15+ Cara Meningkatkan Traffic Toko Online Agar Jualan Makin Ramai

cara meningkatkan traffic toko online

Memulai website toko online memang menjadi kebanggaan tersendiri. Di tokomu, kamu bisa bebas berkreasi dan mendandani tokomu sesuai dengan keinginanmu. Bisa saja trafiknya rendah dan kamu harus segera mencari cara meningkatkan traffic toko online untuk meningkatkan penjualan.

Mendatangkan pengunjung untuk toko online baru memang bukan perkara mudah. Berbeda dengan blog, toko online tidak didesain untuk bisa memuat banyak konten. Jika memaksakan website untuk sama dengan blog, bisa-bisa tampilan tokomu tidak lagi menarik.

Kenapa sih trafik website toko online harus tinggi? Jika kamu bertanya seperti itu, jawabannya tentu saja agar meningkatkan kemungkinan pelanggan melakukan pembelian. Semakin banyak orang yang mengunjungi tokomu, maka akan semakin besar kemungkinan mereka untuk beli.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami cara-cara meningkatkan trafik di toko online. Nah, sebelum kamu mencaritahu lebih jauh mengenai apa saja cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan trafik toko online. Perhatikan beberapa alasan penurunan pengunjung website di bawah ini!

Mengapa Pengunjung Website Menurun?

Salah satu alasan pengunjung di toko onlinemu turun adalah karena naiknya peringkat toko online milik kompetitor di mesin pencarian. Kamu bisa mempelajari terlebih dahulu apa penyebab peringkat toko milik kompetitor naik.

Selain masalah di atas, sebelum kamu mempelajari cara meningkatkan traffic toko online, coba perhatikan terlebih dahulu kondisi website toko onlinemu. Jika ada beberapa poin di bawah ini yang ternyata kamu temui di toko onlinemu maka kamu perlu memperbaikinya terlebih dahulu.

  • Loading website yang lambat
  • Penerapan SEO yang salah
  • Terlalu banyak komentar spam
  • Desain website yang kurang menarik

15+ Cara Meningkatkan Traffic Toko Online dengan Efektif

cara meningkatkan traffic toko online

Setelah mengetahui berbagai factor yang menyebabkan traffic tokomu turun, kamu bisa menerapkan 15 cara meningkatkan traffic toko online berikut ini!

Menentukan Buyer Persona

Langkah pertama yang paling penting untuk kamu lakukan adalah menentukan persona buyer dengan mengidentifikasi karakteristik pembeli.

Tujuannya adalah untuk menentukan target pasar yang tepat untuk produk yang kamu jual. Agar lebih efektif, kamu bisa melakukannya bersama tim untuk mencaritahu apa saja karakter konsumenmu.

Hindari menentukan target yang terlalu umum, buatlah kriteria spesifik agar memudahkanmu dalam menentukan strategi dalam mencari calon pembeli. Misalnya dengan mencaritahu apa saja yang akan membuat konsumen senang, sedih, mencaritahu gaya hidup, aktifitas hingga karakter dasar.

Pasang Iklan Berbayar

Jika kamu memiliki anggaran lebih, kamu bisa memasang iklan berbayar melalui platform online. Cara ini cukup efektif untuk meningkatkan trafik toko online.

Ketika kamu memasang iklan berbayar, pastikan iklan yang kamu pasang sesuai dengan platform yang akan menampilkannya dan relevan dengan target. Dengan begitu, hasil ROI iklan akan maksimal.

Salah satu contoh iklan yang bisa kamu manfaatkan adalah fitur Story dari aplikasi Instagram. Kamu bisa membuat iklan dengan mengutamakan visual agar menarik untuk kalangan muda pengguna Instagram. Trik ini bisa menjadi cara meningkatkan traffic toko online dengan memanfaatkan fitur swipe.

Optimalkan Point- Point SEO

Kebanyakan toko online tidak menerapkan strategi SEO On Page secara detail. Kamu bisa mulai menerapkan cara ini dengan menggunakan banyak keyword yang dibidik dalam deskripsi produk.

Sehingga audiens lebih mudah menemukan tokomu ketika melakukan pencarian. Tapi perlu kamu ingat, kamu harus menerapkan sebaik mungkin tanpa perlu memaksakan.

Baca Juga: Bisa Tingkatkan Brand Awareness, Ini Dia Manfaat SEO Untuk Bisnis Online

Bangun Audiens di Media Sosial

Kunci terpenting untuk memanfaatkan media sosial dalam meningkatkan trafik toko online adalah konsistensi. Kamu harus membuat postingan yang menarik secara rutin.

Oleh karena itu, jika sudah memutuskan untuk menggunakan media sosial kamu harus memastikan ada waktu dan sumber daya untuk mengelolanya sebaik mungkin.

Memanfaatkan sosial media tanpa pengelolaan justru akan menghambat trafik. Jadwal postingan yang tidak beraturan dan isi yang tidak menarik akan membuat orang menilai bahwa pengelola sosial media tidak profesional.

Buat Blog dan Lakukan Pemasaran Konten

Mengelola blog dengan strategi yang tepat bermanfaat untuk perkembangan bisnis karena dapat meningkatkan kepercayaan dan loyalitas konsumen pada brand yang kamu miliki.

Halaman blog yang aktif dengan konten yang berkualitas dan dikelola dengan baik dapat meningkatkan SEO. Semakin sering kamu mengunggah akan membuat websitemu berpeluang tinggi menduduki peringkat atas SERP.

Brand dengan peringkat tinggi di SERP akan lebih mudah ditemukan dan dikenali orang. Pada titik inilah orang akan merasa lebih yakin untuk membeli produkmu karena sudah mengenali brand melalui blog yang kamu kelola.

Sedangkan pemasaran konten atau content marketing adalah proses promosi terhadap konten pada tiap tahapan sales funnel. Kamu bisa melakukan marketing konten di berbagai platform marketing yang kamu manfaatkan seperti di media sosial, email dan lainnya.

Buat Guest Post

Guest post adalah menulis konten untuk website perusahaan lain dengan niche bisnis yang serupa dan bergerak di bidang industri yang sama. Kamu bisa mendapatkan trafik organik sekaligus meningkatkan kredibilitas website melalui adanya backlink.

Selain itu, cara ini membuat namamu lebih dikenal di industri yang sedang kamu geluti serta memperkenalkan perusahaan pada calon pelanggan.

Upselling dan Cross-Selling

Strategi ini bertujuan untuk membuat pengunjung lebih lama di website toko onlinemu. Salah satu strategi yang bisa kamu lakukan adalah dengan menunjukkan beberapa barang yang berkaitan dengan memakai kata persuasif yang menarik.

Cara ini bermanfaat untuk meningkatkan dwell time  yang akan membantu meningkatkan rating di Google.

Beberapa contohnya adalah dengan menawarkan satu halaman khusus berisi produk-produk baru, produk diskon, produk paling laris di tokomu atau kelompok produk lainnya.

Kemudian kamu juga bisa memberikan penawaran secara langsung di halaman check out dengan memberikan harga khusus yang hanya didapat karena telah membeli produk tertentu.

Adakan Giveaway dan Kontes

Kompetisi online dan giveaway juga bisa menjadi strategi untuk menaikkan trafik toko online yang jitu. Selain itu, kamu juga bisa sekaligus mengumpulkan database customer dan mendapatkan prospek secara referral.

Namun, agar kontes yang kamu adakan berjalan baik, ingatlah beberapa hal penting berikut:

  • Tentukan tujuan yang ingin kamu capai melalui diadakannya kontes tersebut. Tujuan yang pasti akan membuat perencanaan dan pelaksanaan jadi lebih terarah dan rapi.
  • Buat peraturan yang sesuai dengan tujuan. Jika tujuanmu adalah meningkatkan trafik toko online kamu bisa membuat strategi dengan meminta peserta melakukan registrasi melalui situs web yang kamu miliki.
  • Terakhir, tentukan hadiah yang menarik agar lebih banyak orang yang bersedia mengikuti kontes yang kamu adakan. Pastikan, hadiah yang kamu tawarkan juga bermanfaat untuk audiens.

Ingin tahu bagaimana cara membuat giveaway yang menarik? Cek tip-nya di sini!

Beri Penawaran Terbatas Dan Flash Sale

Flash sale adalah salah satu strategi pemasaran dengan memberikan diskon dalam waktu dan jumlah barang terbatas. Rasa urgensi dan kelangkaan dari penawaran ini akan membuat calon pelanggan terdorong untuk segera melakukan pembelian pada saat itu juga.

Jawab Pertanyaan Audiens

Audiens berharap mendapatkan jawaban baik dari produk atau jasa yang kamu tawarkan, atau dari jawaban atas pertanyaan yang mereka ajukan. Komunikasi dengan audiens akan meningkatkan rasa percaya mereka sehingga lebih mudah membuat mereka membeli produkmu ketika kamu memberikan tawaran.

Salah satu strategi yang bisa kamu lakukan adalah dengan aktif di Quora dan Twitter. Strategi ini dapat membantu meningkatkan brand awareness. Tentu ketika menjawab, berikanlah jawaban yang singkat, padat serta relevan dan bermanfaat bagi audiens.

Kembangkan Email List

Meski cara ini termasuk sebagai cara lama dalam dunia marketing, namun email marketing masih menjadi salah satu cara efektif untuk meningkatkan trafik pada toko online. Selain itu, cara ini juga merupakan cara yang paling ekonomis dibanding strategi pemasaran lainnya.

Terlebih lagi, kamu juga bisa menyesuaikan konten dengan segmentasi audiens agar menghasilkan konversi.

Mulailah mengumpulkan email pelanggan dengan berbagai cara sekaligus, misalnya dengan mengadakan kontes, penawaran eBook gratis atau lainnya. Daftar email pelanggan yang kamu miliki bisa menjadi modal untuk meningkatkan trafik toko onlinemu.

Terapkan Strategi Growth Hacking

Teknik ini adalah cara yang dilakukan dengan cara mengamati alasan pertumbuhan suatu bisnis dan mencari cara untuk meningkatkannya tanpa menghabiskan banyak biaya. Kamu bisa menerapkannya dengan mengamati bisnis kompetitor ataupun bisnismu sendiri.

Misalnya, jika bisnis yang kamu lakukan mengalami peningkatan setelah kamu melakukan promosi melalui email, maka identifikasi apa hal istimewa dari email tersebut yang dapat membuat orang melakukan konversi. Selanjutnya, terapkan trik yang serupa pada cara pemasaran yang lain.

Cari Ide Secara Offline

Meski kamu berbisnis lewat toko online, jangan batasi idemu sebatas media online saja. Carilah ide-ide segar secara offline yang hasilnya bisa sama efektifnya dengan metode online. Banyak media offline yang masih digemari masyarakat saat ini dan bisa kamu manfaatkan sebagai media promosi.

Sebagai contoh kamu bisa melakukan promosi lewat majalah, radio atau bahkan televisi. Kamu juga bisa memanfaatkan influencer untuk membantu promosimu.

Beberapa influencer memang mematok tarif yang tidak murah, namun ada banyak influencer yang bahkan tidak memasang harga dan hanya membutuhkan produk gratis sebagai bentuk simbiosis mutualisme.

Alternatif lainnya adalah dengan menjadi sponsor di suatu acara. Pastikan acara yang kamu sponsori memiliki hubungan dengan produk yang kamu tawarkan. Misalnya, jika kamu menjual produk kosmetik maka kamu bisa menjadi sponsor untuk acara pageant seperti Miss Indonesia.

Affiliate Marketing/ Reseller

Kamu tidak harus bekerja mati-matian untuk meningkatkan pengunjung dan penjualan di toko online milimu. Kamu bisa memanfaatkan affiliate marketer atau reseller untuk membantu mempromosikan toko online yang kamu kelola. Dengan membangung afiliasi kamu bukan hanya menigkatkan trafik tapi juga meningkatkan penjualan secara langsung.

Sebelum mengeksekusi cara meningkatkan traffic toko online satu ini, kamu harus menyiapkan rencana yang matang terlebih dahulu. Apa yang akan kamu berikan pada afiliator sebagai reward mereka dan peraturan lain agar kerjasama bisa saling menguntungkan.

Mencantumkan Testimoni Positif dari Pelanggan

Tidak banyak pemilik toko online yang menyadari bahwa testimoni positif dari pelanggan bisa menjadi cara untuk meningkatkan trafik toko online. Maka jangan ragu untuk mencantumkan testimoni positif dari pelanggan yang kamu miliki di halaman toko onlinemu.

 Apalagi jika kamu punya testimoni dari para public figure yang akan lebih meyakinkan bagi pelanggan.

Selain efektif meningkatkan trafik toko onlinemu, cara ini juga akan meningkatkan rasa ingin tahu pelanggan akan bisnismu bahkan lebih mudah membuat pelanggan untuk melakukan pembelian.

Nah itu dia beberapa cara meningkatkan traffic toko online yang bisa kamu coba. Perlu kamu ingat, sebelum mencoba cara-cara tersebut pastikan terlebih dahulu website toko onlinemu tidak memiliki masalah tertentu seperti desain yang kurang menarik, loading yang terlalu lama atau masalah lainnya.

Selain mengusahakan cara-cara di atas kamu juga harus selalu memantau toko online milik kompetitor, agar peringkatmu tidak sampai turun!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment