Banyak Bintik Hitam Di Wajah? Ketahui Cara Mengatasi Melasma Berikut Ini!

manfaat minyak alpukat

Bintik hitam di wajah merupakan salah satu tanda yang paling umum dari melasma. Meski bisa hilang sendiri, enggak ada salahnya buatmu mencari tahu cara mengatasi melasma dengan efektif dan aman.

Sebelumnya, melasma merupakan jenis penyakit kulit yang biasanya ditandai dengan kemunculan bercak-bercak hiperpigmentasi pada kulit.

Melasma sangat umum ditemukan di wajah atau pada daerah yang sering terkena paparan sinar matahari, seperti leher dan lengan bawah.

Meski jarang menimbulkan komplikasi dan rasa sakit, melasma jika dibiarkan pun akan bertambah banyak dan tentu sangat berpengaruh pada penampilan kamu.

Memang, apa sih yang menyebabkan melasma muncul dan bagaimana cara mengatasinya?

Untuk menjawab pertanyaanmu itu, baca artikel ini sampai habis, ya!

Berbagai Faktor Kemunculan Melasma

cara mengatasi melasma

Banyak yang mengira bahwa factor kemunculan melasma hanya dipengaruhi oleh genetic atau karena factor keturunan. Padahal, ada beberapa penyebab lain yang bahkan berasal dari luar tubuh kita, lho.

Penasaran? Cek beberapa factor kemunculan melasma berikut ini.

Masa Kehamilan

skincare untuk ibu hamil

Melasma sebenarnya punya nama panggilan yang unik, yakni “Mask of Pregnancy”. Nama ini diambil karena kemunculan melasma cukup umum dialami oleh ibu hamil.

Akan tetapi, bercak melasma yang muncul saat masa kehamilan biasanya akan menghilang dengan sendirinya, kala ibu telah melahirkan.

Kemunculan melasma pada ibu hamil ini dipicu oleh perubahan hormon dalam tubuh. Yang kadang enggak hanya memicu kemunculannya, melainkan membuat kondisi melasma tampak lebih parah dari sebelumnya.

Paparan Sinar Matahari

paparan sinar matahari

Sinar matahari berlebihan lagi-lagi jadi penyebab dari masalah kulit, termasuk melasma.

Ini karena panas sinar ultraviolet dapat masuk ke dalam lapisan kulit dan merangsang produksi melanosit.

Bahkan, sedikit saja paparan sinar matahari bisa berpotensi memunculkan kembali melasma yang sebelumnya telah menghilang.

Penggunaan Kosmetik Tertentu

ciri muka alergi kosmetik

Selain paparan sinar matahari, hal lain yang dapat memperburuk kemunculan melasma adalah kesalahan menggunakan produk kosmetik tertentu.

Tiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda-beda, begitu pula dengan kecocokan mereka terhadap bahan-bahan skincare tertentu.

Dengan menggunakan kosmetik yang salah, kamu bisa membuat kondisi melasma semakin buruk dan sangat mungkin bertambah banyak.

Sebaiknya hindari menggunakan kosmetik yang illegal atau mencurigakan, sebab kandungan-kandungan ini dapat memicu ketergantungan dan akan membuat jaringan kulit kamu rusak.

Akhirnya, ketika pemakaian dihentikan, kulit malah akan memproduksi melanosit dalam jumlah yang sangat besar. Dan membuat wajahmu jadi tampak jauh lebih kusam dari kondisi mulanya.

Enggak cuma itu, lapisan kulit yang terlalu tipis pun akan berisiko besar terkena sunburning dan berbagai flek akibat sinar matahari pun akan semakin mudah muncul.

Cara Mengatasi Melasma dengan Bahan Alami

Melasma dalam keadaan yang ringan bisa kamu atasi dengan penanganan sederhana di rumah. Caranya dengan menggunakan bahan-bahan alami sebagai perawatan wajah.

Berikut beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi melasma dan cara pengaplikasiannya. Jangan lewatkan, ya!

Menggunakan Lemon

perasan lemon

Sari lemon memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan ini pun bisa bekerja sebagai antioksidan dan agen pencerah alami, karena dapat bekerja menurunkan pembentukan melanin dalam jaringan kulit.

Tak hanya itu, antioksidan yang ada dalam lemon pun dapat membantu meminimalisir kerusakan pada sel kulit yang diakibatkan oleh stress oksidatif.

Cara menghilangkan hiperpigmentasi akibat melasma terbilang cukup mudah. Kamu bisa melarutkan sari lemon dengan air secukupnya, kemudian aplikasikan sedikit-sedikit ke kulit menggunakan kapas.

Setelah itu, tunggu hingga beberapa menit, paling lama 10-15 menit saja cukup. Kemudian bilas hingga bersih.

Namun, bila kamu memiliki kulit yang kering dan sensitive, perhatikan betul kadar perasan lemon yang kamu pakai. Karena sifat asamnya, lemon bisa membuat kulitmu jadi teriritasi.

