Banyak Banget, Catat Deretan Manfaat Jojoba Oil untuk Kulit Ini!

manfaat jojoba oil untuk kulit

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan jenis minyak pembawa satu ini. Gimana enggak? Pasalnya jojoba oil telah kerap digunakan dalam berbagai formula produk perawatan kecantikan.

Minyak jojoba merupakan cairan yang diambil dari ekstraksi biji tanaman jojoba, yakni tanaman asli Arizona Selatan, California Selatan, atau Barat Laut Meksiko.

Pada dasarnya, minyak jojoba telah lama digunakan dalam ramuan tradisional untuk merawat dan menyembuhkan sejumlah penyakit.

Misalnya pada penduduk asli Amerika, mereka dahulu menggunakan minyak jojoba ini untuk mengobati luka dan memar.

Sekilas Tentang Minyak Jojoba

manfaat jojoba oil untuk kulit

Tanaman jojoba merupakan spesies tanaman yang tumbuh di Amerika Utara, yang enggak hanya mampu subur di iklim gurun melainkan dapat menghasilkan kacang dengan khasiat beragam.

Biji tanaman jojoba dapat diekstraksi dan dijadikan sebagai minyak pembawa alami. Sebab, teksturnya yang lembut dan minim menimbulkan reaksi negative, sehingga bisa menggunakan secara langsung.

Sejak dulu, minyak jojoba banyak merawat kecantikan rambut dan sehari-hari. Dan ada alasan bagus untuk itu, karena banyak bukti yang mendukung penggunaan minyak jojoba murni sebagai obat jerawat, pelembap kulit, dan mengatasi berbagai masalah kulit lainnya.

Kandungan Jojoba Oil yang Baik untuk Kulit

manfaat jojoba oil untuk kulit

Kandungan nutrisi yang ada dalam jojoba oil sangatlah beragam dan cukup tinggi. Hal inilah yang membuat jojoba oil mampu mengatasi berbagai masalah pada kulit.

Kira-kira kandungan nutrisi apa saja yang ada dalam jojoba oil dan baik untuk kulit kamu? Yuk, cari tahu sama-sama!

Vitamin B

Dalam jojoba oil pun terkandung vitamin B complex yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan dan kadar air dalam jaringan kulit.

Khususnya vitamin B3 (niacin) yang dapat membuat kulit wajah tampak kencang dan memudarkan tanda penuaan, seperti garis halus dan kerutan di area ekspresi.

Tak hanya itu, vitamin B pun disinyalir dapat membantu mencerahkan kulit dengan menutrisi serta mengembalikan keremajaan sel-sel kulit wajah.

Vitamin C

Sifat antioksidan yang tinggi dalam jojoba oil didapatkan dari kandungan vitamin C-nya. Jenis vitamin satu ini bermanfaat untuk melawan dampak buruk stress oksidatif, pun membuat penampilan kulit makin prima.

Vitamin C dapat membuat wajah tampak lebih cerah merona, lebih segar, dan tampak lebih awet muda.

Vitamin E

Vitamin E merupakan nutrisi yang kadarnya sangat tinggi dalam jojoba oil. Kandungan ini terbilang memegang peranan penting dan krusial dari berbagai manfaat jojoba oil untuk kulit.

Seperti yang umum diketahui, vitamin E dapat merawat dan menutrisi kulit. Juga menjadikannya tampak lebih sehat dan awet muda, dengan menangkal dampak buruk radikal bebas, merawat dan menenangkan kulit yang teriritasi, serta masih banyak lainnya.

Zinc (Seng)

Jenis mineral satu ini dapat membantu merawat kulit berminyak, yakni dengan mengontrol produksi sebum berlebihan, menyembuhkan jerawat lebih cepat, serta mengatasi iritasi yang disebabkan oleh jerawat.

Selain itu, zinc pun sangat penting untuk membentuk membran sel dan protein, anti peradangan, dan perlindungan kulit dari berbagai dampak buruk sinar UV.

Asam Oleic

Asam oleic atau yang juga dikenal dengan asam oleat ini mampu merawat kesehatan kulit, yakni dengan melembutkan, melembapkan dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Asam lemak satu ini pun dapat bekerja sebagai antiradang dan antioksidan yang efektif untuk menajag vitalitas kulit wajah kamu.

Berbagai Manfaat Jojoba Oil untuk Kulit

manfaat jojoba oil untuk kulit

Telah disinggung sebelumnya bahwa minyak jojoba digunakan sebagai perawatan kesehatan kulit tradisional. Lalu apa saja sih manfaatnya untuk kulit? Cari tahu jawabannya berikut ini!

Pelembap Kulit

pelembap kulit

Manfaat jojoba oil untuk kulit yang pertama adalah dapat menggantikan pelembap alami kulit. Ini dikarenakan, bahan alami satu ini merupakan bahan humektan.

Ssehingga dapat bekerja untuk mengisi rongga kulit yang membutuhkan kelembapan ekstra, serta mampu mengikat kelembapan alami kulit agar tidak mudah menghilang dan kering.

Hal ini pun dapat mencegah adanya infeksi bakteri, jerawat, dan pembentukan kerak pada wajah maupun kulit kepala.

Sebagai Anti Bakteri

Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh kita dan berfungsi melindungi jaringan di bawahnya dari berbagai pengaruh eksternal. Hal ini pun membuat kulit rentan terkena polusi, debu, dan asap kendaraan yang bisa membawa bakteri dan jamur.

Bakteri dan jamur ini akan menyebabkan berbagai masalah pada kulit, seperti jerawat, beruntusan, gatal-gatal karena jamur, iritasi, dan banyak lainnya.

Nah, di sinilah peranan minyak jojoba untuk kulit. Kandungan antibakteri dan antijamur dalam jojoba oil dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur pada permukaan kulit. Khususnya yang menyebabkan infeksi bakteri atau jamur salmonella E. Colli dan Candidia.

Sebagai Antioksidan

Radikal bebas merupakan salah satu penyebab sebagian besar masalah pada kecantikan kulit, termasuk memunculkan tanda-tanda penuaan lebih cepat.

Kabar baiknya, jojoba oil mengandung vitamin E yang dapat bekerja sebagai antioksidan alami bagi kulit wajahmu. Dengan begitu, berbagai dampak buruk dari radikal bebas akan dapat diatasi dan dicegah.

Bersifat Nonkomedogenik

Meski pada dasarnya berbentuk minyak, jojoba oil rupanya juga bisa digunakan untuk merawat kulit berminyak, lho!

Manfaat jojoba oil untuk kulit satu ini dikarenakan teksturnya yang terbilang sangat mirip dengan sebum alami kulit. Sehingga, ketika diaplikasikan secara topical di kulit tidak akan menumpuk dan menyumbat pori-pori, sehingga tidak akan mengakibatkan kemunculan jerawat maupun breakout.

Mengontrol Produksi Sebum

Selain bersifat nonkomedogenik, jojoba oil pun dapat membantu mengontrol produksi sebum di wajah.

Ini dikarenakan jojoba oil terbilang sangat mirip dengan minyak alami yang diproduksi oleh tubuh kamu, sehingga ketika diaplikasikan secara topical, maka akan menghasilkan sensasi menenangkan dan melembapkan.

Kondisi tersebut akan memberikan sinyal pada folikel rambut dan keringat, bahwa kulitmu enggak lagi membutuhkan tambahan sebum untuk menutrisi kulit.

Akhirnya, proses produksi sebum pun dapat dicegah dan dikontrol, sehingga wajahmu pun bakalan tampak lebih segar dan bebas kilap berlebihan.

Merangsang Sintesis Kolagen

Kolagen merupakan protein yang sangat banyak ditemukan pada jaringan kulit. Protein ini pun memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Sayangnya, produksi kolagen secara alami pada tubuh dapat berkurang seiring dengan pertambahan usia seseorang. Di tambah, faktor eksternal lain seperti sinar matahari dan radikal bebas pun dapat menghambat produksi kolagen dalam tubuh.

Terus harus gimana, dong? Terlebih kolagen sangat berpengaruh terhadap kondisi kulitmu, khusunya dengan membuatnya tampak lebih kencang, kenyal, dan awet muda.

Jawaban dari masalah ini adalah jojoba oil, yang dapat membantu merangsang produksi kolagen pada jaringan kulit.

Hal ini dikarenakan senyawa antioksidan dari jojoba oil yang dapat bekerja menstimulus dan meningkatkan produksi kolagen, sehingga kecantikan dan keremajaan kulit pun akan lebih terjaga.

Membantu Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

skincare untuk rosacea

Salah satu manfaat menakjubkan lain dari jojoba oil adalah kemampuannya yang mampu mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit.

Manfaat ini didukung oleh kandungan-kandungan dalam jojoba oil yang dapat mendukung kerja sel kulit untuk kembali menyatu, setelah sebelumnya terpisah akibat luka maupun sayatan benda tajam.

Hal ini jugalah yang menjadikan jojoba oil dapat membantu dalam merawat dan mengatasi jerawat, khususnya yang meradang dan iritasi pada kulit.

Fungsi jojoba oil ini didukung oleh konsentrasi vitamin E yang sangat tinggi dalam kandungannya. Sehingga sangat baik untuk merawat kulit yang terluka, dengan menenangkan dan mempercepat proses penyembuhannya.

Membantu Meringankan Gejala Penyakit Kulit Tertentu

iritasi kulit

Umumnya, jenis penyakit kulit tertentu dapat menimbulkan peradangan, pembengkakan, bahkan rasa gatal dan masih banyak lainnya.

Hal ini tentunya membuat penderita merasa terganggu dan tidak nyaman. Untuk meredakannya, jojoba oil bisa menjadi solusi yang patut untuk kamu coba.

Sebab, kandungan antiinflamasi dan asam lemak esensial dalam minyak jojoba mampu membantu menenangkan gejala penyakit kulit tersebu, bahkan merangsang penyembuhan luka.

Pemakaian topical jojoba oil juga diyakini dapat membantu melembapkan kulit kering, meringankan iritasi, peradangan, gatal, dan hal lainnya yang serupa.

Menenangkan Kulit yang Terkena Sunburning

melindungi dari sinar matahari

Terlalu sering beraktivitas di bawah paparan sinar matahari dan tanpa memakai sunscreen, pasti akan berisiko menyebabkan iritasi akibat terbakar sinar ultraviolet.

Selain mampu melembapkan dan mengatasi luka, jojoba oil pun sangat dikenal karena kemampuannya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari belebihan.

Tak hanya itu, kandungan vitamin E dan antioksidannya yang tinggi dapat membantu menenangkan dan merawat kulit yang terkena sunburn.

Sinar matahari yang berlebihan pun bisa membuat kulitmu jadi dehidrasi dan mengelupas. Penggunaan jojoba oil dapat membantu mengembalikan kelembapan kulit yang hilang, dan menawarkan penyembuhan atau relaksasi pada gejala sunburning.

Membantu Merawat dan Mengatasi Jerawat

Manfaat jojoba oil untuk wajah lainnya adalah dapat mengatasi dan merawat kulit berjerawat. Hal ini dikarenakan kandungan antiinflamasi, penyembuhan, dan agen pelembap alami yang dapat menenangkan peradangan dari jerawat.

Selain itu, kandungan antioksidannya mampu mempercepat proses penyembuhan luka sehingga jerawat lebih cepat kering. Kemudian, senyawa antibakteri-nya mampu mencegah jerawat timbul kembali setelah berhasil di atasi.

Mengurangi Tampilan Garis Halus dan Bintik Hitam

menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam

Tanda penuaan seperti garis halus, keriput, dan bintik hitam dapat muncul di wajah dengan lebih cepat. Hal ini dikarenakan pengaruh stress oksidatif, yakni kondisi di mana kadar partikel radikal bebas dalam tubuh jauh lebih besar sehingag susah untuk dinetralkan secara alami.

Jojoba oil kaya akan kandungan antioksidan dan berbagai jenis vitamin yang mampu menghambat munculnya tanda-tanda penuaan.

Menyamarkan Bekas Luka

Selain mempercepat proses penyembuhan luka, menenangkan gejalanya, dan menghilangkan jerawat, jojoba oil pun dapat membantu menyamarkan bekasnya dari kulit wajahmu.

Lagi-lagi manfaat jojoba oil untuk kulit ini didukung oleh kandungan vitamin E-nya yang tinggi, sehingga dapat membantu meminimalisir bahkan menghilangkan penampakan bekas luka dan flek hitam dari kulit.

Itu adalah berbagai manfaat jojoba oil untuk kulit, apakah kamu tertarik untuk menggunakannya sebagai perawatan wajah harian kamu? Kasih tahu kami di kolom komentar, ya!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment