Heboh di TikTok, Intip Manfaat Santan untuk Rambut dan Kulit Kepala Ini

manfaat satsuma oil untuk kecantikan

Kalau membicarakan soal resep-resep perawatan kecantikan rumahan, kamu mungkin sudah enggak asing lagi dengan topik ini. Mengingat, kini banyak juga beauty hack yang muncul di berbagai media sosial, misalnya TikTok.

Enggak melulu membahas beauty hack untuk perawatan kulit, belakangan para pengguna di platform media sosial ini pun berbagai tips kecantikan rambut dengan bahan-bahan alami.

Ya! Bahan-bahan alami yang bisa kamu racik sendiri di rumah dengan mudah. Menarik, bukan?

Well, bahan alami yang kali ini digunakan untuk merawat rambut adalah air santan atau perasan kelapa. Apakah kamu sudah pernah dengar kalau santan bisa digunakan untuk merawat rambut?

Sayangnya, beberapa orang mungkin kurang familiar dengan penggunaan santan untuk kecantikan rambut. Beda halnya kalau menggunakan minyak kelapa murni atau coconut oil.

Lalu apakah aman menggunakan santan untuk merawat rambut? Dan apakah manfaat santan untuk kecantikan rambut benar adanya?

Nah, sebelum menggunakan resep-resep beauty hack dengan sembarangan. Kami akan membantumu menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas dengan langsung bertanya pada ahlinya!

Kamu pasti penasaran banget, kan? Langsung simak artikel ini sampai habis, ya, Ladies!

Kandungan Santan yang Baik untuk Kecantikan Rambut

Manfaat santan kelapa untuk kecantikan (2)

Sebenarnya, santan bukanlah barang baru lagi di Indonesia. Mengingat negara kita menjadi komoditas pengekspor kelapa sawit dunia yang cukup tersohor.

Hampir setiap hidangan yang ada di Indonesia bahkan menggunakan santan ke dalam resepnya. Selain menambah cita rasa dan aroma, santan pun memiliki kandungan vitamin yang baik buat tubuh.

Nah, kandungan-kandungan inilah yang kemudian diklaim dapat bekerja sama efektifnya untuk merawat kecantikan rambut dan kulit kepala kamu.

Dilansir dari Guesehat.com, berikut beberapa kandungan dalam perasan daging kelapa atau santan yang baik buat kulit. Simak baik-baik, ya, Ladies!

Vitamin C

Siapa sangka kalau vitamin C pun memiliki banyak manfaat baik untuk rambut? Well, bahan yang kerap digunakan dalam kandungan skincare ini terbukti dapat merangsang pertumbuhan rambut, mencegah adanya ketombe kering, bahkan menghalau penuaan dini pada rambut.

Tak cuma itu, vitamin C pun bisa mencegah adanya kerusakan pada folikel rambut akibat radikal bebas. Sehingga diyakini dapat mengatasi masalah kerontokan rambut dan meminimalisir risiko kebotakan dini.

Vitamin E

Tak hanya vitamin C, dalam santan kelapa pun terdapat kandungan vitamin E. Senyawa ini bisa bekerja sama baiknya sebagai antioksidan alami.

Vitamin E diketahui dapat mendorong sirkulasi darah agar lebih lancar, termasuk pada area kulit kepala.

Inilah yang kemudian membuat kulit kepala kamu jadi lebih sehat, rambut pun akan kian kuat.

Selain itu, senyawa ini pun bisa memberikan kilau dan kelembapan alami pada rambut kamu, lho.

Vitamin B1

Sementara itu, kandungan vitamin B1 dalam santan bisa membantu mengurangi kerontokan rambut. Khususnya yang disebabkan oleh kadar gula dalam tubuh yang tinggi.

Vitamin B1 terbukti dapat bekerja dengan baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh, serta dapat mengurangi hiperglikemia. Sebab, kondisi tersebut bisa membuat rambut jadi lebih mudah rontok.

Vitamin B3

Kandungan lain yang ada dalam santan kelapa dan baik buat rambut adalah vitamin B3. Jenis vitamin B ini bisa membantu mengurangi ketombe di kulit kepala.

Tak sampai situ, niacin pun bisa meningkatkan proses sirkulasi darah, sehingga nutrisi dan oksigen pun akan terserap dengan baik oleh kulit kepala dan rambut.

Selain itu, kandungan ini pun diketahui bekerja sama baiknya untuk mengurangi gejala peradangan, memperbaiki kerusakan rambut, pun menghasilkan keratin.

Zat Besi

Kerap dikaitkan ke dalam masalah kerontokan rambut, tahukah kamu kalau zat besi jadi mineral yang penting untuk menjaga kesehatan kulit kepala?

Yap! Ini dikarenakan zat besi sangat berperan penting untuk mendorong sirkulasi darah. Pun membantu oksigen dan nutrisi terserap di kulit kepala.

Karenanya, jika tubuh kekurangan zat besi biasanya akan ditandai dengan kerontokan rambut.

Selenium

Selain zat besi, kamu pun dapat memperoleh kandungan mineral lain dalam santan kelapa, misalnya selenium.

Selenium memiliki manfaat yang tidak kalah pentingnya dengan kandungan lain. Mineral ini dapat mencegah dan memerangi ketombe di kulit kepala.

Bahkan, selenium juga bisa meredakan gejala peradangan. Seperti kulit kepala yang kering, gatal, pun bisa membantu menghalangi perkembangan jamur rambut.

Kalsium

Mineral lain yang bisa kamu dapatkan dari santan kelapa adalah kalsium. Kandungan ini akan membantu menyuburkan dan memperkuat rambut.

Karenanya, pada orang yang mengalami masalah rambut rontok dan kebotakan dini, biasanya akan dianjurkan untuk mengonsumsi makanan berkalsium tinggi.

Dengan demikian, mineral ini akan mendorong produksi rambut. Juga membuatnya jadi lebih kuat agar tidak mudah rontok.

Berbagai Manfaat Santan untuk Kesehatan Rambut dan Kulit

Manfaat santan kelapa untuk kecantikan (2)

Mengetahui berbagai kandungan yang ada dalam santan di atas, kamu pasti menyadari bahwa bahan alami ini punya potensi sama besarnya untuk membuat rambut dan kulit kepalamu sehat.

Nah, dari pada cuma menerka-nerka, langsung simak berbagai manfaat santan untuk kecantikan rambut dan kulit kepala berikut ini.

Mengembalikan Kesehatan Rambut yang Rusak

Tahukah kamu kalau rupanya penggunaan santan kelapa ini bisa membantu mengembalikan kesehatan rambut, utamanya yang rusak dan kering parah?

Ini dikarenakan santan kelapa bisa bekerja sebagai emolien, yang mengisi rongga kosong dalam struktur rambut dengan lipid hidrasi. Kemudian menguncinya agar kelembapan tersebut tidak mudah hilang dan rambut enggak akan kering.

Karena itu, jika menggunakan santan untuk merawat rambut secara teratur diyakini dapat membantu mengurangi rambut yang kering, rusak, bahkan membuatnya lebih lembut.

Mengurangi Ketombe dan Meredakan Gatal di Kulit Kepala

Tak hanya bisa membantu mengembalikan kelembapan alami pada batang rambut. Manfaat santan untuk kecantikan rambut selanjutnya adalah mengurangi ketombe dan meredakan gatal di kulit kepala.

Untuk mendapatkan manfaat santan untuk kecantikan rambut ini kamu bisa menggunakannya sebagai masker rambut alami secara rutin. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan kulit kepala yang lebih sehat dan bersih dari ketombe.

Merangsang Proses Pertumbuhan Rambut

Buat kamu yang bermasalah dengan penipisan rambut atau bahkan kebotakan dini. Kamu bisa menggunakan santan sebagai bagian dari perawatan rambut kamu.

Ini dikarenakan santan merangsang proses pertumbuhan rambut. Santan mengandung berbagai nutrisi penting yang bisa menyehatkan kulit kepala, meningkatkan folikel rambut pun merangsang pertumbuhan rambut baru.

Melembutkan Tekstur Rambut

Selain membuat rambut jadi lebih tebal, manfaat santan untuk kecantikan rambut lainnya adalah membantu melembutkan tekstur rambut yang keringd an kasar.

Ini dikarenakan santan dapat bekerja sebagai kondisioner rambut alami. Yang dapat memberikan kelembapan ekstra, membuat rambut lebih lembut dan mudah diatur.

Kamu bisa mendapatkan manfaat santan untuk kecantikan rambut ini dengan menggunakannya secara rutin sebagai masker atau kondisioner rambut.

Meningkatkan Kekuatan Kutikula Rambut

Salah satu masalah kecantikan rambut yang kerap terjadi adalah rambut rontok. Penyebabnya juga cukup beragam, mulai dari stress berlebihan, radikal bebas, penggunaan alat styling rambut yang panas, maupun terlalu sering mewarnai rambut.

Untuk mengatasi masalah ini kamu bisa menggunakan santan kelapa sebagai bagian dari hair treatment routine yang kamu lakukan. Sebab, dalam santan terdapat kandungan asam laurat yang sangat tinggi.

Seperti yang banyak diketahui, asam laurat adalah salah satu jenis asam lemak jenuh yang jadi kandungan utama dalam coconut oil.

Kandungan ini dikenal karena sangat ampuh dan dapat terserap dengan baik ke helaian rambut, bahkan sampai bagian yang paling dalam sekali pun.

Dengan kemampuannya inilah, santan bisa membantu memperkuat kutikula rambut dan mengembalikan protein yang hilang. Akhirnya, rambut pun tak akan mudah rapuh dan kerontokan dapat dikurangi.

Dapat Mengembalikan Keratin Rambut

Selain bisa memperkuat kutikula rambut, penggunaan santa sebagai bagian dari hair care routine pun turut mengembalikan keratin pada rambut.

Keratin adalah salah satu jenis protein yang jadi komponen penting dalam menyusun struktur helaian rambut. Pada dasarnya, keratin bisa diproduksi oleh tubuh secara alami, namun karena banyak faktor bisa saja pembentukan keratin jadi terhambat.

Padahal, dengan adanya keratin ini, rambut akan jadi lebih sehat, kuat, dan terasa lembut. Bisa bayangkan kalau bahan ini berkurang atau bahkan tidak ada di rambutmu?

Yap! Jelas bakalan bikin rambut gampang kering, kasar, susah diataur, dan gampang rontok.

Nah, untuk merawat keratin rambut ini kamu bisa menggunakan santan kelapa sebagai perawatann rambut alami. Kandungan protein yang ada dalam kelapa akan membantu mengembalikan keratin rambut, meningkatkan sistem pelindung alami, dan menghalau dampak buruk faktor eksternal.

Wah, enggak nyangka, ya? Kalau dari hack TikTok ternyata kamu jadi tahu lebih banyak tentang manfaat santan untuk kecantikan rambut dan kulit kepala.

Kamu pasti enggak sabar untuk mencobanya, bukan? Jangan lupa kasih tahu pengalamanmu menggunakan santan untuk merawat rambut ini di kolom komentar!

About Author

Related posts

Leave a Comment