Manfaat YouTube Short untuk Bisnis, Bikin Konten Promosimu Kian Menarik!

manfaat youtube short untuk bisnis

Saat ini YouTube masih menjadi salah satu media sosial favorit masyarakat Indonesia. Bahkan penggunanya saja mencapai 139 juta. Jumlah itu setara dengan 50 persen penduduk Indonesia.

Wow! Tak heran bila sosial media yang satu ini menjadi incaran para pebisnis sebagai sarana untuk promosi.

Jika dulu YouTube hanya berkonsep video-video panjang dan horizontal, kini sosial media yang didirikan oleh Steve Chen itu tersedia dalam versi pendek. Hanya berdurasi hingga 60 detik saja. Versi yang terbaru ini dinamakan dengan YouTube Short.

YouTube Short pertama kali diluncurkan pada 2021 lalu. Kehadirannya dinilai sebagai pesaing ketat untuk TikTok. Bagaimana tidak, sejak kehadiran TikTok di Indonesia, pola masyarakat pun berubah. Dari yang dulu hanya menyukai konten berbentuk gambar, kemudian beralih ke video dengan durasi pendek.

Tak mau ketinggalan, YouTube pun juga membuat fitur dengan versi yang sama. Kamu bisa menikmati video singkat dengan pesan yang langsung. Tak perlu menonton dengan durasi video yang berjam-jam. Adanya YouTube Short juga dinilai memiliki beragam manfaat untuk para pebisnis.

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai manfaat apa saja yang didapat dari YouTube Short ini, alangkah baiknya kamu mengetahui fitur apa saja yang terdapat di dalamnya. Sehingga nanti kamu dapat dengan mudah membuat konten di YouTube Short.

6 Fitur YouTube Short Yang Wajib Kamu Ketahui

fitur youtube short untuk bisnis

Sama seperti sosial media yang lain, YouTube Short juga memiliki fitur yang sangat canggih demi mendukungmu untuk membuat konten. Jika kamu menguasai beberapa fitur ini, maka akan semakin mudah pula untuk kamu membuat video promosi untuk perusahaan. Apa saja fitur tersebut? Berikut daftarnya.

Perekam Video

Tak perlu merekam secara manual dengan kamera. Sebab YouTube Short sudah menyajikan fitur video yang bermanfaat untuk kamu. Apalagi fitur perekam video ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai macam effect. Yakni sangat berguna untuk menambah nilai estetika dalam videomu.

Selain itu, jika kamu merekam video dengan fitur yang sudah disediakan oleh YouTube Short, kamu tidak perlu repot untuk memotong atau menyesuaikan durasi. Sebab perekam ini sudah dilengkapi dengan batas durasi waktu yang ditentukan. Sehingga memudahkan penggunanya.

Musik

Sama halnya dengan TikTok dan Instagram Reels, YouTube Short juga dilengkapi dengan musik. Musik ini berfungsi sebagai pemanis agar videomu lebih terasa seru dan juga bertema. Selain itu dengan menambahkan musik juga berarti kamu berpotensi ikut trending.

Seperti halnya media sosial lain, musik ini juga berfungsi sebagai landasan untuk memperoleh audience yang banyak. Oleh karena itu sangat disarankan untukmu menggunakan musik-musik yang sedang trending untuk mendapatkan view dengan jumlah yang diinginkan.

Kontrol Kecepatan

Bagaimana dengan slow motion dan speed video? Apakah ada juga di YouTube Short? Tenang, media sosial yang satu ini sudah menyiapkan semuanya. Bahkan kamu tidak perlu repot mengunduh aplikasi lain untuk mengatur kecepatan video yang kamu buat.

Setelah merekam video dari fitur ini, kamu bisa menyesuaikan kecepatannya. Mulai dari bagian awal yang ini kamu perlambat, atau bahkan sebaliknya.

Apabila kamu punya video dengan durasi yang lumayan panjang dan ingin mempercepat speednya, kamu bisa mengatur semua itu di fitur YouTube Short.

Sehingga video yang para creator buat akan terkesan lebih bervariasi dan tidak mononton. Sangat praktis sekali bukan?

Multi Segmen

Nggak hanya soal kecepatan saja yang dapat di atur di YouTube Short. Namun jika kamu ingin menggabungkan beberapa video menjadi satu juga sangat bisa. Bahkan ada pula beberapa template yang disediakan oleh YouTube untuk mengedit beberapa video tersebut menjadi satu.

Mudahnya kumpulan video itu akan disesuaikan pula dengan musik yang kamu pilih. Sehingga kamu tidak perlu bersusah payah lagi untuk memotong dan menyesuaikan bagian mana yang pas dengan musik yang kamu pilih.

Sebab YouTube Short sudah memiliki fitur untuk mengatur hal tersebut. Yang kamu lakukan cukup memilih video terbaik dan mengumpulkannya jadi satu di YouTube Short.

Timer

Selain multi segmen, YouTube Short juga memiliki fitur pengaturan waktu atau timer. Fitur ini bersfungsi untuk mempermudahkanmu dalam merekam video. Saat merekam video di YouTube Short, kamu akan diberi dua pilihan. Yakni durasi 15 atau 60 detik.

Dengan pilihan dua durasi ini, YouTube berharap dapat memberimu pengalaman untuk merekam momen terbaik dalam waktu yang singkat. Tak hanya itu, video singkat ini juga difungsikan agar penonton tidak jenuh.

Sebab durasi yang cukup panjang sangat rentan untuk ditinggalkan oleh penontonnya. Jadi, semakin singkat video yang kamu buat dan semakin bermakna pesan yang kamu sampaikan, maka akan semakin banyak pula penonton yang menyukai kontenmu.

Tak heran dengan banyaknya fitur yang disediakan membuat para pebisnis lebih melirik YouTube Short. Bahkan sedikit pula yang memanfaatkan media sosial yang satu ini untuk ajang promosi besar-besaran. Nah, sebenarnya apa saja sih manfaat yang didapat dari YouTube Short ini? Well, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Manfaat YouTube Sebagai Media Promosi Bisnis Kosmetik, Catat Yuk!

Manfaat YouTube Short untuk Bisnis

manfaat youtube short untuk bisnis

Tak bisa dipungkiri bahwa di era yang serba digital ini membuat para pebisnis beralih media untuk berpromosi. Dari sekian media sosial yang ada, YouTube Short menjadi pilihan favoritnya. Mengapa? Sebab memiliki berbagai fitur yang memudahkan dan juga beragam manfaat untuk bisnis.

Selain itu, ada banyak manfaat YouTube Short untuk bisnis yang harus kamu ketahu lainnya. Apa saja? Langsung simak penjelasannya berikut ini!

Branding

Manfaat YouTube Short yang pertama adalah branding. Sosial media yang satu ini sangat tepat sebagai wadah untuk memperkenalkan brand atau produkmu kepada masyarakat. Yaitu melalui berbagai konten yang kamu produksi.

Selain rutin untuk membuat konten promosi untuk meningkatkan penjualan. Kamu juga bisa membuat video profil singkat tentang produk yang kamu buat. Video ini bisa berupa di balik proses pembuatan produkmu maupun yang lain.

Cara ini sangat efektif untuk mengenalkan produk kepada masyarakat. Tentu saja agar lebih sukses, konten yang kamu buat harus tepat sasaran. Dengan menentukan siapa audience yang ingin kamu tuju.

Setelah mengetahui sasaran konten, kamu bisa menemukan ide atau konsep video yang tepat. Sehingga proses branding yang kamu lakukan akan mencapai kesuksesan yang maksimal.

Lebih Kreatif

Selain membantu perusahaan untuk branding, kehadiran YouTube Short juga dapat sangat membantu content creator untuk lebih kreatif. Dengan format yang berbeda dengan video YouTube yang biasanya, mereka akan memutar otak untuk memikirkan konsep promo yang menarik.

Tak hanya demikian, fitur-fitur yang cangih juga membantu para content creator untuk lebih kreatif dan produktif. Opsi editing video dan berbagai pilihan di dalamnya akan membuat konten lebih variatif. Dengan begini konten yang kamu buat akan lebih dilirik dan diminati oleh masyarakat.

Apalagi bila kamu menambahkan hastag ataupun musik yang sedang trending saat itu. Tentu akan sangat membantu untuk mendongkrak konten yang kamu buat.

Meningkatkan Engagement

Seperti yang kamu ketahui bahwa engagement adalah tolok ukur dalam digital marketing. Perhitungan engagement rate ini dapat kamu lihat dari interaksi yang kamu dapat. Semakin banyak interaksi yang kamu dapatkan, maka engagement rate pun akan semakin tinggi.

Engagement rate YouTube Short dapat diukur melalui berbagai hal, mulai dari like, comment, dislike hingga share. Semakin banyak interaksi yang terjadi dalam konten, berarti engagement-nya tinggi dan kontenmu terbilang berhasil.

Tak hanya itu, dengan membuat konten di YouTube Short, kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan para subscriber. Misalnya dengan membalas komentar, pertanyaan, dan berdiskusi dengan followers-mu.

Dengan begitu kamu akan membangun relationship dengan audience. Sehingga tak hanya engagement saja yang meningkat, namun juga brand awareness bisnismu.

Ingin tahu pengertian, cara hitung dan tips meningkatkan engagement? Simak selengkapnya di sini!

Collab dengan Influencer

Manfaat YouTube Short untuk bisnis selanjutnya adalah kamu bisa mengajak influencer untuk berkolaborasi. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan untuk brand yang sedang kamu bangun ke depannya.

Dengan kata lain kamu akan mendapat umpan balik yang lebih cepat dari influencer tersebut. Sebab mereka dapat menggerakkan massa untuk meramaikan brand atau produk kamu. Selain itu para influencer ini juga mempunyai ide-ide yang fresh.

Ide fresh ini dapat menjadi angin segar bagi konten-kontenmu agar terihat tidak monoton. Bahkan mereka juga terbiasa menggunakan fitur-fitur yang ada di YouTube Short. Jadi kamu tinggal menyesuaikan saja bisnis yang kamu miliki dengan influencer tersebut.

Meningkatkan Tampilan Channel YouTube

YouTube Short juga sangat efektif untuk meningkatkan tampilan pada YouTube Channel yang kamu miliki. Tentu saja tampilan ini akan sangat berpengaruh terhadap performa bisnis. Dengan mengunggah video pendek sesering mungkin, jumlah video yang kamu miliki di YouTube pun akan semakin banyak.

Algoritma YouTube pun akan menilai bahwa channel yang memiliki video terbanyak akan masuk rekomendasi pencarian. Sehingga akan banyak audience yang menemukan video dan channelmu. Hal ini akan semakin efektif untuk meningkatkan performa bisnis yang kamu miliki.

Lebih Efektif

Biasnya untuk membuat video YouTube biasa kamu membutuhkan waktu yang cukup panjang. Setidaknya dua hari atau lebih. Itu termasuk dalam hal pengambilan video dan durasinya yang panjang. Namun dengan menggunakan YouTube Short akan menjadi lebih simple.

Durasi video pun hanya 60 detik. Bahkan untuk proses pengambilan gambarnya pun biasanya tidak perlu memakan waktu berhari-hari. Inilah yang membuat YouTube Short terbilang cukup efektif dalam strategi promosi. Dengan lebih efektif ini kamu bisa mengunggah video sesering mungkin.

Sehingga jumlah video yang kamu unggah akan lebih banyak dan algoritma YouTube pun akan menilainya. Tentu ini juga akan meningkatkan performamu.

Untuk Eksperimen

Sebagai pelaku bisnis baru tentu membutuhkan tes pasar. Nah kehadiran YouTube Short ini sangat efektif untuk melakukan eksperimen. Kamu bisa membuat konten percobaan dan mengunggahnya di YouTube Short.

Jika konten yang kamu buat tersebut mendapat banyak respon dari audience, kamu bisa melanjutkannya. Namun jika sebaliknya, kamu bisa meninjau ulang konten yang kamu buat.

Apabila konten yang kamu buat tersebut sukses, kamu bisa melanjutkannya ke konten dengan durasi yang lebih panjang. Namun dengan format video yang lebih sederhana, tetap fresh, dan dengan topik yang lebih menarik.

Tak hanya itu, kamu juga bisa memasang spoiler di YouTube Short tentang video yang kamu unggah dengan durasi panjang. Dengan adanya spoler ini juga akan sangat efektif membantu meningkatkan traffic video utama.

Nah itulah beberapa manfaat YouTube Short untuk bisnis yang wajib kamu ketahui. Untuk kamu para pembuat konten dan pelaku bisnis wajib tahu!

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment