Manfaat dan Cara Mengadakan Giveaway yang Menarik untuk Bisnis Kosmetik

cara mengadakan giveaway (1)

Ketika membicarakan mengenai berbagai bentuk strategi pemasaran online, sebenarnya banyak ide yang bisa dimanfaatkan untuk menarik perhatian dan minat konsumen terhadap brand kosmetikmu. Termasuk dengan memberikan giveaway produk atau hadiah lain yang menarik.

Namun sebelum pembahasan kita terlalau jauh, kamu pasti udah enggak asing dengan yang namanya giveaway, bukan?

Well, sebenarnya aksi bagi-bagi hadiah geratis ini sudah sangat marak dilakukan oleh pengguna media sosial. Baik dari perorangan, maupun badan usaha atau pebisnis online.

Giveaway adalah salah satu jenis promosi kekinian yang memberikan hadiah dengan beberapa persyaratan tertentu. Dampaknya, banyak followers dan engagement Instagram yang bertambah seiring dengan minat audience terhadap hadiah tersebut.

Ya, ibaratnya nih, siapa yang enggak suka dapat hadia gratis?

Meski cukup mudah dilakukan, namun ketika akan mengadakan giveaway sebenarnya ada hal-hal yang perlu kamu persiapkan. Bagaimana?

Langsung simak article ini sampai habis, biar kamu tahu bagaimana cara mengadakan giveaway, juga keuntungan yang kamu dapatkan!

Cara Mengadakan Giveaway dengan Tepat

cara mengadakan giveaway (2)

Dalam menyusun strategi pemasaran, semua jenis promosi yang kamu gunakan memiliki peranan yang sangat penting, termasuk ketika mengadakan giveaway.

Karena, jika tidak dipersiapkan dengan matang bisa-bisa kamu sama sekali enggak akan menemukan audience yang ikut serta dalam acara ini. Akhirnya, giveaway yang kamu lakukan enggak akan membuahkan hasil apapun.

Nah, biar bisa berjalan dengan maksimal, kamu bisa mengikuti step by step cara mengadakan Giveaway berikut ini!

Menentukan Tujuan Campaign

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika akan mengadakan giveaway adalah menentukan tujuan campaign dengan jelas. Apakah yang ingin kamu raih dari campaign ini? Meningkatkan followers-kah, menghabiskan stok produk tertentu, atau banyak lainnya.

Biasanya ketika masih dalam tahap merintis usaha, tujuan utama setiap campaign pasati untuk meningkatkan awareness pelanggan. Kalau dalam akun Instagram, maka tolok ukurnya dilihat dari followers dan interaksi pada tiap postingan.

Tentu tidak mudah untuk meningkatkan jumlah pengikut dalam waktu singkat, bukan? Karenanya, kamu harus bisa menentukan segmentasi pasar, menyesuaikan konten giveaway dan hadiah sesuai dengan target audience.

Menentukan Jenis Giveaway yang Akan Dibuat

Cara mengadakan giveaway yang kedua adalah menentukan jenis giveaway tersebut. Nah, dalam praktiknya nih, ada dua jenis giveaway yang sangat sering dilakukan. Yakni giveaway pribadi (personal), dan giveaway sponsorship.

Personal Giveaway

Jenis personal giveaway yang pertama ini dilakukan secara mandiri atau pribadi, mulai dari penyiapan dana yang dibutuhkan, promosi, menentukan hadiah, hingga bagaimana cara memilih pemenang.

Kesimpulannya, seluruh proses yang ada dalam personal giveaway ini kamu lakukan sendiri. Karena memang tujuannya hanya akan berpengaruh pada akun pribadimu saja.

Umumnya, jenis giveaway ini banyak digunakan ketika orang tersebut sudah berpengalaman atau telah memiliki banyak konsumen, dan jumlah pengikutnya terbilang cukup banyak.

Sponsor Giveaway

Kalau jenis yang pertama semua persiapannya kamu lakukan sendiri, maka jenis sponsor giveaway ini berbeda lagi sistemnya. Karena awalnya memang dibuat sebagai bentuk kerja sama yang menguntungkan kedua belah pihak.

Penggunaan jenis giveaway ini sangat cocok untuk kamu yang baru saja membuak akun Instagram bisnis. Untuk awal mula, kamu bisa bekerja sama dengan beberapa media terkenal, atau bersama influencer.

Tujuannya, kamu bisa meningkatkan brand awareness dari brand kosmetik atau bisnis yang kamu jalankan. Juga meningkatkan followers dari akun Instagram bisnis yang kamu miliki.

Menentukan Hadiah yang Tepat

Setelah menentukan tujuan campaign dan target pasar, maka langkah selanjutnya dalam cara mengadakan giveaway adalah menentukan hadiah yang tepat.

Pemilihan hadiah ini bisa kamu sesuaikan dengan taget pasar dan tujuan pembuatan campaign yang sebelumnya telah ditentukan.

Misalnya, ketika kamu ingin meningkatkan leads spin penjualan, maka hadiah yang bisa kamu pilih adalah produk kosmetik yang kamu jual / produksi.

Jumlah peserta giveaway ini akan dapat mempengaruhi jumlah leads, sementara hadiah yang kamu berikan tersebut akan menarik lebih banyak konsumen pada toko kosmetikmu.

Menentukan Persyaratan Bagi Peserta

Kalau urusan hadiah sudah teratasi, maka langkah selanjutnya adalah menentukan persyaratan bagi peserta yang akan ikut. Nah, pemenang kemudian akan dipilih dari pemenuhan syarat tersebut.

Penentuan perysaratan juga bisa disesuaikan dengan tujuan campaign. Misalnya, ketika kamu ingin meningkatkan engagement, maka kamu bisa memberikan persyaratan yang mengharuskan peserta untuk mengikuti dan memberikan reaksi (like, komentar, dan mention) pada postingan giveaway.

Syarat ini akan terbukti dapat meningkatkan followers Instagram kamu, bahkan bisa membuat postingan lama mendapatkan banyak suka.

Sisipkan Hashtag pada Caption Ajakan

Nah, untuk membuat giveaway yang kamu buat ini dapat ditemukan oleh target audience yang diinginkan. Maka kamu perlu menyisipkan hashtag giveaway dan yang relevan dengan tema campaign tersebut.

Tips ini pun bisa membantu mempromosikan brand kosmetik yang kamu miliki, dengan membuatnya semakin mudah dilihat dan ditemukan oleh pengguna Instagram.

Kamu bisa menggunakan Hashtag ini pada tiap event yang kamu lakukan untuk membantu meningkatkan engagement rate Instagram bisnismu.

Manfaat Mengadakan Giveaway untuk Bisnis

skincare alami untuk souvenir (2)

Seperti yang telah banyak disebutkan sebelumnya, bahwa manfaat giveaway untuk bisnis sebenarnya cukup beragam. Karenanya strategi pemasaran online ini sangat direkomendasikan untuk kamu gunakan.

Lantas, apa saja manfaat giveaway untuk bisnis yang kamu miliki? Yuk, cek ulasannya berikut ini, Beautypreneur!

Membantu Meningkatkan Leads Instagram

Manfaat giveaway untuk bisnis yang pertama adalah mampu meningkatkan leads penjualan. Manfaat ini akan sangat terasa kalau kamu baru saja mulai merintis bisnis online tersebut.

Kamu bisa menghubungi calon pelanggan potensial lewat kontak yang mereka berikan ketika giveaway. Seperti email dan akun sosial media yang mereka miliki.

Dari kontak-kontak ini kamu bisa memberikan informasi mengenai produk-produk apa saja yang kamu jual, juga mengenai brand kosmetik yang kamu miliki.

Namun, hindari untuk mengirimkan pesan terlalu banyak. Ini justru akan mengganggu kenyamanan klien dan membuat mereka justru merasa risih dengan bisnis milikmu.

Dapat Meningkatkan Engagement

Manfaat lain dengan menggunakan cara mengadakan giveaway di atas, kamu bisa meningkatkan engagement akun media sosial yang kamu miliki.

Ini dikarenakan giveaway bisa membangun komunikasi antara brand dengan pelanggan atau konsumen potensialmu. Engagement ini berperan penting untuk meningkatkan loyalitas konsumen pada brand kosmetik yang kamu miliki.

Selain itu, hal ini akan berpengaruh besar pada perkembangan bisnis dan interaksi yang kamu lakukan dengan pelanggan toko online yang kamu miliki.

Meningkatkan Brand Awareness dengan Efektif

Buat kamu para brand owner kosmetik, cara mengadakan giveaway untuk bisnis ini juga sangat berguna dan bisa mendukung perkembangan brand kosmetikmu.

Sebab, salah satu tujuan utama dari giveaway adalah membantu memperkenalkan brand yang kamu miliki kepada target pasar yang lebih luas.

Misalnya, dengan banyaknya peserta yang terlibat dalam giveaway ini, maka semakin besar juga buatmu menemukan pelanggan atau konsumen baru yang potensial.

Biaya Campaign yang Cukup Murah

Satu lagi manfaat giveaway untuk bisnis adalah biayanya yang cukup murah, apalagi jika dibandingkan dengan jenis pemasaran yang lain.

Meskipun sekilas promosi ini tampak terlihat boros karena kamu harus membagikan hadiah secara gratis. Namun, dana yang dikeluarkan ini bahkan bisa dibilang cukup minim, lho!

Kok bisa? Yap! Karena kamu hanya perlu mengeluarkan biaya untuk hadiah dan tidak perlu membayar model / influencer. Selain itu, jika hanya membagikan produk sendiri, maka kamu juga tidak mengeluarkan biaya besar dan justru bisa menarik pelanggan baru dengan lebih efektif.

Setelah membahas manfaat dan cara mengadakan giveaway di atas, bagaimana pendapatmu soal penggunaanya sebagai ide promosi? Apakah cukup menguntungkan untuk dicoba?

Jangan lupa untuk membagikan pendapatmu di kolom komentar, ya!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Patut Dicoba, Simak Cara Jualan di Shopee untuk Pemula Berikut Ini

Memulai bisnis online merupakan hal yang sangat baik untuk kamu lakukan, mengingat bisnis satu ini sedang melejit dan diperkirakan bakalan terus meroket. Terlebih sejak pandemic covid-19 merebak, kebiasaan masyarakat telah berubah dan banyak beralih menggunakan perangkat onlie, termasuk dalam...

Continue Reading

Leave a Comment