan kulit jadi teriritasi dan mudah meradang.

Begitu pula saat kamu akan memilih face oil untuk kulit sensitif yang enggak bisa sembarangan. Karena meski diklaim aman untuk semua jenis kulit, produk ini pun enggak akan 100% cocok untuk semua orang.

Untuk mengakalinya, kamu bisa menggunakan face oil yang mengandung minyak argan, minyak zaitun, hingga rosehip. Ketiga kandungan ini memiliki senyawa anti radang yang mampu memberikan sensasi menenangkan pada kulit, melembapkannya, dan meminimalisir munculnya reaksi alergi.

Face Oil Agar Kulit Glowing

Kulit yang kusam kadang bikin penampilan kita jadi enggak maksimal. Gimana enggak? Wajah jadi tampak tak bercahaya, tak terawat, bahkan kadang bikin kelihatan lebih tua.

Kamu bisa mengatasi ini dengan menggunakan face oil yang tepat. Pilih produk face oil yang dibuat dari ekstrak biji rosehip, yang kaya akan asam linoleat, vitamin A dan E. Enggak cuma melembapkan, bahan alami ini bakalan bikin kulilt wajahmu makin sehat, lembut dan tampak glowing.

Perpaduan antara minyak lavender dan evening pimrose dalam face oil bisa membuat kulitmu tampak bercahaya, membantu mengurangi flek hitam, hingga meratakan warna kulit.

Perhatikan Tekstur Face Oil yang Digunakan

Setiap produk face oil memiliki tekstur yang berbeda-beda, tentu ini berkaitan dengan kandungan dan fungsi utama pada produk tersebut.

Misalnya, pada produk yang khusus merawat kulit yang dehidrasi dan kering, akan terasa lebih berat dan kental. Berbeda dengan face oil untuk kulit berminyak, formulanya pun akan jauh lebih ringan dan mudah menyerap.

Tekstur ini sangat berpengaruh pada urutan pemakaian face oil, sebab secara umum pemakaian skincare selalu dimulai dengan produk bertekstur paling ringan ke yang paling tebal.

Perhatikan Urutan Penggunaan Face Oil

Poin satu ini masih berkaitan dengan yang sebelumnya, karena tekstur yang berbeda urutan penggunaan face oil juga bakalan berbeda pula.

Inilah yang kemudian kadang masih belum banyak dipahami oleh pengguna, dan akhirnya membuat perawatan dengan face oil jadi sia-sia.

Namun, selain memperhatikan tekstur, kamu juga harus memperhatikan kondisi wajahmu terlebih dahulu sebelum memakai menggunakan skincare satu ini.

Ketika memiliki kulit yang berminyak, kamu bisa mengaplikasikan face oil saat kulit dalam keadaan kering atau yang tidak terlalu lembap. Dengan demikian, produk ini dapat lebih mudah terserap dalam kulit dan dapat bekerja secara maksimal.

Sementara itu, jika kamu memiliki kulit yang kering, maka ada baiknya untuk menggunakan moisturizer atau produk yang bisa melembapkan kulit terlebih dahulu.

Hal ini akan memudahkan kerja face oil pada kulit wajahmu, dan menjadikannya tampak lebih lembap dan lembut.

Oh, ya! Saat mengaplikasikan rangkaian skincare tersebut jangan lupa untuk memberi jeda dan memberikan kesempatan untuk kandungan terserap sempurna dalam kulit.

Sama seperti menggunakan produk skincare lainnya, pastikan kamu melakukan tes pada kulit terdahulu sebelum menggunakan face oil sebagai rangakaian perawatan skincare.

Nah, itu adalah serba-serbi mengenai face oil yang mungkin belum kamu ketahui. Mulai dari manfaatnya untuk kulit, cara penggunaannya yang tepa, dan banyak lainnya.

Kalau kamu tertarik untuk mencoba menggunakan produk ini, kamu bisa mulai menggunakan face oil dari brand-brand lokal yang ada di pasaran. Karena face oil dari brand lokal pun sebenarnya enggak kalah berkualitasnya dengan produk dari luar negeri.

Selain beli atau menggunakan face oil dari brand kosmetik lain, kamu juga bisa membuat face oil dengan brand kosmetikmu sendiri, lho!

Yap! Bersama PT Mash Moshem Indonesia kamu bisa menciptakan produk kosmetik impianmu dengan maklon kosmetik dan skincare.

Minat enggak? Kasih tahu kami di kolom komentar, ya!

About Author

Related posts

Leave a Comment