Bikin Warna Bibir Cerah dan Merah Alami, Ini Tips Memilih Liptint untuk Bibir Hitam

liptint untuk bibir hitam

Siapa sih yang enggak mau tampil maksimal di mana pun dan kapan pun? Sayangnya kadang apa yang kita inginkan ini enggak bisa kita dapatkan dengan mudah. Apalagi kalau bibir kita bewarna gelap, dan bahkan hitam.

Pasalnya, kita enggak bisa pake liptint atau kosmetik dengan warna yang kita inginkan dengan mudah. Karena bibir yang gelap dapat mempengaruhi warna lipstik dan menjadikannya tidak terlihat maksimal.

Kamu pasti berpikir apa salah banget punya warna bibir yang gelap? Well, kalau warna itu memang warna alami dan karena keturunan sih enggak masalah.

Namun yang jadi masalah, kalau ternyata warna bibir gelap itu menunjukkan kalau ternyata kita salah memakai jenis kosmetik tertentu dan akhirnya mempengaruhi kesehatan kulit bibir kita.

Untuk itu akhirnya kita harus pandai-pandai memilih produk kosmetik yang enggak hanya punya warna yang cantik, tapi juga dapat menutrisi kulit bibir. Salah satunya dengan menggunakan liptint untuk bibit hitam.

Kini banyak variasi dan inovasi liptint untuk bibir hitam. Yakni banyaknya penggunaan bahan-bahan alami yang mampu menutrisi dan mengembalikan warna kulit bibir seperti semula.

Nah, sebelum terlalu jauh membahas tentang liptint untuk bibir hitam, dan berbagai perawatan lainnya untuk mengembalikan warna bibir. Enggak ada salahnya untuk mengetahui penyebab bibir jadi hitam berikut ini.

Berbagai Hal yang Jadi Penyebab Bibir Hitam

penyebab bibir hitam

Tahu enggak sih, dengan kebiasaan yang buruk kita dapat menghilangkan warna cerah alami dari bibir kita. Mulai dari makanan yang tidak bernutrisi tinggi, kebiasaan merokok, dan lain sebagainya.

Untuk tahu lebih lanjut, bisa nih kamu baca ulasan berikut sampai habis. Yuk, cari tahu sama-sama!

Penggunaan Kosmetik atau Liptint yang Mengandung Bahan Aktif Berbahaya

Kosmetik bibir juga bisa jadi salah satu penyebab bibir jadi hitam, lho. Tapi perlu dicatat, enggak semua lipstik atau liptint seperti itu ya, Guys.

Kosmetik bibir akan berdampak buruk pada bibir kita kalau mengandung bahan kimia yang berbahaya. Misalnya adanya kandungan asam ricinoleic, sopalmityl, diglyceryl sebacate, asam lemak dipentaerythritol dan tar batu bara.

Semua bahan tersebut dapat menyebabkan alergi di bibir kita, dan lama kelamaan akan membuatnya menghitam. Enggak hanya itu, kamu juga harus memperhatikan tanggal kedaluwarsa saat membeli kosmetik bibir, karena ini juga tidak baik digunakan dan akan merusak kulit bibirmu.

Kurangnya Nutrisi

bahan-bahan masker organik

Makanan dan minuman yang kita konsumsi tidak hanya berpengaruh untuk kesehatan tubuh, melainkan juga berefek pada penampilan luar kita. Misalnya, ketika kamu kekurangan nutrisi, maka bibirmu juga mudah berubah menghitam.

Hal ini terjadi karena banyak asupan nutrisi yang seharusnya diperoleh dari makanan sehari-hari tidak tercukupi. Yang kemudian membuat vitamin dan kandungan berguna lain tidak dapat terpenuhi dengan baik.

Tidak Merawat Bibir Secara Rutin

manfaat liptint dari lidah buaya

Siapa nih yang rajin merawat kulit muka tapi lupa dengan bagian lain, khususnya bibir? Yap, bibir juga membutuhkan berbagai perawatan lho, Guys. Mulai dari menggunakan scrub bibir hingga liptint dengan ekstrak tertentu yang dapat menutrisi kulit bibir kita.

Misalnya ketika kita rajin melakukan eksfoliasi bibir untuk menghilangkan sel-sel kulit mati di bibir, maka kulit bibit akan dapat beregenerasi dengan baik.

Hiperpigmentasi

Buat kamu yang belum tahu, hiperpigmentasi adalah suatu kondisi ketika tubuh memproduski zat melanin dalam jumlah berlebihan. Melanin ini merupakan sebuah zat yang berperan dalam memberikan warna pada tubuh kita.

Singkatnya nih, ketika tubuh kita memproduksi melanin dalam jumlah yang lebih besar atau berlebihan. Dengan demikian kulit kita menjadi lebih gelap, dan hal yang sama pula dapat terjadi pada bibir kita.

Paparan Sinar UV dari Matahari

Ternyata nih, paparan sinar Ultra Violet (UV) juga berpengaruh pada kesehatan dan kecantikan bi bibir kita, lho. Dan juga jadi penyebab bibir kita berubah menjadi lebih gelap.

Kondisi tersebut rupanya merupakan mekanisme tubuh untuk melindungi kulit dari efek kerusakan sinar matahari. Yakni tubuh menghasilkan pigmen melanin guna menyerap sinar UV, dan akhirnya dapat membuat bibir kita menjadi hitam.

Kebiasaan Merokok

Enggak cuma menimbulkan risiko terhadap kesehatan tubuh kita, merokok juga dapat membuat bibir kita menjadi lebih gelap dan menghitam. Hal ini dikarenakan kandungan nikotin dan benzopyrene dalam rokok tembakau dapat mendorong produksi melanin pada kulitmu.

Nah, seperti yang dijelaskan sebelumnya, produksi melenin yang berlebihan dapat membuat warn bibirmu jadi lebih gelap.

Konsumsi Kafein Terlalu Banyak

minum kafein

Konsumsi kafein dengan jumlah yang besar juga dapat menjadi penyebab bibir hitam. Karena ketika mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandungan kafein, kamu akan mengalami dehidrasi karena sering buang air kecil.

Hal itu lah yang kemudian menyebabkan bibir jadi kering dan pecah-pecah. Hingga akhirnya mengalami perubahan warna jadi lebih gelap, bahkan menghitam.

Tips Memilih Liptint untuk Bibir Hitam

liptint

Bagi kalian yang memiliki kulit bibir gelap, sebaiknya enggak sembarangan dalam memilih liptint atau produk kosmetik bibir lainnya. Karena bisa saja dengan memilih liptint yang salah, kulit bibirmu makin kering atau bahkan menunjukkan reaksi alergi lainnya.

Nah, sebagai bahan pertimbangan ketika memilih liptint untuk bibir hitam. Kamu bisa baca tips-tips di bawah ini dan kemudian coba menerapkannya, ya!

Pilih Produk Liptint Khusus Menangani Bibir Gelap

Enggak Cuma dari warnanya, kamu juga harus memilih liptint sesuai dengan kebutuhan bibirmu. Ketika bibirmu gelap, maka sesuaikan manfaat dan kandungan yang diperlukan untuk menutrisi kembali kulit bibir.

Nah, biasanya produk khusus bibir gelap telah mencakup semua yang kamu butuhkan. Jadi dari pada asal pakai karena warnanya cantik, perhatikan juga label kegunaanya ya, Guys.

Perhatikan Kandungan Alami dalam Liptint untuk Bibir Hitam

Oleh sebab itu ketika membeli lipstik atau lipcream ada baiknya melihat kandungan alami yang dimiliki oleh produk favoritmu.

Nah berikut ini ada beberapa kandungan alami yang dapat masalah bibir hitam.

Lemon

masker wajah lemon

Lemon memiliki sifat memutihkan dan exofoliating alami. Sebuah studi tahun 2002 menunjukkan kulit buah jeruk dapat bertindak sebagai inhibitor melanin.

Tak hanya itu, asam lemon juga dapat membantu menghilangkan warna hitam dan mengembalikan warna bibir yang asli.

Minyak Zaitun

masker dari minyak zaitun

Tak hanya dapat melembutkan dan menyehatkan kulit dan rambut. Minyak zaitun juga sangat berguna untuk mencerahkan bibir.

Minyak zaitun juga dapat membantu memelihara kesehatan bibir dengan mengatasi bibir pecah-pecah dan melembabkannya.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan vitamin E yang juga dikenal sebagai tokoferol, serta antioksidan. yang mana sangat membantu menghaluskan bibir, dan membuat warna kbibir kembali cerah, dan menjaganya tetap sehat.

Aloe vera (Lidah Buaya)

aloe vera

Bahan alami lainnya yang bisa digunakan dalam liptint untuk bibir gelap adalah lidah buaya. Hal ini dikarenakan lidah buaya kaya akan vitamin, mineral dan enzim yang dapat membantu menjaga kelembaban dan mengembalikan warna cerah pada bibir.

Lidah buaya juga memiliki efek antiradang dan antimikroba yang dapat mengurangi efek infeksi dan luka pada bibir kita.

Kamu bisa baca bagaimana cara membuat liptint dari lidah buaya di sini.

Minyak Almond

Kandungan yang satu ini juga tidak kalah bermanfaatnya dengan yang telah disebutkan sebelumnya. Karena dalam minyak almond terdapat sifat emolien, yang dipercaya mampu meremajakan dan melembutkan kulit bibir kita. Sehingga lambat laun warna alami dari bibir kita akan kembali.

Selain dari kandungan-kandungan alami di atas, masih banyak bahan alami lain yang bermanfaat untuk mencerahkan bibir. Seperti air mawar, jeruk nipis, dan masih banyak lainnya.

Perhatikan Kandungan Berbahaya dalam Liptint untuk Bibir Hitam

bahan kosmetik berbahaya

Telah disinggung sebelumnya bahwa kosmetik dengan kandungan yang berbahaya dapat mempengaruhi warna bibir. Maka dari itu, kamu harus waspada memilih jenis liptint untuk bibir hitam yang akan kamu gunakan.

Kandungan berbahaya yang terdapat dalam kosmetik bibir antara lain isopalmityl diglyceryl sebacate, asam ricinoleic, asam lemak dipentaethritol, dan tar batu bara. Yang kesemuanya itu dapat menyebabkan alergi pada bibir dan membuat bibir jadi hitam.

Nah kamu telah mengetahui tentang penyebab bibir jadi gelap dan produk liptin yang cocok untuk mengatasinya. Yakni mulai dari yang mengandung bahan alami, menghindari bahan-bahan aktif tertentu hingga yang memang dikhususkan untuk menangani masalah bibir hitam.

Kalau kamu memiliki tips lain atau tahu soal bahan-bahan alami yang baik untuk bibir hitam bisa kamu bagikan di kolom komentar, ya!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Leave a Comment