Bagus untuk Rambut dan Kulit, Ketahui Manfaat Pepaya untuk Kencatikan Ini

manfaat pepaya untuk kecantikan (3)

Belakangan ini banyak sekali produk skincare yang dibuat dari bahan-bahan langkah dan hasil import dari luar negeri. Namun, tahukah kamu, kalau sebenarnya banyak bahan alami yang ada di Nusantara dan enggak kalah efektifnya untuk menjaga kecantikan alami-mu?

Well, salah satu bahan alami yang bisa kamu temukan dengan mudah dan banyak manfaatnya adalah buah pepaya!

Kamu pasti udah akrab banget sama buah satu ini, yang enggak hanya enak dibikin rujak, tapi juga telah lama digunakan sebagai bahan skincare, body care, sampai hair care.

Papaya kaya akan nutrisi yang telah terbukti mampu menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan kamu. Berikut beberapa manfaat papaya untuk kecantikan kulit dan rambut yang wajib kamu ketahui.

Manfaat Buah Pepaya untuk Kecantikan Kulit

manfaat pepaya untuk kecantikan kulit

Buah papaya juga sering digunakan dalam produk perawatan kulit tubuh dan wajah. Mulai dari sabun, losyen, masker, hingga lulur.

Mencegah Peradangan Kulit

iritasi kulit

Papaya memiliki kandungan proyeolitik atau zat pengurai protein yang dapat menenangkan dan mempercepat proses penyembuhan di epidermis.

Hal ini pun dapat mencegah adanya infeksi di area kulit yang mempunyai luka terbuka, sehingga resiko keadaan semakin memburuk pun dapat diminimalisir.

Mencerahkan Kulit

mencerahkan kulit

Manfaat papaya untuk kecantikan satu ini didukung oleh kandungan enzim papain dan asam alfa hidroksi (AHA) yang dikandungnya.

Kedua bahan ini mampu bekerja sebagai eksfolian alami yang dapat melarutkan protein tak aktif sekaligus membuat sel kulit mati dari permukaan kulit.

Untuk kamu yang memiliki masalah dengan kulit kusam, merawat tubuh dengan bahan alami ini sangat dianjurkan untuk dicoba.

Sebab, dengan pemakaian papaya atau produk perawatan berkandungan ini secara rutin, dapat membuat kulit wajah dan tubuhmu tambah cerah merona.

Memudarkan Dark Spot

cara mengatasi melasma

Bitnik hitam di wajah merupakan salah satu tanda penuaan dini yang sangat umum dialami oleh beberapa orang. Penyebabnya pun sangat beragam, bisa karena bekas jerawat ataupun karena terlalu sering terpapar sinar ultraviolet.

Nah, kalau kamu punya masalah dengan bekas jerawat atau flek hitam yang membandel dan tersebar di banyak area wajah, papaya bisa jadi salah satu solusi yang kamu pertimbangkan.

Sebab, selain dapat menenangkan kulit, papaya pun kaya akan antioksidan dan vitamin yang dapat menyamarkan serta memudarkan dark spot pada kulit.

Mengatasi Jerawat

Enggak cuma ampuh menyamarkan bekasnya, buah papaya juga dikenal efektif untuk merawat dan mengatasi jerawat membandel.

Ini karena papaya memiliki sifat anti radang yang dapat menenangkan kulit ketika jerawat mengalami peradangan, serta membuatnya jadi lebih cepat kering.

Selain itu, enzim papain pada papaya pun dapat mencegah munculnya jerawat kembali. Yakni dengan bekerja mengeksfoliasi dan mengangkat kotoran yang berpotensi menyumbat pori-pori wajah.

Karena berbagai manfaat inilah, kamu bisa dengan mudah menemukan ekstrak papaya dalam formula produk perawatan jerawat di pasaran.

Dapat Memberikan Kelembapan Pada Kulit

cara mengatasi melasma (3)

Salah satu hal yang membuat kulitmu tetap sehat dan lembut adalah dengan menjaganya agar tetap lembap sepanjang hari.

Sebab, dengan begitu skin barrier kulit pun akan jauh lebih kuat dan berbagai dampak buruk dari sinar matahari maupun radikal bebas bisa diminimalisir.

Kabar baiknya, buah pepaya bisa membantu menghidrasi kulit wajah dan tubuhmu, lho. Enggak cuma itu, bahan alami ini pun dapat mempertahankan kelembapan alami pada kulit agar tidak mudah hilang.

Mengecilkan Pori-pori Wajah

Pori-pori wajah yang besar bisa jadi salah satu penyebab munculnya berbagai masalah pada kulit kamu. Mulai dari munculnya jerawat, kondisi yang terlalu berminyak, hingga milia.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan pepaya baik dengan meramunya sendiri maupun menggunakan skincare dengan ekstrak buah ini.

Sebab, kandungan vitamin A dan C dalam buah papaya dapat membantu mengecilkan pori-pori. Nilai plus-nya lagi, pepayaenggak akan wajahmu terlalu kering dan malah memberikan kelembapan yang dibutuhkan oleh kulitmu.

Memudarkan Mata Panda

mata panda

Terlalu sering begadang atau kurang tidur bisa memunculkan lingkaran hitam di area bawah mata. Kondisi ini lebih popular dikenal dengan nama mata panda.

Memang, sih, mata panda enggak menimbulkan rasa tidak nyaman ataupun iritasi. Namun, enggak bisa dipungkiri kondisi ini bisa sangat berpengaruh pada penampilan kamu.

Misalnya dengan menimbulkan kesan lelah, letih, tak bersemagat, bahkan membuat wajahmu lebih tua dari umur sebenarnya.

Nah, buah pepaya dapat membantumu menyamarkan dan memudarkan penampilan lingkaran hitam ini.

Manfaat pepaya untuk kecantikan satu ini tak lepas dari kandungan vitamin A dan C, yang dapat membantu mencerahkan area kusam pada kulit.

Tak hanya itu, jika kamu menggunakan pepaya sebagai masker wajah alami, maka sensasi menyegarkan yang diberikannya dapat membuat syaraf pada mata lebih rileks dan aliran darah di area tersebut pun kian lancer.

Hal tersebut akan sangat berpengaruh pada tampilan mata panda, yakni membuatnya lebih baik dan tampak pudar.

Melembutkan dan Mengencangkan Kulit

melembutkan kulit

Radikal bebas sering kali menjadi penyebab munculnya berbagai tanda penuaan secara premature pada kulit. Yakni berupa warna kulit yang mengusam, munculnya kerutan dan garis halus, juga hilangnya elastisitas kulit.

Namun, kamu tak perlu khawatir. Karena buah pepaya dapat mengurangi pembentukan radikal bebas dan mencegah adanya tanda-tanda penuaan muncul terlalu dini.

Kandungan antioksidannya yang tinggi bahkan disinyalir mampu memperbaiki kondisi sel yang bermasalah, sehingga kesehatan kulit tubuh dan wajahmu bisa lebih terawat.

Mengatasi Melasma

Melasma merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang ditandai dengan munculnya bercak-bercak hiperpigmentasi pada wajah dan bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari.

Kadang kondisi ini pun sering dialami oleh ibu hamil. Namun, ketika masa kehamilan berlalu, bercak ini pun juga akan turut menghilang.

Lagi-lagi, rupanya pepaya juga dapat mengatasi melasma. Healthline mengungkapkan bahwa kandungan enzim, beta-karoten, vitamin, dan phtochemical dalam buah pepaya memiliki sifat pencerah sehingga dapat mengatasi melasma.

Tak hanya itu, kandungan papain yang ada dalam pepaya pun diyakini dapat melarutkan protein tak aktif pada kulit. Sehingga dapat membuat tampilan kulit jadi lebih cerah, lembut, dan mulus.

Manfaat Pepaya untuk Kecantikan Rambut

manfaat pepaya untuk kecantikan rambut

Enggak hanya baik untuk kulit kamu, manfaat pepaya untuk kecantikan rambut pun tak kalah banyaknya. Mulai dari menyehatkan, melembutkan, bahkan sampai mencegah munculnya ketombe pada kulit kepala.

Kok bisa, ya? Simak ulasan lengkapnya soal manfaat pepaya untuk kecantikan rambut berikut ini!

Menturisi dan Menjaga Kesehatan Rambut

Berbagai nutrisi yang ada dalam buah pepaya dapat membantu merawat kesehatan kulit kepala dan rambut.

Misalnya kandungan vitamin A yang ada dalam buah pepaya mampu menghasilkan sebum yang dapat menurtisi, memperkuat, dan melindungi rambut dari stressor lingkungan.

Merangsang Pertumbuhan Rambut

Kerontokan rambut hampir dirasakan oleh setiap orang, baik dalam jumlah normal maupun sampai mengalami penipisan rambut.

Untuk mengatasi kerontokan rambut ini, kamu bisa menggunakan produk hair care berkandungan pepaya dengan rutin.

Sebab, pepaya bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut baru dan menutrisinya untuk tetap sehat. Hal ini bisa meminimalisir terjadinya kerontokan dan malah menyuburkan pertumbuhan rambut.

Hal ini pun dapat mencegah terjadinya kerontokan pada rambut, karena batang rambut enggak akan mudah rapuh dan rontok.

Mencegah Ketombe

Selain karena gaya hidup yang kurang bersih, salah satu penyebab utama munculnya ketombe adalah jamur Malassezia di kulit kepala.

Enggak hanya muncul serbuk putih, ketombe pun menyebabkan rasa gatal yang sangat tak nyaman.

Nah, untungnyapepaya dapat mencegah kemunculan ketombe di kulit kepala kita. Ini karena sifat anti jamur dalam biji pepaya yang dapat mengendalikan dan mencegah ketombe.

Nutrisi dalam Pepaya yang Baik untuk Kulit dan Rambut

manfaat pepaya untuk kecantikan (1)

Berbagai manfaat pepaya untuk kecantikan rambut dan kulit yang telah disebutkan di atas, tentunya tidak terlepas dari berbagai nutrisi yang dikandungnya.

Pepaya dikenal kaya akan nutrisi, seperti vitamin (A,B, C, E, dan K), mineral, asam lemak, dan masih banyak lainnya.

Vitamin dalam Buah Pepaya

Vitamin merupakan salah satu jenis senyawa yang sangat berperan penting bagi kesehatan tubuh. Buah pepaya mengandung berbagai jenis vitamin, seperti vitamin A, B, C, E, dan K.

Kesemua jenis vitamin tersebut sangat bagik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Pada vitamin A, terdapat agen eksfolian alami yang membantu mengangkat sel kulit mati dan merangsang pembentukan sel baru yang lebih sehat.

Sementara itu, vitamin B dapat mengimbangi kerja vitamin A dengan membantu menjaga kelembapan kulit. Enggak sampai di sana, vitamin B pun bisa menenangkan kulit dan meredakan gejala peradangan.

Vitamin C dan E dapat membantu merawat kecantikan kulit dengan memerangi radikal bebas, serta memulihkan sel kulit yang bermasalah karena stressor lingkungan.

Ketahui juga tentang Berbagai Jenis Vitamin yang Baik untuk Kecantikan Berikut Ini.

Mineral

Mineral merupakan micronutrient yang juga berperan penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan tubuhmu.

Buah pepaya pun memiliki nutrisi ini, lho. Beberapa jenis mineral yang ada di dalam buah pepaya antara lain kalsium, kalium dan magnesium.

Untuk tahu mengenai berbagai jenis mineral yang baik untuk kulit kamu bisa baca di sini.

Asam Folat

Selain vitamin dan mineral, buah pepaya pun memiliki kandungan asam folat. Yang tentunya, sama penting dengan kedua kandungan sebelumnya.

Asam folat dapat bekerja untuk mengurai racun dari kulit kamu, sehingga dapat mengurangi terjadinya jerawat, dan merawat jerawat yang telah muncul.

Sekain itu, asam folat pun dapat menjaga keremajaan kulitmu dengan melawan kemunculan tanda-tanda penuaan dini.

Enzim Papain

Enzim ini mampu bekerja sebagai eksfoliator alami dengan mengangkat sel kulit mati dan kotoran dari wajah.

Jenis enzim satu ini dapat kamu temukan dalam getah pepaya, mau dari dalam buahnya, batang, maupun pada daunnya.

Enggak hanya itu, enzim satu ini pun terbilang berperan penting, karena hampir semua manfaat buah pepaya untuk kecantikan dihasilkan oleh kandungan ini.

Likopen

Bagi kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan, kandungan dalam pepaya ini dapat membantu mengatasi masalah sunburning dan melindungi kulit dari dampak buruk sinar ultraviolet lainnya.

Berbagai studi mengemukakan bahwa likopen mampu mengurangi kemerahan kulit dan membantu proses penyembuhan kulit yang rusak karena radiasi sinar matahari.

Itu adalah berbagai manfaat pepaya untuk kecantikan kulit dan rambut. Apakah kamu tertarik menggunakan buah ini sebagai perawatan kecantikan di rumah?

Well, kamu bisa pilih resep-resep yang disebutkan di atas, atau bisa dengan mengombinasikannya dengan bahan alami lain yang tak kalah bernutrisinya.

Jangan lupa bagikan pengalamanmu menggunakan buah pepaya untuk kecantikan di kolom komentar, ya!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment