4 Macam Beauty Hack untuk Jerawat yang Sebaiknya Dihindari

beauty hack untuk jearawat

Memiliki jerawat yang membandel dan meradang tentu bukanlah hal yang menyenangkan. Karenanya, banyak dari kita yang rela melakukan segala cara untuk menghilangkan jerawat di muka sesegar mungkin. Salah satunya dengan menggunakan resep beauty hack yang tersebar di Internet.

Belakangan ini berbagai resep beauty hack banyak disebar lewat media sosial. Karena pandemic, orang lebih sering menghabiskan waktu di rumah, ini membuat waktu luang mereka juga sama banyaknya sehingga merawat diri menjadi alternatif menyenangkan untuk mengisi kekosongan tersebut.

Salah satu beauty hack yang terbilang cukup banyak diulas dan dipraktekkan oleh para beauty blogger dan influencer adalah cara mengatasi jerawat dengan bahan-bahan alami.

Namun, pertanyaannya apakah semua beauty hack ini aman untuk dilakukan? Mengingat, jerawat yang mengalami peradangan sangat rentan mengalami infeksi, yang justru akan memperburuk kondisinya.

Well, jawabannya tentu: tidak! Enggak semua beauty hack ini aman untuk kamu coba. Bahkan ada beberapa jenis beauty hack untuk mengatasi jerawat yang justru harus kamu hindari, lho!

Apa saja? Langsung simak keempat jenis beauty hack untuk jerawat yang perlu kamu hindari berikut ini, ya!

Mengatasi Jerawat dengan Pasta Gigi

pasta gigi untuk kecantikan (2)

Beauty hack untuk jerawat satu ini pasti udah sering kamu jumpai atau dengar, bukan? Yap! Pasta gigi kerap disebut-sebut memiliki manfaat yang sangat baik dalam mempercepat proses penyembuhan jerawat dan komedo.

Klaim ini bermula dari adanya anggapan bahwa kandungan antimikroba, zinc, dan berbagai bahan lainnya dalam pasta gigi mampu melawan komedo pada kulit. Selain itu, pasta gigi pun bisa menimbulkan sensasi dingin yang diyakini mampu menenangkan peradangan pada jerawat.

Padahal, pendapat ini tak benar sama sekali, lho, Guys. Sebab, beberapa ahli pun telah mengatakan bahwa penggunaan pasta gigi sebagai beauty hack untuk jerawat sangat tidak direkomendasikan.

Menurut Formualtor dari Mash Moshem Indonesia, nih, kandungan dalam pasta gigi tidak dimaksudkan untuk digunakan pada kulit. Karenanya, kandungan-kandungan ini cenderung bersifat keras dan justru menimbulkan masalah baru bila diaplikasikan pada kulit.

“Sebenarnya, kandungan yang ada dalam pasta gigi kan, memang tidak diperuntukkan untuk kulit. Sudah begitu, tekstur dan karakteristik gigi pun sangat berbeda dengan kulit wajah kita. Bahan-bahan dalam pasta gigi memang tidak akan menyakiti gigi, tapi berbeda lagi kalau digunakan langsung di wajah,” tuturnya.

Sejalan dengan pendapat ini, dilansir dari Hellosehat penggunaan pasta gigi untuk merawat kulit berjerawat bisa memicu terjadinya iritasi pada kulit.

Bahan aktif yang ada dalam produk ini sejatinya dirancang khusus untuk membersihkan gigi. Dan tak seharusnya dioleskan pada kulit yang pada umumnya lebih sensitif dan tipis.

Tak hanya itu, pasta gigi pun memiliki tingkat pH yang dapat membuat kulit menjadi rentan teriritasi. Bahkan, bila digunakan secara berlebihan kondisi ini akan membuat kulit ruam dan memicu kemunculan sensasi terbakar.

Kandungan lain yang ada dalam pasta gigi adalah SLS (sodium lauryl sulfate), yang telah dikenal terlalu keras untuk mengobati jerawat di kulit.

Well, bukannya malah sembuh, justru penggunaan beauty hack untuk jerawat ini bisa bikin kondisi kulitmu makin enggak karuan!

Beauty Hack untuk Jerawat dengan Baking Soda

jenis bekas jerawat (3)

Menempati tempat kedua dari segi popularitas, baking soda menjadi salah satu bahan yang sangat digadang-gadang ampuh untuk mengatasi jerawat. Lantas apakah benar begitu?

Bahan yang memiliki nama natrium bikarbonat ini, merupakan zat alkali yang bekerja untuk mengatur kadar pH. Penggunaan baking soda ini umumnya bertujuan untuk menetralkan zat asam, baik dari dalam maupun luar tubuh.

Baking soda pun sangat umum digunakan dalam proses pembuatan makanan, khususnya dalam adonan kue-kuean sebagai bahan pengembang. Namun, enggak sedikit resep beauty hack untuk jerawat yang mencatut bahan satu ini, lho!

Akar dari keyakinan ini berasal dari beberapa kandungan baking soda yang diklaim dapat bekerja sebagai anti-peradangan serta antiseptic. Karenanya, enggak sedikit resep perawatan wajah rumahan yang menggunakan baking soda.

Baik, dalam resep masker wajah alami, scrub wajah, bahkan sampai menggunakannya untuk mengatasi jerawat. Sungguh menggoda bukan?

Sayangnya, meski diklaim dengan berbagai manfaat untuk kecantikan kulit ini. Penggunaan baking soda untuk mengatasi jerawat belum pernah dibuktikan secara ilmiah.

Tak cuma itu, para ahli kecantikan dan dermatologis pun tidak menganjurkan penggunaan bahan ini untuk merawat kulit berjerawat.

Sebab, pH yang ada dalam baking soda berada pada kadar 9, yang artinya bahan ini tergolong basa. Sehingga ketika digunakan pada kulit yang berjerawat, tentu akan mempengaruhi kadar pH yang ada dan menyebabkan minyak alami pada wajah terangkat.

Padahal sebum ini enggak selamanya buruk, lho. Justru sebum bisa bekerja melindungi kulit dan menenangkannya dari gejala peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Selain itu, penggunaan baking soda pada kulit ini akan memicu kondisi kulit kering, rasa tidak nyaman, iritasi dan peradangan, penuaan dini, membuat kulit jadi lebih sensitif pada sinar matahari, serta memperburuk kondisi jerawat.

Ini dikarenakan, baking soda bisa memperlambat proses penyembuhan jerawat dan menghambat proses rehidrasi alami pada kulit kamu.

Menggunakan Perasan Lemon secara Langsung

beauty hack untuk jerawat

Pernah dengar soal beauty hack untuk jerawat satu ini? Well, lemon memang bahan alami dengan kandungan gizi yang sangat kaya dan baik buat kulit.

Tapi tahukah kamu, kalau mengoleskannya secara ‘langsung’ pada jerawat yang meradang bukanlah tindakan yang patut untuk dicoba?

Well, melansir dari laman Hellosehat, kandungan asam yang ada dalam lemon sangatlah tinggi, sekitar pH 2. Tentu ini bukan hal yang bagus untuk kulit berjerawatmu, apalagi kalau dalam kondisi meradang.

Penggunaan lemon untuk merawat kulit berjerawat ini bisa menimbulkan berbagai efek samping. Seperti memicu rasa terbakar pada kulit, adanya dermatitis kontak, ruam dan iritasi, dan bahkan membuat kulitmu jadi sensitif terhadap sinar matahari.

Mengaplikasikan Cuka Apel Secara Langsung

cuka apel

Sama berbahayanya dengan mengaplikasikan perasan lemon di kulit yang meradang, penggunaan cuka apel sebagai beauty hack untuk kulit berjerawat pun sangat tidak disarankan ya, Ladies.

Bahan alami ini mengandung sifat asam yang sangat tinggi, sehingga dapat menyebabkan pH kulit jadi enggak seimbang dan bisa memicu iritasi kulit.

Menurut formulator senior Mash Moshem Indoensia, nih, cuka apel emang enggak seharusnya ditempelkan langsung pada kulit. Sifatnya yang terlalu asam akan mempengaruhi pH kulit, dan akhirnya membuat wajah jadi rentan teriritasi.

Meski diklaim ampuh untuk mengatasi masalah wajah berminyak dan berjerawat, cuka apel yang dioleskan secara langsung pada kulit akan membuat wajahmu kian bermasalah.

Bahkan, hingga kini tak banyak produk perawatan kecantikan yang menggunakan cuka apel ke dalam kandungan mereka, lho. Yap! Kecuali dari ekstraksinya saja.

Nah, setelah membaca berbagai macam beauty hack untuk jerawat yang enggak boleh dicoba di atas, apakah pendapatmu?

Enggak bisa dipungkiri, berbagai beauty hack untuk jerawat ini telah banyak beredar dan enggak sedikit yang telah menggunakannya. Dan sebagian besar mengaku kalau cara-cara ini bahkan bisa membuat kulit mereka bertambah lebih buruk.

Misalnya, penggunaan jeruk nipis ini memang bisa membuat jerawat lebih cepat kering. Namun, kamu bisa membayangkan bagaimana rasanya meneteskan sesuatu yang sangat masam pada luka terbuka atau meradang seperti jerawat.

Kadang kala cara ini tidak bekerja sebaik itu, hingga bisa membuat kulit kian teriritasi dan jerawat yang sedang coba kamu sembuhkan justru infeksi.

Well, karenanya untuk merawat jerawat ini, akan lebih baik kalau menggunakan cara yang terbilang lebih aman dan teruji sebelumnya. Seperti menggunakan rangkaian krim atau skincare untuk mengatasi jerawat.

Namun, kalau kamu sudah terlanjur menggunakan beauty hack untuk jerawat yang tidak boleh dicoba di atas dan hasilnya sudah buruk. Maka, enggak ada salahnya untuk segera pergi ke dokter.

Nah, sampai sini dulu pembahasan kita hari ini. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untukmu. Well, stay beauty and healthy, Guys!

About Author

Related posts

Leave a Comment