Bagus untuk Kulit dan Rambut, Ketahui Manfaat Minyak Alpukat Berikut Ini

manfaat minyak alpukat untuk kecantikan (2)

Selama ini, banyak yang mengira untuk memanfaatkan buah alpukat hanya dengan daging buahnya saja. Padahal, buah satu ini juga bisa diekstraksi dan menghasilkan carrier oil, lho.

Meski enggak sepopuler minyak zaitun atau minyak alami lainnya, avocado oil sebenarnya memiliki manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut yang enggak kalah banyaknya.

Ini dikarenakan nutrisi yang ada dalam minyak alpukat yang sangat beragam, sehingga mampu menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Penasaran apa saja kandungan dalam avocado oil, begitu juga manfaatnya untuk kecantikan dan cara penggunaannya? Simak ulasan berikut ini sampai habis, ya! Jangan sampai kelewatan!

Kandungan Avocado Oil yang Baik untuk Kecantikan

jenis carrier oil

Avocado oil merupakan bahan dasar kosmetik yang kaya akan nutrisi serta antioksidan sehingga dapay dimanfaatkan untuk merawat kulit dan rambut.

Teksturnya yang ringan dan halus pun menjadikan minyak alami ini mampu meresap dengan cepat ke dalam kulit. Avocado oil mengandung sejumlah nutrisi, antara lain:

Vitamin

Senyawa satu ini sangat dibutuhkan untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit serta rambut kita.

Dalam avocado oil terdapat beberapa vitamin, seperti vitamin A, B complex, D, dan E.

Vitamin A dapat membantu mencerahkan, menyehatkan, dan meratakan warna kulit. Bahkan, kandungan ini bisa membantu eksfoliasi sel kulit mati dan merangsang produksi kolagen pada kulit.

Sementara itu, vitamin B complex telah cukup dikenal karena kemampuannya dalam menutrisi kulit. Menjadikannya lebih lembap, lembut, dan cerah alami.

Vitamin D dan E, mampu memberikan sensasi menenangkan di kulit dan memulihkan jaringan yang rusak akibat paparan radikal bebas.

Flavonoid dan Asam Fenolik

Kandungan lain yang ada dalam avocado oil adalah flavonid dan asam fenolik, keduanya merupakan antioksidan alami yang bekerja menangkal radikal bebas.

Tak hanya, dua kandungan ini bahkan mampu meminimalisir masalah dan kerusakan kulit dari stress oksidatif. Selain itu, sifat antiinflamasi-nya pun mampu menenangkan dan meredakan peradangan pada kulitmu.

Berbagai Manfaat Avocado Oil untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

manfaat minyak alpukat

Setelah mengetahui berbagai kandungan dalam avocado oil, kamu pasti udah menebak-nebak apa saja manfaat dari jenis carrier satu ini.

Untuk memastikannya, mari cari tahu sama-sama di ulasan berikut ini!

Membantu Menghidrasi Kulit

manfaat minyak biji anggur untuk kecantikan

Bagi kamu yang memiliki masalah dengan kulit kering dan bersisik, avocado oil bisa membantu mengatasi hal ini, lho.

Yap, sebab manfaat avocado oil untuk kecantikan yang pertama adalah membantu menghidrasi kulit dan menjaga kelembapan alaminya agar tidak mudah menghilang.

Dalam avocado oil terdapat berbagai nutrisi yang mampu menjaga kelembapan alami kulit, misalnya kalium, letisin, hingga vitamin E dan B complex.

Teksturnya yang ringan dan mudah terserap ke dalam kulit pun menjadikan minyak oil sangat cocok digunakan untuk melawat kulit wajahmu yang kering.

Denagn kulit yang lebih lembap, wajahmu akan terlihat lebih sehat dan mulus. Tak hanya itu, skincare yang kamu gunakan sehari-hari pun dapat terserap dan bekerja lebih optimal.

Meredakan dan Menenangkan Kulit yang Meradang

iritasi kulit

Peradangan pada kulit wajah sangatlah umum terjadi, bisa karena jerawat, iritasi, atau bahkan kesalahan menggunakan jenis kosmetik tertentu.

Bahkan bisa juga dikarenakan oleh penyakit kulit, seperti psoriasis, eksim, dan rosacea. Yang enggak hanya mengganggu penampilanmu, namun juga menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan sakit.

Namun, tenang saja, karena kandungan antiinflamasi dalam avocado oil dapat menenangkan kulit dan meredakan gejala peradangan tersebut.

Mencegah dan Mengatasi Jerawat

wajah berjerawat

Punya jerawat membandel pasti bikin sebal, apalagi kalau sampai menimbulkan rasa perih, gatal, hingga peradangan. Pasti pengen banget segera menghilangkan jerawat tersebut dari permukaan kulit kita.

Manfaat avocado oil untuk kecantikan lainnya adalah untuk mencegah dan mengatasi jerawat. Yap, jika digunakan dengan benar kamu bisa mengatasi masalah wajah satu ini.

Ini dikarenakan minyak alpukat mampu mengontrol kelembapan kulit, yakni mencegah produksi sebum secara berlebihan yang dapat jadi penyebab munculnya jerawat.

Tak hanya itu, senyawa anti infalamasi yang ada dalam alpukat juga mampu meredakan kemerahan dan peradangan yang ditemui pada jerawat.

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

mempercepat penyembuhan luka

Beberapa studi menyebutkan bahwa asam lemak esensial dan asam oleat yang terdapat dalam minyak alpukat dapat membantu merangsang proses sintesis kolagen pada jaringan kulit.

Hal ini menjadikan proses penyembuhan luka pun jadi lebih cepat dan efektif. Bahkan bahan alami ini pun bisa membantu meredakan dan menenangkan peradangan yang mungkin saja kamu rasakan.

Merawat Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari menjadi salah satu penyebab masalah kecantikan yang paling besar. Mulai dari diskolorasi warna kulit, adanya sunspot, kulit yang kering, hingga terbakar.

Kondisi ini tentunya enggak hanya akan mempengaruhi penampilan luar kita, melainkan menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan sakit di kulit.

Nah, kamu bisa merawat kulit yang terbakar sinar matahari ini menggunakan minyak alpukat. Ini dikarenakan kandungan vitamin E, D, betakaroten, protein, dan lesitin di dalamnya dikenal mampu menyembuhkan luka dari sunburning.

Mengurangi Munculnya Tanda Penuaan

Tanda-tanda penuaan yang muncul di kulit enggak hanya disebabkan oleh factor usia saja. Bahkan, berbagai tanda tersebut dapat timbul sejak dini, dikarenakan paparan sinar matahari berlebih dan stressor lingkungan lainnya.

Nah, manfaat minyak alpukat untuk kecantikan lainnya adalah untuk mengurangi dan mencegah munculnya tanda penuaan sejak dini.

Asam lemak yang ada dalam minyak alpukat mampu menjaga kelembapan alami kulit, menjaga elastisitasnya, juga membuatnya tampak jadi lebih kencang dan mengurangi tampilan keriput di kulit.

Menjaga Kesehatan Kuku

cara merawat kuku (3)

Menjaga kesehatan kuku juga sama pentingnya dengan merawat bagian tubuh yang lain. Apalagi kalau kamu adalah orang yang terbilang cukup sering menggunakan kuteks.

Tentunya, kegiatan tersebut akan sangat memengaruhi kesehatan kukumu. Untuk itu, kamu bisa menggunakan minyak alpukat untuk membuat kuku jarimu tetap sehat dan tampak berkilau.

Kamu bisa mengoleskan bahan alami satu ini secara langsung di kulit area kuku secukupnya. Biarkan beberapa saat hingga kandungan terserap dengan sempurna, setelah itu bilas dengan air hingga bersih.

Meningkatkan Kesehatan Kulit Kepala

hair tonic

Salah satu manfaat avocado oil untuk kecantikan yang sangat menggiurkan adalah kemampuannya untuk meningkatkan kesehatan kulit kepala kita.

Berbagai nutrisi yang ada dalam minyak alpukat mampu mencegah munculnya masalah kesehatan di area kulit kepala. Bahkan jika kamu menggunakannya dengan rutin, avocado oil mampu mengusir ketombe dan menjaga kelembapan alami yang ada di kulit kepala.

Cara Menggunakan Minyak Alpukat untuk Kecantikan

jenis mineral yang baik untuk kulit

Setelah mengetahui manfaat minyak alpukat untuk kecantikan sangat beragam, kamu pasti tertarik untuk menggunakan bahan alami satu ini.

Nah, khusus untukmu, berikut beberapa cara menggunakan minyak alpukat untuk kecantikan yang bisa kamu coba dan praktikkan di rumah. Yuk, simak dan jangan melewatkan satu pun, ya!

Minyak Alpukat Sebagai Lip Scrub Alami

Bibir yang kering dan mengelupas bikin lipstik enggak bisa menempel sempurna. Kamu bisa mengatasi hal ini dengan memanfatkan minyak alpukat.

Caranya cukup sederahana saja, kok. Kamu hanya perlu mengombinasikan satu sendok teh minyak alpukat dan sejumput gula.

Aduk hingga gula setengah larut dan oleskan ke atas bibir. Setelah itu pijat hingga perlahan dan diamkan beberapa saat sampai kandungan meresap ke dalam kulit bibir.

Body and Face Oil

Kalau kamu mau mencoba menggunakan bahan-bahan alami untuk merawat kulit tubuh, minyak alpukat bisa masuk dalam daftar bahan untuk kamu coba.

Kamu bisa menggunakan minyak alpukat sebagai body oil. Terlebih, bahan alami ini cenderung tidak menunjukkan reaksi sekatif minyak esensial, sehingga terbilang aman untuk diaplikasikan langsung di kulit.

Gunakan minyak alpukat ini setidaknya di malam hari, tepatnya sebelum kamu tidur. Maka, pada akhirnya kamu akan mendapatkan kulit yang selembut pantat bayi.

Sebagai Makeup Remover Alami

Bagi kamu yang sering memakai riasan wajah, minyak alpukat bisa jadi makeup remover yang ampuh mengangkat kotoran dari wajah tanpa menimbulkan iritasi, lho.

Cara penggunaannya sama seperti ketika memakai face oil biasa. Cukup teteskan minyak alpukat pada kapas, kemudian gunakan untuk membersihkan sisa riasan wajah yang kamu pakai.

Itu adalah berbagai manfaat minyak alpukat yang barangkali belum kamu ketahui. Untuk mendapatkannya, kamu bisa menggunakan bahan alami ini sebagai masker alami atau mencampurnya dengan produk skincare yang kamu gunakan biasanya.

About Author

Related posts

Leave a Comment