Berlimpah Nutrisi, Ini Manfaat Susu Kambing untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

manfaat susu kambing untuk kecantikan

Tahukah kamu, selain susu sapi, ternyata susu kambing pun marak digunakan dalam berbagai produk perawatan kecantikan?

Yup! Mulai dari body care, skincare, hingga hair care product. Ini karena manfaat susu kambing untuk kecantikan sangatlah beragam, enggak kalah sama susu sapi.

Gimana enggak? Berbagai kandungan penting untuk merawat kecantikan kulit dan rambut ada banyak dalam susu kambing.

Mulai dari vitamin, mineral, protein, dan masih banyak kandungan lainnya yang enggak kalah pentingnya untuk kecantikan wajahmu.

Nah, daripada banyak basa-basi, langsunga baca ulasan mengenai manfaat susu kambing untuk kecantikan di bawah ini, ya!

Kandungan dalam Susu Kambing yang Baik untuk Kecantikan

Telah disinggung sebelumnya bahwa dalam susu kambing terkandung berbagai nutrisi yang baik untuk merawat kecantikan kulit dan rambutmu.

Nutrisi yang ada dalam susu kambing antara lain mineral, vitamin, hingga protein dengan jenis yang cukup beragam. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini!

Vitamin A

Sama halnya dengan susu sapi, susu kambing pun mengandung vitamin A, bahkan dalam kadar yang sedikit lebih tinggi.

Vitamin A, seperti yang telah banyak diketahui, memiliki beragam manfaat untuk merawat kecantikan kulit. Misalnya mencerahkan, merangsang regenerasi sel kulit baru, hingga membantu melawan kemunculan tanda-tanda penuaan dini.

Vitamin C

Kandungan selanjutnya yang ada dalam susu kambing adalah vitamin C. Jumlah nutrisi ini pun terbilang cukup tinggi, lho!

Vitamin C dikenal sangat ampuh untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Terlebih untuk melawan hiperpigmentasi dan melawan dampak buruk radikal bebas.

Ini karenda jenis vitamin satu ini mampu bekerja sebagai senyawa anti oksidan yang mampu menghambat stress oksidatif, yang bisa menimbulkan berbagai masalah pada kulit wajah.

Alpha Hydroxyl Acid (AHA)

Pasti pada enggak nyangka kalau kandungan satu ini ada dalam susu kambing. Yap! AHA merupakan salah satu bahan aktif yang belakangan ini cukup digandrungi, apalagi kalau dikombinasikan dengan BHA.

Alpha Hydroxyl Acid (AHA) dapat bekerja sebagai eksfoliator pada kulit, dengan membantu mengangkat sel-sel kulit yang sudah tua dan menumpuk pada permukaan epidermis.

Hal ini pun diketahui dapat merangsang produksi sel kulit baru yang pastinya jauh lebih sehat dan tampak lebih segar.

Vitamin B6 dan B12

Selain vitamin C dan A, dalam susu kambing pun terdapat kandungan vitamin B6 dan B12. Keduanya juga tak kalah bermanfaatnya ketika digunakan untuk merawat kecantikan kamu.

Pada vitamin B6 misalnya, yang mampu membantu pembentukan asam amino yang sangat dibutuhkan untuk memlihara skin barrier kulit.

Sementara itu vitamin B12 membantu mengatur produksi dan lokasi pigmen pada kulit. Ini pun memungkinkan pencegahan proses hiperpigmentasi pada bagian kulit tertentu.

Biotin

Biotin merupakan salah satu jenis vitamin (B7) yang sangat berperan pada metabolisme protein, karbohidrat, lemak, bahkan diyakini mampu menjaga kesehatan kulit dan rambut kamu.

Mineral

Nah, enggak jauh berbeda dengan susu sapi, dalam susu kambing pun terdapat beberapa jenis kandungan mineral. Yang merupakan salah satu micronutrient yang juga dibutuhkan oleh tubuh dan berguna untuk merawat kecantikan kulit tubuh kita.

Beberapa jenis mineral yang ada dalam susu kambing antara lain zinc (seng), kalsium, dan kalium. Zinc dapat bekerja untuk mengontrol produksi minyak, merawat dan menyembuhkan jerawat lebih efektif, hingga mampu menghilangkan bekasnya.

Selain itu, seng pun sangat dibutuhkan untuk pembentukan membran sel dan protein, anti peradangan, hingga perlindungan kulit dari sinar ultraviolet.

Sementara itu, kalsium pun diketahui sangat berpengaruh pada kesehatan dan kecantikan kulit kamu. Sebab, jenis mineral ini rupanya paling banyak ditemukan pada lapisan epidermis kulit dan mampu bekerja menstimulus proses regenerasi kulit.

Tak kalah hebatnya, kalium pun memiliki manfaat yang baik untuk merawat kecantikan kulit. Jenis mineral ini dapat membantu menjaga kelembapan alami pada kulit. Serta sangat efektif dalam membuat kulit wajahmu jadi lebih halus, lembut, dan terlihat kencang.

Nah, itu adalah beberapa kandungan nutrisi yang ada dalam susu kambing dan gunanya untuk merawat kecantikan kamu.

Selain dari kandungan yang telah disebutkan di atas, sebenarnya bahan alami ini pun memiliki banyak nutrisi lain yang enggak kalah pentingnya.

Berbagai Manfaat Susu Kambing untuk Kecantikan Kulit

mencerahkan wajah

Setelah mengetahui berbagai kandungan di atas, kamu pasti sudah memiliki gambaran mengenai manfaat susu kambing untuk kecantikan kulit.

Agar kamu tahu lebih jelas, berikut berbagai manfaat susu kambing untuk kecantikan kulit. Simak sama-sama, yuk!

Melembapkan Kulit

menenangkan kulit

Manfaat pertama dari susu kambing untuk kulit wajah adalah dapat membantu melembapkan kulit dan menjaganya agar tidak mudah menguap.

Ini dikarenakan dalam susu kambing terkandun trigliserida dan asam lemak, yang mampu mengembalikan dan mengisi kelembapan yang hilang dari lapisan kulit.

Tak hanya itu, susu kambing pun diketahui memiliki pH yang sama dengan kulit wajah kamu. Sehingga apabila digunakan untuk pemakaian topical, bisa membuat kulit jadi lebih terhidrasi.

Mencerahkan Kulit Wajah

manfaat saffron untuk wajah

Enggak Cuma melembapkan, susu kambing pun disinyalir mampu membantu mencerahkan kulit wajah kamu.

Kandungan asam laktat yang membantu kulit tetap terhidrasi dengan baik, sehingga dapat melawan kulit kusam dan menjadikannya lebih cerah alami.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa menggunakan susu kambing sebagai masker alami maupun memakai skincare berkandungan bahan yang sama.

Membantu Mengatasi Jerawat

Punya masalah jerawat membandel dan meradang? Coba, deh, rawat kulitmu menggunakan susu kambing secara alami.

Susu kambing dapat bersifat sebagai antiradang, yang mampu menenangkan gejala peradangan dan iritasi yang diakibatkan oleh jerawat.

Sementara itu, kandungan antioksidannya mampu merawat jerawat dan membuatnya kering dengan lebih cepat.

Susu kambing pun mengandung asam alfa hidroksi alami yang mampu sebagai eksfoliator untuk mengangkat sel-sel mati dari permukaan kulit.

Mencegah Penuaan Dini

mencegah munculnya tanda-tanda penuaan

Manfaat susu kambing untuk wajah lainnya adalah mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Sinar matahari, polusi, dan berbagai racun lingkungan lainnya dapat membuat tanda penuaan muncul secara premature pada kulit wajah.

Mulai dari munculnya bercak-bercak hitam, kulit yang jadi kering, kusam, keriput, hingga tampak kendur.

Namun kamu enggak perlu khawatir. Sebab, susu kambing bisa membantu menangkal dan mengatasi kemunculan tanda-tanda penuaan dini.

Ini karena bahan alami ini mampu merangsang produksi kolagen dalam tubuh, sehingga kelembapan alami pada kulit pun akan terjaga. Wajahmu juga akan tampak lebih lembut, garis dan kerutan halus tersamarkan, dan kulit jadi lebih kencang.

Menstimulus Proses Regenerasi Kulit

cara merawat wajah dengan greentea

Sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit wajah bisa jadi penyebab munculnya berbagai masalah pada wajahmu, lho.

Misalnya wajah yang jadi kusam, penyumbatan pori-pori yang berujung dengan munculnya jerawat, juga dapat membuat penampilanmu terlihat lebih tua dari seharusnya.

Untuk mengatasi penumpukan sel kulit mati ini kamu bisa melakukan eksfoliasi secara rutin. Susu kambing bisa jadi bahan alami yang membantumu dalam hal ini juga, Ladies.

Sebab kandungan vitamin A-nya dapat bekerja sebagai eksfoliator dan mengangkat berbagai kotoran sert sel mati dari permukaan kulit.

Setelah sel-sel mati terangkat, kulit wajahmu pun akan senantiasa kembali sehat dan cerah alami. Terlebih vitamin A pun dikenal mampu merangsang proses regenerasi sel yang akan mengembalikan keremajaan kulit wajahmu.

Membuat Kulit Lebih Lembut dan Kenyal

manfaat emas untuk wajah

Merasa wajahmu kasar dan banyak kerutan di bagian ekspresi? Well, pastinya bikin bete dan penampilanmu jadi enggak maksimal, dong!

Nah, manfaat susu kambing untuk kecantikan wajah selanjutnya adalah dengan membuat kulitmu terasa lebih lembut dan kenyal.

Tentunya kamu sudah sering mendengar manfaat ini dari beberapa produk susu kambing yang beredar di pasaran.

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam susu kambing dapat merangsang produksi kolagen dalam tubuh serta membuat kulit lebih kenyal.

Tak hanya, kemampuan susu kambing yang dapat melembapkan kulit pun bisa membuatmu tersa lebih mulus. Dengan penggunaan topical secara rutin, kamu akan merasakan manfaat ini dalam waktu yang relative cukup cepat.

Memperkuat Skin Barrier

Paparan sinar ultraviolet sangat berbahaya untuk tubuh. Sinar ultraviolet dapat memicu munculnya penuaan dini, kulit terbakar gangguan mata hingga risiko kanker kulit.

Kamu dapat memanfaatkan produk kecantikan yang mengandung susu kambing. Jangan lupa untuk rutin menggunakna produk tersebut agar hasilnya maksimal.

Melembutkan Bagian Kulit yang Kering

kulit kering dan dehidrasi

Salah satu masalah yang dialami oleh banyak ornag yaitu kulit yang terasa kering. Biasanya terdapat beberapa titik kulit yangt erasa kering dan kasar.

Manfaat ini didapatkan berkat kandungan asam laktat pada susu kambing, yang dapat membantu membersihkan sel-sel mati pada kulit. Jika kamu ingin melembutkan bagian kulit yang kering, kamu dapat memanfaatkan produk-produk berabahan utama susu kambing.

Mencegah Adanya Kriput

Semakin bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan pun akan muncul. Salah satunya yaitu kulit keriput, yang diakibatkan oleh produksi kolagen yang berkurang.

Kamu dapat memanfaatkan susu kambing untuk mencegah kulit keriput. Mulailah untuk mengonsumsi susu kambing atau memakai maskert berbahan dasar susu kambing.

Melindungi Kulit dari Stress Lingkungan

Manfaat susu kambing lainnya yaitu dapat menjaga lapisan kulit terluar dari berbagai pengaruh buruk stressor lingkungan.

Kandungan vitamin B3 (niacin) dalam susu kambing dapat bekerja sebagai barrier yang melindungi kulit dari radikal bebas, baik yang berasal dari asap, polusi, hingga paparan matahari berlebihan.

Epidermis kulit merupakan jaringan kulit terluar, yang sangat penting untuk melindungi jaringan lain di bawahnya. Nah, dengan memakai susu kambing sebagai skincare topical, kamu dapat menutrisi kulit dan lapisan epidermis ini dapat terjaga dengan lebih optimal.

Manfaat Susu Kambing untuk Kecantikan Rambut

khasiat susu untuk kecantikan

Selain untuk kulit, susu kambing pun dapat mempercantik tampilan rambutmu. Kira-kira apa saja manfaat susu kambing untuk kecantikan rambut? Cek fakta-faktanya berikut ini!

Menutrisi Rambut dan Kulit Kepala

Susu kambing merupakan salah satu bahan terbaik dan dapat dijadikan andalan untuk mengembalikan kesehatan rambut.

Susu kambing pun membuat rambut tidak mudah bercabang dan senantiasa kuat serta halus.

Sebab dalam susu kambing terdapat berbagai kandungan yang bisa menutrisi kulit kepala dan menyehatkan rambut.

Salah satunya adalah kalsium yang sangat baik untuk memperkuat dan melembutkan rambut.

Menjaga Kelembapan Alami pada Rambut

Kandungan protein yang ada dalam susu kambing dapat melapisi batang-batang rambut, sehingga menjaga kelembapan alami yang ada di dalamnya tidak mudah menghilang.

Hasilnya, rambutmu pun enggak akan mudah kering dan kasar. Bahkan akan senantiasa tampak sehat, segar, dan terawat.

Menjadikan Rambut Lebih Lembut dan Mudah Diatur

Ketika kelembapan rambut lebih terjaga, maka secara otomatis tekstur rambut pun akan jauh lebih halus dan lembut.

Hal ini pun dapat mencegah rambut jadi kering dan kusut. Akhirnya, rambut kamu juga akan jadi mudah diatur.

Setelah mengetahui berbagai manfaat susu kambing untuk kecantikan kulit dan rambut di atas, apakah kamu ingin menggunakannya sebagai perawatan wajah rutinmu?

Well, susu kambing cenderung tidak menimbulkan reaksi negative bagi kulit wajahmu. Maka, cukup aman untuk mengaplikasikannya sebagai masker wajah alami.

Namun, jika kamu ingin menggunakan cara yang lebih praktis, bisa juga dengan memakai skincare berkandungan susu kambing.

Yang hingga kini masih sangat banyak ditemui di pasaran, jenisnya juga sangat beragam. Mulai dari pelembap wajah, serum, krim malam, dan lain sebagainya.

About Author

Related posts

Leave a Comment