Intip Berbagai Jenis Foundation dan Tips Pemakaiannya Supaya Awet Seharian!

jenis foundation

Foundation merupakan produk riasan wajah yang bergunas sebagai base atau dasar make up. Pemakaian foundation akan membuat kulit wajahmu terlihat lebih mulus dan mempermudah pengaplikasian produk make up lainnya.

Untuk itulah, penggunaan foundation jadi sangat penting ketika akan menggunakan riasan wajah. Namun, enggak semua jenis foundation bisa cocok dengan warna dan kondisi kulit wajahmu, lho.

Apalagi, hingga kini banyak sekali merk-merk kosmetik yang sudah ternama maupun yang baru bermunculan, telah memproduksi berbagai inovasi foundation.

Tekstur, warna, dan ketahanannya pun berbeda-beda serta dibuat khusus untuk kebutuhan tertentu pengguna kosmetik.

Lalu apa dong yang jadi ukuran bagus atau cocok tidaknya foundation? Terlebih untuk pemula, pasti bingung pilih produk mana yang harus dicoba terlebih dahulu.

Demi mendapatkan foundation yang cocok untuk wajahmu, cari tahu berbagai jenis foundation dan karakteristiknya di ulasan berikut ini, ya!

Liquid Foundation (Foundation Cair)

Jenis foundation satu ini terbilang jadi yang paling popular dan banyak digunakan belakangan ini, lho.

Sebab, foundation cair sangat mudah diaplikasikan, baik saat kamu menggunakan beauty blender atau dengan kuas make up.

Liquid foundation juga memiliki tekstur yang beragam, karena bahan dasarnya pun terkadang tidak sama. Yakni ada yang dibuat dengan oil based (berbahan dasar minyak) dan water based (berbahan dasar air).

Bagi kamu yang memiliki jenis kulit yang kering, bisa memilih foundation dengan oil based. Jenis ini akan membuat foundation lebih awet di kulitmu, karena tidak mudah kering dan menimbulkan crack.

Sementara itu, kalau kamu memiliki jenis kulit yang berminyak, cari dan pakai liquid foundation yang water based. Foundation ini akan memiliki tekstur yang lebih light, namun masih full coverage.

Yang lebih penting, dengan foundation water based, produksi sebum akan jauh lebih terkontrol dan pori-pori wajah enggak tersumbat.

Pressed Powder Foundation

Jenis foundation ini berbentuk serupa dengan bedak padat, yang juga enggak kalah populernya dengan liquid foundation, lho, Ladies!

Pressed powder foundation ini cocok digunakan untuk kamu yang punya tipe kulit berminyak. Sebab, produk ini mampu menyerap minyak wajah berkali-kali, sehingga foundation enggak akan mudah luntur dan melebar ke mana-mana.

Namun yang perlu diingat, kamu enggak bisa mengaplikasikan foundation ini berkali-kali di wajah. Sebab, lapisan yang terlalu tebal dan tidak merata akan membuat wajahmu terkesan tidak natural.

Tips lainnya, kalau mau pakai pressed powder foundation ini, sebaiknya cari warna yang sedikit lebih muda dari warna alami kulitmu. Karena produk ini akan memberikan tampilan matte yang tidak berlebihan jika digunakan dengan tepat.

Loose Powder Foundation

Juga dikenal dengan nama mineral foundation, loose powder foundation adalah produk riasan wajah yang terbilang sangat ramah untuk kulit kamu.

Karena jenis foundation satu ini tidak mudah menimbulkan iritasi pada kulit, karena teksturnya yang cukup ringan dan lembut di kulit.

Tak hanya itu, bagi pemilik kulit kering juga cocok memakai produk satu ini. Sebab, tidak akan membuat kulit wajahmu jadi makin kering.

Penggunaannya juga cukup mudah, lho, Ladies. Yakni bisa menggunakan kuas make up dan sponge untuk meratakannya pada wajah.

Poin plusnya lagi, nih, loose powder foundation dapat kamu gunakan sebagai penggenati bedak saat melakukan touch up. Hasilnya pun enggak akan menimbulkan kesan berlebihan dan tidak natural pada riasan wajahmu.

Cream Foundation

Kalau cari foundation untuk acara resmi dan bisa tahan seharian, kamu bisa pertimbangkan jenis foundation satu ini.

Cream foundation cenderung hadir dalam bentuk stick dan cukup mudah diaplikasikan. Enggak hanya itu, produk ini juga dapat bertahan lama dan masih bisa menjaga kelembapan alami pada kulit wajahmu.

Foundation ini mampu bertahan seharian, bahkan sampai sepuluh jam lamanya. Keren banget, enggak, sih?

Saat akan menggunakannya, sangat direkomendasikan memakai beauty blender atau sponge untuk meratakan dan membuat teksturnya jadi lebih menyatu dengan kulit.

Karena coverage-nya yang tinggi, cream foundation juga bisa kamu pakai untuk menutupi dark spot dan bekas jerawat yang susah hilang.

Pemilik kulit kering bisa banget pakai cream foundation ini, karena akan memberikan hasil tampilan yang matte.

Mousse Foundation

Meski jarang yang tahu, jenis foundation satu ini sebenarnya juga enggak kalah recommended, lho. Sebab, mousse foundation memiliki tekstur yang sangat ringan saat dipakai di kulit.

Karena daya tahannya yang enggak terlalu lama, yakni sekitar 2-3 jam saja, foundation ini cocok dipakai untuk kegiatan sehari-hari atau yang ringan saja.

Teksturnya yang ringan membuat mousse foundation ini ramah di kulit dan tidak mudah menimbulkan iritasi. Bahkan jenis foundation ini pun terbilang cocok digunakan oleh segala jenis kulit, lho.

Sheer Foundation

Sheer foundation adalah jenis foundation yang harus kamu tahu selanjutnya. Teksturnya yang ringan dan cepat menyatu dengan warna kulit sangat cocok untuk kamu yang memiliki kulit kering dan sensitive.

Tak hanya itu, jenis foundation ini rupanya juga bisa mengontrol sebum wajah dan memberikan tampilan yang lebih cerah serta bebas kilau, lho.

Cocok, deh, kalau dibuat jalan sama doi!

Tips Memakai Foundation Agar Awet Seharian

jenis foundation (1)

Selain memilih produk foundation yang cocok untuk jenis kulitmu dan sesuai dengan kebutuhanmu. Awet atau tidaknya foundation bisa juga dipengaruhi oleh cara pemakaiannya, lho.

Nah, kalau kamu mau hasil foundation yang tahan lama dan enggak mudah crack, cek tip-tipnya di bawah ini, ya!

Gunakan Skincare yang Biasa Kamu Gunakan

Kulit yang tampak lembut dan mulus, enggak hanya didapat dari penggunaan foundation yang tepat. Melainkan pemakaian dan perawatan rutin yang kamu lakukan selama ini.

Yakni mulai dari membersihkan muka, memakai toner, essence, serum, hingga moisturizer. Jangan lupakan juga untuk menggunakan sunscreen agar wajahmu tetap terlindungi meski di bawah teriknya sinar matahari.

Yang harus diperhatikan, beri jeda antara pemakaian skincare sebelum mengaplikasikan foundation. Hal ini agar kandungan yang terdapat dalam skincare dapat teresap dengan optimal pada kulit.

Cari tahu juga tentang Urutan Pemakaian Skincare Pagi dan Malam yang Benar.

Pilih Shade Warna yang Cocok dengan Kulitmu

Memilih warna shade foundation yang cocok dengan kulitmu adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Sebab, jika kamu memilih warna yang terlalu terang ataupun gelap, malah akan membuat penampilanmu terlihat tidak natural.

Umumnya para beauty advisor atau make up artist (MUA) akan menyarankan untuk memakai foundation yang warnanya setingkat lebih cerah dari kulitmu.

Namun, untuk benar-benar tahu cocok tidaknya. Kamu bisa mencoba mengaplikasikannya ke dagu, dan lihat kesesuaiannya dengan area leher serta kulit wajahmu.

Aplikasikan dengan Merata

Langkah satu ini juga penting banget, lho, Ladies. Sebab, kalau kamu tidak mengaplikasikan foundation dengan merata, warna yang dihasilkan pun tidak akan sama.

Kalau kamu ingin hasil yang lebih tipis, kamu bisa aplikasikan dengan jari. Sebaliknya, untuk hasil yang lebih coverage, gunakan sponge untuk meratakan foundataion.

Sementara untuk pemakaian harian, kamu bisa mengaplikasikan foundation hanya pada bagian-bagian yang berjerawat atau spot hitam di kulit.

Agar hasilnya lebih coverage, blend make up kamu khususnya pada bagian mata, mulai dari tengah hingga bagian luar wajah.

Gunakan Concealler

Concealer merupakan pelengkap riasan wajah yang cukup penting untuk kamu miliki. Apalagi kalau kamu punya masalah mata panda.

Untuk mengaplikasikan produk satu ini kamu bisa menggunakan brush kecil pada bagian dalam dan luar sudut mata.

Taburkan Loose Powder

Penggunaan bedak tabur bisa membuat wajah kamu jadi lebih hidup dan make up terlihat lebih natural. Kamu bisa mengaplikasikan produk ini dari garis rambut lalu ke arah tulang pipi, kemudian menyapukannya pada bagian hidung, pipi, dan seterusnya.

Gunakan Setting Spray

Setting spray dibutuhkan untuk mengunci make up yang kamu pakai bertahan lama. Tentu, untuk make up harian, setting spray tidak terlalu kamu butuhkan.

Namun, jika akan menghadiri acara formal tertentu dan mengharuskan make up-mu bertahan dalam waktu yang lama. Maka setting spray bisa jadi salah satu alternatif yang paling ideal untuk membuat riasan wajahmu awet seharian.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment