Intip Manfaat Beras untuk Wajah dan Resep Membuatnya Sendiri di Rumah

manfaat beras untuk kecantikan (1)

Tahukah kamu kalau beras juga memiliki banyak manfaat untuk mememlihara kecantikan kulit wajah?

Sebenarnya, pemanfaatan beras untuk merawat kecantikan secara tradisional telah dilakukan sejak zaman dahulu. Namun pengolahannya masih sangatlah minim, yakni digunakan sebagai bedak atau cuci muka saja.

Kini, seiring dengan canggihnya teknologi dan banyaknya penelitian yang dilakukan, beras diekstraksi dan dijadikan sebagai bahan dasar berbagai formula produk perawatan kecantikan.

Kira-kira apa sih yang membuat beras jadi begitu special dan apa saja manfaatnya untuk kesehatan kulit wajah?

Untuk lebih jelasnya, simak berbagai manfaat beras untuk wajah dan cara memakainya berikut ini?

Mengontrol Produksi Sebum

cara merawat wajah dengan greentea

Kulit yang berminyak biasanya juga mudah mengalami jerawat dan komedo, sebab minyak yang ada dipermukaan kulit dapat memerangkap kotoran dan debu di pori-pori.

Salah satu manfaat beras untuk wajah adalah mampu mengontrol produksi sebum. Sehingga, bahan alami ini akan cocok digunakan untuk kamu yang memiliki kulit berminyak atau acne pore.

Meski begitu, beras enggak akan membuat kulitmu kering, melainkan tetap menjaga kelembapan alami yang ada pada kulit.

Membersihkan Wajah Secara Maksimal

manfaat niacinamide untuk kecantikan

Dengan kebersihan wajah yang terjaga dengan baik, maka kulit pun akan jadi lebih sehat dan terawat. Bahkan beberapa permasalahan kulit seperti jerawat, komedo, hingga infeksi bakteri bisa dicegah.

Selain mampu mengontrol produksi sebum agar tidak berlebihan, beras pun bisa membantu membersihkan wajah dari kotoran dan minyak secara maksimal.

Beras diyakini bisa berperan aktif sebagai eksfoliator alami untuk wajah. Kamu pun bisa menggunakannya sebagai scrub dan ampuh mengangkat sel kulit mati serta sisa debu yang menempel di wajah.

Kabar baiknya lagi, bahan alami satu ini terbilang sangat ramah untuk semua jenis kulit. Bahkan kalau kamu memiliki jenis kulit yang sensitif, beras tidak akan menimbulkan iritasi kulit.

Menjaga Keremajaan Kulit

manfaat hyaluronic acid untuk wajah

Tanda-tanda penuaan bisa muncul di kulit lebih cepat daripada waktunya, hal ini dipicu oleh paparan radikal bebas dan sinar ultraviolet dari matahari secara berlebihan.

Keduanya dapat memicu kerusakan pada sel kulit, sehingga menimbulkan berbagai masalah seperti flek hitam, hiperpigmentasi pada kulit, hingga warna kulit yang tidak merata.

Nah, tak hanya membersihkan, salah satu manfaat beras untuk wajah adalah mampu menjaga keremajaan kulit.

Ini dikarenakan, beras mengandung selenium yang mampu bekerja sebagai anti inflamasi dan membantu mempertahankan elastisitas kulit.

Tak hanya itu, kandungan anti oksidan yang ada dalam beras pun disinyalir mampu menstimulus produksi kolagen. Yan bisa mempertahankan keremajaan kulit, dengan menjadikannya lebih kecang dan enggak mudah keriput.

Mencerahkan Kulit Wajah

mencerahkan kulit wajah

Siapa, sih, yang tidak pingin punya wajah cerah, lembut, dan glowing? Penggunaan beras sebagai perawatan wajah secara topical bisa membantumu memiliki tampilan kulit idaman tersebut.

Ini disebabkan kandungan gamma-oryzonol dalam beras yang mampu mengontrol produksi melanin pada kulit wajah kamu.

Zat ini sebenarnya juga sering digunakan dalam berbagai produk pencerah kulit, sebagai booster maupun sebagai bahan utama dalam formulasinya.

Sebagai Anti-oksidan Alami

Selain dari dalam tubuh, factor eksternal seperti polusi, paparan sinar matahari, serta stressor lingkungan lain bisa sangat berpengaruh pada kesehatan dan kecantikan kulit wajah kamu.

Terlebih jika kondisi kulitmu sebelumnya memang sudah tidak sehat, dan skin barrier yang ada juga tidak mampu bekerja maksimal untuk melindungi wajah dari pengaruh stress oksidatif.

Jika sudah begitu, akan banyak masalah kesehatan kulit yang kamu alami, baik dari yang ringan sampai yang cukup complicated. Misalnya jerawat, komedo, kulit yang berubah kusam dan kasar, hingga munculnya benih-benih kanker kulit.

Dengan memanfaatkan beras sebagai bahan perawatan wajah alami, kamu bisa mengatasi dan meminimalisir dampak buruk lingkungan pada wajahmu,

Sebab, beras mengandung senyawa antioksidan yang tinggi dan bisa memperbaiki kerusakan pada sel-sel kulit wajahmu.

Mengecilkan Pori-pori Wajah

Pori-pori wajah yang besar tentu enggak hanya membuat kulit wajahmu tampak kasar, melainkan bisa  menyebabkan wajah jadi lebih berminyak, dan malah rentan terkena jerawat.

Ini karena, berbagai kotoran, debu, dan minyak akan masuk serta menumpuk pada lubang pori-pori. Hasilnya akan terjadi penyumbatan, yang juga bakalan memicu peradangan, hingga jerawat pada kulit.

Jika sudah begitu, maka kulit wajahmu pun akan tampak lebih kusam dan tidak terawat. Masalah lain yang juga bisa saja terjadi adalah membuat make up kamu tidak bisa menyatu dalam kulit dan akhirnya akan mudah luntur.

Menghilangkan Jerawat dan Mencegah Kemunculannya

jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang paling sering muncul dan dialami oleh setiap orang. Mulai dari remaja, remaja dewasa, hingga orang yang sudah dewasa pun akan sangat mungkin mengalami masalah satu ini.

Kemunculannya pun dipicu oleh banyak hal, termasuk karena factor kebersihan lingkungan, kurangnya asupan nutrisi, penggunaan kosmetik yang salah, hingga perubahan hormone pada tubuh.

Kalau kamu bermasalah dengan jerawat, beras bisa jadi jawaban dari persoalan yang kamu alami tersebut.

Kemampuan beras yang dapat mengontrol sebum dan mengecilkan pori-pori kulit pun bisa mencegah kemunculan jerawat kembali.

Melembutkan Kulit

Kulit wajahmu terasa kasar dan banyak bekas jerawat yang mengganggu? Well, udah waktunya kamu mencoba mengatasi hal itu dengan cara alami, yakni menggunakan jerawat.

Ini dikarenakan dalam beras terdapat berbagai kandungan nutrisi dan anti oksidan alami yang baik untuk merawat kesehatan kulit.

Selain itu, beras juga diketahui mampu mengangkat kotoran dan sel kulit mati dari permukaan kulit. Hal ini tentunya bisa membuat tekstur kulit wajah jadi lebih lembut dan terasa berkali-kali lebih mulus.

Resep untuk Membuat Masker Alami Dari Beras

manfaat beras untuk kecantikan (2)

Saking sering dan umumnya penggunaan beras untuk merawat kulit, berbagai jenis resep masker alami dengan bahan ini pun bisa kamu temukan dengan mudah di Internet.

Namun, tentunya enggak semua jenis masker itu bisa kamu coba dan aplikasikan pada wajah. Untuk itu ada baiknya memilih resep yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulitmu, seperti beberapa resep berikut ini.

Masker Beras untuk Kulit Kering

Untuk merawat kulit kering, kamu bisa mengombinasikan beras dan kayu manis sekaligus sebagai masker wajah alami.

Kandungan anti oksidan yang tinggi dalam beras dan kayu manis bisa menangkal radikal bebas. Serta membantu mengembalikan kelembapan alami pada kulit yang menghilang.

Untuk mendapatkan kelembapan yang lebih optimal, kamu bisa menambahkan gliserin dalam campuran beras dan kayu manis.

Langkah membuat masker alami:

  • Masak beras hingga lunak, secukupnya saja.
  • Tambahkan dua sendok kayu manis dan gliserin, dengan takaran yang sama.
  • Setelah tercampur dan terbentuk pasta masker yang diinginkan, aplikasikan pada wajahmu.
  • Tunggu sampai kandungan terserap sempurna, paling maksimal selama 15 menit saja.

Masker Beras untuk Kulit Berminyak

Beras dan madu dapat menjadi masker alami untuk kulit berminyak yang wajib kamu coba. Sebab perpaduan antara kedua bahan ini mampu mengontrol produksi sebum yang berlebihan, membantu membersihkan pori-pori, hingga melawan bakteri penyebab jerawat.

Lebih kerennya lagi, penggunaan masker ini pun enggak akan membuat wajahmu kering apalagi dehidrasi. Jadi akan sangat aman untuk kamu coba di rumah.

Agar kelembapan kulit lebih terjaga, kamu pun bisa susu segar saat membuat pasta masker alami dari beras satu ini.

Langkah pembuatan masker beras:

  • Siapkan tiga sendok makan beras yang telah dimasak, dua sendok makan madu, dan satu sendok makan susu segar.
  • Aduk ketiga bahan tersebut hingga merata dan terbentuk pasta masker yang kamu inginkan.
  • Oleskan pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnya.
  • Tunggu selama 15-20 menit saja, ya. Pokoknya, sampai kandungan masker meresap dengan optimal.
  • Bilas wajah hingga bersih dengan air bersuhu normal.

Masker Beras untuk Kulit Berjerawat

Untuk mengatasi jerawat, kamu bisa memadukan beras dengan kunyit. Sebab bahan alami ini dikenal mampu mengatasi jerawat dan memudarkan bekasnya secara bertahap.

Langkah membuat masker beras untuk jerawat:

  • Rendam beras scukupnya dalam selama 12 jam.
  • Tiriskan kemudian tumbuk beras hingga halus.
  • Campurkan bubuk beras dengan kunyit dan madu.
  • Kemudian aplikasikan pada permukaan kulit hingga merata.
  • Diamkan masker beras di wajahmu selama 15 menit, kemudian bilas hingga bersih, ya!

Selain dijadikan masker wajah alami, kamu bisa mendapatkan manfaat beras untuk wajah melalui berbagai produk kosmetik yang dijual di pasaran.

Namun, sebelum benar-benar memakainya, pilihlah produk yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulitmu. Agar manfaat yang kamu dapatkan pun bisa lebih optimal dan enggak bikin alergi pada kulit.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment