Cara Mengetahui Tren Kecantikan yang Sedang Hits di Masyarakat

Bukan rahasia lagi kalau tren kecantikan atau kosmetik merupakan salah satu yang paling dinamis. Baik, dari tren produk, jenis perawatan wajah yang digunakan, sampai bahan-bahan apa saja yang digunakan.

Sebagai contoh, kamu bisa menemukan berbagai produk perawatan kecantikan kulit dari berbagai merk baru yang bermunculan di pasaran.

Karenanya, ketika kamu ingin memulai bisnis kosmetik atau menciptakan brand kecantikan tertentu, pasti kamu ingin tahu bagaimana cara membaca tren kecantikan yang selalu dinamis ini, bukan?

Dengan begitu, kamu bisa menciptakan produk kecantikan sesuai dengan kebutuhan dan minat masyarakat saat ini. Selain itu, produk kosmetikmu pun tidak akan dicap ketinggalan jaman dan tetap menarik minat target pasar.

Ketika kamu memperhatikan tren kecantikan dan berusaha menghadirkan produk kosmetik yang sesuai, maka kamu pun bisa meningkatkan brand awareness kosmetikmu sendiri.

Menyadari pentingnya hal ini buat keberlangsungan bisnis kosmetik kamu, kami merangkumkan berbagai cara membaca tren kecantikan yang sedang berkembang dari berbagai sumber.

Langsung baca ulasan lengkapnya berikut ini, ya!

Cara Membaca Tren Kecantikan yang Sedang Hits

Meski tren kecantikan sangan dinamis, tapi bukannya tak mungkin untukmu menganalisis bahkan memprediksinya di masa mendatang.

Pada dasarnya ada beberapa alat yang bisa kamu gunakan sebagai cara membaca tren kecantikan yang sedang hits di pasaran. Misalnya dengan menggunakan alat analisis di bawah ini.

Menggunakan Google Trends untuk Analisis Tren Kecantikan

Cara untuk menganalisis tren kecantikan yang sedang berkembang pertama adalah dengan menggunakan Google Trend.

Fitur khusus dari Google ini akan membantumu membaca tren kecantikan yang kamu inginkan dalam rentang waktu tertentu. Misalnya, dalam jangka sebulan belakangan, maupun selama 12 bulan belakangan.

Penggunaan Google Trends pun terbilang sangat mudah. Kamu cukup masuk ke laman Google trend dan melakukan analisa produk skincare atau kosmetik yang sedang populer, sesuai kebutuhanmu.

Lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut ini, ya!

Setelah masuk pada laman tersebut, telusuri produk kosmetik yang kamu inginkan. Kemudian tekan enters. Nah, dari sana kamu bakal melihat grafik tren pencarian produk kosmetik yang sedang kamu cari.

Melakukan Riset Sederhana Lewat Market Place

Cara membaca tren kecantikan yang sedang berkembang di pasaran, kamu bisa melakukannya lewat market place.

Sama halnya analisis produk kosmetik yang sedang hits lewat Google Trends, kamu pun bisa langsung mencari tahu produk apa yang banyak dibeli di bagian Hot Items atau produk terlaris.

Kamu bisa menyesuaikan kategori pencarian, untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik. Sebagai perbandingan, kamu pun bisa membandingkan dengan situs marketplace lainnya.

Melakukan Riset Brand Kosmetik Kompetitor

Hal lain yang dapat membantu kamu untuk cara membaca tren kecantikan yang sedang berkembang di pasaran adalah dengan melakukan riset competitor.

Kamu bisa memulai riset competitor ini dengan mencari tahu apa saja produk kosmetik apa saja yang mereka tawarkan, berapa harga yang mereka patok, bahan-bahan yang digunakan, dan apa saja manfaat yang ditawarkan.

Dengan begitu, kamu bisa mencari celah dan menciptakan produk kosmetik yang jauh lebih unggul dari apa yang dibuat oleh competitor kamu.

Dengan langkah ini, kamu bisa mengejar dan menyaingi ketertinggalan produk kosmetik yang kamu buat dari competitor.

Membuat Survey Pelanggan

Konsumen adalah kelompok masyarakat yang paling peka terhadap perubahan tren kecantikan yang sedang berkembang. Untuk itu, enggak ada salahnya untuk mencari tahu tren kecantikan ini, kamu bisa meminta pendapat mereka dengan membuat survey pelanggan.

Alih-alih bersikap defensive, kamu harus terbuka dengan kritik dan saran yang diberikan oleh konsumen kamu. Bahkan, untuk membuat mereka lebih komunikatif, kamu bisa memberi hadiah kecil sebagai balasan atas perehatian yang telah diberikan oleh konsumen kamu.

Nah, untuk mempermudah survey pelanggan ini, kamu bisa menyediakan alamat email, nomor contact, ataupun memberikan alamat website kepada pelanggan. Dengan begitu, mereka bisa merasa nyaman untuk mengeluarkan kritik dan saran pada kamu.

Rajin Mencari Tahu Tren Kecantikan Lewat Majalah maupun Media Sosial

Salah satu cara membaca peluang pasar kosmetik selanjutnya adalah dengan rajin mencari tahu tren kecantikan lewat majalan maupun media sosial. Yap! Karena kedua saran aini bisa memberikan informasi mengenai tren kosmetik dan kecantikan paling baru.

Majalah kecantikan dan fesyen umumnya berkiblat pada perilaku influencer, aktris dan aktor, selebritas dalam hingga luar negeri.

Ketika kamu peka dengan tren kecantikan internasional, maka kamu bisa memprediksi tren apa saja yang nantinya akan muncul di masyarakat. Mengingat, masyarakat kita terbilang sangat tertarik dengan tren kecantikan dari luar negeri.

Keuntungan Mengetahui Tren Kecantikan untuk Brand Kosmetik

Kamu mungkin bertanya-tanya, mengapa sih mengetahui tren dan peluang pasar ini sangat penting untuk bisnis kosmetik kamu?

Well, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika kamu mengetahui tren kecantikan dan peluang pasar komsetik di pasar. Penasaran apa saja? Langsung cek daftarnya dalam ulasan berikut ini, ya!

Kegiatan Promosi dan Branding Jadi Lebih Efektif

Salah satu manfaat mengetahui tren atau peluang pasar adalah kamu dapat membuat kegiatan promosi yang kamu lakukan lebih efektif.

Karena itu, setiap brand kosmetik umumnya akan berlomba-lomba membuat trend kecantikan baru dan memprediksi mana yang akan menjadi pusat perhatian dari para beauty enthusiast selanjutnya.

Nah, dengan melek tren yang kini sedang berkembang di pasaran, kamu akan mampu memaksimalkan pembuatan konten promosimu dan bisa menjangkau target pasar dengan lebih efektif.

Menjalin Keterhubungan dengan Konsumen

Salah satu manfaat mengetahui tren kecantikan yang sedang berkembang sekarang adalah kamu dapat menjalin keterhubungan dengan konsumen kamu.

Dalam industri kosmetik, tren berkembang dengan cukup pesat. Bahan-bahan baku baru, manfaat yang lebih beragam, hingga penggunaan teknologi yang kian canggih bisa mempengaruhi tren ini berkembang lebih cepat lagi.

Bayangkan bila kamu hanya bertahan pada produk lama, sistem yang sudah using, dan tidak membuat inovasi apapun pada produk kosmetik kamu. Tentu, dengan sendirinya konsumenmu akan berkurang dan berpaling pada brand yang lebih trendi serta memahami kebutuhan mereka.

Menjadi Referensi Ide Produk Kosmetik Baru

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, ketika kamu memahami dan melek tren ini akan memberikan banyak keuntungan untukmu serta brand kosmetik kamu.

Karena, kamu akan jadi lebih peka terhadap kebutuhan pelanggan dan tidak akan segan-segan memberikan inovasi terbaru untuk produk kamu.

Ini tentunya akan sangat menguntungkan untukmu, mengingat kadang kita selalu susah untuk menemukan inspirasi atau referensi baru yang lebih segar sehingga dapat membuat produk baru yang memiliki nilai jual lebih baik.

Membuat Bisnis Kosmetikmu Tetap Berada di Jalur yang Tepat

Dengan mengetahui dan mengikuti perkembangan tren, suatu brand kosmetik akan selalu terhubung dengan target konsumen mereka.

Karena melalui konten yang trendi, kamu bisa memberikan apa yang dibutuhkan oleh audiensmu. Apalagi dalam industri kecantikan, arus tren yang ada pun sangat cepat berkembang.

Membuat Konten Promosi Jadi Lebih Menarik

Kamu pasti menyadari strategi promosi merupakan hal yang sangat penting untuk dipelajari. Apalagi, ketika pesaing dari brand kosmetik kamu juga sangat banyak.

Kamu harus mampu menciptakan konten promosi yang menarik, sehingga dapat meningkatkan minat dan rasa ingin tahu audiens pada brand kosmetik kamu.

Nah, dengan melek tren kecantikan, akan semakin mudah juga bagimu untuk menciptakan konten promosi sekreatif dan semenarik mungkin.

Well, itu adalah berbagai cara membaca tren kecantikan yang hits di pasaran. Apakah kamu pernah menggunakan cara-cara di atas? Atau bahkan ini pertama kalinya kamu mendengar tips membaca peluang pasar ini?

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment