Banyak Macamnya, Kenali Jenis Lipstick dan Cara Pakainya yang Benar Ini

kosmetik yang mengandung merkuri

Lipstik bisa dibilang merupakan salah satu produk kosmetik yang memiliki peranan penting untuk menunjang penampilanmu agar selalu tampak optimal dan mempesona.

Sebab, dengan menyapukan lipstik di bibir, wajah akan tampak lebih segar dan hidup. Hal ini kemudian bisa menambah kepercayaan diri bagi pemakaianya.

Ngomongin soal lipstik, kamu pasti juga menyadari bahwa kini produk kecantikan ini sangat banyak ragamnya. Enggak hanya dari warnanya, melainkan dari tekstur hingga hasil akhir setelah lipstik disapukan.

Namun, enggak semua jenis itu bisa cocok untuk tiap orang. Sebab, selera, tipe kulit, dan jenis bibirnya tiap individu enggak sama.

Lalu gimana sih cara memilih lipstik yang tepat dan sesuai dengan kita? Untuk tahu jawabannya, simak jenis-jenis lipstik dan rekomendasi penggunaannya di bawah ini, ya!

Jenis-jenis Lipstik dan Rekomendasi Penggunaannya

jenis lipstik (2)

Banyak orang yang beranggapan kalau lipstik itu hanya ada dua jenis, yakni matte lipstick dan glossy saja. Padahal, sesungguhnya jenis lipstik cukuplah beragam dan memiliki keunikan tersendiri.

Mau tahu apa saja jenis-jenis lisptik tersebut? Cek ulasan berikut ini, ya, Ladies!

Sheer Lipstick

Jenis lipstik yang pertama adalah sheer lipstik, yang cenderung memiliki warna transparan dan bisa memberikan kesan segar ketika diaplikasikan.

Warnanya yang transparan ini dipengaruhi oleh tekstur pigmentasi yang tidak terlalu kuat.  Sehingga jika dipulaskan, warnanya kurang bisa menutupi seuruh warna alami bibir dan hanya menambah sedikit rona.

Kelebihan sheer lipstik adalah kandungan moisturizer-nya yang tinggi, sehingga bisa menjaga kelembapan alami bibir sama seperti ketika menggunakan lip balm.

Sayangnya, penggunaan sheer lipstik ini akan kurang cocok bila kamu memiliki warna bibir yang cenderung hitam atau menggelap.

Oleh karenanya, kamu bisa memakai sheer lipstik sebagai lapisan dasar sebelum menggunakan lipstick dengan warna yang lebih pigmented.

Atau kamu bisa menemukan cara mengatasi bibir hitam di sini.

Matte Lipstick

Jenis lipstik satu ini pasti enggak asing lagi bagimu. Gimana enggak? Matte lipstik belakangan ini sangat populer dan digemari oleh para penggemar kecantikan.

Matte memberikan hasil akhir yang bebas dari kilau dan memberikan kesan tajam pada bibir. Cocok banget buat kamu yang menyukai make up dengan sexy atau elegant look.

Selain itu, lipstik matte berwarna gelap juga dapat mmebuat bibir terlihat lebih kecil. Maka, penting untukmu memilih rona yang tepat dengan formula pelembap yang cukup baik.

Sayangnya, banyak produk matte lipstick yang membuat bibir kering dan mudah mengelupas. Oleh sebab itu, sebelum menggunakannya kamu bisa membersihkan dulu bagian yang kering dan mengaplikasikan lipbalm sebelumnya.

Dengan demikian, kelembapan alami pada bibirmu tidak mudah menghilang dan bisa bertahan beberapa lama.

Glossy Lipstik

Glossy lipstik juga enggak kalah populernya dengan matte lipstik. Terlebih jenis ini merupakan pilihan paling tepat bila kamu ingin memiliki bibir yang berkilau dan penuh.

Efek kemilau yang diberikan lipstik glossy mampu memberikan kesan segar dan awet muda pada penggunanya.

Namun, terlihat basah bukan berarti jenis lisptik satu ini enggak bakal bikin bibirmu kering. Karena banyak produk glossy lipstik tidak dilengkapi dengan emollient yang baik.

Untuk mengatasinya, kamu perlu melakukan eksfoliasi bibir dengan lip scrub lalu aplikasikan lip balm sebelumnya agar tekstunya tampak lembut dan halus maksimal.

Creamy Lipstik

Creamy lipstik memiliki tekstur yang cukup nyaman di bibir, apalagi kalau kamu memiliki jenis bibir yang mudah kering.

Sebab, creamy lipstik biasanya diformulasikan dengan kandungan lilin yang tinggi, sehingga dapat membantu memberikan kelembapan pada bibir.

Jenis lipstik satu ini mampu memberikan warna yang intens disertai dengan efek dewy. Yakni hasil akhirnya memberikan kesan creamy, lembut, dan sedikit mengilap.

Ada baiknya, gunakan lip liner dengan warna senada untuk membentuk bingkai awal bibirmu sebelum menggunakan creamy lipstik. Dengan begitu, hasil akhir creamy lipstik ini akan jauh lebih rapi dan tahan lama.

Stain Lipstik

Stain lipstik merupakan jenis lipstik yang memiliki warna yang lebih tahan lama, namun sayangnya jenis ini enggak bisa full coverage.

Ini dikarenakan jenis lipstik ini mampu mendukung dan mempercantik warna alami bibir kamu. Hasil akhirnya pun terbilang dapat menempel dan tahan dalam waktu lebih lama.

Umumnya lip stain berbentuk cair, namun ada juga beberapa produk yang dihadirkan dalam bentuk pensil, spidol hingga krim.

Produk ini seringnya digunakan untuk menciptakan gradient lips atau tren just bitten lips yang kini sedang diminati.

Velvet Lipstik

Jenis lipstik satu ini bisa dibilang cukup menarik, sebab dibuat dengan perpaduan karakter lipstik matte, creamy, dan glossy.

Hasil akhirnya pun akan jadi semi matte, namun tidak akan membuat bibirmu jadi kering ataupun dehidrasi.

Satin Lipstick

Sering dibilang serupa dengan kombinasi antara matte lipstik dan sheer lipstik, jenis satin memberikan efek penuh, pigmented, namun tidak terlalu glossy.

Sayangnya, tekstur yang lembap dari satin lipstik tidak bisa menutupi warna alami bibir sepenuhnya. Warnanya hanya akan sekilas terlihat pekat, namun ketika dipulaskan warna yang muncul cenderung lebih lembut dan tipis.

Karena efeknya yang membuat bibir tampak penuh dan agak glossy, membuat satin lipstick enggak cocok untuk kamu yang memiliki bibir tebal dan lebar. Karena lipstik ini akan memberikan efek makin penuh pada bibir kamu.

Frosty Lipstick

Jenis lipstik satu ini terbilang cukup nyentrik dan enggak semua orang merasa cocok memakainya. Frosty lipstick dibuat dengan taburan shimmer yang berlimpah dan umumnya memiliki tekstur yang creamy.

Ketika dipakai, jenis lipstik ini akan memberikan nuasan keperakan dan icy look pada bibir. Mungkin inilah yang membuat banyak orang kurang cocok dengan frosty lipstik, karena hasilnya yang dianggap agak berlebihan, apalagi kalau digunakan sehari-hari.

Akhirnya, lipstik yang pernah ngetren di tahun 80-an ini semakin kehilangan peminatnya dan tak mampu bertahan hingga sekarang.

Lip Liner

Produk satu ini sebenarnya sudah disinggung-singgung sebelumnya. Yap, lip liner atau yang juga kerap disebut lip pencil ini digunakan untuk membuat sapuan lipstik di bibir lebih rapi dan tahan lama.

Apalagi kalau kamu cenderung menggunakan lipstik yang memberikan banyak kilap dan mengandung pelembap bibir yang tinggi, pastinya akan membuat sapuan lipstik cepat pudar.

Lip liner bisa mengatasi masalah itu dan membuat tampilan lipstikmu jadi lebih lama.

Tak hanya itu, jenis lipstik ini juga dikenal sebagai pembingkai bibir mampu membuat bibir terlihat lebih cantik dan memberikan kesan volume.

Tips Memakai Lipstick Agar Lebih Awet Seharian

jenis lipstik (1)

Selain mencocokkan jenis lipstik, ada beberapa tips lagi yang bisa membuat lipstik yang kamu gunakan bisa tahan seharian.

Tips yang diberikan kali ini pastinya mudah banget untuk kamu aplikasikan. Penasaran apa aja? Yuk, langsung cek ulasan di bawah ini, Ladies!

Bersihkan Bibir Terlebih Dahulu

Hal yang pertama harus kamu lakukan adalah membersihkan permukaan bibir dari kulit yang kering dan mengelupas.

Kamu bisa menggunakan lip scrub dari bahan-bahan alami, seperti dari gula, minyak zaitun, kopi, hingga madu.

Ketahui juga mengenai Liptint untuk Bibir Kering.

Membersihkan bibir penting karena akan membuat permukaannya jadi halus dan lembut. Dengan demikian akan lebih mudah juga warna lipstik menyatu dengan kulit bibir.

Memakai Pelembap Bibir atau Lip Balm

Lip balm

Selain membersihkan bibir, sebelum memakai lisptik ada baiknya kamu menggunakan lip balm atau pelembap bibir sebagai dasarnya.

Ini akan membuat bibirmu jadi lebih lembap dan enggak mudah kering meski menggunakan lipstik dengan jenis matte.

Pakai Lip Liner

Telah disinggung tadi bahwa lip liner bisa membuat lipstik lebih awet. Karena selain digunakan untuk membingkai bibir, lip liner juga bisa menjaga daya tahan lipstik dalam waktu yang lebih lama.

Selain itu, lip liner juga akan membuat bibirmu tampak lebih bervolume dan terlihat kian menarik. Gunakan lip liner dengan warna senada atau satu tingkat lebih gelap dibandingkan warna lipstik yang kamu gunakan.

Gunakan Bedak Tabur atau Foundation

Beauty hack lainnya untuk membuat lipstik bertahan lama adalah dengan menggunakan bedak tabur atau foundation.

Keduanya bisa membantu mengunci lipstik yang kamu gunakan agar bertahan lebih lama. Kamu enggak perlu menggunakannya dalam jumlah yang besar, melainkan cukup taburkan atau aplikasikan tipis di atas permukaan bibir.

Itu adalah beberapa jenis lipstik yang perlu kamu ketahui, agar kamu bisa menemukan mana yang cocok untuk jenis bibirmu dan tips penggunaannya agar hasilnya lebih tahan lama.

Nah, dari sekian jenis mana yang paling jadi favoritmu dan apa alasannya? Kasih tahu kami di kolom komentar, ya!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment