Kencangkan Kulit Wajah, Intip Deretan Manfaat Temulawak untuk Kecantikan Ini

manfaat temu lawak untuk kecantikan (2)

Sebagai orang Indonesia, kamu pasti udah enggak asing dengan yang namanya jamu atau minuman tradisional dari berbagai tanaman herbal. Salah satu tanaman herbal dan kerap digunakan dalam jamu adalah temulawak.

Pada dasarnya, temulawak enggak hanya dikonsumsi di Indonesia, lho. Melainkan di beberapa negara Asia lainnya juga mengonsumsi tanaman herbal satu ini.

Nah, selain memiliki banyak manfaat untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh. Rupanya temulawak pun menyimpan khasiat yang sama besarnya untuk menjaga kecantikan kulit wajahmu.

Hal ini dikarenakan temulawak mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Efek ini pun akan memberikan dampak yang sama positifnya bagi kulit wajahmu.

Penasaran apa saja kandungan dan manfaat temulawak untuk kecantikan kulit? Yuk, baca ulasan lengkap tentang tanaman ini!

Kandungan dalam Temulawak yang Baik untuk Kecantikan

manfaat temulawak untuk kecantikan

Tahukah kamu, kalau tanaman yang hampir mirip dengan kunyit ini memiliki banyak nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit?

Temulawak memiliki beberapa kandungan yang sangat luar biasa, diantaranya adalah kurkumin, protein, karbohidrat, mangan, besi, kalium, kalsium, natrium, hingga magnesium.

Kurkumin

Kandungan pertama yang terdapat dalam temulawak adalah kurkumin. Kandungan ini pun ditemukan dalam kunyit.

Kurkumin untamanya bekerja sebagai antiinflamasi dan antioksidan yang baik untuk merawat kulit. Kandungan ini bisa membantu menangani jerawat, noda hitam, hingga komedo.

Enggak heran bukan kalau temulawak dikatakan mampu mengatasi berbagai masalah kecantikan dan merawat kesehatan wajahmu.

Kalsium

Kandungan dalam temulawak lainnya adalah kalsium. Jenis mineral ini memang dikenal karena kemampuannya dalam mendorong pertumbuhan dan perkembangan gigi, tulang, serta rambut.

Tapi tahukah kamu, kalau kalsium juga sangat dibutuhkan untuk merawat kesehatan kulit? Ya, mineral ini mampu menjaga kadar air atau kelembapan alami dalam jaringan kulit, memperkuat skin barrier, dan memelihara elastisitas wajah.

Kalium

Selain kalsium, kamu pun dapat menemukan kandungan kalium dalam temulawak. Kandungan ini bisa membantu menjaga kelembapan kulit dan mengatur keseimbangan pH kulit wajah kamu.

Karenanya, kalium kerap digunakan dalam berbagai produk perawatan kecantikan. Mulai dari body lotion, body serum, krim wajah, dan masih banyak lainnya.

Berbagai Manfaat Temulawak untuk Kecantikan

manfaat temu lawak untuk kecantikan (1)

Kandungan dalam temulawak yang tinggi, membuat bahan alami ini sangat ideal digunakan untuk merawat kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Lalu apa saja manfaat temulawak untuk kecantikan kulit? Yuk, simak ulasan lengkap soal tanaman herbal satu ini lewat ulasan berikut!

Membantu Mengatasi Jerawat

Tingginya aktivitas harian yang mengharuskan berada di luar ruangan, terpapar radikal bebas dan sinar matahari. Tentunya akan membuat bakteri dan kotoran menempel di wajah, kemudian akan memicu kemunculan jerawat.

Seperti yang kamu tahu jerawat terkadang cukup susah diatasi, bahkan tidak sedikit jerawat jadi membandel dan meradang.

Nah, untungnya kamu bisa menggunakan temulawak untuk mengatasi masalah jerawat membandel pada wakjah.

Manfaat temulawak untuk kecantikan ini didapat dari kandungan kurkumin yang dimilikinya. Sifat antiinflamasi yang ada dalam bahan alami ini akan menenangkan kulit dan mengurangi peradangan yang diakibatkan jerawat.

Kandungan ini pula yang akan bekerja merangsang penyembuhan jerawat, serta mencegahnya muncul kembali.

Membuat Kulit Tampak Lebih Cerah

Manfaat temulawak untuk kecantikan kulit lainnya adalah membantu membuat kulit wajah tampak lebih cerah dan bersinar.

Kandungan nutrisi, antioksidan, dan berbagai jenis mineral yang ada dalam temulawak akan membantu meningkatkan kecerahan kulit, mengatasi masalah kulit yang kusam, bahkan menyamarkan bekas jerawat.

Menghambat Kemunculan Tanda Penuaan Dini

Selain karena faktor usia, tanda-tanda penuaan pada kulit dapat muncul karena adanya pengaruh radikal bebas. Beberapa tanda tersebut antaralain, munculnya keriput dan garis halus, kantung mata yang tampak kian terlihat, pun muncul bintik penuaan.

Untuk membantu menghambat kemunculan tanda penuaan ini kamu bisa menggunakan temulawak sebagai masker organic atau mengonsumsinya secara rutin.

Kandungan antioksidan dalam tanaman herbal ini akan membantu memperbaiki sel kulit yang bermasalah, mengembalikan elastisitas kulit, dan membuatnya tampak lebih awet muda.

Memperhalus Tekstur Wajah

Selain merawat keremajaan kulit, temulawak pun dapat membantu memperbaiki tekstur kulit wajah denagn membuatnya jadi lebih halus dan lembut.

Manfaat temulawak untuk kecantikan ini bisa kamu dapatkan dengan menggunakannya sebagai masker alami.

Bahan ini akan membantu mendorong pengelupasan sel kulit mati, melembapkan kulit, dan memberikan efek menenangkan dari kandungan antioksidan dan antiiflamasi yang dimilikinya.

Menjadi Antioksidan Alami

Tingginya polusi udara, panasnya sinar matahari dalam jangka waktu yang lama, hingga residu kosmetik di wajah bisa memperbanyak partikel radikal bebas dalam kulit.

Hal ini tentunya akan berpengaruh besar pada kesehatan sel dan jaringan kulit, yakni dapat merusak hingga menimbulkan berbagai masalah kecantikan.

Untuk itulah kamu perlu menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung bahan antioksidan yang baik dan efektif, salah satunya menggunakan temulawak.

Ya, manfaat temulawak untuk kecantikan selanjutnya adalah dapat menjadi sumber antioksidan alami. Karenanya bahan ini diklaim mampu melawan sejumlah dampak buruk radikal bebas, mengembalikan vitalitas kulit, serta memperkuat pertahanannya.

Meningkatkan Elastisitas Kulit

Selain memperbaiki tekstur, temulawak pun bisa membantu meningkatkan elastisitas kulit wajahmu. Ini artinya kulit akan jadi lebih kencang, tidak mudah kendur maupun muncul garis-garis penuaan.

Kamu mungkin mengira, di usia pertengahan dua puluh tahun hal ini bukanlah sesuatu yang perlu dipikirkan. Padahal, elastisitas kulit bisa menurun di usia tersebut dan membuat wajahmu tampak kendur dan tua.

Temulawak yang mengandung antioksidan bisa membantu mengencangkan kulit dan menunda berbagai tanda penuaan lainnya.

Ini dikarenakan kandungan antioksidan dalam temulawak dapat mendorong produksi kolagen dan meningkatkan penyembuhan sel kulit bermasalah.

Hasilnya vitalitas wajah akan meningkat, dan bukannya tak mungkin kalau wajahmu jadi kian kencang dan bebas kerut.

Menyamarkan dan Mengatasi Noda Hitam

Setelah mengatasi jerawat membandel, terkadang perjuanganmu enggak berhenti di sana karena ada bekas jerawat yang juga sama bandelnya sebab tak mau hilang.

Kabar baiknya, kamu bisa menyamarkan dan mengatasi noda hitam dengan temulawak. Lagi-lagi, kandungan antioksidan dalam bahan alami ini memegang peranan penting untuk mengembalikan kecantikan alami kulit.

Ya, antioksidan akan membantu fungsi kulit berjalan normal dan mendorong produksi kolagen. Hal ini kemudian akan membuat kulit lebih cepar memperbaiki diri serta menyamarkan berbagai noda ataupun flek hitam dari wajah.

Menghilangkan Bekas Luka

Apakah kamu memiliki dengan bekas luka di wajah? tentunya hal ini akan membuat kamu merasa kurang percaya diri.

Meski bisa ditutupi menggunakan make up, kamu pun dapat menghilangkan bekas luka secara bertahap dan permanen dengan memakai bahan-bahan alami.

Salah satu bahan alami tersebut adalah temulawak, yang mengandung kurkumin dan antioksidan. Kedua kandungan ini bisa bersifat antiinflamasi, yang artinya memebantu mengurangi peradangan kulit, mendorong proses penyembuhan luka, dan mengembalikan tampilan kulit.

Tak hanya itu, kemampuan temulawak untuk mencerahkan kulit pun bisa sama efektifnya dalam menyamarkan bekas luka di wajah.

Meningkatkan Hidrasi Kulit Wajah

Kulit yang terhidrasi dengan baik bisa bekerja lebih optimal dan normal, baik dalam menyerap kandungan-kandungan skincare maupun meningkatkan perlindungan diri dari paparan radikal bebas.

Namun, sayangnya kelembapan wajah ini bisa saja menghilang akibat paparan sinar matahari berlebihan, terlalu sering bekerja di ruangan ber-AC, dan menggunakan skincare berbahan terlalu keras.

Nah, untuk mengembalikan hidrasi kulit wajah kamu bisa menggunakan temulawak, lho. Kandungan kalsium, kalium, dan kurkumin dalam bahan alami ini akan membantu mengembalikan kelembapan kulit serta menguncinya agar tidak mudah menghilang.

Kamu bisa mendapatkan manfaat temulawak untuk kecantikan ini dengan menjadikannya sebagai masker wajah organic. Kombinasikan pula dengan bahan-bahan yang sama baiknya untuk meningkatkan hidrasi kulit, menenangkan, dan menutrisi kulit.

Membantu Memperkecil Pori-Pori Kulit

Pori-pori wajah yang terlalu besar tak jarang bisa menimbulkan berbagai masalah kecantikan pada kulit wajah kamu. Karena kondisi ini akan memicu penumpukan sel kulit mati, kotoran, dan minyak yang bisa menimbulkan jerawat maupun komedo.

Untungnya, temulawak bisa membantu mengatasi masalah ini dengan memperkecil ukuran pori-pori kulit. Kandungan ini pun dapat membantu meningkatkan kesehatan kulti dengan bekerja sebagai antioksidan dan antibakteri alami.

Nah, itu adalah berbagai jenis manfaat temulawak untuk kecantikan kulit yang perlu kamu tahu. Bahan alami ini dapat dengan mudah kamu temukan di warung-warung, pasar, atau penjul sayur di sekitar lingkunganmu.

Harganya juga cukup terjangkau, sehingga kamu bisa dengan bebas mencoba menggunakan bahan alami ini ke dalam rutinitas kecantikan harianmu.

Kalau kamu ragu untuk mengaplikasikannya pada wajah secara langsung, cobalah ramuan masker organic yang kamu buat dengan temulawak di kulit tubuh bagian lain.

Atau kamu juga bisa menjadikannya sebagai bahan untuk membuat minuman dan mengonsumsinya secara rutin. Well, kamu bisa mencoba cara apapun yang kamu inginkan dan yang dirasa nyaman untukmu!

Selamat mencoba, Ladies!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment