Bikin Kulitmu Glowing, Cek Deretan Manfaat Yogurt untuk Kecantikan Ini

manfaat yogurt untuk kecantikan (2)

Yogurt merupakan salah satu jenis probiotik yang paling sering digunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit.

Apalagi kalau digunakan dalam berbagai racikan masker organic rumahan, jelas enggak bakalan kehitung berapa banyak resep yang bisa dipraktekkan di rumah.

Hal ini terbilang sangat wajar, mengingat kandungan nutrisi dalam semangkuk yogurt sangatlah besar dan bermanfaat untuk tubuh juga kulit wajah kamu.

Well, tanpa banyak basa-basi, mari cari tahu serba-serbi tentang yogurt dan manfaatnya untuk kecantikan kulit kita!

Kandungan Gizi dalam Yogurt yang Baik untuk Kecantikan

khasiat yogurt untuk kecantikan (3)

Yogut mengandung begitu banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain energi, protein, dan karbohidrat, produk yang dihasilkan dari fermentasi susu ini juga mengandung berbagai vitamin dan mineral.

Sama halnya dengan susu, yogurt pun kaya akan kandungan mineral dan vitamin, misalnya kalsium, fosfor, kalium, vitamin A, serta vitamin B kompleks.

Jenis vitamin yang tidak terdapat secara alami pada yoghurt adalah vitamin D, tapi hal ini telah disiasati melalui fortifikasi terhadap berbagai merk yoghurt.

Zinc

Jenis mineral satu ini dapat membantu mengontrol produksi sebum, dapat merawat dan meringankan jerawat dengan lebih cepat, serta memudarkan bekasnya.

Tak hanya itu, zinc pun dibutuhkan dalam pembentukan membran sel dan protein, anti peradangan, dan meningkatkan perlindungan kulit dari sinar ultraviolet.

Vitamin B Complex

Dalam yogurt terdapat kandungan vitamin B complex yang cukup tinggi. Senyawa satu ini dapat berperan sebagai antioksidan yang mampu merangsang sirkulasi darah agar lebih lancar.

Debgan demikian, oksigen dan nutrisi yang ada dalam aliran darah akan sampai ke seluruh sel tubuh, termasuk bagian kulit kita. Akhirnya, proses regenerasi sel kulit pun akan terus berlangsung dan membuat wajah kita senantiasa tampak sehat serta  lebih awet muda.

Kalsium

Yogurt mengandung banyak jenis mineral, salah satunya kalsium. Kandungan satu ini bisa membantu menjaga kesehatan kulit dengan berkerja menstimulus epidermis untuk meregenerasi kulit.

Dengan begitu, kulit tubuh akan tampak lebih sehat dan kencang. Tak hanya itu, dengan terpenuhinya kebutuhan kalsium pada kulit kita, maka dapat membuat kulit jadi lebih lembap, skin barrier meningkat.

Asam Laktat

Jenis asam satu ini terbilang cukup berbeda dengan yang lain, sebab asam laktat terbilang cukup lembut dan enggak mudah bikin kulit kering.

Sebaliknya, asam laktat mampu meningkatkan kelembapan kulit wajah kita, namun tetap mengelupas kulit mati yang sudah tidak sehat.

Berbagai Khasiat Yogurt untuk Kecantikan Kulit

yogurt bahan masker organik

Setelah mengetahui berbagai kandungan dari yogurt di atas, kamu pasti sudah memiliki gambaran umum soal manfaat bahan alami satu ini untuk kecantikan kulit wajah.

Namun, untuk lebih jelasnya enggak ada salahnya buatmu menyimak lebih jauh tentang manfaat yogurt untuk kecantikan kulit serta cara pemakaiannya di bawah ini.

Mencerahkan Kulit

mencerahkan kulit

Manfaat yogurt untuk kulit yang pertama adalah mencerahkannya secara alami. Ini berkat kandungan asam laktat di dalamnya yang mampu bekerja menghambat pembentukan enzim tironasinase.

Tirosinase merupakan jenis enzim yang bisa merangsangan dan memproduksi melanin pada kulit, yakni sebuah pigmen yang membuat warna kulit tampak lebih gelap.

Ketika produksi melanin dapat dihambat, maka warna kulit pun dapat berubah jadi lebih cerah dan sehat secara alami.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Selain menghambat produksi melanin, hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat wajahmu jadi tampak lebih cerah adalah runtin melakukan eksfoliasi sel kulit mati dari permukaan kulit.

Nah, yogurt bisa jadi alternatif yang tepat bagimu untuk membantu membersihkan sel kulit mati. Sebab dalam bahan alami satu ini terdapat senyawa alpha hydroxy acid (AHA) yang dapat bekerja sebagai eksfoliator alami.

Kabar baiknya lagi, ketika proses eksfoliasi dilakukan, yogurt tidak akan rentan membuat kulit kamu teriritasi. Karena kandungan anti inflamasi di dalamnya yang dapat menenangkan dan meredakan peradangan pada kulit.

Melembapkan Kulit

melembutkan kulit

Sebagai salah satu jenis probiotik, melembapkan kulit jadi salah satu manfaat yogurt untuk kecantikan kulit selanjutnya.

Terlebih kandungan asam laktat di dalamnya yang mampu membantu mengembalikan dan mempertahankan kelembapan alami kulit. Sehingga dapat memberikan kesan menyegarkan, sehat, dan kencang pada wajah.

Untuk mendapatkan manfaat ini kamu bisa rutin menggunakan masker yogurt selama sekali seminggu, sambil melakukan pijatan lembut pada wajah.

Ini akan membuat kulit semakin rileks, peredaran yang ada di bawah dermis pun kian lancer, serta membantu penyerapan kandungan yogurt agar lebih maksimal.

Mengurangi Lingkaran Hitam di Area Mata

Lingkaran hitam di area mata kadang bikin penampilan kita enggak maksimal, misalnya terlihat mengantuk dan tidak segar sama sekali. Kondisi ini lebih umum dikenenal dengan istilah mata panda.

Nah, ternyata yogurt bisa membantu mengatasi mata panda, lho. Yap, kamu bisa menggunakannya sebagai under mask alami dan mengaplikasikannya secara rutin pada malam hari.

Ini berkat kandungan zinc dan zat antioksidan yang ada dalam yogurt mampu membantu mengatasi sel kulit yang bermasalah, juga menutrisinya kembali sehingga tampak lebih cerah dan sehat.

Meredakan Sunburn

Terlalu sering beraktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari, memungkinkanmu berisiko terkena sunburn atau kondisi di mana kulit terbakar paparan sinar matahari yang berlebihan.

Namun kamu enggak perlu khawatir, sebab yogurt bisa membantu meredakan iritasi atau luka yang diakibatkan oleh sunburn.

Kandungan zinc, anti oksidan, dan senyawa anti inflamasi dalam yogurt mampu menenangakna dan meredakan sensai terbakar serta gatal yang terjadi.

Di samping itu, zinc pun diklaim dapat membantu mengurangi kemerahan dan perdangan sekaligus mengembalikan keseimbangan minyak alami pada kulit.

Mencegah Munculnya Jerawat

Kalau kamu memiliki jenis kulit yang rentan terkena jerawat, yogurt bisa jadi jawaban atas kegelisahanmu tersebut.

Gimana enggak? Pasalnya yogurt dapat melawan  bakteri penyebab jerawat dan membantu mengontrol produksi sebum pada wajah.

Tak hanya itu, kandungan probiotik dalam yogurt pun terbukti dapat mengurangi peradangan dengan cara mengatasi jerawat dan mencegah kemunculannya kembali.

Melindungi Kulit dari Sinar UV

melindungi dari sinar matahari

Kulit kita memiliki skin barrier yang bertugas melindungi kulit dari stressor lingkungan, seperti radikal bebas, polusi, bahkan paparan sinar UV.

Nah, sayangnya skin barrier ini bisa melemah, lho. Apalagi kalau kamu tidak terlalu peka dan telaten merawat kesehatan kulit wajahmu.

Untungnya, yogurt bisa membantu meningkatkan skin barrier dan melindungki kulit dari paparan sinar matahari yang berlebihan.

Dengan begitu, dampak buruk dari sinar ultraviolet pun dapat diminimalisir. Seperti menghambat kemunculan sunspot, mencegah kulit jadi kering dan kusam, hingga menjaga kulit agar tidak mudah terkena sunburn.

Meningkatkan Elastisitas Kulit

Seiring dengan bertambahnya usiamu, maka elastisitas dan produksi kolagen pada kulit pun akan menurun secara alami.

Hal ini akhirnya memicu kemunculan kerutan dan garis halus pada sudut-sudut ekspresi di wajah kita.

Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan yogurt sebagai perawatan kecantikan rutinmu. Sebab, bahan satu ini bisa meningkatkan elastisitas kulit dan membuatnya kembali terasa lebih kenyal.

Mengurangi Gejala Peradangan

Zat anti peradangan dalam yogurt bisa membantu menenangkan kulit yang meradang, baik yang diakibatkan oleh jerawat maupun iritasi akibat paparan sinar matahari.

Bahkan, berbagai artikel kesehatan menyebutkan bahwa yogurt dapat meredakan rasa nyaman akibat penyakit kulit, misalnya rosacea, psoriasis, hingga eksim kulit ringan.

Mengobati Infeksi pada Kulit

Manfaat yogurt untuk kecantikan kulit selanjutnya adalah mampu mengobati dan mengatasi infeksi pada kulit. Ini dikarenakan dalam yogurt terdapat senyawa anti inflamasi dan anti mikroba yang cukup tinggi.

Meski demikian, kamu kurang disarankan untuk menggunakan yogurt secara gegabah sebagai perawatan tunggal pada wajah yang sedang terinfeksi kulit atau terdapat luka terbuka. Sebaiknya kunjungi dokter spesialis dan lakukan konsultasi secara langsung.

Berbagai Resep Masker Yogurt Sesuai dengan Jenis Kulit Wajahmu

masker wajah

Telah disebutkan sebelumnya bahwa yogurt cukup sering digunakan sebagai masker wajah, resep dan cara pembuatannya pun telah banyak ditulis di Internet.

Namun, enggak semua dari resep itu aman untuk kamu coba, sebab kondisi wajah seseorang tidaklah sama satu sama lain.

Untuk itu, khusus buat kamu, berikut beberapa resep masker yogurt sesuai dengan jenis dan kebutuhan wajah yang bisa kamu coba di rumah!

Masker Yogurt untuk Kulit Wajah Berminyak

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa yogurt dapat membantu mengatasi masalah kulit berminyak dengan menghambat produksi sebum berlebih.

Nah, kamu bisa menggunakan yogurt sebagai masker alami. Caranya cukup sederhana, tinggal ikuti langkah di bawah ini.

  • Siapkan yogurt plain, tanpa rasa-rasa, ya!
  • Aplikasikan pada wajah secara merata.
  • Tunggu 15-20 menit saja dan setelahnya bisa kamu bilas dengan air bersuhu normal.

Masker Yogurt untuk Kulit Wajah Kering

Untuk mengatasi masalah kulit kering, kamu dapat mengkombinasikan yogurt, oatmeal, dan madu.

Ketiga bahan alami ini akan bekerja untuk mengembalikan kelembapan alami kulit. Sekaligus membuatnya tampak lebih halus, glowing, dan lembut secara alami.

  • Campurkan dua sendok makan plain yogurt, satu sendok makan oatmeal, dan satu sendok makan madu manuka.
  • Setelah pasta masker rata, kamu bisa aplikasikan ke seluruh permukaan kulit, terutama area yang paling mudah mengalami kekeringan.
  • Diamkan masker yogurt pada wajah sekitar 15-20 menit saja.
  • Setelah selesai, kamu bisa bilas menggunakan air bersuhu normal hingga bersih.

Masker Yogurt untuk Kulit Wajah Sensitif

Merawat kulit bertipe sensitif memang tidaklah mudah, kamu harus ekstra hati-hati dalam memilih produk perawatan kecantikan tertentu.

Nah, kalau kamu penasaran menggunakan masker yogurt, kamu bisa coba menggunakan resep khusu untuk kulit sensitif ini.

Yakni menggunakan campuran yogurt dan lidah buaya. Keduanya mampu menenangkan dan memberikan sensasi menyejukkan pada kulit, terutama yang mengalami peradangan atau sunburn.

  • Campurkan seperempat cangkir plain yogurt, satu sendok madu manuka, dan satu sendok makan gel aloe vera ke dalam wadah yang sama.
  • Aduk hingga tercampur sempurna dan membentuk pasta masker yogurt alami yang kamu inginkan.
  • Setelah itu, aplikasikan pada wajahmu dan biarkan masker selama 10-15 menit lamanya.
  • Baru setelah itu kamu bisa membilasnya sampai bersih.

Untuk kulit wajah yang cenderung normal, kamu bisa lebih bebas memilih kombinasi masker yogurt. Kamu bisa mencampurnya dengan buah-buahan yang kaya akan vitamin dan nutrisi penting bagi kulit.

Well, selain dengan masker organic, kamu bisa merasakan manfaat yogurt untuk kecantikan kulit dengan memakai produk-produk skincare dengan kandungan yang sama.

Nah, sampai sini dulu, ya! Kalau kamu punya tips lain soal masker alami dari yogurt kasih tahu kami lewat kolom komentar, ya!

See you!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment