Cara Membuat Izin Usaha Mikro dan Manfaatnya untuk Pelaku UMKM

Memberikan jaminan hukum pada bisnis yang kamu rintis, meski pun masih terbilang kecil, merupakan hal yang harus kamu pertimbangkan dan lakukan. Salah satunya lewat cara membuat izin usaha mikro.

Adanya izin usha mikro ini sangat penting dan dibutuhkan oleh pelaku usaha. Karena dengan legalitas yang jelas dan resmi, kamu dapat menikmati segala fasilitas dan dukungan pemerintah untuk membantu mengembangkan brand kosmetik yang kamu miliki.

Misalnya, ketika kamu akan mengajukan pinjaman usaha, tentu akan lebih mudah kalau kamu memiliki izin usaha mikro sebelumnya.

Tak hanya itu, kamu pun akan lebih mudah untuk mendapatkan pendampingan untuk mengembangkan usaha, pengaturan pembiayaan, hingga bisa mempermudah adanya jalinan kerja sama lainnya.

Dengan adanya izin usaha mikro ini, kamu pun akan dapat menikmati BLT UMKM dan penurunan tingkat suku bunga yang diberlakukan oleh BI.

BLT UMKM ini pun hanya dapat diakses ketika usahamu telah terdaftar melalui Dinas Koperasi dan UMKM daerah sesuai area domisili kamu.

Nah, terlepas dari berbagai keuntungan di atas, adanya izin usaha mikro ini bisa memberikan jaminan dan kepastian hukum dari bisnis yang kamu jalankan.

Menyadari betapa pentingnya izin usaha ini untukmu, kami merangkumkan berbagai cara membuat izin mikro dan apa saja manfaatnya untuk bisnismu dalam uraian berikut ini.

Yuk, simak baik-baik, Beautypreneur!

Apa yang Dimaksud dengan Usaha Mikro dan Kecil?

Seperti ayng tertera dalam Undang Undang Nomor 20/2008, usaha kecil dan menengah termasuk ke dalam golongongan UMKM.

Secara khusus, usaha mikro merujuk pada usaha produktif milik perseorangan dan/atau badan usaha individu yang telah memenuhi kriteria usaha mikro. Kriteria yang dimaksudkan antara lain sebagai berikut ini:

  1. Usaha mikro berpenhasilan bersih maksimal Rp 50 juta, tidak termasuk asset tanah dan bangunan tempat usaha berdiri.
  2. Omset tahunan yang dicapai paling banyak menyentuh nilai Rp. 300 juta.

Sedangankan, yang dimaksud dengan usaha kecil merupakan jenis usaha ekonomi produktif yang dapat berdiri sendiri, dijalankan, atau didirikan oleh perseorang atau badan usaha.

Namun, bukan bagian anak perusahaan atau cabang dari perusahaan lain. Baik secara langsung maupun tidak langsung, yang juga merupakan sebuah perusahaan besar atau korporasi

Kriteria yang dimaksudkan dari sebuah usaha kecil tersebut antara lain:

  1. Jumlah kekayaan atau penghasilan bersih yang didapat dari usaha tersebut paling banyak Rp 50 juta atau paling banyak Rp 500 juta, tidak termasuk tanah dan bangunan yang dijadikan sebagai tempat usaha.
  2. Omset yang didapatkan pun berada pada kisaran nominal Rp 300 juta hingga sebanya-banyaknya, sebesar Rp 2,5 Miliar.

Izin yang Penting Dimiliki Oleh Pelaku Usaha Mikro dan Kecil

Untuk mengembangkan bisnis kosmetik yang kamu rintis, sangat penting untuk memenuhi perizinan hukumnya secara resmi.

Nah, seenggaknya Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Izin Usaha MIkro Kecil (IUMK) adalah dua jenis izin usaha yang harus kamu miliki sebagai brand owner kosmetik baru.

NIB ini akan berfungsi sama halnya KTP bagi seorang pengusaha, sedangankan IUMK akan bekerja sebagai surat izin untuk menjalankan bisnis skala mikro dan kecil.

Dasar Hukum Usaha Mikro Kecil

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ketika mengurus izin usaha mikro dan kecil ini, kamu artinya telah memberikan jaminan hukum kepada bisnis yang kamu jalankan.

Karena Usaha Mikro sendiri pada dasarnya telah memiliki dasar hukum yang dicantumkan dalam Undang Undang Nomor 24 Tahun 2018, tentang Pelayanan Perizinan Berusaa Terintegrasi Secara Elektronik (PP Tentang OSS).

Permen Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah No. 2/2019 mengenai Perizinan Berusaha yang Terintegrasi secara Elektronik.

Serta tercantum juga pada Peraturan Gubernur Provisnis DKI Jakarta, No. 30 Tahun 2018. Dengan uraian sebagai berikut.

Cara Membuat Izin Usaha Mikro Kecil

Cara membuat izin usaha mikro kecil ini sebenarnya tidak terlalu rumit. Ada dua jenis macam Izin usaha mikro dan kecil, yaitu dari skala nasional via OSS dan regional via JakEvo.

Izin usaha mikro kecil via JAkEvo ini dilengkapi dengan sistem zonasi untuk menentukan wilayan usaha bisnis yang diizinkan dan tidak diizinkan di wilayan Provinsi DKI Jakarta.

Sedangkan legalitas dan fungsinya sama saja, hanya saja kadang sering terjadi bentrokan data antara yang tercantum di IUMK via OSS dan IUMK via JakEvo. Misalnya area wilayah izin usaha yang lolos di OSS belum tentu akan lolos pada via JakEvo.

Cara Membuat NIB untuk Bisnis Kosmetik Lewat OSS

Nomor Induk Berusaha (NIB) merupakan normo identitas pelaku usaha yang diterbitkan oleh Lembaga OSS. Untuk mendapatkan NIB ini, kamu perlu melakukan registrasi di laman resmi OSS dengan menyiapkan berbagai syarat dan dokumen usaha perorangan berikut ini.

  1. Nama & NIK
  2. Alamat tempat tinggal
  3. Bidang usaha
  4. Lokasi penanaman modal
  5. Besar rencana penanaman modal
  6. Rencana penggunaan tenaga kerja
  7. Nomor kontak usaha dan/atau kegiatan
  8. Rencana permintaan fasilitas fiskal, kepabeanan, dan/atau fasilitas lainnya.
  9. NPWP Pelaku usaha perorangan.

Manfaat NIB untuk Bisnis Kosmetik

Kamu mungkin bertanya-tanya, mengapa NIB ini begitu penting untuk dimiliki? Yah, karena dengan punya NIB kamu bisa mengembangkan bisnis kosmetikmu dengan lebih mudah karena legalitasnya telah diakui secara hukum

Ini pun akan membuat investor lebih percaya dan mau menanamkan modal untuk mendanai bisnis yang kamu jalankan.

  1. Akses pembiayaan yang jauh lebih mudah.
  2. Memudahkan usaha yang kamu rintis, bahkan dalam sector impor dan ekspor sekaligus.

Cara Membuat Izin Usaha IUMK via OSS

Cara membuat izin mikro kecil selanjutnya via OSS atau One Single Submission. Yang merupakan proses perizinan usaha, di mana dilakukan secasra online baik untuk perusahaan perorangan, badan usaha, hingga badan hukum.

Kelebiihan via OSS ini adalah sistem satu pintu yang diterapkannya. Sehingga bila kamu memngakses OSS untuk membuat NIB, maka data tersebut jugalah yang kemudian digunakan untuk cara membuat izin usaha mikro dan kecil.

Namun, untuk bisnis kosmetik tentu akan membutuhkan IUMK yang berhubungan dengan kesehatan dan lingkungan hidup. Untuk itu, biasanya diperlukan syarat-syarat tertentu untuk memenuhi keperluan peraturan Undang-Udang yang terkait.

Izin Usaha IUMK via JakEvo

Lain halnya dengan OSS, kamu membutuhkan syarat yang sedikit berbeda ketika akan mengurus izin usaha IUMK via JakEvo. Misalnya dengan melengkapi beberapa syarat berikut ini:

  1. Scan KK Pemilik/Penanggung Jawab.
  2. KTP Pemilik/Penanggung Jawab.
  3. NPWP/Pernyataan akan membuat NPWP (bila belum punya NPWP).
  4. Scan pas foto latar belakang merah ukuran 4×6.
  5. Melengkapi surat permohonan (dilengkapi tanda tangan dan materai).
  6. Foto pengusaha sedang melakukan kegiatan usahanya di tempat usaha.
  7. Bukti kepemilikan tanah/bangunan atau bukti sewa tempat tersebut.
  8. Nomor Induk Berusaha (NIB) yang telah kamu urus sebulumnya. Namun, bila belum punya kamu bisa melampirkan surat pernyataan bahwa kamu akan segera membuat NIB itu selama proses pengajuan berlangsung.
  9. Surat rekomendasi dari lurah sesuai lokasi UMK.

Manfaat IUMK untuk Bisnis Kosmetik yang Dimiliki

Nah, meski beberapa orang merasa kesulitan dengan adanya peraturan dan regulasi ini, nyatanya IUMK membawa keuntungan tersendiri bagi bisnis.

Beberapa manfaat yang akan dapat dimiliki setelah mengurus IUMK antara lain:

  1. Memberikan kepastian hukum dan pelindungan dalam menjalankan usaha kosmetik yang kamu rintis.
  2. Adanya akses pendampingan untuk pengembangan usaha kosmetik, misalnya membantu sertifikasi Halal, HAKI (merek dan logo produk), Peyuluhan Keamanan Pangan (PKP), dan masih banyak fasilitas lainnya.
  3. Memiliki akses pemberdayaan dan pendanaan.
  4. Menunjang peforma bisnis dengan lebih optimal.
  5. Memberikan keunikan usaha kosmetikmu dengan usaha lainnya.
  6. Pencatatan historis dari brand kosmetik yang kamu kembangkan.
  7. Sebagai indicator untuk menghitung nilai pertumbuhan ekonomi dan industri kosmetik bagi pemerintahan.

Nah, itu adalah berbagai cara membuat izin usaha mikro dan kecil yang mungkin belum kamu tahu dengan baik.

Setelah membaca ulasan di atas, kamu pasti memahami bahwa izin usaha ini sangat penting untuk kamu buat. Agar brand kosmetikmu lebih mudah untuk berkembang, juga mendapatkan perlindungan hukum, kepercayaan investor, dan pendanaan pemerintah.

Well, sebagai pebisnis yang baik kamu harus benar-benar mengetahui dan melaksanakan cara membuat izin usaha mikro ini ya!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Patut Dicoba, Simak Cara Jualan di Shopee untuk Pemula Berikut Ini

Memulai bisnis online merupakan hal yang sangat baik untuk kamu lakukan, mengingat bisnis satu ini sedang melejit dan diperkirakan bakalan terus meroket. Terlebih sejak pandemic covid-19 merebak, kebiasaan masyarakat telah berubah dan banyak beralih menggunakan perangkat onlie, termasuk dalam...

Continue Reading

Leave a Comment