Kamu juga bisa menggunakan moisturiszer setelah mengaplikasikannya, dengan begitu kandungan dalam pelembap bisa menenangkan dan melembapkan kulit kembali.

Gel Lidah Buaya

aloe vera

Sifat menyegarkan dan menenangkan dari gel lidah buaya, membuat bahan alami satu ini sangat cocok digunakan untuk merawat kesehatan kulit. Khusunya yang mengalami berbagai masalah seperti iritasi, jerawat, hingga melasma.

Ini karena pemakaian lidah buaya secara konsisten dapat membantu menstabilkan produksi melanoin dalam sel, yang bisa membuat tampilan melasma berkurang.

Tak hanya itu, lidah buaya pun dikatakan memiliki senyawa alonin dan asam salisilat yang dapat menyamarkan serta menghilangkan dark spot dari kulit.

Pemakaian lidah buaya sebagai perawatan melasma pun sangat mudah, kamu hanya perlu mengoleskannya secara langsung.

Pastikan kamu mencuci wajah terlebih dahulu sebelum melakukannya, dan ada baiknya lakukan ini sebanyak dua kali dalam sehari.

Grapeseed oil

manfaat minyak biji anggur untuk kecantikan

Salah satu jenis minyak pembawa ini pun diketahui mampu membantu mengatasi penampilan melasma, lho.

Ini karena minyak biji anggur mengandung senyawa antioksidan, asam lemak, dan antiinflamasi yang cukup tinggi.

Semua kandungan tersebut dapat bekerja mengatasi dan memulihkan sel kulit yang bermasalah. Terutama yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari berlebihan dan radikal bebas.

Penggunaan topikal minyak anggur pun enggak akan membuat kulit wajahmu jadi iritasi, karena sifatnya yang terkenal ramah untuk semua jenis kulit.

Untuk memakai minyak alami ini, kamu bisa mengaplikasikannya secara langsung pada wajah atau campurkan dengan sedikit air.

Kamu pun bisa membuatnya sebagai masker alami dengan campuran bahan-bahan lain, seperti madu, susu, olive oil, dan lain sebagainya.

Mau tahu lebih banyak soal minyak biji anggur? Baca di sini!

Mengaplikasikan Masker Kunyit

kunyit

Kamu pasti udah enggak asing dengan bahan alami satu ini. Yap! Kunyit telah lama digunakan sebagai bahan perawatan kulit, baik untuk lulur mandi, masker, dan sebagainya.

Berkat kandungan curcumin yang dikandungnya, proses penyembuhan luka pada kulit pun akan jadi lebih efektif. Tak hanya itu, kunyit juga bisa membantu menenangkan peradangan pada kulit dan menjadikannya tampak lebih cerah.

Kamu dapat mengaplikasikan masker kunyit untuk mengatasi melasma, cukup ikuti langkah-langkah mudahnya di bawah ini.

  1. Siapkan bubuk kunyit dalam mangkuk kecil secukupnya.
  2. Tambahkan madu dan sedikit minyak zaitun, kemudian aduk hingga merata.
  3. Sebelum mengaplikasikan pasta masker, pastikan wajahmu sudah bersih.
  4. Biarkan masker yang telah kamu pakai selama beberapa menit, yakni 15-20 menit saja sudah cukup, kok.
  5. Setelah itu bilas wajah dengan air hingga bersih.

Menggunakan Masker Alami dari Madu

khasiat madu untuk kecantikan (1)

Bahan alami lain yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi melasma adalah madu. Berbagai vitamin dan zat antibiotic dalam madu, mampu menstimulus proses penyembuhan luka secara alami.

Selain dikenal karena kemampuannya yang dapat melembapkan kulit, madu pun diketahui dapat memudarkan hiperpigmentasi serta membuat wajah kamu jadi lebih cerah alami.

Inilah yang membuat madu sangat cocok digunakan untuk mengatasi melasma.

Nah, kalau kamu mau tahu tentang masker wajah dari madu, coba cek disini!

Memakai Teh Hijau (Green Tea)

masker green tea

Sama halnya dengan lemon, green tea pun dikatakan memiliki efek depigmentasi pada kulit. Kamu bisa menggunakan bahan alami ini sebagai perawatan melasma.

Dengan begitu, dark spot atau hiperpigmentasi yang kamu alami akan dapat berkurang dan akan menghilang seiring penggunan yang teratur.

Untuk menggunakannya, kamu bisa merendam kantong teh hijau dalam air panas selama beberapa menit lamanya. Sampai air seduhan the tampak pekat, tunggu hingga dingin dan aplikasikan pada kulit yang terkena melasma.

Setelah itu, gosok dan pijat dengan lembut agar sel-sel kulit yang mati dan rusak bisa terangkat dari wajah.

Dengan Air Seduhan Black Tea

Tak hanya teh hijau, teh hitam pun dapat kamu gunakan sebagai perawatan alami melasma, lho.

Sebab, teh hitam mengandung banyak antioksidan yang mampu mengatasi masalah hiperpigmentasi dan warna kulit yang tidak merata.

Pasalnya, air teh hitam memiliki efek mencerahkan kulit. Yang perlu kamu lakukan adalah menambahkan daun teh hitam ke dalama air hangat atau panas dan membiarkannya hingga mendingin.

Kalau sudah, kamu bisa mengaplikasikan air seduhan tersebut ke bagian kulit yang terkena melasma menggunakan kapas. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pakai cara ini sebanyak dua kali dalam sehari.

Menggunakan Cuka Apel

manfaat cuka apel

Cuka apel beberapa waktu lalu sempat menjadi sangat populer di kalangan beauty enthusiast. Sebab, dikatakan bahan ini mampu mengatasi berbagai masalah pada kulit, termasuk hiperpigmentasi dan melasma.

Untuk menggunakan cuka sari apel ini kamu dianjurkan memakainya dalam skala yang kecil. Yakni cukup larutkan dua tetes cuka apel di setengah cangkir air. Kemudian aplikasikan ke kulit menggunakan kapas.

Tunggu selama 10-15 menit saja, baru bilas wajah dengan menggunakan air hangat secara lembut.

Mengoleskan Susu Ataupun Yogurt

yogurt bahan masker organik

Susu dan segala jenis turunannya mengandung asam laktat yang cukup berlimpah. Kandungan ini berkhasiat mencerahkan kulit dan memudarkan tampilan melasma.

Kamu bisa mengaplikasikan kedua bahan alami satu ini secara langsung pada wajah, namu tetap menggunakan kapas sebagai aplikatornya.

Kemudian diamkan selama 15-20 menit dan kamu bisa membilasnya dengan air hangat hingga bersih.

Namun yang perlu diperhatikan, sebelum melakukan beberapa cara mengatasi melasma atau menghilangkan flek hitam di wajah secara topikal, sebaiknya kamu melakukan tes iritasi atau alergi terlebih dahulu dengan mengoleskan sedikit bahan.

Apabila dalam 10-15 menit setelah didiamkan tidak ada keluahan apapun, barulah kamu dapat melanjutkan pemakaian bahan-bahan tersebut.

Rangkaian Skincare untuk Menghilangkan Melasma

skincare untuk menghilangkan milia

Selain menggunakan bahan-bahan alami yang telah disebutkan di atas, kamu pun dapat mengatasi melasma dengan menggunakan produk perawatan wajah yang dijual di pasaran.

Nah, kira-kira skincare routine apa saja yang perlu kamu lalui untuk mengatasi melasma? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Face Scrub

Skincare routine untuk mengatasi melasma yang pertama adalah dengan menggunakan face scrub. Kenapa? Karena kunci utama untuk mengurangi masalah kulit satu ini adalah dengan rutin melakukan eksfoliasi.

Face scrub dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang telah menumpuk di epidermis dan pori-pori. Dengan demikian, berbagai kandungan dalam skincare yang kamu pakai pun akan terserap dan mampu bekerja lebih optimal.

Hasilnya, tampilan melasam pun bisa lebih berkurang dan wajahmu bisa kembali cerah merona.

Namun, jangan lakukan eksfoliasi ini tiap hari, ya. Cukup lakukan selama 1-2 kali dalam seminggu saja, agar wajahmu enggak malah terkena iritasi.

Serum

Setelah membersihkan wajah dan menggunakan face scrub, kamu bisa menambahkan serum sebagai after treatment untuk mengatasi melasma.

Serum selalu diformulasikan dengan berbagai bahan aktif yang bisa mengatasi berbagai masalah kulit sekaligus. Baik dari dehidrasi kulit, membantu mempebaiki tekstur, hingga mencerahkannya secara alami.

Untuk mengatasi melasma ini, kamu bisa memilih serum yang khusus dibuat untuk memudarkan pigmentasi kulit.

Sayangnya, biasanya kandungan yang ada pun cenderung sangat kuat. Sehingga sangat dianjurkan untukmu mendiskusikan penggunaan serum ini dengan ahli kecantikan.

Agar, kamu bisa mengatasi melasma tanpa menimbulkan masalah lain pada kulit wajahmu.

Sunscreen

Telah dikatakan sebelumnya, bahwa melasma dapat timbul karena paparan sinar matahari berlebihan.

Nah untuk mengatasi dan mencegahnya bertambah buruk, maka kamu wajib banget pakai sunscreen tiap hari.

Selain itu, sunscreen pun bisa mencegah dampak buruk lainnya yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet. Seperti terbakar, kering, maupun munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Well, itu adalah berbagai cara mengatasi melasma. Kamu bisa memilih langkah mana yang cocok untuk kulit wajahmu.

Namun, kalau kondisi melasma tak kunjung berkurang bahkan setelah pemakaian skincare maupun langkah-langkah di atas. Maka enggak ada salahnya buatmu untuk datang dan berkonsultasi dengan alhi kecantikan professional.

Selamat mencoba dan semoga article ini membantumu!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment