Bantu Lembapkan dan Lindungi Kulit, Ini Manfaat Emolien untuk Kecantikan

manfaat emolien untuk kecantikan

Menjaga kelembapan kulit merupakan hal yang sangat penting bagi kesehatan kulit wajah, menghindarkannya dari kulit yang kering, mengelupas, maupun terasa kasar.

Untuk menjaga kelembapan kulit ini sangatlah mudah, selain memenuhi asupan air yang cukup, kamu pun dapat menggunakan berbagai produk skincare yang mengandung emolien.

Kamu pasti udah kenal banget dengan kandungan produk perawatan kulit satu ini, mengingat emolien dapat digunakan di semua produk yang bisa membantu melembapkan kulit. Mulai dari krim wajah, serum, essence, lotion, dan masih banyak lainnya.

Nah, meski banyak digunakan dalam produk perawatan kecantikan, ternyata enggak sedikit juga yang kurang mengenal emolien dengan baik.

Well, kalau begitu kamu bisa baca ulasan tentang pengertian dan manfaat emoilen untuk kecantikan kulit berikut ini.

Sekilas Tentang Emolien yang Perlu Kamu Tahu

manfaat emolien untuk kecantikan (2)

Sebelum membahas manfaatnya untuk kecantikan, emolien merupakan sebuah bagian dalam produk perawatan kulit yang dapat membantu melembutkan dan melembapkan kembali kulit yang kering.

Kandungan ini khususnya bekerja dnegan mengisi ruang kosong pada kulit kamu dengan zat lemak, sehingga membuatnya terasa lebih lembap dan lembut.

Ruang kosong dalam kulit yang kering ini terbentuk karena kurangnya kandungan air pada lapisan atas kulit. Hal inilah yang akhirnya memicu kulit yang terlihat retak dan tampak sangat bersisik.

Berbagai Manfaat Emolien untuk Kecantikan Kulit

pelembap wajah

Emolien merupakan kandungan yang bisa membantu mengembalikan kelembapan kulit, yakni dengan mengisi ruang kosong akibat kurangnya hidrasi kulit.

Kandungan ini dapat kamu temukan dengan mudah dalam berbagai produk perawatan kecantikan kulit wajah dan tubuh.

Tahukah kamu, kalau selain melembapkan, manfaat emolien untuk kecantikan kulit pun terbilang sangat beragam? Well, simak uraian berbagai manfaat kandunga tersebut secara lengkap berikut ini!

Mencegah Munculnya Masalah Kulit

Salah satu merawat kesehatan kulitmu dengan mudah adalah memastikannya terhidrasi dengan baik, serta menghindari agar kulit tidak terlalu kering maupaun dehidrasi.

Kulit yang terlalu kering akan membuat skin barrier tidak bekerja optimal dalam melindungi kulit, bahkan enggak sedikit kasus yang menunjukkan lipid ini bisa rusak.

Selain itu, kulit yang kering pun semakin rentan mengalami iritasi, tampak lebih kusam, dan menimbulkan peradangan.

Nah, salah satu manfaat emolien untuk kecantikan kulit adalah dengan mecegah munculnya berbagai masalah kulit, termasuk yang disebabkan kulit kering.

Membantu Meredakan Berbagai Gejala Peradangan

Peradangan pada kulit bisa terjadi karena berbagai hal, mulai dari kurangnya hidrasi kulit, akibat jerawat aktif, kondisi kulit yang sensitif, paparan sinar matahari berlebihan, hingga alergi kosmetik.

Gejala peradangan pada kulit pun sangat bervariasi, misalnya dengan munculnya kemerahan, kulit yang terasa perih dan gatal, serta berbagai rasa tak nyaman lainnya.

Untuk mengurangi atau meredakan berbagai masalah peradangan ini kamu bisa menggunakan krim berkandungan emolien.

Emolien akan membantu memberikan ketenangan pada kulit, meredakan gejala peradangan dengan melembapkan kulit wajah kamu.

Aman Digunakan untuk Mengobati Eksim

Eksim merupakan sebuah penyakit kulit yang ditandai adanya rasa gatal, tekstur kulit yang terasa kering, menebal, dan bersisik.

Untuk mengobati masalah ini kamu bisa rutin menggunakan salep atau krim bekandungan emolien. Sebab, kandungan ini efektif untuk menenangkan dan mengatasi kondisi-kondisi eksim tersebut.

Bahkan, beberapa ahli menyebutkan bahwa emolien lebih aman digunakan dalam mengobati eksim dan tak akan menimbulkan risiko atau efek samping, jika dibandingkan dnegan obat-obatan krim steroid yang justru akan berdampak ketika digunakan dalam jangka panjang.

Mengembalikan Kelembapan Kulit dan Menguncinya Seharian

Telah dijelaskan sebelumnya, manfaat emolien untuk kecantikan kulit yang utama adalah membantu mengembalikan kelembapan kulit dan menguncinya seharian.

Emolien akan mengisi bagian kulit yang kering dengan lapisan lemak, sehingga kondisi kulit akan jauh lebih baik dan bahkan akan memberi sensasi menenangkan.

Tak hanya melembaokan, kandungan  ini pun dikatakan efektif dalam menjaga kelembapan alami yang ada dalam kulit dengan menguncinya seharian.

Memperbaiki dan Memperhalus Tekstur Kulit

Kulit yang kering akan cenderung memiliki tekstur kasar, mudah mengalami penuaan dini, dan gampang sensitif.

Nah, dengan penggunaan krim berkandungan emolien secara teratur untuk merawat kulit dan rambutmu disinyalir akan membantu memperbaiki tekstur kulit, serta menjadikannya lebih halus lagi.

Berbagai Bentuk Emolien Berdasarkan Sediannya

jenis emolien

Setelah melihat manfaat emolien untuk kecantikan dan kesehatan kulit di atas, kamu pasti menyadari seberapa pentingnya penggunaan bahan skincare satu ini.

Emolien kini pun mmeiliki beberapa bentuk yang mungkin sudah sangat familiar di telingamu, apalagi kalau merupakan seorang yang sangat aktif dalam mengikuti tren kecantikan tertentu.

Bentuk-bentuk emolien ini bisa kamu pilih berdasarkan kebutuhan dan kondisi kulit wajah maupun tubuh kamu. Misalnya dengan melihat jenis kulit, hingga tingkat keparahan masalah yang dialami.

Secara umum ada empat jenis emolien yang perlu kamu tahu, yang karakteristik dan manfaatnya pun cukup berbeda satu sama lainnya.

Salep

Bentuk emolien yang pertama adalah salep, yang biasanya mengandung minyak cukup tinggi dan lumayan berair. Tekstur salep pun terbilang lebih tebal, sehingga dapat mencegah kulit kehilangan lebih banyak air dan tak perlu disapukan berkali-kali.

Emolien dalam bentuk salep merupakan pilihan yang sangat tepat bila kamu ingin mengatasi masalah kulit dengan kondisi kering yang cukup parah, misalnya disertai dengan penebalan dan bersisik.

Sayangnya, enggak semua orang suka menggunakan salep. Sebab, teksturnya yang tebal pun kadang akan menempel di pakaian dan meninggalkan bekas di sana.

Tak hanya itu, tektsturnya yang lengket dan kental pun membuat salep lebih cocok digunakan pada malam hari.

Krim Emolien

Bentuk emolien yang kedua adalah krim, mau krim wajah atau yang dioleskan ke tubuh. Krim memiliki sediaan yang cukup seimbang antara minyak dan air, sehingga akan sangat mudah terserap dan menyebar di area kulit hingga bagian terdalam.

Sayangnya, krim memiliki konsentrasi yang lebih rendah dibandingkan salep. Hasilnya, ia tidak bisa membuat kulit lebih lembap jika dibandingkan dengan menggunakan salep.

Meski begitu, banyak orang yang lebih suka menggunakan krim untuk menjaga kelembapan kulit di siang hari. Tekstrunya yang ringan akan menyerap dengan mudah di kulit, mencegah adanya reduksi pada pakaian, sehingga tidak akan mengganggu riasan wajah.

Lotion

Bentuk emolien yang selanjutnya adalah lotion, yakni yang memiliki kandungan air lebih banyak dibandingkan dengan kandungan minyaknya. Lotion umumnya digunakan untuk merawat kulit tubuh dan dikombinasikan dengan berbagai jenis pelembap lain.

Tekstur lotion pun lebih ringan dibandingkan krim wajah, sehingga dapat dengan mudah menyebar dan meresap di kulit, bahkan pada area yang memiliki banyak bulu atau rambut sekalipun.

Jenis emolien satu ini terbilang sangat cocok digunakan pada pagi maupun siang hari, karena teksturnya yang ringan, tidak meninggalkan residu, dan mudah diaplikasikan.

Namun, karena mudah terserap dalam tubuh, lotion pun harus cukup sering diaplikasikan. Misal, saat pagi kamu sudah mengaplikasikannya, maka ketika pertengahan hari atau beberapa jam setelahnya kulitmu jadi keringm, kamu harus mengaplikasikannya kembali.

Spray

Bentuk emolien satu ini bisa dibilang merupakan inovasi yang cukup baru. Spray tentu saja memiliki konsentrasi yang jauh lebih ringan dibanding dengan prpoduk-produk sebelumnya.

Namun, produk ini akan memabntu menjangkau area kulit yang sulit disentuh oleh tangan kamu. Spray pun akan lebih mudah terserap oleh kulit, sehingga kamu perlu mengulangi penggunaanya selama 3-4 jam sekali.

Nah, itu adalah beberapa manfaat emolien untuk kecantikan kulit, termausk beberapa jenis produk dengan sifat emolien yang perlu kamu tahu.

Kira-kira manakah yang cocok untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulitmu? Kasih tahu pendapatmu lewat kolom komentar di bawah, ya!

Tahukah kamu, kalau Mash Moshem Indonesia dapat membantumu menciptakan berbagai jenis produk emolien dengan brand kosmetik pribadimu sendiri?

Yap! Lewat jasa maklon skincare yang kami tawarkan buatmu, kamu bebas membuat produk-produk kosmetik yang kamu inginkan. Bahkan, kamu bisa secara spesifik menggunakan bahan-bahan tertentu untuk menciptakan formulasi skincare yang unik dan pastinya otentik.

Penasaran bagaimana cara maklon skincare berkandungan emolien bersama kami? Langsung hubungi Tim Mash Moshem Indonesia dan diskusikan ide bisnis kosmetikmu bersama kami!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Leave a Comment