Bikin Nggak Pede, Begini Cara Menghilangkan Leher Hitam yang Ampuh!

cara mengatasi leher hitam (3)

Banyak orang yang terkadang terlalu focus untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit wajah saja. Kemudian mengabaikan perawatan pada kulit bagian lain, seperti leher. Padahal, jika tidak dirawat dengan baik dan dijaga kebersihannya kulit leher akan tampak menggelap.

Meski tidak menimbulkan reaksi iritasi maupun rasa tidak nyaman, kondisi leher hitam ini dinilai cukup mengganggu karena membuat penampilan tidak maksimal.

Karena selain dianggap tidak bisa menjaga tubuh dengan baik, tentu penampilan leher pun akan kerap dibandingkan dengan kulit wajah. Misalnya, kalau wajah sudah kinclong, masak lehernya dibiarkan tidak terawat?

Nah, buat kamu yang bermasalah dengan leher menghitam, berikut beberapa cara menghilangkan leher hitam yang ampuh dan bisa kamu coba di rumah!

Cara Menghilangkan Leher Hitam dengan Bahan Alami

cara menghilangkan leher hitam (1)

Kalau kamu bermasalah dengan leher hitam, kamu enggak perlu terlalu khawatir. Karena banyak cara mengatasi masalah ini dengan cukup mudah, lho!

Leher merupakan salah satu bagian tubuh yang kerap dilupakan saat mandi. Kebanyakan dari kita mungkin hanya mengusapnya sekilas, tanpa benar-benar membersihkannya seperti bagian lain.

Karenanya, daki dan kotoran yang ada di kulit menumpuk, kemudian membuat permukaan kulit leher jadi lebih gelap dari sebelumnya.

Nah, selain rajin merawat kebersihan leher kamu pun bisa menggunakan bahan alami sebagai cara menghilangkan leher hitam, seperti dalam berbagai cara berikut ini!

Membuat Scrub Alami dari Gula dan Kopi

manfaat kopi untuk kecantikan kulit dan rambut (2)

Salah satu cara mengatasi leher hitam adalah dengan rajin melakukan eksfoliasi sel kulit mati. Kamu bisa menggunakan gula dan kopi untuk membuat scrub alami sendiri di rumah.

Eksfoliasi ini bisa sangat membantu, apalagi mengingat kalau penumpukan sel kulit mati bisa jadi penyebab leher hitam.

Cara membuat scrub alami ini bisa sangat mudah dilakukan. Kamu cukup mencampurkan dua sendok makan gula dan kopi bubuk, kemuidan menambahkan beberapa tetes coconut oil.

Aplikasikan secara merata pada leher, kemudian gosok dengan gerakan memutar secara perlahan. Lakukan selama beberapa menit, hingga sel-sel kulit mati terangkat, setelah itu bilas hingga bersih.

Mengaplikasikan Lidah Buaya

manfaat lidah buaya

Untuk mengatasi leher hitam kamu bisa juga menggunakan lidah buaya, lho! Yap, bahan alami ini bisa membantu mencerahkan kulit dan mengembalikan warna alami leher kamu.

Lidah buaya diketahui mengandung senyawa flavonoid yang cukup tinggi. Senyawa yang tergolong sebagai antioksidan ini dapat bekerja menghambat perkembangan enzim tirasinose, yang bisa menambah pigmentasi pada kulit.

Selain itu, penggunaan lidah buaya sebagai cara mengatasi leher hitam alami ini bisa menjaga kulit terhidrasi dengan maksimal. Jadi, kulit lehermu pun akan kian sehat terawat.

Cara mengatasi leher hitam dengan lidah buaya ini juga cukup sederahana. Kamu hanya perlu mengapikasikan lidah buaya pada leher, kemudian meninggalkannya semalaman.

Setelah itu, kamu bisa membilasnya hingga bersih di pagi hari. Jangan takut iritasi, karena lidah buaya mengandung bahan antiinflamasi yang bekerja untuk menenangkan kulit dan mencegah reaksi inflamasi.

Menggunakan Baking Soda

Cara mengatasi leher hitam dengan bahan alami lainnya adalah menggunakan baking soda. Yap! Bahan alami ini bisa membantu mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk di epidermis, lho!

Untuk menggunakannya, kamu bisa menambahkan air csecukupnya ke dalam dua hingga tiga sendok makan baking soda. Campur dan aduk hingga terbentuk paska masker yang kental dan halus.

Setelah itu, aplikasikan pada bagian leher yang tampak gelap dan kusam. Kemudian gosok perlahan untuk membantu meluruhkan sel kulit mati.

Kalau sudah, kamu bisa membilas masker baking soda ini hingga bersih, ya! Agar hasilnya maksimal, kamu bisa melakukan car aini selama 1-2 kali dalam seminggu dan terapkan secara rutin.

Pakai Cuka Apel

manfaat cuka apel

Bagi kamu yang sudsah sering mengikut berbagai resep beauty hack, pasti udah enggak asing dengan cuka apel. Yap! Bahan alami ini banyak dikaitkan dengan manfaat mencerahkan dan melawan pigmentasi kulit.

Karenanya, kamu pun bisa mencoba cara menghilangkan leher hitam dengan menggunakan cuka apel. Sebab, bahan ini diklaim dapat membantu menyeimbangkan pH kulit, mengeksfoliasi sel mati, dan mendorong regenerasi sel baru.

Dengan demikian, masalah kulit leher yang tampak gelap dan kusam pun dapat tertasi.

Untuk mendapatkan khasiat dari cuka apel ini, kamu bisa mencampurkan satu sendok makan cuka apel dengan empat sendok makan air putih.

Setelah tercampur dengan merata, kamu bisa mengoleskan campuran ini kepermukaan leher dan tunggu selama 10 menit saja. Jangan terlalu lama, karena cuka apel bersifat sangat asam. Sehingga berpotensi besar untuk membuat kulit kering dan iritasi.

Kalau sudah dibilas hingga bersih, gunakanlah pelembap atau losion pada kulit leher. Untuk membantu menenangkan dan mengembalikan hidrasi pada kulit kamu.

Memijat Leher dengan Campuran Minyak Zaitun dan Perasan Lemon

Green olives in oil

Cara menghilangkan leher hitam menggunakan bahan alami lainnya bisa kamu lakukan dengan kombinasi minyak zaitun dan perasan lemon.

Kedua bahan alami ini akan bersinergi untuk merawat kecantikan kulit dan menjaganya untuk tetap sehat. Lemon, memiliki agen pencerah alami yang bisa mengatasi kulit kusam serta mengeksfoliasi kotoran dari epidermis.

Sementara itu, minyak zaitun akan bekerja untuk melembapkan kulit dan menjaga permukaan kulit agar selalu lembut.

Penggunaan kedua bahan alami ini sebagai cara menghilangkan leher hitam cukup mudah, kok. Kamu hanya perlu mencampurkan kedua bahan, kemudian mengaplikasikannya secara merata.

Untuk menambah efektifitasnya, pijat leher dengan lembut selama beberapa saat. Kemudian diamkan semalaman, agar kandungan yang ada dalam perasan lemon dan minyak zaitun terserap sempurna di kulit.

Kamu bisa dengan rutin melakukan cara menghilangkan leher hitam ini tiap hari, agar hasil yang bisa didapatkan kian optimal.

Memakai Kentang untuk Mencerahkan Leher Hitam

kentang untuk masker organik

Untuk mencerahkan leher hitam selanjutnya kamu bisa menggunakan kentang yang ditumbuk dengan halus. Bahan alami ini memiliki efek melawan hiperpigmentasi kulit, menghilangkan bercak gelap, juga membuat warna kulit jadi tambah merata.

Kamu bisa menggunakan parutan kentang secukupnya, sesuai yang kamu butuhkan dan peras. Nah, gunakan perasan ini secara langsung pada kulit, kemudian biarkan di leher selama beberapa menit.

Setelah 15 menit berlalu dan kandungan dalam kentang terserap, bilas bagian leher hingga bersih Ladies.

Kombinasi Yogurt dan Lemon untuk Mencerahkan Leher Hitam

manfaat yogurt untuk kecantikan (2)

Selain dengan minyak zaitun, kamu pun dapat menggunankan kombinasi dari lemon dan yogurt untuk mengatasi leher hitam ini, lho!

Yap! Yogurt mengandung berbagai jenis enzim dan vitamin yang sangat baik untuk mengatasi kulit yang tampak kusam dan menggelap. Tak hanya itu, kandungan ini pun bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit dengan memberinya banyak nutrisi.

Menggunakan Scrub Alami dari Kunyit

resep masker kunyit (3)

Kunyit jadi salah satu bahan alami lain yang bisa digunakan untuk mencerahkan leher hitam. Apakah kamu sudah pernah coba menggunakan bahan ini?

Well, kunyit telah umum digunakan sebagai cara alami untuk mencerahkan kulit. Sebagai contoh, kamu dapat menemukan berbagai produk pencerah wajah dengan ekstrak kunyit di dalamnya.

Ini dikarenakan kandungan curcuma dalam kunyit dapat membantu merawat sel-sel kulit, menangkal radikal bebas, dan meningkatkan regenerasi sel baru yang lebih sehat.

Untuk menggunakan kunyit sebagai cara menghilangkan leher hitam dengan bahan alami, kamu bisa mengombinasikannya dengan yogurt.

Cukup campurkan satu hingga dua sendok makan plain yogurt, dengan sendok teh bubuk kunyit. Kemudian aduk secara merata, ya!

Setelah adonan kunyit dan yogurt terbentuk, segera aplikasikan pada kulit leher yang telah dibersihkan sebelumnya. Tunggu sampai masker alami ini mengering, paling tidak selama 10-15 menit dan bilas leher dengan air hangat.

Well, penggunaan bahan-bahan alami untuk mengatasi leher hitam ini memiliki reaksi berbeda pada tiap orang. Karena, memang jenis kulit dan kebutuhannya pun berbeda-beda.

Untuk itu, agar kamu bisa menemukan bahan yang tepat dan tidak menimbulkan iritasi. Penting untuk melakukan percobaan terlebih dahulu, misalnya dengan mengaplikasikan bahan ke bagian kulit yang lain untuk tahu reaksi kulit.

Bila tidak ada gejala iritasi, kamu bisa segera mengaplikasikannya secara merata pada leher kamu.

Berbagai Kebiasaan Penyebab Leher Hitam

cara mengatasi leher hitam (2)

Kondisi kulit leher yang menggelap ini bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk kebiasaan yang buruk, faktor eksternal, hingga masalah kesehatan tertentu.

Nah, dengan tahu berbagai penyebab leher hitam kamu dapat mencegah kondisi ini terjadi dan dengan segara mengatasinya dengan tepat.

Langsung cari tahu beragai penyebab kulit leher menggelap berikut ini, ya!

Akibat Paparan Sinar Matahari Berlebihan

Sinar matahari merupakan salah satu penyebab masalah kesehatan dan kecantikan kulit yang paling berpengaruh. Termasuk dalam membuat kulit area leher tampak lebih gelap dan kusam.

Ini dikarenakan, paparan matahari mengandung radiasi sinar Ultraviolet yang bisa masuk ke dalam dermis dan membuat sel bermasalah. Ini akan memicu reaksi enzim tyrosinase yang membuat produksi melanin kian tinggi, hasilnya kulit pun akan tampak lebih gelap.

Kondisi Kesehatan Tertentu

Selain karena paparan sinar matahari, leher yang menggelap pun bsia menandakan tubuh sedang tidak baik-baik saja. Apalagi kalau bagian yang menggelap terasa kurang wajar dan berbeda jauh dengan warna kulit alami.

Beberapa kondisi kesehatan seperti diabetes, obesitas atau kelebihan berat badan, dan penyakit kulit tertentu dapat membuat kulit leher jadi tampak gelap dan kasar.

Untuk itu, kamu pun sebenarnya sangat perlu memperhatikan kesehatan diri demi menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Penumpukan Sel Kulit Mati

Telah banyak disinggung sebelumnya, bahwa penumpukan sel kulit mati dan kotoran pada epidermis bisa membuat kulit jadi kusam.

Ini dikarenakan kotoran dan sel kulit mati ini akan mengganggu metabolisme kulit. Akhirnya menghambat proses regenerasi sel yang lebih sehat, dan membuat kulit jadi tampak lebih kusam dan gelap.

Nah, itu adalah berbagai cara menghilangkan leher hitam dengan bahan alami yang bisa kamu coba di rumah. Untuk mencegah kondisi ini tampak lebih buruk, cobalah untuk selalu menjaga kebersihan kulit leher, mengaplikasikan sunscreen maupun bodylotion.

Selamat mencoba dan semoga berhasil, Ladies!

About Author

Related posts

Leave a Comment