Dijamin Bikin Cerah Merona, Ketahui Jenis Essential Oil Untuk Kulit Kusam Ini

Minyak esensial atau essential oil telah lama digunakan dalam berbagai produk perawatan kecantikan, salah satunya untuk mengatasi masalah kulit yang kusam.

Kondisi kulit wajah yang kusam sebenarnya sangat lumrah terjadi, apalagi kian hari pemanasan global juga kian naik.

Pengaruh cuaca yang ekstrem, paparan sinar matahari berlebihan, buruknya polusi udara bisa memberikan dampak besar pada kulit wajahmu dan membuatnya tampak lebih kusam.

Namun ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengembalikan kecerahan alami pada wajah kamu, lho. Baik dengan memperbaiki pola hidup, maupun merawat kullit dengan minyak esensial.

Sayangnya, enggak semua minyak esensial memiliki manfaat untuk membuat kulitmu bercahaya. Ada beberapa yang justru meningkatkan produksi sebum, membuat wajah terlalu kering, hingga mampu menimbulkan iritasi.

Nah, untuk mendapatkan manfaat yang kamu inginkan, berikut daftar essential oil untuk kulit kusam yang patut kamu perhitungkan.

Argan Oil

manfaat-argan-oil-untuk-kecantikan

Argan oil merupakan minyak alami yang diambil dari ekstrak biji pohon argan yang hanya tumbuh di daratan Moroko. Minyak dengan julukan emas cair ini memiliki banyak khasiat untuk mempertahankan kecantikan kulit kamu secara alami, termasuk mengembalikan kecerahannya.

Meski pada dasarnya berupa minyak, argan oil tidak akan menambah rasa lengket di wajah. Bahkan bahan ini mampu membantu mengontrol produksi sebum, lho.

Minyak argan mampu bekerja mengeksfoliasi wajah, mengangkat berbagai kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk pada epidermis. Hebatnya, tanpa membuat kulit kamu terlalu kering maupun teriritasi.

Hal inilah yang akhirnya membuat wajahmu jadi lebih bersih, sehat, dan kembali bercahaya. Kandungan vitamin E dalam argan oil pun akan membantu meningkatkan warna kulit secara bertahap.

Cara Menggunakan Argan Oil untuk Merawat Wajah

Untuk mendapatkan manfaat mencerahkan minyak argan ini, kamu bisa menggunakannya langsung sebagai face oil di malam hari.

Aplikasikan setelah kamu membersihkan wajah, yakni dengan mencuci dan menggunakan toner. Kemudian gunakan satu tetes minyak argan pada seluruh area wajah dan leher secara merata.

Pijat wajah dengan lembut agar kulit dapat menyerap minyak wajah ini dengan lebih optimal.

Geranium Oil

Geranium oil merupakan minyak alami yang didapat dari ekstraksi kelopak dan daun bunga geranium. Essential oil untuk kulit kusam satu ini memiliki segudang manfaat dan nutrisi yang baik untuk kecantikan kamu.

Minyak alami yang juga dikenal karena manfaat aromaterapinya ini, juga dapat meningkatkan penampilan kulit dengan mendorong produksi koalgen.

Seperti yang kamu tahu, kolagen inilah yang nantinya akan berperan penting dalam menjaga keremajaan kulit. Seperti membuat wajah kembali kencang dan mempertahankan rona kemudaannya.

Tak hanya itu, geranium oil pun mampu membantu mendukung regenerasi sel kulit baru. Selain itu, ia juga dapat memperbaiki sel kulit yang rusak dan mengembalikan vitalitasnya seperti sediakala.

Untungnya, minyak esensial ini cenderung ramah utnuk kulit. Sehingga sangat minim menimbulkan reaksi alergi.

Cara Menggunakan Geranium Oil untuk Kulit Kusam

Demi mendapatkan manfaat minyak geranium, kamu bisa menggunakan 1-2 tetes geranium oil ke dalam pelembap atau lotion wajah yang biasa kamu gunakan.

Setelah dua minggu pemakaian rutin, kamu akan mendapatkan wajah yang kembali kencang dan tampak cerah alami.

Lavender Oil

manfaat minyak lavender untuk kecantikan (2)

Salah satu jnei essential oil untuk kulit kusam lainnya adalah minyak lavender. Didapatkan dari ekstraksi bunga, daun, dan batang bunga lavender, yang kaya akan antioksidan, antiseptic, dan antibakteria agen.

Minyak esensial satu ini diketahui ampuh untuk menyamarkan area gelap pada kulit, seperti menghilangkan bekas jerawat dan mengurangi penampilan noda hitam penuaan.

Tak cuma itu, kandungan antioksidan dalam lavender oil mampu membantu memperbaiki vitalitas kulit yang bermasalah karena radikal bebas.

Karenanya, penggunaan minyak lavender secara teratur untuk meningkatkan penampilan kulit wajah adalah hal yang direkomendasikan untukmu. Enggak cuma cerah, wajah bakalan jadi lebih sehat terawat.

Cara Menggunakan Lavender Oil Sebagai Perawatan Wajah

Kamu bisa memanfaatkan minyak lavender ini untuk membersihkan wajah dari berbagai kotoran dan sel kulit mati.

Caranya, larutkan lavender oil dan minyak pembawa. Kemudian oleskan pada wajah, diamkan beberapa saat dan bersihkan dengan menggunakan kapas.

Rosehip Oil

minyak esensial mawar

Salah satu hal yang menyebabkan wajah jadi lebih muda terlihat kusam adalah karena kurangnya hidrasi pada kulit. Untuk mengatasinya, kamu tentu membutuhkan bahan kecantikan yang mampu mengembalikan kelembapan kulit dan menguncinya agar tidak mudah menghilang.

Yang menjadikan rosehip oil bisa kamu pertimbangkan untuk merawat kulit kusam adalah kemampuannya dalam meningkatkan pertumbuhan sel-sel kulit baru.

Akhirnya, sel-sel kulit mati pada lapisan epidermis akan terdorong dan lepas dari kulit wajahmu. Kemudian menyisakan sel kulit yang lebih sehat dan memiliki kecerahan alami yang kamu dambakan.

Nilai plus-nya lagi, minyak rosehip bisa membantu merawat keremajaan wajah dengan meningkatkan elastisitas kulit. Ini bermanfaat untuk mencegah adanya keriput, kerutan, ataupun garis halus untuk muncul terlalu dini.

Cara Memakai Rosehip Oil untuk Mencerahkan Wajah

Campurkan hydrating toner dan sedikit rosehip oil di telapak tangan. Kemudian aduk rata, lalu tepukkan ke wajah serta leher secara menyeluruh.

Castor Oil

Castor oil atau minyak jarak merupakan salah satu essential oil lain yang bisa membantumu mengembalikan warna cerah alami pada kulit.

Ya, minyak yang diambil dari biji pohon jarak ini juga dikenal sebagai sumber asam risinoleat dan asam lemak esensial lainnya. Artinya, castor oil mampu membantu meredakan kulit kering dan meratakan warna kulit kamu.

Hal ini dikarenakan castor oil mampu menghidrasi kulit, serta merawat sel-sel mati yang menjadi penyebab wajahmu tampak kusam.

Cara Menggunakan Castor Oil untuk Merawat Wajah

Larutkan minyak jarak dengan minyak pembawa terlebih dahulu, bisa minyak almond, minyak zaitu, maupun minyak kelapa.

Kemudian aplikasikan pada wajah dan lakukan pijatan lembut selama beberapa saat. Hal ini akan memabntu minyak jarak untuk terserap ke dalam lapisan kulit, sehingga proses pencerahan bekas jerawat pun bisa lebih optimal.

Rosemary Essential Oil

Dibuat dari ekstrak daun dan bunga rosemary, minyak alami satu ini dikenal ampuh untuk merawat kecantikan kulit, termasuk dalam menjadikannya tampak lebih cerah.

Ini dikarenakan rosemary essential oil mampu bekerja memperbaharui sel-sel kulit mati dengan mendorong produksi sel yang lebih sehat. Sehingga, wajah akan kembali sehat dan tampak bersinar alami.

Cara Menggunakan Rosemary Essential Oil

Penggunaan rosemary oil ini hampir serupa dengan minyak jarak. Kamu perlu mencampurkannya terlebih dahulu dengan minyak pembawa yang sudah sering kamu pakai.

Setelah itu, aplikasikan pada wajah secara menyeluruh dan lakukan pijatan lembut untuk membuka pori kulit.

Kalau sudah, kamu bisa membersihkan wajah dengan mencuci muka sampai bersih.

Moringa Essential Oil

Berbeda dengan essential oil lain yang didapat dengan cara ekstraksi, moringa oil justru dibuat dengan diperas kandungan minyaknya.

Meski memiliki proses yang berbeda, moringa essential oil tak kalah bermanfaatnya untuk membantu mencerahkan kulit wajahmu.

Justru minyak alami ini mengandung antioksidan dan antiseptic yang sangat tinggi. Sehingga enggak hanya akan membuat kulit wajahmu jadi segar, melainkan tampak cerah dan merona secara alami juga.

Karena berbagai nutrisi yang dikandungnya, minyak moringa pun diketahui merupakan antiaging yang sangat manjur dalam melawan kemunculan tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Vitamin A dan C yang ada pada minyak ini pun mampu meningkatkan produksi kolagen, sehingga elastisitas kulit jauh lebih terpelihara. Sementara vitamin E-nya mampu mengatasi berbagai gejala peradangan di kulit.

Cara Menggunakan Moringa Essential Oil yang Benar

Agar mendapatkan manfaat dari Moringa essential oil, kamu bisa meramu masker organik dari bahan alami ini.

Ya, cukup campurkan satu sendok makan madu mentah, dua sendok air mawar, dan dua tetes moringa essensial dalam wadah yang sama.

Aduk hingga merata, kemudian aplikasikan pada wajah kamu yang sudah dibersihkan sebelumnya.

Tunggu selama 15 menit sampai berbagai kandungan itu terserap sempurna, barulah bilas wajah sampai bersih.

Lemongrass Essential Oil

Selain diambil dari bunga dan kacang-kacangan, tahukah kamu kalau minyak esensial pun banyak yang diambil dari rempah-rempah tradisional? Ya, salah satunya adalah lemongrass essential oil atau minyak serai.

Lemongrass essential oil mengandung antioksidan dan antibakteri yang sangat tinggi. Sehingga akan sangat cocok untuk digunakan mencerahkan kulit wajah yang kusam.

Tak hanya itu, minyak alami ini pun diklaim mampu memberikan efek glowing pada kulit secara permanen.

Sebab, kandungan antioksidannya yang tinggi mampu memaksimalkan fungsi kulit, memberikan perlindungan ekstra dari radikal bebas, hingga memperbaiki jaringan atau sel yang bermasalah akibat paparan sinar matahari.

Karenanya, efek glowing permanen ini kemudian dipercaya bisa kamu dapatkan jika menggunakan lemongrass essential oil sebagai bagian dari perawatan kecantikan yang kamu lakukan secara rutin.

Cara Menggunakan Lemongrass Essential Oil

Kamu bisa menggunakan lemongrass essential oil dengan mengaplikasikannya pada wajah secara langsung. Tentunya dengan catatan wajah kamu harus dalam keadaan bersih.

Cukup pakai minyak serai 2-3 tetes, dan lakukan pijatan halus pada wajah. Hal ini akan membantu memberikan efek relaksasi dan membuat fungsi kulit berkerja kembali normal.

Grapeseed essential oil

manfaat minyak biji anggur untuk kecantikan

Satu lagi jenis essential oil untuk kulit kusam yang bisa kamu coba adalah grapeseed essential oil. Minyak biji anggur diketahui memiliki banyak nutrisi, sehingga akan sangat cocok bila digunakan untuk merawat wajah.

Kandungan vitamin E, D, dan C yang ada di dalamnya bahkan mampu menjaga kecantikan kulit. Vitamin E dan C mampu bekerja sebagai antioksidan alami, yang mendorong perbaikan pada sel kulti bermasalah dan mencerahkan wajah dengan efektif.

Tak hanya itu, antioksidan dalam minyak ini juga tinggi sehingga bisa membantu menghilangkan sel kulit mati.

Sementara vitamin D akan membantu menjaga kelembapan kulit, merawat elastisitasnya, dan menjaga tekstur kulit wajah agar tetap lembut dan kencang.

Di dalam minyak biji anggur pun terdapat kandungan asam lemak omega 6 dan linoleic acid yang mampu mengatasi masalah minyak wajah berlebih.

Cara Menggunakan Grapeseed Oil

Karena sifatnya yang ramah kamu bisa langsung menggunakan grapeseed oil di wajah.

Sebaiknya pakai saat malam hari, agar wajah tidak tambah berminyak dan dapat bekerja dengan optimal.

Cukup, teteskan secukupnya minyak biji anggur di tangan. Kemudian tepuk-tepukkan ke area wajah dan leher secara menyeluruh.

Nah, itu adalah berbagai jenis essential oil untuk kulit kusam yang bisa kamu coba di rumah. Meski beberapa jenis minyak di atas diklaim aman dan ramah buat kulit, enggak ada salahnya buatmu untuk melakukan uji tempel terlebih dahulu agar tahu reaksi kulit.

Bila tidak ada reaksi negative yang muncul, kamu bisa menggunakannya pada wajah sesuai intruksi yang telah diberikan sebelumnya. Selamat mencoba, Ladies!

About Author

Related posts

Leave a Comment