17 Manfaat Minyak Biji Echium Untuk Kecantikan, Bisa Bikin Awet Muda!

manfaat minyak biji echium untuk kecantikan (2)

Belakangan ini pasti kamu nggak asing dengan kandungan minyak biji echium dalam produk kecantikan. Keberadaan minyak biji echium dinilai mempunyai segudang manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut.

Minyak biji echium juga sering disebut sebagai Echium Plantagineum Seed Oil. Penduduk Eropa sering menyebutnya dengan Paterson Curse atau Purple’s Viper Bugloss Oil. Ini merupakan tumbuhan beracun yang tumbuh di daerah Eropa bagian selatan, Asia barat daya dan Afrika bagian utara.

Meskipun bunganya indah berwarna ungu cantik, ternyata tumbuhan ini adalah jenis gulma beracun. Apapun hewan ternak yang tidak sengaja memakannya akan mati. Oleh karena itu, penduduk Eropa menyebutnya sebagai tumbuhan kutukan.

Eits tunggu dulu. Meski beracun dan mematikan jika dimakan, minyak biji echium ini ternyata mempunyai segudang menfaat untuk kecantikan lho.

Minyak biji echium diekstraksi dari biji tanaman, kaya akan Alpha-linolenic Acid (ALA), Gamma-Linolenic Acid (GLA), Stearidonic Acid (SDA) hingga Omega 3. Itu datang sebagai cairan bening berwarna kuning pucat.

Kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi kecantikan kulit dan rambut. Mulai dari melembabkan, menghindrasi hingga membantu rambut untuk tumbuh lebih cepat dan tebal.

Tak heran jika kini berbagai macam produk kecantikan seperti pelembab, sabun cuci muka hingga shampoo menggunakan minyak biji echium sebagai kandungan utamanya.

Selain itu masih banyak manfaat lain yang dihasilkan oleh minyak biji echium ini. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ya. Selamat membaca.

Manfaat Minyak Biji Echium untuk Kecantikan

manfaat minyak biji echium untuk kecantikan (2)

Jika kamu keliling Eropa dan mencari produk kecantikan, pasti kamu akan sering melihat produk dengan kandungan minyak biji echium.

Bahan yang satu ini memang sangat digandrungi masyarakat karena kandungannya yang mempunyai jutaan manfaat. Apa saja? Berikut daftar manfaat dari  minyak biji echium untuk kecantikan.

Melembabkan Kulit

Manfaat minyak biji echium untuk kecantikan yang pertama adalah untuk melembabkan kulit. Kandungan omega 3 pada minyak biji echium mampu mengunci kelembapan sehingga kulit akan terlihat lebih cerah, kenyal dan ternutrisi.

Bahan yang satu ini paling banyak ditemukan pada produk kecantikan seperti mosturaizer, serum, hingga bodywash. Khasiatnya dipercaya sangat ampuh untuk mengatasi masalah kulit dan menjaga kesehatannya.

Minyak biji echium ini sangat cocok untuk kamu yang mempunyai kulit kering. Selain harus diimbangi dengan mengkonsumsi air mineral yang cukup, menggunakan minyak biji echium juga bisa mengembalikan kondisi kulitmu menjadi lebih lembab dan ternutrisi.

Tak hanya untuk kulit kering saja. Untuk kamu yang memiliki jenis kulit yang lain juga sangat diperbolehkan untuk menggunakan bahan yang satu ini.

Melindungi Kulit Dari Sinar UV

Jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan, hal wajib yang tidak boleh kamu tinggalkan adalah menggunakan sunscreen. Itu sangat berguna untuk melindungi kulitmu dari sinar ultraviolet atau UV. Sinar ultraviolet yang terpapar langsung ke kulit akan meninggalkan efek luka bakar hingga ruam.

Namun kamu nggak perlu khawatir. Sebab itu semua bisa diatasi dengan minyak biji echium. Selain untuk melembabkan, minyak yang satu ini juga sangat berguna untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

Selain melindungi, menggunakan minyak biji echium juga dapat meredam ruam atau kemerahan di kulit yang ditimbulkan oleh sinar UV. Tak heran jika berbagai produk kecantikan layaknya sunscreen atau body lotion menggunakan minyak biji echium untuk bahan utama mereka.

Mencegah Dan Mengobati Jerawat

Manfaat dari minyak biji echium untuk kecantikan yang selanjutnya adalah mencegah dan mengobati jerawat. Selain mengandung omega 3 yang tinggi, minyak biji echium juga bersifat anti bakteri. Sehingga sangat cocok untuk kamu yang saat ini sedang mengalami masalah jerawat.

Setelah jerawat yang ada di wajah atau tubuhmu sudah sembuh, kamu tetap bisa menggunakan minyak biji echium ini untuk skin care setiap hari. Sebab kandungannya yang sangat kaya akan omega 3, ALA, GLA dan SDA ini sangat cocok untuk menghilangkan bekasnya.

Bahkan juga bisa mencegah para jerawat tersebut untuk muncul kembali. Jadi sangat efektif untuk kamu para pejuang jerawat.

Menyembuhkan Luka

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, minyak biji echium ini bermanfaat untuk mencegah dan mengobati jerawat. Namun selain itu, bahan yang satu ini juga sangat berguna untuk menyembuhkan luka di kulit.

Mulai dari luka bakar, goresan ataupun bekas yang ditimbulkan oleh jerawat. Minyak biji echium mengandung anti inflamasi yang tinggi. Sehingga cocok untuk mengobati luka dan menghilangkan bekasnya.

Kamu cukup mengoleskan minyak biji echium yang sudah berbentuk produk setiap hari. Oleskan dengan rutin agar bekas dan masalah kulitmu yang lainnya bisa segera teratasi. Kulit pun bisa kembali seperti semula dan tentunya bisa membuat dirimu menjadi lebih percaya diri.

Menyembuhkan Gatal

Jika kamu punya masalah kulit gatal karena jamur, minyak biji echium bisa menjadi solusinya. Kandungan omega 3 yang tinggi dan sifat anti bakterinya sangat ampun untuk menyembuhkan luka gatal.

Selain itu jika luka gatal tersebut meninggalkan bekas seperti ruam hingga kemerahan, juga bisa diatasi oleh minyak yang satu ini.

Penggunaannya pun cukup simple. Bersihkan dulu area gatal pada kulitmu. Bisa menggunakan air dengan sabun lalu keringkan dengan tisu. Setelah itu barulah olehkan minyak biji echium pada area gatal tersebut. Lakukan selama beberapa hari secara rutin hingga bakteri yang ada pada kulitmu mati.

Jika bekas garukan jari tanganmu masih ada, oleskan minyak biji echium dengan rutin. Karena seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa selain bisa mengobati, minyak biji echium ini juga diklaim sangat ampuh menyembuhkan bekas luka.

Cegah Penuaan Dini

Manfaat minyak bijik echium ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain bisa menyembuhkan luka dan mengatasi permasalahan kulit yang lain, minyak biji echium ternyata juga bisa mencegah penuaan dini.

Kandungan omega 3 yang tiggi membuat minyak biji tumbuhan racun ini juga mempunyai sifat antioksidan. Seperti yang diketahui, antioksidan ini merupakan salah satu kandungan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Keberadaannya mampu merangsang kolagen dalam tubuh.

Seiring dengan bertumbuhnya usia, produksi kolagen dalam tubuh semakin berkurang. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk memakai produk perawatan yang mengandung antioksidan tinggi. Dengan begitu penuaan dini pun bisa dicegah atau diperlambat.

Tak perlu khawatir untuk mencarinya. Sebab saat ini sudah banyak produk-produk anti-aging yang menawarkan minyak biji echium sebagai bahan utamanya. Jadi kamu tidak perlu kesusahan lagi untuk mencarinya.

Mencegah Radikal Bebas

Untuk kamu yang setiap hari sering terpapar radikal bebas entah dari sinar matahari ataupun polusi udara, minyak biji echium sangat cocok untukmu. Lagi-lagi kandungan omega 3 yang tinggi berguna sebagai antioksidan dalam tubuh dan mampu menangkal radikal bebas.

Radikal bebas sendiri dapat memberi dampak yang sangat buruk bagi kulit. Mulai dari kulit terbakar, kusam, berminyak, jerawatan hingga mengakibatkan penuaan dini. Oleh karena itu, kehadiran omega 3 yang ada dalam minyak biji echium ini bisa merangsang pertumbuhan kolagen dalam tubuh.

Jika radikal bebas bisa ditangkal, produksi kolagen pun akan terus meningkat sehingga kulit akan selalu terlihat sehat juga ternutrisi.

Mengontrol Produksi Minyak

Memiliki kulit berminyak memang sangat menganggu. Apalagi kulit berminyak juga sangat rentan menjadi sarang tumbuhnya jerawat. Nah, di sinilah peran minyak biji echium untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Antioksidan yang tinggi dalam biji echium dapat membantu mengontrol produksi minyak berlebih.

Sehingga untuk kamu yang mempunyai masalah kulit yang satu ini, minyak biji echium bisa menjadi solusinya. Selain bisa mengontrol produksi minyak berlebih, bahan yang satu ini juga memilifi sifat antibakteri yang tinggi. Jadi bisa juga mencegara para kawanan jerawat untuk muncul di wajahmu.

Mengurangi Dan Mencegah Flek Hitam

Biasanya semakin bertambah usia, semakin terlihat pula flek-flek hitam menghiasi wajah. Tentu keadaan ini sangat menganggu penampilan. Mau ketemu klien atau orang jadi nggak percaya diri.

Nah, menggunakan minyak biji echium ini juga bisa menjadi salah satu solusimu untuk mengurangi atau bahkan mencegah munculnya flek hiitam.

Flek hitam ini muncul akibat kurangnya produksi kolagen dalam kulit. Sifat antioksidan yang tinggi dalam minyak biji echium dapat merangsang pertumbuhan kolagen dalam kulit. Sehingga flek-flek hitam akan hilang dan kamu pun akan kembali percaya diri.

Mencerahkan Kulit

Sebagian besar orang sangat mendambakankan kulit cerah. Selain bisa menambah kepercayaan diri, kulit cerah juga menjadi ukuran kulit sehat. Salah satu penyebab kulit tidak cerah adalah tumpukan radikal bebas dalam tubuh sehingga menghampat produksi kolagen dalam untuk kulit.

Kurangnya kolagen inilah yang membuat kulit terlihat kusam dan tidak cerah. Oleh karena itu, kehadiran minyak biji echium sangat diperlukan. Sebab kandungan antoksidannya yang tinggi bisa memacu kulit untuk memproduksi kolagen.

Selain menggunakan produk dengan biji echium, untuk mendapatkan kulit cerah alami kamu juga harus mengimbanginya dengan mengkonsumsi buah dan sayur. Sehingga produksi kolagen bisa lebih meningkat dengan maksimal.

Membuat Rambut Sehat Berkilau

Selain cocok untuk memecahkan segala permasalahan kulit, minyak biji echium ternyata juga mempunyai segudang manfaat untuk kecantikan rambut. Salah satunya dapat membuat rambut tampak lebih sehat dan berkilau alami.

Untuk kamu yang sering mewarnai atau styling rambut, pasti permasalahan warna hingga tingkat kekuatan rambut menjadi permasalahaan setiap hari. Mulai dari perubahan pigmentasi rambut, sering rontok, bercabang hingga kering.

Hadirnya minyak biji echium diklaim dapat menjadi solusi untuk segala permasalahan tersebut. Caranya pun cukup sederhana. Kamu cukup rajin menggunakan shampoo, conditioner atau produk perawatan rambut lainnya yang mengandung minyak biji echium.

Lagi dan lagi, kandungan omega 3 dalam tumbuhan inilah yang menjadi kunci manfaar dari kecantikan rambut ini. Kamu cukup menggunakannya secara rutin dan konsisten.

Mengurangi dan Mencegah Rambut Rontok

Sebagian besar orang pasti mengalami masalah yang satu ini. Apalagi kalau bukan rambut rontok. Rasanya setiap kali menyisir, puluhan rambut ikut terangkat dari kulit kepala.

Penyebab kondisi yang satu ini pun sangat beragam. Mulai dari stress yang berlebiham, ketidakcocokan produk perawatan hingga seringnya styling sehingga rambut menjadi kering dan tidak ternutrisi. Alhasil rambut pun akan semakin mudah rontok.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengkonsumsi atau menggunakan produk dengan kandungan omega 3. Kandungan tersebut banyak terdapat pada minyak biji echium. Kandungan omega 3 bisa memberikan antioksidan tinggi untuk menangkal radikal bebas penyebab rambut rontok.

Merangsang pertumbuhan Rambut

Selain bisa menyehatkan dan mengkilaukan rambut, manfaat minyak biji echium untuk kecantikan selanjutnya adalah merangsang pertumbuhan rambut. Memang gen berpengaruh pada subur dan tebalnya volume rambut. Namun buat kamu yang punya rambut tipis, tidak perlu khawatir.

Kamu bisa menebakannya dengan menggunakan produk perawatan dari bahan minyak biji echium. Nutrisi antioksidan yang terkandung di dalamnya akan sangat membantu merangsang pertumbuhan rambut.

Hal ini juga berlaku untuk kamu yang memiliki permasalahan rambut rontok. Jika kamu ingin menumbuhkannya kembali. Penggunaan produk dengan bahan yang satu ini tetap bisa menjadi solusi utama.

Mengenyalkan Kulit

Manfaat minyak biji echium untuk kecantikan selanjutnya adalah untuk mengenyalkan kulit. Lagi-lagi radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab kulit kering dan tidak kenyal. Kulit yang kering akan cenderung menemui berbagai masalah. Salah satunya adalah mempercepat penuaan dini.

Oleh karena itu kamu butuh produk kecantikan yang mengandung antioksidan yang tinggi. Dengan antioksidan ini radikal bebas yang berkunjung ke tubuhmu akan dihentikan. Sehingga tidak memperngaruhi proses kerja kulit dan membuatnya lebih sehat serta kenyal.

Mencegah Kanker Kulit

Salah satu dampak buruk akibat radikal bebas adalah bisa merusak DNA kulit sehingga merusak mutasi sel dan dapat mengakibatkan kanker kulit. Hal ini bisa kamu cegah dengan menggunakan produk minyak biji echium yang kaya akan antioksidan.

Antioksidan yang tinggi dapat mencegah rusaknya DNA dalam kulit yang akibat radikal bebas. Selain menggunakan berbagai produk kecantikan dari minyak biji echium, kamu juga harus mengimbanginya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Seperti mengkonsumsi buah dan sayur yang juga mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi.

Meringankan Psoriasis

Untuk kamu yang sering kecapekan dan stress harus hati-hati. Stress yang tinggi dapat memicu psoriasis. Yaitu kondisi dima kulit akan mengeluarkan bercak merah dan gatal. Salah satu pemicunya adalah paparan radikal bebas yang tinggi.

Untuk mengatasinya, selain harus memanage stress dengan baik, kamu juga harus mengkonsumsi dan menggunakan produk dengan antioksidan yang tinggi. Kandungan ini nantinya akan membantu peenderita psoriasis dalam mengatasi stres oksidatif dan peradangan.

Mengurangi Melasma

Manfaat minyak biji echium untuk kecantikan yang selanjutnya adalah dapat mengurangi melasma. Melasma ini adalah salah satu kondisi di mana kulit terdapat bercak coklat merata. Biasanya bercak ini timbul karena penderita sering berada di bawah sinar matahari dalam waktu yang cukup lama.

Sehingga selain mendapat luka bakar (sun burning), juga melasma ini. Lagi-lagi kandungan antioksidan yang tinggi dalam minyak biji echium dapat menyembuhkan kondisi kulit yang satu ini. Jika menggunakannya dengan rutin, melasma pada kulitmu akan hilang dalam hitungan minggu.

Karenanya banyak yang bilang kalau minyak biji echium ini bisa mengatasi segala permasalahan kulit. Mulai dari yang ringan hingga berat.

Ketahui Juga: Banyak Bintik Hitam Di Wajah? Ketahui Cara Mengatasi Melasma Berikut Ini!

Bahkan tidak hanya untuk kulit saja, minyak biji echium juga berguna untuk kecantikan rambut. Mulai dari membuatnya lebih berkilau hingga menebalkan. Semua bisa diatasi dengan minyak biji echium.

So, meskipun tumbuhan yang satu ini sering disebut sebagai tumbuhan beracun, namun manfaat minyak biji echium untuk kecantikan tak bisa diragukan lagi. Selamat mencoba!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment