Ssst! Intip Rahasia Manfaat Daun Henna untuk Kecantikan Rambut

manfaat hair creambath untuk rambut

Buat kamu yang suka sekali dengan nail art pasti udah enggak baru lagi dengan yang namanya henna. Apalagi pada akhir 90-an hingga awal 2000an, produk alami ini menjadi idaman perempuan muda untuk memperindah jari-jari mereka.

Henna adalah salah satu pewarna alami yang dibuat dari pohon pacar atau Lawzonia Inermis, yang sangat banyak ditemukan di daratan Asia dan Timur Tengah.

Bahan alami ini telah lama dipakai sebagai bagian dari perawatan kesehatan dan kecantikan. Pada bangsa Mesir Kuno misalnya, yang telah menggunakan henna sebagai perawatan kecantikan sekitar 1500 SM silam.

Tak hanya di Mesir, orang Indonesia jaman dulu pun menggunakan bubuk daun, bunga, dan biji tanaman pacar sebagai antipretik, penyembuh luka bakar pada kulit, mengatasi sembelit, serta berbagai masalah kesehatan lainnya.

Namun, lebih dari itu, rupanya manfaat daun henna untuk rambut pun tak bisa diremehkan, lho!

Berbagai Manfaat Henna untuk Rambut yang Perlu Diketahui

manfaat henna untuk rambut

Nah, selain banyak digunakan sebagai pewarna alami dan pengobatan tradisional, apakah kamu tahu kalau henna memiliki banyak manfaat untuk kecantikan rambut?

Ya, meski sangat jarang dibahas atau dipromosikan, henna memiliki beragam nutrisi yang sangat baik untuk kecantikan rambut. Misalnya zat besi, flavonoid, kumarin, kalsium, kalium, zinc, dan masih banyak kandungan lainnya.

Berikut ini ada beberapa manfaat henna untuk kecantikan rambut yang perlu kamu tahu. Jangan sampai terlewat dan baca sampai habis, ya!

Membantu Menyehatkan Kulit Kepala

Salah satu langkah yang paling sederhana dalam merawat kecantikan rambut adalah dengan menyehatkan bagian kulit kepala terlebih dahulu, misalnya dengan memenuhi kebutuhan nutrisi dan memberikan perlindungan ekstra.

Kandungan zat besi, antioksidan, dan berbagai jenis mineral yang sangat baik untuk merawat kesehatan kulit kepala bisa kamu dapatkan dalam henna, lho.

Semua nutrisi yang dimiliki henna akan membantu meningkatkan dan menjaga vitatalitas kulit kepala. Manfaat henna untuk rambut ini pun didapat dari sifatnya sebagai antimikroba dan antiperadangan.

Membuat Rambut Jadi Lebih Mudah Diatur

Kurangnya hidrasi pada batang rambut akan menyebabakan helainnya mengembang, kering, dan cukup susah untuk dirapikan.

Bagi beberapa orang, hal ini pun bisa cukup menganggu dan merepotkan. Akhirnya, banyak yang pergi ke salon dan melembutkan rambut mereka dengan smoothing. Padahal, langkah ini pun bisa berisiko menimbulkan masalah lain pada rambut.

Untuk membuat rambut jadi lebih mudah diatur sebenarnya juga cukup mudah, lho. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami yang bisa didapatkan dengan mudah, misalnya dengan henna.

Manfaat henna untuk rambut ini bisa kamu dapatkan dengan menggunakannya sebagai masker rambut dan mengombinasikannya dengan dengan bahan-bahan melembapkan pada kulit. Misalnya telur, madu, aloe vera, dan minyak zaitun.

Ketika bahan-bahan tambahan tersebut melembapkan kulit kepala dan rambut, maka henna akan bekerja untuk mengunci kultikula rambut, sehingga kelembapan yang ada tidak akan mudah hilang.

Menggunakan perpaduan ini secara rutin dalam selama 2-3 kali seminggu akan membuat rambutmu lebih mudah diatur dan tampak lebih bervolume.

Memperbaiki Kerusakan pada Rambut

Paparan radikal bebas yang berlebihan, pengunaan alat styling rambut yang terlalu sering, dan suka menggunakan pewarna kimiawi, bisa membuat rambutmu bermasalah dan mengalami kerusakan.

Nah, salah satu manfaat henna untuk rambut adalah memperbaiki kerusakan yang terjadi pada rambut. Manfaatnya ini didapatkan dari kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang dimilikinya.

Kedua kandungan ini akan bekerja sama untuk menjaga vitalitas rambut dan kulit kepala. Sementara antioksidan melawan radikal bebas, antiinflamasi akan membantu meredakan peradangan dan memulihkan sel-sel kulit yang terdampak.

Memperkuat Akar dan Batang Rambut

Karena sangat ampuh merawat kesehatan dan mengatasi kerusakan rambut, maka tak heran kalau henna pun bisa membantu meningkatkan kekuatan akar dan batang rambut secara alami.

Manfaat henna untuk rambut ini didapat dari kandungan antiosidan yang dimilikinya, yang mampu mendorong pembentukan kolagen.

Kolagen merupakan protein yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan rambut. Protein ini akan meningkatkan elastisitas dan kekuatan rambut, karenanya rambutmu tidak akan mudah bercabang apalagi sampai patah.

Bisa Mengatasi Masalah Lepek dan Kulit Kepala Berminyak

Selain dapat mempertahankan kelembapan alami pada kultikula, tahukah kamu daun henna pun bisa mengatasi masalah kulit kepala berminyak dan mencegah rambut lepek?

Ya, bahan alami ini merupakan bahan terbaik yang bisa kamu coba untuk merawat rambut yang berminyak. Sebab, henna dapat menenangkan kelenjar sebaceous agar tidak memproduksi minyak alami secara berelbihan.

Tak hanya itu, manfaat henna untuk rambut ini pun akan berdampak pada pH alami kulit kepala. Yakni menjadikannya lebih seimbang, sehingga dapat memperkuat folikel rambut.

Mendorong Pertumbuhan Rambut

Kerusakan rambut yang cukup parah, bila tidak ditangani dengan baik, akan memciu kerontokan dan berujung pada kebotakan dini.

Untungnya, selain membantu menutrisi kulit kepala dan memperkuat rambut, rupanya henna pun bisa merangsang regenerasi rambut baru yang lebih sehat.

Dengan demikian, tak cuma mengurangi kerontokan rambut, henna akan membantu mengembalikan volume yang hilang dengan mendorong pertumbuhan rambut baru.

Mengurangi Masalah Kerontokan Rambut

Kerontokan rambut bukanlah masalah baru, bahkan bisa dibilang semua orang pernah mengalami masalah kecantikan satu ini. Apalagi bagi mereka yang memiliki rambut panjang dan kurang mendapatkan perawatan tepat.

Manfaat daun henna untuk rambut selanjutnya adalah membantu mencegah adanya kerontokan rambut dan mengatasinya.

Kandungan antioksidan, antiinflamasi, dan berbagai jenis mineral yang ada dalam daun henna akan membantu memperkuat rambut serta memberinya lapisan pelindung tambahan.

Mengatasi Rambut Bercabang

Tahukah kamu, kalau salah satu tanda rambut kamu sedang tidak sehat adalah adanya cabang-cabang kering di batang rambut?

Kondisi ini biasanya diiringi dengan masalah kerontokan atau patahnya batang rambut. Masalah rambut tersebut merupakan tanda kalau rambutmu kekurangan nutrisi dan hidrasi.

Kabar baiknya, manfaat henna untuk rambut selanjutnya adalah membantu mengatasi masalah rambut bercabang. Khususnya kandungan vitamin E dalam henna akan menutrisi rambut, melapisi batanya dengan lipid, dan menjaganya agar tidak mudah rapuh.

Memberikan Kilau Alami pada Rambut

Selain bisa menyehatkan, penggunaan henna untuk merawat kulit kepala pun bisa memberikan kilau alami yang cantik pada rambut, lho!

Kandungan vitamin E, potassium, dan kalsium dalam henna akan membantu mengembalikan kelembapan pada rambut. Hal ini pun akan berdampak pada warna rambut, yakni membuatnya kian bersinar dan tampak berkilau.

Memperlambat Munculnya Tanda Penuaan pada Rambut

Tanda penuaan enggak hanya muncul pada kulit, lho. Kulit kepala dan rambut pun bisa mengalami penuaan dini, yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet berlebihan dan banyaknya tekanan dari polusi lingkungan.

Penuaan rambut ini bisa ditandai dengan adanya perubahan warna pada rambut, tekstur yang jadi lebih kasar, hingga kekuatan dan elastisitas rambut berkurang drastis.

Namun kamu tidak perlu khawatie, masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan henna. Kamu hanya perlu menggunakan bahan alami ini sebagai masker rambut secara rutin.

Maka seluruh kandungan nutrisi yang ada pada henna akan menjaga kesehatan kulit kepala dan menjadikan rambut lebih sehat, serta terhindar dari penuaan dini.

Cara Merawat Rambut Menggunakan Daun Henna

merawat rambut

Setelah melihat banyaknya manfaat henna untuk rambut, kamu pasti udah enggak sabar untuk menggunakan bahan alami ini sebagai bagian dari rangkaian perawatan rambut yang kamu lakukan, bukan?

Nah, sebenarnya penggunaan henna ini enggak susah-susah amat, kok. Kamu bisa dengan mudah mengaplikasikan bahan alami ini sendiri di rumah.

Penasaran bagaimana cara merawat rambut menggunakan daun henna sendiri? Langsung cek langkah dan tips penggunaannya di bawah ini, ya, Ladies!

Merawat Rambut Kering dengan Henna

Untuk membantu merawat rambut yang kering, kamu bisa mengombinasikan henan dengan bahan pelembap alami lainnya.

Dalam resep kali ini, kamu bisa memadukan henna dengan coconut oil dan buah pisang sebagai masker rambut.

Langkah Pembuatan Masker Henna untuk Rambut Kering

  • Rendam henna dalam air secukupnya semalaman, agar dapat henna membentuk pasta masker.
  • Esoknya, tambahkan pisang yang telah dihancurkan dan 3-4 tetes coconut oil dalam pasta henna.
  • Aduk hingga merata, dan gunakan sebagai masker rambut setelah kamu mencuci rambut dengan sampo.
  • Biarkan masker rambut ini selama 3-5 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Mengatasi Ketombe dengan Masker Henna

Ketika ingin mengatasi ketombe, kamu bisa mengombinasikan henna dengan bahan yang bisa mengangkat kotoran, sekaligus bekerja sebagai antioksidan yang sangat baik.

Bahan yang akan digunakan dalam resep ini adalah kopi. Kafein dalam kopi dapat memperlancar peredaran darah di kulit kepala dan bertindak sebagai antioksidan.

Cara Membuat Masker Henna untuk Atasi Ketombe

  • Rebus air dan tambahkan bubuk kopi ke dalamnya, lakukan selama beberapa menit.
  • Setelah air mendidih, kamu bisa menuangkan air rebusan kopi ini ke dalam mangkuk dan mencampurnya dengan henna secukupnya.
  • Pastikan pasta masker yang kamu buat memiliki konsistensi yang ideal dan tidak ada gumpalan.
  • Aplikasikan masker dengan merata ke setiap helaian rambut, dari bagian ujung hingga ke akar.
  • Biarkan masker tersebut selama 3 jam, kemudian bilas rambut hingga bersih.

Nah, itu adalah beberapa manfaat daun henna untuk rambut dan cara pakainya yang bisa kamu coba di rumah. Pilih langkah yang sesuai dengan jenis dan kondisi rambut kamu, ya, Ladies!

Well, selamat mencoba dan semoga berhasil! Jangan lupa bagikan pengalamanmu menggunakan henna sebagai perawatan rambut di kolom komentar.

About Author

Related posts

Leave a Comment