Tak Banyak yang Tahu – Manfaat Minyak Jarak untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

minyak esensial kenanga

Carrier oil merupakan salah satu jenis minyak alami yang sangat bermanfaat untuk tubuh dan kulit. Salah satu jenis minyak pembawa yang cukup banyak digunakan untuk perawatan kulit dan rambut adalah minyak jarak atau castor oil.

Minyak yang diambil dari ekstraksi biji tumbuhan jarak ini memiliki manfaat yang sangat berlimpah. Selain digunakan sebagai campuran untuk makanan dan obat-obatan herbal, minyak jarak juga cukup umum digunakan dalam berbagai formula kosmetik, lho.

Mulai dari produk-produk perawatan kecantikan rambut, kulit wajah, tubuh, hingga ke ujung kaki.

Kandungan Dalam Minyak Jarak

manfaat minyak jarak untuk kecantikan

Minyak jarak kaya akan kandungan yang bisa membantu menjaga dan merawat kecantikan kulit wajah kamu. Yakni dengan membuatnya tampak lebih lembap, sehat, dan selalu tampak awet muda secara alami.

Nah, kira-kira kandungan apa saja yang ada dalam minyak jarak dan berguna untuk kesehatan kulit wajah? Cek kandungan gizi dalam minyak jarak berikut ini!

Asam Oleat

Kandungan pertama yang cukup berpengaruh dalam minyak jarak adalah asam oleat. Jenis asam non-esensial satu ini mampu menjaga kesehatan kulit dengan membuatnya jadi lembut, lembap, dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Enggak hanya itu, asam oleat pun diketahui memiliki sifat anti radang dan anti oksidan, sehingga bisa memberikan perlindungan lebih kuat pada kulit.

Tak hanya itu, karena kandungan ini pulalah minyak jarak cukup aman digunakan untuk perawatan wajah. Sebab tidak akan menimbulkan reaksi negatif dan memicu iritasi pada kulit wajah.

Asam Palmitat

Salah satu manfaat asam palmitat yang paling utama ada pada sabun, karena senyawa ini memiliki sefat emolien yang mampu menjaga kelembapan alami kulit.

Selain itu asam palmitic pun dapat membantu mengatasi kulit kering dan bersisik serta kondisi lainnya, seperti psoriasis dan eksim.

Asam Linoleat

Bentuk lain dari asam omega lemak ini tergolong memiliki tekstur yang ringan dan mudah diserap ke dalam kulit tanpa meninggalkan rasa lengket.

Tak hanya itu, asam linoleat pun snagat berguna untuk menjaga kesehatan kecantikan kulit. Utamanya untuk merawat dan mengobati kulit yang berjerawat.

Oleh sebab itulah, minyak jarak juga bisa digunakan untuk mengangkat kulit yang berminyak dan mudah berjerawat.

Asam linoleat pun diketahui mampu mengontrol produksi sebum dan mengatasi penyumbatan pada pori-pori wajah. Hal ini bisa mencegah infeksi bakteri di kulit dan menghambat pertumbuhan jerawat.

Asam Stearat

Asam stearat secara umum ditemukan dalam berbagai jenis minyak alami, baik yang didapat dari hewan maupun tumbuhan.

Kandungan dalam minyak jarak ini dapat membantu membersihkan pori-pori kulit dan mengatasi masalah minyak wajah secara berlebihan. Yang bisa berpotensi membentuk komedo dan jerawat membandel di wajah kamu.

Untuk kulit yang berminyak dan berjerawat, kandungan ini umumnya akan ditemukan pada produk sabun mandi dan sabun pencuci wajah.

Sebenarnya selain kandungan-kandungan yang disebutkan di atas, masih banyak senyawa penting lain dalam minyak jarak yang enggak kalah bergunanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh maupun kulit.

Namun, meski beragam, jumlah dari kandungan-kandungan tersebut tidak sebesar empat kandungan di atas.

Beragam Manfaat Minyak Jarak untuk Kecantikan

mencerahkan wajah

Dengan mengetahui berbagai kandungan yang ada dalam minyak jarak, kamu pasti sudah memiliki gambaran tentang manfaat jenis carrier oil satu ini untuk kecantikan.

Tanpa banyak kata lagi, simak ulasan lengkap tentang beragam manfaat minyak jarak untuk kecantikan rambut dan kulit di bawah ini.

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka Pada Kulit

Paparan sinar matahari yang berlebih dan penggunaan jenis kosmetik yang salah kadang dapat menimbulkan iritasi pada kulit wajah kamu.

Tak hanya itu, pada kondisi yang lebih parah, hal yang sama dapat menyebabkan luka pada kulit. Yang jika dibiarkan saja dapat memicu terjadinya infeksi.

Nah, manfaat minyak jarak untuk kecantikan yang pertama adalah dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka atau iritasi pada kulit.

Sebab, minyak alami ini mengandung bahan yang dapat bekerja sebagai anti inflamator alami. Sehingga dapat menenangkan peradangan dan membuat luka yang ada cepat mongering serta sembuh.

Bersamaan dengan hal itu, minyak jarak pun dapat menjadi pelembap alami pada kulit dan mencegahnya agar tidak mudah kering.

Karena dengan kulit yang tidak mudah kering, penumpukan sel kulit mati di lapisan teratas kulit juga pun dapat dicegah dan akhirnya proses penyembuhan bisa jadi lebih cepat.

Tak hanya itu, minyak jarak pun bisa menstimulus pertumbuhan jaringan kulit baru lebih cepat. Sehingga resiko infeksi pada luka yang terbuka pun akan bisa diminimalisir.

Merawat Keremajaan Kulit

manfaat minyak alpukat untuk kecantikan (2)

Siapa, sih, yang enggak pengen punya wajah yang selalu tampak cerah dan awet muda? Apalagi kalau udah berada di usia quarter life, ya.

Pasti kesel banget kalau disapa pake sapaan “Bu” atau “Bunda”, padahal dari usia saja kamu masih tergolong cukup muda.

Nah, salah satu hal yang membuat penampilan kita tampak lebih dewasa sebelum waktunya dalah tanda-tanda penuaan di wajah yang muncul secara premature.

Hal ini pun disebabkan oleh banyak hal, baik dari dalam diri kita sendiri, maupun karena factor lingkungan yang tidak sehat.

Namun, kamu enggak perlu khawati karena salah satu minyak biji jarak yang sangat diagung-agungkan adalah kemampuannya untuk merawat keremajaan kulit.

Kandungan anti oksdiannya yang tinggi membuat minyak jarak mampu melawan radikal bebas, serta memperbaiki jaringan kulit yang bermasalah dan menjadikan tampilannya lebih optimal.

Membantu Melembapkan Kulit Wajah

pelembap

Salah satu manfaat utama dari minyak jarak adalah kegunaannya sebagai pelembap kulit alami. Asam risinoleat dalam minyak jarak dapat membantu menggantikan kelembapan yang hilang dari kulit, serta mencegahnya agar tidak mudah hilang.

Ketika kulit terhidrasi dengan baik, berbagai masalah seperti keriput, garis halus, kulit yang kering, hingga tampak kusam pun dapat diatasi dengan optimal.

Penggunaan minyak jarak pun dinilai cocok untuk semua jenis kulit, karena sifatnya yang tidak menimbulkan iritasi dan bahkan cenderung menenangkan.

Merawat dan Mengasi Jerawat

kulit berjerawat

Karena kandungan senyawa anti inflamasi dan anti oksidan-nya yang tinggi, minyak jarak pun diklaim sangat membantu untuk mengobati dan merawat kulit yang berjerawat.

Kandungan anti radangnya dapat menenangkan kondisi jerawat yang disertai peradangan, membuatnya kering dan sembuh lebih cepat.

Sementara kandungan anti oksidan bisa memulihkan sel kulit yang bermasalah, memudarkan bekas jerawat, juga mengembalikan kesehatan kulit seperti semula.

Tak hanya itu, rupanya minyak jarak juga memiliki sifat anti mikroba hingga dapat melawan dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat di kulit.

Mengurangi Gejala Peradangan

skincare untuk rosacea

Ada banyak hal yang bisa memicu terjadinya peradangan di wajah, mulai dari alergi hingga karena sengatan teriknya sinar matahari.

Nah, minyak biji jarak ini mampu menenangkan dan mengurnagi gejala peradangan yang kamu alami. Apalagi yang disebabkan oleh sunburning, yang enggak hanya menyebabkan rasa perih melainkan juga membuat kulitmu mengelupas karena terbakar.

Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala

hair tonic

Selain baik untuk kulit, minyak jarak pun dikenal baik untuk merawat kesehatan rambut dan kulit kepalamu. Karena itulah, bahan alami ini akan sering kamu temukan dalam berbagai produk perawatan rambut yang dijual di pasaran.

Ini dikarenakan minyak jarak mampu menjaga kelembapan alami pada kulit kepala dan menjadikan rambut enggak mudah kering.

Apalagi rambut yang kering bisa menyebabkan kerontokan, tekstur yang kasar, bahkan membuat nutrisi dari produk perawatan rambut lain tidak terserap dengan optimal.

Merangsang Pertumbuhan Rambut

khasiat susu untuk kecantikan

Salah satu manfaat utama minyak jarak untuk rambut adalah kemampuannya untuk merangsang pertumbuhan rambut yang jauh lebih sehat.

Tak hanya itu, minyak jarak pun membantu memperkuat batang rambut dan mencegah adanya kerontokan berlebih.

Selain di kepala, minyak jarak juga bisa membantu menyuburkan brewok dan menjadikannya tampak hitam berkilau.

Mengatasi dan Mencegah Munculnya Ketombe

Apakah kamu bermasalah dengan kulit kepala yang kering dan ketombe berlebihan? Well, jangan khawatir, sebab minyak jarak bisa membantumu mengatasi masalah satu ini.

Senyawa anti inflamasi dalam minyak jarak bisa membantu mengurangi peradangan yang dapat menimbulkan ketombe di kulit kepala.

Tak hanya itu, minyak alami ini pun diketahui mampu meningkatkan kadar kelembapan pada kulit kepala dan mencegah ketombe untuk muncul lagi.

Nah, itu adalah berbagai manfaat minyak jarak untuk kecantikan kulit dan rambut. Apakah kamu tertarik menggunakan bahan alami ini sendiri?

Dengan manfaatnya yang sangat beragam tersebut, enggak heran kalau minyak jarak digunakan sebagai bahan campuran dalam berbagai produk kosmetik.

Ngomong-ngomong soal produksi kosmetik, nih, kamu bisa membuat produk skincare berkandungan minyak jarak dengan brand milikmu sendiri.

Yap, apalagi kalau bukan dengan maklon kosmetik bersama Mash Moshem Indonesia. Kamu pun bisa mengombinasikan minyak jarak dengan bahan alami lain, seperti minyak biji anggur, vitamin, dan masih banyak lainnya.

Enggak perlu takut kamu bakalan ribet ngurus ini-itu, yang perlu kamu lakukan hanyalah menghubungi pihak marketing kami dan melakukan konsultasi secara langsung.

Menarik, bukan? Kami tunggu kedatanganmu, ya!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment