Tenangkan Kulit, Ini Dia Manfaat Cucumber Seed Oil untuk Kecantikan

manfaat cucumber seed oil untuk kecantikan (2)

Selain menenangkan, melembapkan, dan mampu menambah perlindungan kulit, manfaat cucumber oil untuk kecantikan kulit dan rambut sangatlah beragam.

Bahan alami ini diperkirakan berasal dari India sekitar 3000 tahun yang lalu, sebelum akhirnya menyebar ke Cina. Mentimun telah lama digunakan selama berabad-abad sebagai bahan perawatan kulit dan rambut, yang dapat menyembuhkan dan menenangkan.

Bahan alami yang memiliki beragam nutrisi, dari asam linoleate, vitamin E, dan gizi lainnya ini. Mentimun dapat memberikan kerja yang sangat efektif untuk meremajakan kulit dan rambut kamu.

Untuk mendapatkan cucumber seed oil, kamu perlu mengeluarkan biji mentimun dari daging buahnya, kemudian dibersihkan dan dikeringkan. Setelah itu, minyak alami ini akan diperoleh dari metode cold press dan disaring untuk menghasilkan minyak biji mentimun murni.

Well, minyak alami ini memiliki konsistensi yang ringan dengan warna kuning jernih. Cucumber seed oil pun memiliki aroma yang lembut dan segar, sehingga ketika digunakan sebagai perawatan kecantikan kulit dan rambut akan memberikan sensasi khas yang menyenangkan.

Namun apakah manfaat cucumber seed oil untuk kecantikan memang semenarik aroma dan sensasi menyegarkan yang dihasilkannya? Well, segera simak artikel ini sampai habis agar kamu tahu lebih jauh soal cucumber seed oil dan manfaatnya untuk kecantikan ini!

Kandungan dalam Minyak Biji Mentimun

manfaat cucumber seed oil untuk kecantikan (1)

Kamu mungkin bertanya-tanya, mengapa manfaat cucumber seed oil untuk kecantikan bisa begitu beragam. Bahkan tak hanya buat kulit, minyak alami ini bisa berdampak sama baiknya untuk merawat kesehatan dan kecantikan rambut.

Nah, salah satu hal yang bikin minyak biji mentimun ini sangat baik untuk kecantikan adalah kandungannya yang sangat beragam. Penasaran apa saja kandungan dalam minyak biji mentimun yang baik buat kulit? Yuk, simak selengkapnya lewat ulasan berikut ini!

Tokoferol dan Tokotrienol

Kandungan pertama adalah tokoferol dan tocotrienol, senyawa organic yang larut dalam lemak ini secara umum dikenal dengan nama vitamin E.

Minyak alami ini dapat bekerja untuk mengurangi peradangan dan mampu menenangkan kulit wajah kamu. Tak hanya itu, senyawa ini pun bisa membantu menjaga keremajaan kulit, dengan membuatnya tetap kenyal dan sehat.

Minyak Biji Mentimun mengandung alpha-tocopherol dan gamma (γ) tocopherol yang melembabkan. Keduanya pun dapat membantu melindungi dari sinar UV dan polusi lingkungan sambil melawan radikal bebas, yang menyebabkan kerutan dan tanda-tanda penuaan.

Karenanya manfaat cucumber seed oil untuk kecantikan ini bisa sangat baik untuk merevitalisasi kulit yang terbakar sinar matahari, menghilangkan kemerahan dan gatal.

Minyak alami ini juga mengandung gamma (γ) tocotrienol, yang memiliki sifat antioksidan yang sangat baik. Dengan cepat menembus kulit, gamma-tokotrienol melawan radikal bebas pada tingkat yang jauh lebih cepat daripada tokoferol.

Fitosterol

Senyawa lain yang ditemukan dalam cucumber seed oil adalah fitosterol, atau senaywa serupa kolesterol alami yang dapat ditemukan pada tumbuh-tumbuhan.

Penggunaan minyak alami dengan kandungan ini bisa memberikan efek antipenuaan yang sangat luar biasa. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan bahwa senyawa ini benar-benar menghentikan perlambatan produksi kolagen, yang biasanya disebabkan oleh paparan sinar UV.

Inilah yang kemudian membuat cucumber seed oil bisa mencegah adanya kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Tapi itu menjadi lebih baik—fitosterol juga membantu meningkatkan produksi kolagen baru, membantu menjaga kulit kita tetap elastis dan kencang.

Asam Lemak

Cucumber seed oil pun mengandung asam lemak, yang sangat baik dalam merangsang regenerasi sel. Karenanya bisa menjaga kulit wajah dan tubuh bisa tampak lebih muda, sehat, juga terawat.

Asam lemak bertindak sebagai penjaga gerbang untuk sel-sel kita, menjaga nutrisi dan mencegah bakteri berbahaya. Dalam cucumber seed terdapat beberapa jenis asam lemak esensial, seperti yang ada dibawah ini;

Asam Linoleat (Omega-6)

Jenis asam lemak yang terdapat dalam cucumber seed oil yang pertama adalah asam linoleate atau yang juga dikenal sebagai omega-6. Meski sangat penting dan berperan aktif untuk kesehatan tubuh, asam linoleate sayangnya tidak diproduksi secara alami oleh tubuh kita.

Karenanya, penggunaan minya biji mentimun ini bisa membantu meningkatkan pelindung kulit. Khususnya dengan memberikan lapisan pelindung ekstra yang dapat menangkal dampak buruk radikal bebas pada kulit.

Cukup sering dikenal dengan vitamin F, asam linoleate memiliki sifat pelembap dan penyembuhan. Kualitas antiinfalamsinya ini pun bisa membantu merawat kulit berjerawat, menenangkan peradangan dan mencegahnya berbekas.

Asam Oleat

Asam lemak esensial lainnya yang ada dalam cucumber seed oil adalah asam oleat. Jenis asam lemak ini akan membantu mengunci kelembapan pada kulit, sehingga dapat mempertahankan kadar air yang dibutuhkan. Hasilnya, kulit wajah akan tetap terhidrasi sepanjang hari dan tampak lebih sehat.

Asam Palmitat

Kandungan lain yang ada dalam cucumber seed oil adalah asam palmitat. Jenis asam lemak satu ini bekerja aktif sebagai agen antiinflamasi, yang dapat meredakan iritasi, serta berbagai kondisi kulit yang menimbulkan peradangan.

Selain itu, asam palmitat pun diketahui tinggi dalam aktivitas antioksidan. Karenanya, senyawa ini diketahi sebagai agen anti penuaan yang efektif, mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Selain asam lemak ini, Minyak Biji Mentimun juga mengandung sejumlah kecil Asam Linolenat (Asam Lemak Esensial Omega-3) dan Asam Stearat. Keduanya bisa bekerja sama baiknya dengan kandungan asam lemak esensial lain.

Manfaat Cucumber Seed Oil untuk Kecantikan

melembutkan kulit

Setelah mengetahui berbagai kandungan gizi yang ada dalam minyak alami ini, kamu pasti sudah memiliki sedikit gambaran mengapa penggunaan cucumber seed oil untuk kecantikan sangat direkomendasikan?

Yap! Apalagi kalau bukan manfaatnya yang sangat beragam dan baik untuk kecantikan kulitmu. Well, berikut ini ada beberapa manfaat cucumber seed oil untuk kecantikan kulit yang perlu kamu tahu. Simak baik-baik, Ladies and Gentlemen!

Mengurangi Tampilan Garis Halus dan Kerutan

Salah satu manfaat cucumber seed oil untuk kecantikan adalah membantu mempertahankan keremajaan kulit. Khususnya dengan mengurangi tampilan garis halus dan kerutan yang ada di wajah.

Ini dikarenakan kandungan antioksidan dan asam lemak esensial yang ada dalam cucumber seed oil snagatlah tinggi. Kedua senyawa ini akan bekerja melawan radikal bebas, mengurangi kemunculan tanda penuaan dini, dan mempertahankan kadar kolagen dalam jaringan kulit.

Hasilnya, wajah akan tampak lebih kencang, halus karena bebas dari kerutan dan garis halus, pun dapat membuatnya tampak lebih awet muda.

Menenangkan dan Mengurangi Jerawat

Tak hanya mampu bekerja sebagai agen anti aging yang sangat baik, manfaat cucumber seed oil untuk kecantikan lainnya adalah membantu menenangkan dan mengurangi jerawat di kulit.

Bahan alami ini memiliki asam lemak esensial yang bisa bekerja sebagai agen antiinflamasi. Sehingga dapat membantu menenangkan peradangan akibat jerawat aktif, membantu melembapkan kulit, dan mendorong proses penyembuhan jerawat.

Tak Cuma itu, vitamin E yang ada dalam cucumber seed oil pun bisa bekerja untuk menymarkan bekas jerawat pada kulit.

Mengurangi Kemerahan dan Iritasi

Telah disinggung sebelumnya, bahwa cucumber seed oil sangat bagus untuk merawat kulit yang iritasi maupun mengalami peradangan. Sebab, bahan alami ini dapat membantu menyegarkan dan memberikan efek menenangkan pada kulit.

Kandungan asam lemak omega-6 dalam cucumber oil-lah yang bekerja efektif dalam mengurangi peradangan pada kulit. Meredakan kemerahan pada kulit, menenangkan iritasi, dan bekerja melembapkan kulit.

Meminimalisir Dampak Buruk Sinar Matahari

Terpapar sinar matahari secara berlebihan bisa memberikan dampak buruk pada kulit. Termasuk menyebabkan kulit terbakar, kerusakan dan penuaan sel secara premature, dan menyebabkan warna kulit tidak merata.

Untungnya, manfaat cucumber seed oil lainnya adalah memapu meminimalisir dampak buruk sinar matahari untuk kulit ini.

Kandungan vitamin E, asam lemak esensial, juga antioksidan lainnya dalam cucumber oil ini bisa meningkatkan fungsi pelindung kulit. Utamnaya untuk menangkal dampak buruk radikal bebas dan sinar matahari berlebihan.

Meningkatkan Elastisitas Kulit

Salah satu manfaat cucumber oil untuk kecantikan lainnya adalah membantu meningkatkan kekenyalan dan kekencangan kulit. Ini dikarenakan kandungan antioksidan dan serangkaian asam lemak esensial dalam cucumber oil yang mampu mendorong produksi kolagen.

Seperti yang kamu tahu, kolagen merupakan jenis protein yang banyak ditemui pada lapisan kulit. Berfungsi menjaga kadar hidrasi dan merawat kandungan elastin pada kulit, sehingga berpengaruh penting pada keremajaan kulit.

Meski dapat diproduksi secara alami oleh tubuh, produksi kolagen akan menurun seiring dengan pertambahan usia. Untungnya, dengan menggunakan cucumber seed oil akan membantu meningkatkan produksi kolagen.

Hasilnya, wajahmu akan jadi tampak lebih kencang, kenyal, dan jadi terlihat lebih awet muda. Menarik banget, ya?

Memudarkan Bintik Penuaan Akibat Matahari

Tak hanya bisa membuat kulit terbakar, paparan sinar matahari pun bisa menembus ke dalam lapisan dermis kulit. Akhirnya membaut jaringan kulit bermasalah, memicu produksi melanin, dan akhirnya bintik hitam penuaan akan muncul.

Penggunaan cucumber seed oil sebagai bagian dari perawatan kecantikan kulit kamu, akan membantu menyamarkan bintik hitam penuaan ini.

Bahan alami ini memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan yang sangat tinggi. Sehingga mampu memperbaiki sel kulit yang bermasalah, memudarkan bintik hitam penuaan, dan bahkan meningkatkan kecerahan kulit secara menyeluruh.

Siapa sangka, manfaat cucumber seed oil untuk kecantikan kulit sangat beragam, ya. Dalam satu bahan alami ini kamu enggak hanya bisa menyehatkan dan melembapkan kulit, melainkan membuatnya tampak lebih cantik dan berseri alami.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment