Ramah untuk Semua Jenis Kulit, Ini Minyak Biji Anggur untuk Kecantikan

manfaat minyak biji anggur untuk kecantikan

Semakin ke sini, kian banyak pula produk-produk perawatan kecantikan dengan inovasi baru diciptakan. Misalnya dengan menggunakan ekstrak tumbuh-tumbuhan tertentu atau minyak alami sebagai bahan dasarnya.

Salah satu minyak alami yang cukup umum digunakan dalam produk perawatan kecantikan kulit adalah minyak biji anggur.

Minyak yang diperoleh dari ekstraksi biji bunga anggur ini diketahui kaya akan anti oksidan, anti mikroba, serta anti inflamasi. Berbagai senyawa ini pun dikenal baik untuk merawat kecantikan rambut dan kulit wajahmu.

Nah, biar enggak makin penasaran, langsung cek berbagai manfaat minyak biji bunga anggur beserta cara pemakaiannya di ulasan berikut ini.

Manfaat Minyak Biji Anggur untuk Kecantikan

manfaat minyak biji anggur untuk kecantikan

Telah disinggung sebelumnya, bahwa dalam minyak biji bunga anggur terdapat senyawa-senyawa yang baik untuk memelihara kecantikan rambut dan kulit kita.

Senyawa-senyawa tersebut antara lain dapat bekerja sebagai anti infalamasi, anti mitroba, hingga anti oksidan. Selain itu, dalam minyak alami ini juga terdapat kandungan vitamin E yang sangat populer karena khasiatnya untuk kecantikan.

Nah, karena berbagai kandungannya tersebut, berikut beberapa manfaat minyak biji anggur untuk kecantikan yang bisa kamu dapatkan.

Merawat Kulit Berjerawat

skincare kulit berjerawat

Tahu enggak, kalau salah satu manfaat minyak biji anggur untuk kecantikan adalah mampu merawat kulit berjerawat?

Yap, ini dikarenakan kandungan anti inflamasi dan vitamin E dalam minyak biji anggur dapat memberikan sensasi menenangkan pada area kulit yang mengalami peradangan.

Tak hanya itu, kandungan anti bakterinya juga pada dasarnya minyak ini dapat membantu kulit wajahmu lebih bersih dengan membasmi bakteri yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Memudarkan Tampilan Kantung Mata

mata panda

Ternyata minyak biji anggur kaya akan vitamin C, lho! Inilah yang membuat minyak biji anggur atau grapeseed oil bisa atau cukup aman digunakan untuk merawat area sekitar mata.

Nah,  bagi kamu yang memiliki masalah dengan kantung mata yang hitam dan gelap, grapeseed oil bisa jadi salah satu alternatif perawatan untuk kamu coba.

Kandungan vitamin C-nya mampu membantu melawan hiperpigmentasi kulit, merangsang produksi kolagen, dan memperbaiki jaringan kulit yang bermasalah. Hasilnya, penampilan mata panda akan semakin berkuran dan menghilang perlahan-lahan.

Mencegah Peradangan

Dalam minyak biji anggur terdapat omega-6 dan omega-3 yang sangat penting  untuk mendukung fungsi serta penampilan kulit, salah satunya mencegah terjadinya peradangan.

Peradangan sering terjadi pada orang yang memiliki kulit kering dan cenderung sensitif. Pemicunya juga cukup beragam, mulai dari alergi kosmetik, paparan sinar matahari yang berlebih, atau jerawat yang sedang meradang.

Nah, senyawa omega-6 atau yang juga dikenal dengan asam linoleat mampu membantu menenangkan peradangan dan mengurangi gejala-gejalanya.

Menjaga Elastisitas Kulit

Kekenyalan atau elastisitas kulit menjadi kunci penting untuk menjaga keremajaan kulit wajah kamu. Salah satu cara untuk memelihara hal ini adalah dengan mencegah kelembapan alami pada wajah menghilang.

Minyak biji anggur bisa menjadi cara yang bisa kamu pilih untuk membantu mewujudkan hal itu, Ladies.

Sebab, minyak alami satu ini dapat mendukung dan menstimulus kerja vitamin E serta C dalam kulit untuk bekerja lebih efektif dalam mempertahankan kelembapan kulit wajahmu.

Tak hanya itu, minyak biji anggur pun diketahui dapat mendorong pembentukan kolagen, yang bisa membuat kulit wajahmu jadi tampak lebih kecang dan sehat.

Meratakan Warna Kulit

Paparan sinar matari yang berlebihan bisa membuat kulit tampak kusam dan menimbulkan diskolorasi atau perbedaan warna kulit, lho.

Nah, bagi kamu yang mengalami kondisi ini bisa menggunakan minyak biji anggur sebagai perawatan kulit. Sebab, kandungan antioksidan kuat dalam minyak alami ini mampu mencerahkan dan meratakan warna kulit bila digunakan secara rutin.

Ini disebabkan minyak biji anggur dapat meringankan keluhan melasma atau hiperpigmentasi pada kulit.

Melembapkan Kulit

mengembalikan kelembapan kulit

Telah disinggung sebelumnya bahwa grapeseed oil bisa membantu mempertahankan kelembapan pada kulit, ini dikarenakan kandungan pelembap alami oleh grapeseed oil ternyata mudah diserap oleh kulit.

Bahkan dengan penggunaan yang teratur akan membuat kulit wajahmu jadi tidak mudah kering, juga tidak akan memicu produksi minyak berlebihan dan membuat kulit jadi gampang berjerawat.

Konsistensinya yang ringan menjadikan minyak biji anggur bersifat noncomedogenik, alias enggak akan menyumbat pori-pori wajah dan memicu timbulnya jerawat atau komedo di kulit.

Melindungi dari Kerusakan Akibat Sinar UV

paparan sinar matahari

Selain dapat meratakan warna kulit, anti oksidan dari minyak biji anggur juga mampu membantu melindungi dari pparan sinar matahari yang menyebabkan berbagai dampak buruk pada kulit.

Mengatasi Flek Hitam

paparan sinar matahari

Flek hitam atau dark spot merupakan salah satu masalah kecantikan yang membutuhkan waktu agak lama untuk menghilangkannya.

Untuk itulah, kamu perlu melakukan perawatan wajah yang konsisten dan rutin. Salah satunya dengan menggunakan minyak biji anggur untuk perawatan alami harianmu.

Kandungan antioksidan, vitamin, dan berbagai nutrisi lainnya dalam minyak biji anggur mampu membantu menyamarkan dan menghilangkan flek hitam di wajah dengan perlahan-lahan.

Menyehatkan Rambut dan Kulit Kepala

khasiat susu untuk kecantikan

Minyak biji anggur dapat memperbaiki kondisi rambut dan kulit kepala kamu. Misalnya untuk mengatasi masalah ketombe yang kamu alami, apalagi yang disebabkan oleh kulit kepala kering.

Untuk itu, kamu hanya perlu mengoleskan minyak biji anggur secara merata pada kulit kepala untuk membantu mengeksfoliasi sel kulit mati dan mengembalikan kelembapan alami yang sempat hilang.

Grapeseed oil terbilang memiliki kelebihan lain dibanding minyak zaitun atau minyak kelapa, sebab tidak akan memberikan sensasi berminyak dan berat pada rambut.

Minyak biji anggur ringan dan tidak memiliki efek tidak nyaman seperti yang disebutkan itu. Saat diaplikasikan pada rambut kamu, minyak biji anggur dapat menambah kelembapan, kekuatan, dan kilau alami pada rambut.

Mengatasi Kerontokan Rambut

Minyak biji anggur digunakan sebagai bat alami untuk kebotakan rambut. Asam linolenat di dalamnya diduga bisa merangsang petumbuhan rambut.

Grapeseed oil mengandung flavoid yang disebut oligomer procyanidin. Ini adalah anti oksidan kuat yang terbukti dapat menginduksi pertumbuhan rambut.

Cara Memakai Minyak Biji Anggur untuk Merawat Kulit

Young woman dropping oil with pipette on face for fresh perfect skin.

Cara merawat kulit wajah dengan minyak biji anggur cukuplah beragam dan mudah untuk dilakukan. Sebab, pada dasarnya bahan alami satu ini tidak mudah menimbulkan iritasi saat digunakan.

Bisa Langsung Aplikasikan di Kulit

Cara menggunakan minyak biji anggur untuk perawatan kecantikan cukuplah muda. Setelah mencuci wajah, kamu bisa langsung mengoleskannya sebagai serum di malam hari.

Cukup teteskan minyak biji anggur ke telapak tangan, gosok perlahan, lalu tekan atau tepuk perlahan ke wajah.

Perhatikan Jenis Kulit

Penggunaan grapeseed oil untuk kecantikan tetaplah harus disesuaikan dengan kondisi kulit.

Sebenarnya ada dua jenis minyak, yakni sangat berminyak dan dry oil. Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, bisa memakai jenis dry oil. Sementara yang normal dan cenderung kering bisa menggunakan jenis yang cukup berminyak.

Namun yang perlu diperhatikan, ketika mengaplikasikan grapeseed oil ini secara langsung kamu harus melakukannya dengan tipis-tipis dan harus dibersihkan dengan benar setelahnya.

Mencampur dengan Pelembap

Kamu juga bisa mencampur beberapa tetes minyak biji anggur dengan pelembap untuk memaksimalkan produk dalam mempertahankan kelembapan kulit.

Cara ini bisa jadi alternatif yang ideal untuk memakai minyak biji anggur dengan tidak terllau tebal di wajah.

Namun, pastikan dulu pelembap yang kamu gunakan ini sudah biasa dan cocok dipakai, bukan yang baru saja kamu coba.

Menggunakan Skincare Berkandungan Minyak Biji Anggur

Selain mengaplikasikannya secara langsung di wajah, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat minyak biji bunga anggur dari berbagai produk skincare berkandungan bahan tersebut.

Saat ini enggak sedikit produk perawatan kecantikan yang menggunakan ekstrak minyak biji anggur pada formulanya, seperti produk pelembap wajah, serum, essence, dan masih banyak lainnya.

Cara ini sama sederhananya dengan menggunakan grapeseed oil secara langsung. Terlebih ketika diformulasikan dalam produk skincare, bahan alami ini pun akan dikombinasikan dengan bahan-bahan lain yang mampu mendukung fungsi utama grapeseed oil untuk wajah.

Sehingga manfaatnya pun akan lebih optimal dan cepat kamu dapatkan. Tak hanya itu, efek yang diberikan produk skincare tersebut pun akan jauh lebih beragam.

Perawatan wajah memang sangat beragam, mulai dari yang alami hingga yang modern dan praktis digunakan. Kamu bisa memilih yang paling cocok dan sesuai dengan selera pribadimu.

Namun, yang harus diingat adalah untuk menyesuaikan kandungan atau perawatan apapun dengan kondisi dan jenis kulitmu.

Sebab, enggak ada satu produk atau bahan yang cocok untuk semua jenis kulit secara umum. Melainkan, akan menimbulkan reaksi yang berbeda bergantung dengan kondisi tubuh, hormon, dan kulit masing-masing.

Jadi, jangan asal ikuti tren ya, Ladies. Perhatikan betul kondisi kulit kepala dan tubuhmu juga.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment