Kenalan Sama Manfaat Karanja Oil untuk Kecantikan, Yuk!

Penggunaan minyak alami ke dalam bahan baku produk perawatan kecantikan kulit dan rambut bukanlah hal baru lagi. Kamu bisa dengan mudah menemukan produk-produk ini di toko-toko kosmetik yang kamu kunjungi.

Well, enggak bisa dipungkiri minyak alami memiliki banyak manfaat yang baik untuk menjaga kecantikan. Bahkan, bahan ini hadir dalam berbagai jenis, karakteristik, dan manfaat yang juga lebih beragam lagi.

Salah satu jenis minyak alami yang sekarang banyak dibicarakan oleh beauty enthusiast adalah Karanja oil. Meski kurang populer dibandingkan asam hialuronat, tea tree oil, dan air mawar, bahan alami ini sebenarnya sangat worth it jika dipakai dalam rangkaian skincare yang kamu lakukan.

Kok bisa? Kalau mau tahu apa saja manfaat Karanja oil untuk kecantikan, langsung baca ulasan berikut ini sampai habis, ya!

Apa itu Karanja Oil?

Minyak Karanja adalah minyak yang diperoleh dari metode cold press dari biji pohon Pongam, yang banyak tumbuh di India dan berbagai daerah lain di Asia Selatan.

Pohon pongam merupakan semak yang terkenal karena ketangguhannya dalam menghadapi tekanan cuaca dan faktor eksternal lainnya.

Tumbuhan ini dapat tumbuh dengan baik dalam kondisi yang sangat basah maupun kering sekaligus. Bahkan dapat bertahan dalam kobaran panas dan angin yang ekstrim sekalipun.

Well, karena ini pulalah tanaman pongam kerap digunakan untuk melindungi ladang the dan digunakan dalam banyak program penghijauan lingkungan.

Berbagai penelitian lebih lanjut pun menemukan bahwa biji pohon pongam ini dapat memberikan manfaat yang sama baiknya untuk kesehatan dan kecantikan.

Di luar pohon asalnya, minyak karanja sebagai hasil ekstraksi biji pohon pongam, sangat berdizi dan protektif.

Bahan alami ini sangat kaya akan flavonoid, yang dikenal dengan kemampuan antioksidan dan memblokir UV. Sebagai hasilnya, minyak ini menawarkan perlindungan untuk kulit dan rambut.

Beragam Manfaat Karanja Oil untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Meski tak sepopuler jenis minyak alami lainnya, manfaat Karanja oil untuk kecantikan kulit dan rambut pun enggak bisa disepelekan, lho.

Bahan eksotis ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, sehingga dapat bekerja optimal dalam merawat kesehatan rambut dan kulit kamu.

Penasaran apa saja manfaat Karanja oil untuk kecantikan kulit dan rambut? Langsung baca ulasan ini sampai habis, ya!

Membantu Meredakan dan Mencegah Inflamasi

Salah satu hal yang dapat memicu masalah hiperpigmentasi, wajah yang tampak kusam, dan jerawat adalah adanya reaksi inflamasi dalam jaringan kulit.

Inflamasi ini bisa timbul karena banyak faktor, termasuk karena paparan sinar Ultraviolet yang berlebihan, penggunaan produk berbahan terlalu keras, juga papatan polusi udara.

Nah, kabar baiknya manfaat Karanja oil untuk kecantikan kulit yang pertama adalah membantu meredakan dan mencegah adanya inflamasi pada kulit.

Bahan alami mengandung senyawa antiradang yang dapat membantu menenangkan berbagai gejala inflamasi, serta memperbaiki sel-sel kulit yang mengalami peradangan dan terdampak stress oksidatif.

Melawan Bakteri dan Jamur Penyebab Masalah Kecantikan

Manfaat Karanja oil untuk kecantikan selanjutnya adalah dengan melawan pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab masalah kecantikan.

Karanja oil disinyalir memiliki sifat antijamur dan antibakteri, yang sangat efektif untuk mencegah timbulnya berbagai masalah kecantikan.

Karena akumulasi bakteri jahat di kulit wajah dan kepala ini bisa menimbulkan banyak masalah, seperti jerawat, ketombe, iritasi, komedo, dan peradangan.

Melindungi Kulit dari Kerusakan Akibat Sinar UV

Paparan sinar matahari yang berlebihan adalah salah satu faktor terbesar munculnya banyak  masalah kecantikan. Termasuk hiperpigmentasi, sun burning, munculnya tanda penuaan dini, hingga memicu kemunculan sel kanker kulit.

Kandungan flavonoid dalam Karanja oil bisa membantumu melindungi kulit dari dampak buruk paparan sinar matahari. Bahan alami ini bahkan dapat memulihkan sel kulit yang bermasalah, sehingga kesehatan wajahmu dapat kembali lagi.

Mengatasi Masalah Ketombe

Karanja oil memiliki kandungan asam lemak yang sangat tinggi, karenanya ketika diaplikasikan pada kulit kepala bahan alami ini dapat bertindak sebagai penyembuh alami.

Minyak ini biasanya digunakan dalam pengobatan kondisi kulit yang meradang seperti psoriasis atau eksim. Sehingga ketika digunakan untuk merawat kesehatan rambut dan kulit kepala, karanja oil akan membantu meredakan iritasi dan meminimalisir ketombe.

Minyak Karanja bersifat antibakteri, anti-inflamasi, dan antijamur, menjadikannya bahan yang menenangkan dalam perawatan kulit dan perawatan rambut

Mencegah Warna Rambut Memudar

Alasan minyak karanja bermanfaat untuk perawatan kulit kepala adalah karena sifat antibakteri dan antijamurnya.

Kebanyakan orang akan mengalami masalah kulit kepala dalam hidup mereka, jadi karanja bermanfaat, karena melindungi lapisan hidrolipid atau penghalang kulit kepala, bertindak sebagai zat yang dibutuhkan.

Selain itu, berkat akarnya yang tahan cuaca dan sifat kaya antioksidan, minyak karanja dapat membantu mengurangi pemudaran warna rambut alami maupun yang diproses.

Membuat Rambut Terasa Lebih Lembut dan Halus

Terlebih lagi, mengatakan bahwa minyak karanja juga membantu meningkatkan kelembutan dan kehalusan, yang bermanfaat bagi kulit dan rambut.

Untuk rambut, minyak karanja dapat membantu mencegah pengelupasan warna dan kekeringan akibat paparan sinar matahari. Bahkan bahan alami ini juga dapat memberikan nutrisi hidrasi yang membantu melembutkan dan menghaluskan rambut sekaligus menambah kilau indah.

Ramah untuk Semua Jenis Kulit

Salah satu manfaat Karanja oil untuk kecantikan yang menjadikannya patut dicoba adalah sifatnya yang ramah untuk semua jenis kulit.

Minyak alami ini bahkan bisa digunakan ke dalam perawatan harian, karena tidak akan meninggalkan residu, penumpukan minyak berlebih, sehingga tidak akan memicu masalah kecantikan kulit.

Adakah Efek Samping Penggunaan Karanja Oil?

Meskipun tidak ada efek samping keamanan dengan minyak karanja, bukan berarti kamu menggunakannya dengan asal-asalan.

Ini dikarenakan bahwa minyak kanja pada dasarnya adalah minyak, karenanya bahan murni ini kadang terlalu berat untuk rambut yang halus atau wajah yang jenisnya memang berminyak.

Kalau kamu memiliki rambut yang mudah lepek dan wajah yang cenderung berminyak, maka kami merekomendasikan penggunaan produk yang diformulasikan dengan bahan-bahan non-comedogenic.

Dengan demikian bahan alami ini akan dapat terserap dengan lebih optimal pada kulit, serta tidak akan meninggalkan kesan terlalu lengket dan membuat wajah terlalu berminyak.

Kandungan Minyak Alami dalam Formula Produk Perawatan Kecantikan

Pada dasarnya, penggunaan minyak alami ke dalam formula kosmetik bukanlah hal baru lagi. Kamu dapat mendengar atau membaca berbagai produk yang mengandung minyak alami tertentu.

Beberapa jenis minyak alami yang cukup terkenal adalah minyak almond, minyak biji bunga matahari, minyak kelapa, hingga minyak zaitun.

Meski tidak seterkenal jenis minyak lainnya, manfaat karanja oil untuk kecantikan kulit dan rambut pun enggak boleh diremehkan. Bahkan, kamu pun bisa mengubah  bahan alami ini menjadi produk perawatan kecantikan dengan beargam manfaat!

Yap! Tentu Mash Moshem Indonesia bisa membantumu meramu skincare unik dengan minyak alami sebagai bahan dasarnya. Mulai dari perawatan rambut, wajah, hingga ke ujung kuku jari kamu pun kami bisa membantumu menciptakannya.

Bersama kami, kamu dapat memilih kandungan apa yang kamu inginkan dalam formula tersebut, apa saja manfaatnya untuk kecantikan, dan bagaimana product tersebut akan dikemas dan didesain dengan sempurna.

Intinya, kami bisa mewujudkan impianmu untuk menjadi seorang beauty preneur dengan mudah dan praktis. Hebat, kan?

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment