Tak Cuma Menyedapkan, Ketahui Manfaat Lengkuas untuk Kecantikan Ini

manfaat lengkuas untuk kecantikan

Kerap digunakan sebagai bahan-bahan masakan, tak disangka lengkuas pun menyimpan banyak kandungan yang bermanfaat untuk kecantikan kulit dan rambutmu, lho!

Sebenarnya, penggunaan lengkuas untuk merawat tubuh telah lama dilakukan. Namun, fungsinya lebih merujuk pada kesehatan tubuh secara umum, seperti meningkatkan imun tubuh, menenangkan penyakit diare, dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Tak lama, beberapa penelitian untuk mencari tahu apa saja manfaat lengkuas untuk kecantikan pun akhirnya dilakukan. Dan terbukti, bahwa tanaman herbal satu ini memiliki banyak khasiat tersembunyi yang sayang untuk dilewatkan.

Biasanya, manfaat lengkuas untuk kecantikan ini bisa didapatkan dengan menggunakannya dalam bentuk minyak alami. Kandungan antiseptic dan antioksidan yang ada dalam bahan ini akan memberikan banyak khasiat untuk kulit.

Penasaran apa saja manfaat lengkuas untuk kecantikan kulit dan rambut? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Kandungan dalam Lengkuas yang Baik Buat Kulit

manfaat jahe untuk kecantikan (1)

Sebelum membahas manfaat lengkuas untuk kecantikan, enggak akan afdol rasanya kalau kamu belum tahu kandungan apa saja yang ada dalam bahan herbal satu ini.

Karena merupakan satu genus yang sama dengan jahe, kandungan gizi yang ada dalam kedua bahan ini pun tak jauh berbeda, lho. Dilansir dari Hellosehat, dalam 100 gram lengkuas seenggaknya kamu dapat memperoleh zat gizi  di bawah ini.

Kandungan gizinya pun tidak jauh berbeda dengan rempah jahe. Lengkuas sebanyak 100 gram mengandung energi dan zat gizi di bawah ini.

Vitamin A

Kandungan pertama yang ada dalam lengkuas adalah vitamin A. Pasti kamu sudah tak asing lagi dengan kandungan ini, bukan?

Yap! Vitamin A merupakan salah satu senyawa yang kerap digunakan dalam produk perawatan kecantikan. Umumnya, yang bekerja untuk mengatasi masalah penuaan dini, mencerahkan wajah, pun mengatasi bintik ataupun flek hitam.

Tiamin (vitamin B1)

Dalam lengkuas juga terdapat kandungan vitamin B1 (tiamin). Senyawa ini bisa bekerja untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, termasuk pada kulit wajah dan kepala kamu.

Dengan sirkulasi darah yang lancar, maka nutrisi dan kandungan vitamin lainnya yang ada dalam tubuh akan dapat terserap secara optimal dalam kulit.

Ini bisa memberikan dampak yang positif untuk kesehatan dan kecantikan, lho. Yakni membuat kulit jadi lebih sehat dan kencang, serta rambut akan jadi lebih kuat.

Riboflavin (vitamin B2)

Jenis vitamin B lainnya yang ditemukan dalam lengkuas adalah riboflavin. Senyawa ini terkenal sangat baik dalam mendorong produksi kolagen, merangsang proses penyembuhan luka, hingga membantu mengurangi gejala iritasi dan peradangan pada kulit kamu.

Niasin (vitamin B3)

Tak kalah populernya dengan vitamin A, niacin atau vitamin B3 juga sempat menjadi kandungan skincare yang banyak diincar oleh para beauty enthusiast. Dan, kabar baiknya, kandungan ini ada dalam lengkuas, lho!

Yah, niacin dikenal mampu membantu mempertahankan kelembapan kulit, mendukung fungsi skin barrier, merawat kolagen, juga membuat wajah kamu jadi tampak lebih cerah bercahaya.

Vitamin C

Jenis kandungan lain yang ada dalam lengkuas adalah vitamin C. Hingga kini, senyawa ini selalu menjadi primadona dalam industri kecantikan dan kosmetika.

Gimana enggak? Vitamin C merupakan antioksidan alami yang sangat kuat. Penggunaannya secara teratur terbukti dapat meningkatkan vitalitas kulit secara drastic.

Tak hanya bisa mencerahkan dan menyamarkan noda hitam, senyawa ini pun bisa membantu menyamarkan kerutan serta membuat kulit wajah kamu jadi tampak awet muda.

Kalsium

Tak hanya berbagai jenis vitamin, dalam lengkuas pun ada kandungan mineralnya, lho. Salah satu jenis mineral yang ada dalam lengkuas adalah kalsium.

Kalsium dapat bekerja untuk memantik pembentukan antioksidan dalam tubuh, mengatur sistem pigmentasi kulit, sehingga dapat mencegah dampak buruk radikal bebas dalam tubuh kamu.

Kalium

Mineral lain yang bisa kamu temukan dalam lengkuas adalah kalium. Senyawa ini pun kerap ditemukan dalam produk perawatan kecantikan.

Kalium dikenal ampuh membantu menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit. Tak hanya itu, mineral satu ini pun bisa menyeimbangkan pH kulit wajah kamu, lho.

Zinc

Lengkuas pun memiliki kandungan zinc (seng) yang cukup tinggi. Mineral ini dapat berperan penting dalam mengontrol produksi sebum berlebihan, pun membantu meredakan masalah jerawat yang meradang dan menjadikannya lebih cepat menghilang.

Tak sampai di situ saja, lengkuas pun bisa bekerja secara aktif dalam proses pembentukan membrane protein dalam kulit. Sehingga dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan bekerja sebagai agen anti radang.

Antioksidan

Zat lain yang ditemukan dalam kandungan lengkuas adalah antioksidan. Well, selain vitamin A dan vitamin C, masih banyak antioksidan lain dalam lengkuas. Seperti beta-sitosterol, galangin, emodin, quercetin, dan polifenol.

Antioksidan merupakan zat yang paling banyak digunakan dalam produk perawatan kecantikan kulit dan rambut. Karena senyawa ini sangat diperlukan untuk menangkal dampak buruk radikal bebas pada rambut dan kulit.

Beragam Manfaat Lengkuas untuk Kecantikan Wajah dan Rambut

manfaat lengkuas untuk kecantikan (2)

Sebenarya lengkuas memiliki banyak jenis, di antaranya yang cukup terkenal dan banyak digunakan adalah lengkuas dari Thailand dan dari pulau Jawa.

Sementara itu, yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia sendiri ada dua jenis lengkuas. Yakni yang berwarna merah dan putih. Meski jenisnya beragam, namun sebagian besar manfaatnya untuk kecantikan kulit dan rambut terbilang sama banyaknya.

Membantu Mengatasi Jerawat

Manfaat lengkuas untuk kecantikan kulit yang pertama adalah membantu mengatasi jerawat, baik yang membandel sekalipun!

Yap, banyak disebutkan bahwa lengkuas merah merupakan salah satu alternatif yang bisa dicoba untuk mengatasi jerawat. Sebab, jenis lengkuas atu ini dapat bekerja sebagai agen antibakteri, yang dapat mengatasi dan menghambat bakteri penyebab jerawat.

Bisa Melindungi Kulit dari Dampak Buruk Radikal Bebas

Telah dikatakan sebelumnya kalau lengkuas mengandung berbagai jenis antioksidan alami. Nah, kandungan-kandungan antioksidan inilah yang akan membantumu menangkal dampak buruk radikal bebas.

Seperti yang kamu ketahui polusi udara, paparan sinar matahari, dan residu penggunaan makeup bisa meningkatkan kadar radikal bebas dalam tubuh.

Radikal bebas ini akan membuat sel-sel kulit bermasalah, membuat proses penuaan datang lebih cepat, bahkan bisa memicu adanya kanker kulit, lho!

Sepeerti yang dikutip dari Healthline, untungnya lengkuas memiliki banyak kandungan antioksidan. Sehingga dapat melindungi sel-sel kulit kamu dari kerusakan yang diakibatkan oleh paparan radikal bebas berlebihan.

Tak hanya itu, kandungan ini pun bisa membantu merevitalisasi kondisi sel kulit. Sehingga proses metabolisme dan regenerasi sel kulit dapat berjalan dengan lebih optimal.

Membantu Meningkatkan Keremajaan Kulit

Selain menangkal radikal bebas, manfaat lengkuas untuk kecantikan kulit lainnya adalah memabntu meningkatkan dan merawat keremajaan kulit.

Khasiatnya ini didapat dari kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin B yang cukup melimpah. Ketiga kandungan ini dapat bersinergi untuk merawat keremajaan kulit, dan membantu mengurangi kemunculan tanda penuaan.

Seperti yang kamu tahu, vitamin A dan vitamin C dapat bekerja secara aktif untuk mendorong regenerasi sel kulit. Juga, membantu mencerahkan wajah dan menyamarkan bintik penuaan.

Sementara itu, ditambah dengan vitamin B, ketiga kandungan ini bisa mendorong produksi kolagen. Sehingga kelembapan alami kulit dapat terjaga dan wajah jadi tampak lebih kencang.

Dapat Menyamarkan Noda Hitam dan Bekas Jerawat

Tak hanya mampu mengatasi jerawat membandel, penggunaan lengkuas untuk merawat kecantikan kulit ini pun bisa membantu menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat, lho!

Yap! Kandungan vitamin C dan vitamin A dalam bahan alami ini akan mendorong sel kulit mati terkelupas. Kemudian menggantinya dengan sel kulit baru yang jauh lebih sehat.

Selain itu, keduanya juga bisa membuat noda hitam dan bekas jerawat lebih tersamarkan dengan membuat produksi kolagen dalam tubuh jadi kian maksimal.

Menyuburkan dan Memperkuat Rambut

Apakah kamu tahu kalau ada juga manfaat lengkuas untuk kecantikan rambut? Well, beberapa penelitian menyebutkan bahwa jenis lengkuas dari Thailand dapat membantu mendorong pertumbuhan rambut dan memperkuatnya.

Karenanya, penggunaan minyak alami lengkuas ataupun menjadikannya sebagai minuman herbal, dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut secara signifikan.

Memiliki rambut yang panjang, lebat, dan sehat tentunya bukan lagi menjadi angan-angan belaka, ya, Guys!

Apakah Ada Efek Samping Lengkuas untuk Kulit Wajah?

tips memilih skincare untuk remaja

Meski tidak menghasilkan efek panas di kulit, beberapa orang mungkin masih ragu untuk menggunakan lengkuas di kulit wajah maupun rambut mereka.

Padahal beberapa ahli menyebutkan bahwa bahan alami ini bisa juga digunakan secara langsung. Yakni dengan cara dihaluskan dan dijadikan sebagai masker wajah alami.

Meski begitu, kamu pun harus menggunakannya dengan bijak, ya, Guys! Karena penggunaan secara berlebihan pun akan menyebabkan berbagai masalah yang mungkin tidak kamu pikirkan sebelumnya, seperti iritasi maupun kemerahan.

Iritasi kulit tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman, seperti perih, panas, hingga terbakar. Bahkan enggak sedikit yang sampai memunculkan ruam dan berbekas, lho!

Karenanya, meski memiliki manfaat yang baik untuk kulit wajah kamu, penggunaan lengkuas ini juga harus diperhatikan baik-baik. Gunakan secukupnya saja, seperti satu atau dua kali seminggu saja.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment